3 Cara Mudah Melukis Wajah Manusia

Author: | Posted in Seni dan Budaya No comments

Cara menggambar wajah manusia – Banyak orang yang bilang menggambar atau melukis itu sulit, tapi apakah mereka sudah pernah mencobanya sampai berhasil sebelum mengatakan hal itu? Banyak cara untuk melukis yang bisa kamu coba. Namun sebelum lanjut menjadi mahir, marilah kita belajar melukis dari dasar dahulu.

Wajah adalah bagian tubuh manusia yang mempunyai banyak ekspresi, ini membuatnya memberikan banyak varian dan kesulitan saat kita melukis. Maka dari itu banyak yang menyarankan saat mencoba melukis, cobalah untuk melukis dari bagian wajah dahulu baru kita bisa belajar bagian tubuh yang lain.

Selain itu juga wajah merupakan bagian yang paling sering untuk dijadikan objek pengembangan kemampuan visual dalam menggambar realis. Maka dari itu sangat penting untuk belajar melukis wajah. Berikut ini Obatrindu akan mengulasnya menjadi 3 metode yang dapat kamu praktekan di rumah.

Metode Pertama, Melukis Wajah Wanita

Wajah wanita adalah yang harus dipelajari terlebih dahulu karena kesulitan dalam menggambarnya lebih sulit dibandingkan pria. Ini dikarenakan wajah wanita berbentuk oval penuh namun terkesan bulat setelahnya.

Buatlah sebuah objek oval sebagai garis tepi wajah yang akan kalian gambar. Lebih mirip seperti bulat telur dengan posisi terbalik, agak bulat di bagian atas dan membentuk garis agak lonjong yang mengecil di bagian bawah.

728px-draw-a-face-step-1-version-3

Sekarang buatlah dua garis pemisah yang saling berpotongan di bagian tengah objek oval tadi yang membentang secara vertikal dan horizontal. Usahakan anda meletakkannya tepat ditengah sehingga memotong secara seimbang. Garis ini akan membuat objek oval tadi menjadi empat bagian .

728px-draw-a-face-step-2-version-3

Setelah menempatkan dua garis diatas. Sekarang anda buat lagi dua garis horizontal yang letaknya berada di bawah garis horizon pertama tadi. Tujuannya adalah sebagai garis bantu dalam pembuatan hidung dan mulut. Gambar hidung dan mulut sedemikian rupa seperti yang terlihat pada contoh.

728px-draw-a-face-step-4-version-3

Setelah selesai dalam tahap menggambar hidung dan mulut, sekarang kita beralih untuk menggambar bagian mata. Buatlah dua buah lingkaran di bagian tengah garis horizontal yang atas sehingga lingkaran terlihat terpotong menjadi dua bagian.

READ  7 Daftar Aplikasi Android Keren untuk Membuat Tulisan Grafiti

728px-draw-a-face-step-5bullet1

Tujuan dari menggambar lingkaran tadi adalah membuat dua bagian mata terpenting sebagai pola, yaitu rongga mata. Bagian atas sebagai alis mata dan bagian bawah lingkaran sebagai tulang pipi yang menyangga mata.

728px-draw-a-face-step-5bullet2

Sekarang kita menggambar area mata. Buatlah bentuk mata di bagian tengah lingkaran tadi [lihat gambar]. Untuk memberikan kemudahan dalam keseimbangan bentuk mata yang ingin kalian dapatkan, kalian bisa memakai alat bantu penggaris busur derajat.

728px-draw-a-face-step-5bullet3

Selanjutnya adalah menggambar bola mata. Bagian ini bisa kalian letakkan sesuai arah penglihatan kemana objek yang akan anda gambar melihat, namun masih tetap di dalam area mata ya guys.

728px-draw-a-face-step-5bullet4

Kalau sudah selesai kalian gambar lagi gambar kecil seperti menggambar area mata tadi, namun letaknya diantara bola mata dan area mata. Kita akan jadikan ini sebagai area kelopak mata nantinya.

728px-draw-a-face-step-5bullet5

Menggambar sketsa mata sudah selesai, sekarang kita mencoba untuk memberikan efek hidup dengan memberikan garis halus di bawah mata dan di tempat pertemuan mata dan hidung.

728px-draw-a-face-step-6-version-3

Sekarang kita beralih menggambar telinga. Menggambar telinga berada di luar garis oval muka. Bagian bawahnya harus sejajar dengan garis hidung, anda bisa menggunakan garis bantu yang sudah anda buat sebelumnya. Lalu untuk batasan atas telinga samakan dengan batas alis mata. Pastikan juga bahwa telinga yang anda gambar menempel rata dengan sisi kepala.

728px-draw-a-face-step-7-version-3

Sketsa dasar wajah sudah kita buat, sekarang kita mencoba untuk membuat sketsa terlihat lebih real dengan menambahkan rambut. Anda bisa mengkreasikannya sesuai anda, namun seperti yang terlihat pada contoh, rambut yang sejajar dengan hidung bisa kamu arahkan keluar agar terlihat rapi.

728px-draw-a-face-step-10-version-3

Lanjut kebagian menggambar leher. Cara menggambar leher dengan cara menarik garis dari titik pertemuan garis horizontal terbawah yang anda buat tadi dengan garis oval yang menjadi dasar pembuatan wajah tadi. Lebih detailnya silahkan lihat gambar.

728px-draw-a-face-step-9-version-3

Jika semua proses diatas sudah selesai, kita lanjut kebagian penegasan gambar sketsa wajah telah kita buat. Ulangi lagi bentuk wajah seperti mata, bibir, hidung, telinga, dan rambut. Juga berikan efek baying-bayang di beberapa bagian bawah gambar tersebut agar terlihat lebih nyata. Semakin tegas garis yang kamu ulang, maka gambar yang kamu hasilkan akan semakin terlihat tua.

READ  Tips dan Cara Meningkatkan Skill Menggambar untuk Pemula

728px-draw-a-face-step-11-version-3

Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa menambahkan aksesoris lain atau menambah sebagian badan atau pakaian yang dikenakan sesuai keinginan kamu.

728px-draw-a-face-step-12-version-2

Untuk finalnya kamu bisa menghapus garis bantu yang telah kamu gunakan tadi agar gambar yang sudah selesai menjadi terlihat nyata.

Metode Kedua, Melukis Wajah Laki-laki

Melukis wajah seorang wanita sudah kamu praktekan dan mulai mahir. Sekarang saatnya kamu beralih untuk menggambar atau melukis wajah laki-laki. Membuat gambar wajah laki-laki memakai garis dasar bulat.

728px-draw-a-face-step-13-version-2

Gambar sebuah lingkaran pada lembaran sketsa anda. Jika kesulitan kalian bisa menggunakan jangka ataupun alat bantu lainnya.

728px-draw-a-face-step-14-version-2

Tarik garis vertikal yang membelah lingkaran tadi. Garis ini bisa diposisikan ditengah atau disebelah kanan atau kiri, karena kegunaannya adalah untuk memberikan penegasan terhadap wajah akan mengarah kemana nantinya saat kita menggambar.

728px-draw-a-face-step-15-version-2

 

Setelah lingkaran tergambar, tarik sebuah garis-garis kecil untuk bagian pipi, dagu dan juga rahang. (lihat gambar)

728px-draw-a-face-step-16-version-2

 

 

Dari garis-garis kecil tadi, ciptakan sebuah sketsa untuk tampilan hidung, mata, telinga dan juga mulut. Anda bisa mengkreasikan sendiri bentuk ekspresinya kalau mau. Tapi untuk kali ini bisa mengaturnya dengan ekspresi datar atau senyum.728px-draw-a-face-step-17-version-2

 

Masuk ke daerah menggambar rambut. Desain sebuah goresan untuk desain rambut yang ingin anda ciptakan. Misalnya yang ada pada gambar.

728px-draw-a-face-step-18-version-2

 

Setelah selesai, sekarang saatnya anda untuk mempertegas desain sketsa wajah yang sudah anda lukis tadi. Ciptakan garis halus di sekitar area wajah menggunakan pensil yang sudah diruncingkan agar garis halus yang tercipta menghasilkan efek hidup.

728px-draw-a-face-step-19-version-2

 

Perjelas lagi bagian-bagian penting dalam gambar wajah seperti alis, mata, hidung, dan telinga menggunakan pensil yang lebih kuat misalkan dengan pensil 6B keatas.

728px-draw-a-face-step-20-version-2

 

Tahap finishing. Hapus semua sketsa wajah yang tersisa untuk menghasilkan gambar utuh yang kamu inginkan. Maka terciptalah sebuah karya lukis wajah sederhana namun berkualitas dari goresan tanganmu.

728px-draw-a-face-step-21

 

Kamu bisa juga mewarnainya untuk meningkatkan gairah menggambarmu lagi. Usahakan pula memakai komposisi warna yang tepat.

728px-draw-a-face-step-22Kalian juga bisa menambahkan bayangan dengan garis-garis halus dari pensil di beberapa titik yang agak gelap agar terlihat lebih hidup.

728px-draw-a-face-step-23

Metode Ketiga, Menggambar Wajah Bebas

Kali ini kita akan mencoba untuk menggambar dengan teknik penggabungan yang telah kita pelajari tadi, namun tetap akan menghasilkan gambar yang bagus sesuai yang kamu inginkan.

READ  Khat dan Kaligrafi Islam Arab (Pengertian, dan Contoh Cara Membuat Gambar Kaligrafi)

728px-draw-a-face-step-24

Pertama, buatlah gambar dasar untuk kepala. Sekarang kalian bisa menggambarnya dengan bentuk yang kamu inginkan. Bisa dengan bentuk gambar dasar persegi, bulat, dan sebagainya.

728px-draw-a-face-step-25

 

Kedua, seperti metode sebelumnya yang sudah kalian praktekkan. Buatlah sebuah garis bantu untuk menentukan tempat hidung, mulut, mata, dan telinga.728px-draw-a-face-step-26

 

Tambahkan garis bantu kedua untuk mengatur bentuk ukuran bagian tubuh yang ingin kita gambar tadi.

728px-draw-a-face-step-27

 

Dari garis bantu yang sudah anda muat, mulailah membuat sketsa untuk bentuk hidung, mata, mulut, dan telinga.

728px-draw-a-face-step-28

 

Setelah selesai silahkan kalian tambahkan sketsa untuk detail rambut. Kalian bisa mengkreasikan gaya rambut sesuai yang kalian inginkan.

728px-draw-a-face-step-29

728px-draw-a-face-step-30

Sketsa sudah selesai terbentuk, sekarang tinggal anda untuk menegaskan kembali sketsa tadi dengan mengulang garis yang telah dibuat. Dan juga dengan menambahkan efek bayangan pada setiap sisi gelap agar gambar yang kalian ciptakan terlihat 3 dimensi.

Kalian bisa menggunakan pensil 5B dan juga 8B untuk mengatur ketebalan. Semakin besar nomor pensil makan semakin tegas garis yang dihasilkan.

728px-draw-a-face-step-31

Gambar yang detail sudah kalian selesaikan, sekarang bersihkan garis bantu yang telah kalian buat di awal dengan penghapus.

728px-draw-a-face-step-32

Proses finalnya adalah kalian bisa mewarnai gambar yang telah kalian buat tadi dengan warna yang sesuai. Kalian juga bisa memaksimalkan paduan pensil kalian untuk memberikan warna hitam putih yang super 3D tanpa harus menggunakan pensil warna sekalipun.

Begitulah cara mudah untuk melukis wajah. Bagian dasar dari menggambar sebelum menyelesaikan bagian lain pada tubuh atau objek lainnya. Semoga bisa membantu kedepannya dalam menggambar objek lain. Selalu padukan dengan imajinasi kalian ya sobat.

*Semua gambar diatas diambil dari Wikihow

Contoh-contoh Sketsa Wajah Manusia

gambar sketsa wajah

Via kaskus.co.id

gambar sketsa wajah

Via deviantart.net/

gambar sketsa wajah

Via kaskus.co.id

Add Your Comment

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: