Cara mengolah ikan

Cara Memotong dan Mengolah Ikan Agar Lezat Dan Menggugah Selera

Cara mengolah ikan
Via melezatkan.com

Cara memotong ikan – Ikan hampir tak pernah lepas dari menu makanan kita sehari-hari. Mengandung gizi yang bagus untuk menunjang pertumbuhan kita. Dan bahkan bagi sebagian orang, ikan  menjadi bagian menu pokok mereka.

Namun, kadang masih ada saja orang yang belum bisa untuk memotong ikan dan mengolahnya menjadi makanan siap dimakan. Disini Obatrindu akan mengulas tentang bagaimana caranya untuk memotong ikan sampai mengolahnya menjadi makanan yang siap dimakan.

Membersihkan Ikan yang akan Dimasak

cara mengolah ikan
Via seafoodservicecenter.com

Membersihkan ikan dari kotoran dan beberapa bagian yang tidak diperlukan atau tidak bisa dimakan adalah hal yang cukup penting. Selain dapat menjadikan ikan lebih lezat dan menggugah selera. Membersihkannya akan membuatmu lebih mudah menyantap ikan sampai habis.

– Siapkan Pisau yang Tajam

Membersihkan ikan
Via www.ikanricarica.com

Pisau yang tajam harus kamu siapkan terlebih dahulu. Ini untuk memudahkanmu dalam proses membersihkan sisik dan membelah daging ikan.

– Bersihkan Sisik Ikan

cara membersihkan sisik ikan
Via www.academiabarilla.com

Pertama kamu harus membersihkan sisik ikan. Caranya adalah letakkan pisau pada daerah ekor, kemudian tekan dan tarik ke bagian atas ikan. Ulangi beberapa kali sampai sisik ikan terkelupas semua.

– Buang Kotorannya

cara membersihkan ikan dengan mudah dan cepat
Via dapuronlinequ.blogspot.com

Membuang kotoran dari ikan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum kita mengolah ikan. Terutama bagian empedu ikan, jangan sampai meletus. Karena cairan pada empedu ini dapat menjadi daging ikan pahit.

Caranya adalah dengan mengiris daging pada bagian perut, kemudian masukkan sebagian jari anda untuk mengeluarkan kotoran ikan hingga bersih.

READ  Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak, Renyah, dan Gurih Sendiri untuk Camilan di Rumah

– Buang Insang pada Ikan

cara mengolah ikan
Via www.passionmagz.com

Insang ikan biasanya adalah bagian yang membuat ikan menjadi terasa amis. Makanya harus kita buang untuk membuat ikan terasa lebih enak. Caranya adalah dengan cara membuka penutup insang pada ikan pada bagian kepala, kemudian tarik insang tersebut hingga bersih.

– Cuci Ikannya

cara membersihkan ikan
Via www.royco.co.id

Tak cukup membersihkan sisik dan organ ikan yang ada di dalam. Kita juga harus mencuci ikan setelah menyelesaikan cara diatas. Anda bisa menggunakan air larutan garam atau cairan lemon untuk menghilangkan bau amis yang tersisa.

Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membunuh bakteri yang ada di ikan.

Lanjutkan dengan Memotong Ikan

Setelah mencuci ikan sampai bersih, kita lanjutkan dengan memotong daging ikan. Memotong ikan sampai tersisa dagingnya saja dapat memudahkan kita dalam mengolah daging ikan. Berikut cara yang akan Obatrindu bagi untuk kalian.

– Memotong Kepala Ikan

Letakkan ikan pada chopping board. Posisikan ikan menghadap ke arah kita. Taruh pisau pada belakang sirip ikan. Lalu lakukan pemotongan dengan mengiris diagonal ke bawah. Lakukan hal tersebut pada kedua sisi ikan.

– Buang Bagian Ekor Ikan

Sekarang putar ikan dengan ekor menghadap ke padan kita. Posisikan pisau pada pangkal ekor yang akan kita potong. Dan potong penuh ekornya lurus ke bawah.

– Fillet Tubuh Ikan

Memfillet tubuh ikan adalah proses melepas ikan dari tulang dan kulit untuk mendapatkan daging ikan saja yang kemudian bisa diolah menjadi masakan yang lebih enak karena tanpa tulang.

Anda bisa memulainya dari bagian pangkal kepala ikan. Tekan dan potong ikan dimulai dari pinggiran tulang bagian atas sampai bagian ekor. Potong tepat pada bagian rusuk untuk memisahkannya agar lebih mudah  dengan mengikuti alur tulang saat memotong.

– Potong Bagian Pinggir Ikan

Biasanya daerah pinggiran ikan hanya ada tulang dan duri. Jadi untuk mendapatkan daging ikan yang bersih, bagian ini juga harus dipisahkan. Cukup dengan memotong bagian pinggir hasil filletan tadi yang sudah anda kerjakan. Potong pada pinggiran perut dan punggung ikan.

READ  5 Macam Abon Yang Paling Digemari dan Populer di Masyarakat Indonesia

– Memisahkan Kulit Ikan

Hal yang paling sulit untuk dilakukan karena bagian ini paling tipis, jadi anda memerlukan kehati-hatian yang tinggi. Mulailah memisahkan dari ujung bagian ekornya dengan memasukkan pisau diantara daging dan kulit, karena bagian ini yang paling sempit dan mudah dipegang.

Iris antara kulit dan daging, tahan bagian kulit untuk tetap dibawah. Gerakkan pisau dengan menyisir bagian fillet tepat diatas kulit sampai ke bagian pangkal kepala.

Setelah daging ikan dan kulitnya terpisah, silahkan cuci dan keringkan sebelum kemudian anda olah menjadi makanan.

Cara Mengolah Ikan

Jika anda masuk bagian ini, berarti ikan yang ingin anda olah sudah dipisahkan antara daging, kulit, tulang, dan bagian tidak penting lainnya. Namun sebelum mengarah kesana, ada hal yang harus anda perhatikan. Yaitu mengenali perbedaan lemak dan bentuk pada ikan.

Dengan mengetahui hal ini anda akan lebih mudah menentukan pilihan tentang bagaimana enaknya metode memasak yang digunakan.

Misalnya ikan yang tak berlemak atau mempunyai lemak sedang akan mudah mongering saat dimasak, apalagi jika terjadi overcooking. Namun jika diterapkan metode memasak panas basah atau poaching sangat cocok untuk jenis ikan leanfish(tak berlemak) karena bisa mempertahankan moistness(kelembaban).

Baik, kita lanjut ke tahap lebih lengkapnya. Obatrindu akan membagi menjadi 4 bagian untuk mengolah Ikan. Berikut di bawah ini;

1. Merebus Ikan

Teknik ini adalah dengan cara mengolah ikan di dalam air yang sedang mendidih, kira-kira 100°C. Cara mengetahuinya adalah airnya telah menggelembung dan pecah di atas permukaan air yang anda rebus.

Sebelum air mendidih, usahakan alat perebus anda tutup dan baru anda buka ketika airnya sudah matang untuk memasukkan ikan yang akan anda olah.

Sebagai saran yang bisa saya sampaikan bahwa, buang buih air yang ada pada penutup ketika anda membuka alat perebusnya. Karena ini akan mempengaruhi mutu ikan yang anda olah tersebut.

Usahakan selalu sesuaikan airnya dengan bahan ikan dan makanan yang kalian masak ya sobat agar tidak ada air yang terbuang sia-sia.

READ  Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak, Renyah, dan Gurih Sendiri untuk Camilan di Rumah

2. Merebus Ikan dengan Cairan yang Lebih Sedikit

Biasanya disebut dengan teknik Braising karena dalam tekniknya, ikan dimasak dengan cairan yang sedikit dan menggunakan panci braising. Dengan teknik ini membuat ikan seperti digoreng, namun tetap mempertahankan kelembapan pada ikan alias tidak kering.

3. Membakar Ikan

Ini adalah teknik praktis namun mempunyai rasa tersendiri pada ikan yang dimasak. Kalian bisa menggunakan lempengan besi panas yang diletakkan diatas perapian.

Dan untuk mendapatkan kondisi terbaik saat melakukan pembakaran ikan, biasanya dilakukan dengan bahan bakar arang kayu, batu bara, atau alat eletrik yang saat ini sedang popular.

4. Menggoreng

Cara yang paling umum diketahui dan digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Mengolah ikan dengan bahan makanan yang lain menggunakan minyak yang banyak agar mendapatkan hasil yang krispi.

Teknik ini sebaiknya dilakukan sesaat sebelum dihidangkan. Karena jika sudah terlalu lama, ikan akan menjadi lembek kembali sehingga menjadi kurang nikmat untuk dimakan.

Cara memasaknya adalah dengan memakai minyak yang cukup banyak menggunakan penggorengan. Tunggu sampai minyak cukup panas, baru ikan bisa anda masukkan kedalam penggorengan.

Usahakan saat proses menggoreng ikan terendam penuh dengan minyak yang anda pakai untuk mendapatkan hasil krispi secara maksimal. Setelah ikan terlihat cukup matang dan agak berubah warna kecoklatan, segera angkat dan tiriskan pada piring untuk dihidangkan pada menu makan anda.

Nah, begitulah proses tentang cara memotong sampai mengolah ikan yang bisa Obatrindu bagikan kepada teman-teman sekalian. Semoga bisa bermanfaat dalam kehidupan kalian ya sobat. Jika ada saran-saran yang membangun, kalian bisa berkomentar di bawah pos ini. ^_^

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: