7 Cara Kreatif untuk Merapikan Kabel

Author: | Posted in Arsitektur, Teknologi 1 Comment

Cara Merapikan Kabel – Di jaman yang sudah modern ini. Kabel merupakan komponen utama yang hampir selalu menyertai peralatan elektronik kita. Mulai dari kabel listrik, handphone, komputer, laptop, dan lainnya. Apalagi sekarang hampir setiap orang memiliki lebih dari satu peralatan elektronik.

Namun hal ini menimbulkan masalah sendiri bagi kita. Kabel-kabel yang memanjang itu terkadang malah membuat kita terganggu dalam beraktifitas. Bukan hanya di rumah, kabel-kabel tersebut juga terkadang merepotkan di saat kita sedang dalam perjalanan.

Nah, di sini Obatrindu akan memberikan beberapa cara sederhana yang tetap kreatif dan indah untuk kamu merapikan kabel-kabel tersebut. Kabel yang tertata rapi tentu saja akan membuat kamu dan orang sekitarmu nyaman melihatnya. Dan kamu lebih mudah beraktifitas seperti biasanya.

Mengenal Alat untuk Merapikan Kabel

Sebelum kita lanjut untuk melihat cara kreatif merapikan kabel, alangkah baiknya kita mempersiapkan dulu beberapa alat yang umum dapat dijumpai untuk membantu kita dalam merapikan kabel

  1. Klem Kabel

    Alat untuk merapikan kabel

    Biasanya digunakan untuk menempelkan kabel pada tembok. Via id.aliexpress.com

Atau saya bisa menyebut paku penjepit. Benda paling umum untuk digunakan merapikan kabel, biasanya digunakan untuk kabel yang menempel di dinding rumah kita.

  1. Cable Trunking

    Alat untuk merapikan kabel

    Alat untuk merapikan kabel berbentuk lorong. Via www.wirein.co.uk

Sebuah benda untuk merapikan kabel berbentuk terowongan, bisa digunakan pada lantai atau dinding rumah anda. Bahkan sekarang ada cable trunking dengan bentuk variatif yang bisa digunakan untuk menambah nilai seni pada ruangan anda.

  1. Cable Ties

    alat untuk merapikan kabel

    Biasanya digunakan untuk mengikat kabel. Via logopasja.pl

Biasanya digunakan untuk mengikat kabel, cara praktis dan tidak ribet yang paling umum orang gunakan. Namun perlu dipadukan dengan yang lain agar terlihat menarik untuk dipandang

  1. Boks Cable

Boks kabel untuk tempat terminal listrik. Via www.100rumahminimalis.com

Boks kabel untuk tempat terminal listrik. Via www.100rumahminimalis.com

 

Biasanya digunakan untuk meletakkan terminal listrik. Dengan begitu kabel dari terminal yang menjalar keluar akan terlihat lebih tertata rapi.

Nah, beberapa peralatan khusus diatas telah siap. Anda bisa mencoba beberapa cara kreatif untuk merapikan kabel seperti yang telah Obatrindu rangkum dibawah ini.

Menjadikan Kabel sebagai Bahan Dekorasi Dinding

Tidak perlu biaya yang mahal agar kabel alat elektronik anda tetap rapi namun masih bisa digunakan seperti biasanya. Anda bisa mensiasatinya dengan membuat pola yang unik dan indah sesuai dekorasi ruang tempat kabel tersebut berada atau sesuai kreatifitas anda sendiri.

Cara kreatif merapikan kabel

Kabel sebagai dekorasi dinding untuk menambah keindahan ruangan. Via www.homedit.com

Cukup sediakan paku penjepit yang dapat ditemui di toko kabel, gambar sebuah pola desain unik seperti yang anda pikirkan, dan tempelkan paku penjepit tersebut di pola yang sudah selesai anda buat tadi beserta kabel yang akan dirapikan.

Anda juga bisa menggunakan paku penjepit yang mempunyai bentuk unik dan menarik agar ruangan bisa menjadi lebih berwarna diantara kabel-kabel yang menempel.

Menutupi Kabel dengan Aksesoris Lain

Menutupi kabel dengan aksesoris agar lebih terlihat menarik. Bukan hanya melindungi anda dari kabel yang tercecer, namun juga dapat menambah nilai keindahan di ruangan anda.

Cara kreatif merapikan kabel

Menutupi kabel yang menjalar dengan aksesoris buatan sendiri. Via berlinhappens.com

Anda bisa menambahkan beberapa bahan sisa untuk dibuat menutupi kabelĀ  secara kreatif atau bisa membeli beberapa aksesoris yang menurut anda cocok untuk menutupi kabel sekaligus memperindah tampilan rumah anda.

Memakai Stiker

Cara kreatif merapikan kabel

Stiker untuk menambah nilai artistik pada peralatan elektronik kita. Via majalahasri.com

Anda bisa memesan stiker di toko terdekat dan dipadukan dengan kabel-kabel yang telah ditempelkan di tembok rumah, atau pada terminal kabel yang ada di tembok. Selain kabel yang telah disusun rapi tadi, stiker ini dapat menambah nilai keindahan untuk ruangan anda.

Membuat Motif yang Menarik dengan Kabel

Daripada menggulung sisa kabel yang cukup panjang, manfaatkan sisa kabel tersebut dengan membentuk motif-motif yang lucu dan menarik juga bisa anda praktekkan di rumah.

Cara kreatif merapikan kabel

Motif menarik menyelubungi kabel membuat betah diihat. Via www.vemale.com

Tentu saja masih memanfaatkan paku penjepit dan sejenisnya namun dipadukan dengan imajinasi anda yang liar bukan tidak mungkin untuk menciptakan sesuatu yang berbeda tersebut.

Manfaatkan Penjepit Kertas

Cara kreatif merapikan kabel

Memanfaatkan penjepit buku untuk merapikan kabel. Via www.cerpen.co.id

Mungkin menurut anda penjepit kertas ini hanya bisa dipakai untuk merapikan buku saja. Jangan salah, anda bisa memanfaatkan secara lebih benda ini untuk merapikan kabel juga loh sobat Obatrindu. Kalian bisa menyusun penjepit kertas ini di tepian meja untuk mengaitkan kabel-kabel yang hampir selalu diperlukan agar tidak tercecer kemana-mana.

Memberi Penamaan Kabel

Memberi keterangan nama pada kabel menambah kemudahan dalampenggunaan. Via museum-design.ru

Memberi keterangan nama pada kabel menambah kemudahan dalampenggunaan. Via museum-design.ru

Cara yang cukup simpel untuk diterapkan agar anda tidak kesulitan disaat mencari kabel yang akan digunakan. Anda tidak perlu lagi memeriksa dari ujung ke ujung untuk memastikan bahwa itu kabel yang benar untuk anda pilih.

Dompet dan Kotak Khusus Kabel

Cara kreatif merapikan kabel

Menggunakan kotak khusus untuk menaruh kabel tak terpakai.Via www.brilio.net

Kabel yang tidak terpakai pun bisa mengganggu kenyamanan kita baik saat aktifitas maupun saat kita mencari kembali kabel yang sudah lama disimpan untuk dibutuhkan ulang. Nah, kalian bisa menyiasatinya dengan membuatkan mereka tempat yang mudah dan praktis.

Membuatkan dompet atau kotak khusus kabel yang tersusun rapi, dengan penamaan kabel disetiap tempatnya akan mempermudah anda disaat akan membutuhkan ulang.

Selain fungsi diatas, penataan kabel yang baik juga berfungsi agar tidak terjadi arus pendek listrik atau konsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran. Tidak terlalu sulit, kalian bisa meniru secara langsung apa yang Obatrindu contohkan bisa ditambahkan dengan kreatifitas diri anda sendiri.

Selamat mencoba sobat.

 

READ  Cara Mudah Menggambar Kartun Doraemon dengan Pensil Langkah demi Langkah
Comments
  1. Posted by Imam Mustofa

Add Your Comment

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: