contoh resensi buku ilmu pengetahuan

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum dan Pendidikan Disertai Penjelasan Lengkap

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum dan Pendidikan Populer – Meresensi buku, semua yang pernah sekolah atau sedang belajar untuk menulis pasti pernah mengalaminya, apalagi dia memang seorang penulis. Tetapi sebelum itu, pernahkah kamu mengerti apa yang dimaksud dengan resensi buku?

Oke, kita disini akan mengulas secara lengkap dan jelas mengenai resensi buku. Mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, jenis, unsur, sampai dengan beberapa contoh untuk kamu lebih mengerti tentang resensi buku.

Pengertian Resensi Buku

pengertian resensi buku
Via pixabay.com

Resensi sendiri adalah merupakan karangan yang berisi ulasanterhadap sebuah karya baik itu berupa buku, film, dan juga album yang diciptakan oleh seseorang atau kelompok lain.

Jika kita mengutip dari Wikipedia, Resensi adalah serapan dari bahasa Belanda yaitu resentie, serta bahasa Latin yaitu recensio, revidere, dan atau resencere yang sama sama mempunyai arti mengulas kembali. Hingga diartikan resensi adalah sebuah penilaian terhadap karya yang tercipta.

Dan dalam KBBI, resensi secara singkat adalah ulasan dari sebuah buku.

Jadi jika kita mengambil kesimpulan dari pengertian di atas. Resensi buku adalah sebuah tulisan yang mengulas sebuah karya yang berhasil diciptakan orang lain atau kelompok tertentu yang dari hal ini bentuk karyanya adalah sebuah buku, baik itu novel, majalah, maupun buku ilmu pengetahuan.

Dalam tindakannya biasanya meresensi buku adalah untuk memberikan sebuah pembahasan, penilaian, kritikan, serta mengungkapkan kembali tentang isi yang terkandung pada sebuah buku tersebut.

Syarat Membuat Resensi Buku

syarat penulisan resensi buku

Dalam menyusun sebuah resensi buku, harus ada beberapa syarat yang diperhatikan dimana dengan syarat ini sebuah bentuk resensi buku berhasil diciptakan. Diantaranya adalah :

  • Ada data penyusunan buku, baik itu nama pengarang, penerbit, tahun pencetakan, serta ciri lainnya yang ada pada buku tersebut.
  • Terdapat pendahuluan, biasanya berisi perbandingan buku tersebut dengan karya sebelumnya (jika memang ada), biografi pengarang, atau hal lain yang masih berhubungan dengan tema ataupun isi buku.
  • Terdapat ulasan singkat yang lahir dari buku tersebut.
  • Harus mempunyai manfaat dan penjelasan kepada siapa manfaat itu bisa ditujukan.

Dengan memenuhi beberapa syarat tersebut, barulah sebuah karya tersebut dinamakan resensi.

Tujuan Penulisan Resensi Buku

tujuan penulisan resensi buku
Via pixabay.com

Setelah kita tahu tentang pengertian dan syarat dari sebuah resensi. Sekarang kita beralih membahas tentang tujuan adanya penulisan resensi untuk sebuah buku. Dalam beberapa hal, ada beberapa tujuan kenapa meresensi buku menjadi cukup penting. Diantaranya yaitu :

  1. Resensi buku ada dan dilakukan untuk memberikan sebuah pemahaman juga informasi kepada pembaca tentang sebuah karya berupa buku sebelum para pembaca membacanya lebih dalam.
  2. Dengan adanya resensi buku, akan bisa menciptakan diskusi terhadap pembaca tentang kandungan yang diangkat pada sebuah karya buku tersebut. Baik itu novel, buku pengetahuan, ataupun majalah.
  3. Dengan adanya resensi buku, tujuannya adalah untuk memberikan pertimbangan terhadap pembaca apakah sebuah karya buku tersebut memang layak diterbitkan dan dibaca oleh para pembaca atau belum.
  4. Selain itu yang menjadi pokok utama, tujuan dari adanya resensi buku adalah untuk memberikan sebuah informasi serta jawaban final kepada pembaca atau pencari buku tentang pertanyaan-pertanyaan umum yang memang sering dilontarkan para peminat buku sebelum kemudian mereka membacanya
READ  Contoh Kumpulan Puisi Pendek tentang Guru (Spesial Hari Guru)

Nah, itu adalah beberapa tujuan pokok yang bisa kita ambil untuk tujuan dalam kita meresensi buku.

Manfaat Meresensi Buku bagi Pembaca dan Penulis

manfaat resensi buku
Via pixabay.com

Lalu setelah tujuan dalam meresensi buku diketahui, pasti juga ada manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan meresensi buku bukan? Diantara manfaat meresensi buku baik itu bagi para pembaca ataupun juga para penulis adalah :

1. Bahan Pertimbangan

Bisa menjadi bahan pertimbangan dan menjadikan resensi tersebut sebagai gambaran secara umum terhadap pembaca tentang suatu karya. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi para pembaca sebelum memulai membaca lebih lanjut terhadap karya tersebut.

2. Dilihat dari Sisi Ekonomis

Menjadikan ini sebagai media bagi para penulis pemula seperti kita untuk mendapatkan uang ataupun imbalan dari sang penulis asli atau pihak penerbit. Terutama untuk beberapa karya yang hasil resensi kita tersebut berhasil dimuat di sebuah koran atau majalah.

3. Merupakan Salah Satu Sarana Promosi

Manfaat selanjutnya adalah yang bisa dirasakan oleh para penulis dan penerbit buku untuk sebuah karya yang telah kita resensikan adalah hasil resensi tersebut akan menjadi media promosi yang akan menunjang dan menarik perhatian pembaca untuk membeli buku tersebut.

4. Salah Satu Cara Pengembangan Kreativitas

Yang terakhir dan tidak kalah penting dari manfaat dari kita meresensi dari sebuah karya buku adalah untuk melatih dan mengembangkan kreatifitas kita dalam hal menulis.

Semakin kita sering membaca, menulis,dan meresensi karya orang lain, kita juga akan terpancing untuk membuat sebuah karya sendiri. Dan meresensi karya orang lain juga akan menambah kita dalam wawasan dan kosakata yang kita miliki.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dalam kegiatan kita meresensi buku. Baik itu dari kita sendiri maupun dari pihak penerbit ataupun penulis yang kita resensikan bukunya juga akan mendapatkan manfaat dan timbale balik yang luar biasa. Masih berniat mencoba?

Jenis-jenis Resensi Buku

jenis jenis resensi buku
Via pixabay.com

Dalam resensi buku, juga dibagi menjadi tiga jenis utama dimana hal ini juga menjadikan ciri bagi penulis resensi dalam menulis sebuah karya. Jenis jenis resensi buku diantaranya adalah :

1. Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif, pada resensi ini biasanya akan dibahas secara mendetail tentang setiap bagian yang ada pada sebuah karya.

2. Resensi Informatif

Resensi Informatif ini di dalam gaya penulisan dan penyampaiannya hanya memberikan informasi tentang isi dari sebuah karya buku secara singkat dan umum atas keseluruhan yang terkait di dalam buku tersebut.

3. Resensi Kritis

Terakhir adalah jenis resensi kritis dimana pada resensi jenis ini biasanya akan diulas lebih detail tentang sebuah karya atau buku dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu sehingga hasil yang didapatkan biasanya akan lebih objektif terhadap penilaian isi buku tersebut.

Itulah jenis-jenis resensi buku yang biasanya ada dan lahir dari para penulis resensi. Biasanya ini juga terpengaruh dari gaya penulisan si penulis resensi tersebut.

Unsur-unsur atau Struktur Penulisan Resensi Buku

unsur dan struktur resensi buku
Via pixabay.com

Dalam menulis resensi juga harus mengandung beberapa unsur atau struktur penulisan yang wajib dipenuhi. Karena dengan beberapa hal tersebut, resensi yang disampaikan menjadi lebih jelas juga berkualitas. Beberapa unsur resensi tersebut diantaranya adalah :

1. Judul Resensi

Tentu saja, yang pertama harus dipenuhi dalam membuat resensi buku adalah Judul dari sebuah Resensi tersebut. Judul yang menarik akan memancing pembaca untuk menelusurinya lebih lanjut. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap keputusan akhir pembaca terhadap buku yang akan dibacanya.

2. Identitas atau Data Penyusunan Buku

Identitas atau data penyusunan dari sebuah buku juga diperlukan agar informasi penting khusus yang diperlukan pembaca lebih mudah diketahui. Biasanya data ini berisi tentang beberapa hal seperti :

  • Judul Buku,
  • Nama Pengarang,
  • Nama Penerbit,
  • Tahun Terbit Buku disertai Nomor Cetakannya,
  • Dimensi buku seperti ketebalan sebuah buku, dan
  • Harga buku
READ  Lirik Lagu "Cinta Sejatiku" OST Cinta Laki-laki Biasa

3. Isi Resensi Buku

Isi buku juga harus dicantumkan dalam pembuatan resensi buku. Karena ini adalah salah satu pokok informasi yang akan dicari pembaca tentang sebuah buku. Biasanya berupa sipnosis atau ulasan singkat dari sebuah buku, rumusan kerangka dan penggunaan bahasa, serta keunggulan dan kelemahan yang terdapat di sebuah buku tersebut.

4. Penutup Resensi

Yang terakhir harus ditulis dan tidak boleh dilupakan dalam penulisan resensi buku adalah bagian penutup. Disini akan diulas beberapa alasan tentang tujuan buku tersebut ditulis dan kepada siapa seharusnya buku tersebut ditujukan.

Itulah beberapa unsur resensi yang harus dipenuhi untuk menjadikan resensi menjadi lebih jelas, dimengerti, juga berkualitas sehingga sebuah buku menjadi lebih menarik untuk diminati oleh para pemburunya(Baca:pembaca).

Langkah Langkah Menulis Resensi Buku

langkah langkah menulis resensi buku
Via pixabay.com

Oke, beberapa penjelasan diatas mungkin sudah bisa membuat kamu mengerti tentang beberapa pengertian lebih lengkap dalam penulisan resensi buku. Sekarang, kita akan lanjut membahas tentang bagaimana cara menulis resensi buku tersebut.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menulis sebuah resensi buku. Lebih lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Tentukan Buku yang Akan di Resensi

Langkah pertama dan yang paling utama harus kamu lakukan adalah mencari dan menentukan buku apa yang akan kamu buatkan resensinya. Biasanya buku yang layak untuk kamu buat resensi adalah buku yang memenuhi syarat berikut ini :

  • Buku terbitan terbaru
  • Mempunyai kualitas yang baik
  • Mempunyai isi yang aktual,dan
  • Belum pernah sama sekali di resensi oleh pihak lain.

Jika buku yang akan kamu resensi sudah memenuhi kriteria tersebut, bersiaplah untuk membuatkan resensinya.

2. Baca dengan Teliti dan Mendalam

membaca buku sebelum meresensi buku
Via pixabay.com

Setelah kamu menemukan buku yang layak untuk diresensi, bacalah buku tersebut secara teliti dan mendalam. Hal ini harus kamu lakukan untuk mendapati intisari sebuah buku. Untuk menentukan sebuah gagasan yang nantinya akan bisa kamu tulis pada resensi buku milik kamu.

3. Catat Identitas atau Anatomi Buku

Catat anatomi yang tercantum pada buku yang akan kamu resensi secara lengkap. Identitas ini meliputi Judul buku, jenis buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit dan tahun pencetakan, jumlah halaman pada buku, jenis kertas yang dipakai (kalau perlu), serta dimensi dan harga sebuah buku yang akan kamu resensi.

Hal ini akan memudahkanmu nantinya dalam menulis kembali dalam bentuk hasil sebuah resensi.

4. Membuat Ikhtisar Buku

Ikhtisar biasanya berupa gagasan dari hasil kamu membaca buku tersebut. Dalam menulisnya, isikan semua poin-poin penting yang menyangkut buku tersebut kedalam bentuk karangan singkat. Dimana saat pembaca mulai membacanya, mereka akan mempunyai gambaran umum tentang isi buku dan mulai tertarik untuk membeli dan kemudian membacanya lebih lanjut.

5. Mulai Membuat Resensi Buku

Oke, sebelumnya informasi penting yang harus kamu penuhi sebelum menciptakan resensi sudah kamu catat bukan. Sekarang kita akan menyusunnya kedalam sebuah bentuk resensi buku. Pada tahap ini, kamu perlu menggabungkan tentang apa yang sebelumnya sudah kamu catat ditambah beberapa pandangan kita terhadap buku tersebut.

Contoh langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk menulis resensi buku adalah seperti ini :

  • Tentukan Judul Resensi
  • Tulis kembali anatomi yang telah kamu catat sebelumnya
  • Buatlah sebuah ringkasan buku yang telah kamu baca secara garis besar
  • Sertakan informasi umum
  • Jangan lupa untuk menonjolkan sisi lain buku yang kamu resensi
  • Sertakan juga manfaat yang bisa pembaca dapat dari buku yang akan dibeli
  • Yang terakhir, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan resensi, baik dari segi EYD dan sistematika resensi
READ  Kumpulan Contoh Puisi Bertema Keindahan Alam dan Lingkungan Hidup Pilihan Terbaik

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat resensi buku. Apa ada yang belum dimengerti?

6. Sertakan Kesimpulan

Terakhir setelah resensi yang kamu buat sudah selesai. Jangan lupa untuk menyertakan setiap kesimpulan yang dapat kamu ambil dari buku yang kamu buatkan resensinya. Biasanya kesimpulan disini berisi tentang kekurangan dan kelebihan buku.

Sertakan juga tentang pendapatmu apa yang bisa diperoleh pembaca jika membacanya serta imbauan kepada pembaca tentang kepada siapa dan untuk siapa seharusnya buku ini dibaca. Oh ya jangan lupa sertakan pula nama kamu untuk menandakan bahwa itu adalah karya milikmu.

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum dan Pendidikan

Untuk melengkapi ulasan lengkap mengenai resensi buku diatas. Maka kurang rasanya jika saya tidak menyertakan pula beberapa contoh resensi. Berikut ini saya sertakan beberapa contoh resensi tentang buku Ilmu Pengetahuan Umum dan Pendidikan. Selengkapnya,

Contoh Resensi Buku Sains dan Teknologi “Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan “

Identitas Buku

Judul Buku : Sains dan Teknologi “Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan”.

Penulis : Ristek

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : April, 2009

Tebal Buku : xiv+362 halaman

ISBN : 978-979-22-4521-9

Ikhtisar Buku

Buku berjudul Sains dan Teknologi (Berbagai Ide Untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan) merupakan salah satu buku non fiksi. Buku ini berisi kumpulan tulisan para kontributor yang dimuat dalam beberapa surat kabar (koran) atau majalah nasional. Buku ini tersusun kedalam 10 bab yang terdiri dari enam bidang bahasan utama yakni: bidang pangan dan pertanian, energi, informatika dan komunikasi, kesehatan dan obat, teknologi dan menejemen transportasi, serta pertahanan dan keamanan. Buku ini tak hanya menyuguhkan tulisan yang sudah pernah dimuat dalam surat kabar semata, namun juga memuat berbagai ide serta gagasan yang menanggapi serta memberi argumentasi terkait berbagai masalah yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas.

Berbagai ide yang ada dalam buku ini merupakan suatu hasil penelitian dan pemikiran orang-orang yang peduli terhadap peningkatan kualitas hidup dan kemajuan bangsa di negeri ini. Harapan dari disusunya buku ini adalah supaya para pembaca tergerak hatinya untuk lebih mendalami ide terkait masalah yang dipaparkan supayamelahirkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

Kelebihan Buku

Dari segi isi yang dimuat, buku ini menyuguhkan bacaan yang relevan dengan hampir semua bidang kehidupan terutama mengenai sains dan teknologi. Selain itu berbagai argimentasi yang diungkapkan dalam buku ini juga memberikan wawasan lebih bagi pembaca, terutama mengenai jawaban jawaban mengenai tantangan dan kebutuhan dari berbagai persoalan yang ada di Indonesia.

Dari segi penyusunanya, setiap tulisan yang dimuat sudah terorganisir dengan baik, dimana tulisan-tulisan dari berbagai kontributor sudah tersusun dan mengelompok sesuai dengan pokok bidang bahasan tulisanya, sehingga pembaca menjadi dipermudah dalam membaca buku ini.

Kelemahan Buku

Kelemahan buku ini terletak pada bahasa yang digunakan. Latar belakang penulis sangat memengaruhi bahasa yang digunakan dalam penyusunan sebuah tulisan. Karena buku ini merupakan kumpulan dari tulisan-tulisan berbagai kontributor yang berasal dari berbagai latar belakang, misal: peneliti, ekonom, teknisi, dsb, menjadikan gaya bahasa penulisan yang dimuat dalam buku ini menjadi bermacam-macam.

Kesimpulan

Buku ini memuat berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan, yang juga dilengkapi dengan argumentasi yang menjawab persoalan-persoalan yang ditampilkan. Buku ini sangat cocok untuk orang-orang yang sedang mencari ide untuk mengembangkan atau membuat suatu penelitian, karena berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan ada, sehingga kita tinggal mengembangkanya.

2 thoughts on “Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum dan Pendidikan Disertai Penjelasan Lengkap

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: