Belajar Huruf Hijaiyah, Tanda Baca pada Al-Qur’an dan Cara Membacanya Lengkap

Author: | Posted in Islami No comments

Belajar Huruf Hijaiyah, Tanda Baca pada Al-Qur’an dan Cara Membacanya – Assalamuallaikum sobat obatrindu. Kita sebagai umat Islam mempunyai dua pegangan hidup. Yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist dimana dua pegangan utama kita untuk hidup tersebut didalamnya menggunakan bahasa Arab dan Huruf Hijaiyah. Kita diwajibkan untuk belajar dan mengetahui huruf hijaiyah tersebut beserta pula cara membacanya dengan baik dan benar.Namun di Indonesia ini banyak orang yang masih belum bisa untuk membaca huruf hijaiyah tersebut. Apalagi yang memang bahasa utama sehari-hari di Indonesia adalah Bahasa Indonesia dan pendidikan yang ada di sekolah-sekolah kita hanya menggunakan tulisan dan bahasa latin membuat kita jarang untuk bisa belajar langsung tentang huruf hijaiyah dan cara membacanya dengan baik dan benar.

belajar al'quran dan tanda baca

Via gambarhadist.blogspot.com

Tapi kamu jangan bersedih hati kawan, sebelum nyawa ini meninggalkan raga kita. Kata “Belajar” itu tidak akan pernah ada yang namanya terlambat. Jadi mari kita belajar bersama tentang huruf hijaiyah ini beserta cara membacanya agar kita lebih mudah dan lancar dalam belajar dan membaca Al-Qur’an dan Hadist. Dan kita bisa mengenal bagaimana seharusnya kita sebagai muslim di muka bumi ini.

Tunjukkan identitas kita! 😀

Nah, berikut ini saya akan mengulas tentang huruf hijaiyah beserta cara membacanya dengan baik dan benar.

Daftar Isi

READ  Keutamaan Berdoa di Hari Jum'at

Video Belajar Huruf Hijaiyah dan Tanda Baca Al-Qur’an serta Cara Membacanya

Sebelum lebih jauh kebawah, alangkah baiknya kamu juga belajar dari video berikut untuk meningkatkan pengetahuan kamu dalam sisi audio agar nanti bisa lebih mahir dalam belajarnya.

 

Belajar Al-Qur’an | Mengenal 29 Huruf Hijaiyah

Pertama dan hal dasar yang harus kamu ketahui bahwa huruf Hijaiyah jumlahnya ada 29 huruf. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

huruf hijaiyah dan cara membacanya

Via dakwahsyariah.blogspot.co.id

Pada gambar di atas bisa kamu lihat 29 huruf hijaiyah yang biasa digunakan di Al-Qur’an ataupun Hadist beserta cara membacanya di tulisan bawahnya. Tulisan diatas belum ada tanda tajwidnya. Tetapi perlu kamu pelajari dan hafal dahulu sebelum lanjut ke tahap selanjutnya tentang huruf hijaiyah ini.

Belajar Al-Qur’an | Tanda Baca Huruf Hijaiyah pada Al-Qur’an dan Cara Membacanya

Oke, setelah kamu tahu tentang huruf Hijaiyah. Sebelum belajar untuk membaca huruf hijaiyah dengan baik dan benar alangkah baiknya juga kita kenalan dulu dengan tanda baca yang biasanya digunakan di huruf Hijaiyah. Berikut diantaranya :

Seperti yang terlihat pada table di atas. Terdapat 8 tanda baca Al-Qur’an yang paling sering muncul dan umum digunakan untuk huruf hijaiyah. Yaitu diantaranya adalah

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Fathah

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Fathah maka cara membacanya seperti diberikan lafadz “a”. Seperti misalnya “ba’ menjadi ba”,tsa’ menjadi tsa”, dll.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Kashrah

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Kashrah maka cara membacanya seperti diberikan lafadz “i”. Seperti misalnya “ba’ menjadi bi”,tsa’ menjadi tsi”, dll.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Dhammah

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Dhammah maka cara membacanya seperti diberikan lafadz “u”. Seperti misalnya “ba’ menjadi bu”,tsa’ menjadi tsu”, dll.

READ  Pengertian dan Macam Macam Najis

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Sukun

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Sukun maka cara membacanya huruf yang terkena tanda sukun dibaca mati atau lebur. Seperti misalnya “اَنْ (‘alif fathah’ dengan ‘nun disukun’ dibaca “an”, dll.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Tasydid

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Tasydid maka cara membacanya huruf yang terkena tanda tasydid dibaca dobel atau ganda. Seperti misalnya “’alif fathah’ bertemu dengan ‘nun bertasydid dengan tambahan tanda kashrah maka dibaca “anni”, dll.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Fathain

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Fathain maka cara membacanya seperti diberikan lafadz “an”. Seperti misalnya “ba’ menjadi bin”,tsa’ menjadi tsin”, dll.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Kasrotain

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Kashratain maka cara membacanya seperti diberikan lafadz “in”. Seperti misalnya “ba’ menjadi bin”,tsa’ menjadi tsin”, dll.

Tanda Baca Huruf Hijaiyah Al-Qur’an : Dommatain

Huruf Hijaiyah yang bertemu dengan Dommatain maka cara membacanya seperti diberikan lafadz “un”. Seperti misalnya “ba’ menjadi bun”,tsa’ menjadi tsun”, dll.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh pembacaan huruf hijaiyah yang mendapatkan tanda huruf pada tabel di bawah ini.

 

Nah, sampai disini apakah kalian sudah mengerti tentang huruf hijaiyah dan tanda baca pada al-Qur’an dan cara membacanya. Di lain kesempatan kita akan sambung lagi pembelajaran dasar Al-Qur’an ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamuallaikum

No Responses

Add Your Comment

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: