17 Mainan Ini Akan Membuatmu Ingat Akan Masa Lalu Kamu Yang Indah

Mainan Anak anak Tahun 90an – Halo kawan Obatrindu, bagaimana kabarnya? Terutama yang anak 90’an nih ayo absen dulu 😀

Buat kamu yang lahir di tahun 90’an atau tahun-tahun sebelumnya. Pasti tahu betapa indahnya masa kecil kalian dulu. Masih banyak permainan, makanan tradisional, kegiatan sekolah yang seru, main bareng sama temen dengan riang, dan banyak lagi keseruan lainnya yang tersimpan dalam kenangan.

generasi 90an mainan, makanan, lagu anak, film
Via obatrindu.com

Nah, sebagai obat untuk kerinduan kita terhadap kenangan masa lalu tersebut. Saya admin Obatrindu selaku anak 90’an juga (1993) akan ikut berbagi kepada kalian tentang semua keseruan yang pernah kita alami.

Kenangan kita itu banyak, mulai dari permainan, makanan, film, lagu 90an, artis cilik, yang pasti masih berbau tahun 90an.

Daftar Mainan Anak-anak Era Tahun 90an

Tetapi untuk kali saya khusus akan membahas beberapa permainan yang “kala itu” masih bersinar untuk kami generasi anak 90an sebelum membahas yang lain. Dan bagi kalian yang punya daftar kenangan juga tetapi belum terdaftar di bawah ini bisa menambahkan loh di link komentarnya. 😀

 

 

Yoo!! Kita main Yoyo….

mainan anak 90an yoyo
Via google.image.co.id

Hayo siapa yang inget?

Mainan ini sangat eksis di seluruh dunia loh. Main yoyo menjadi salah satu permainan yang wajib dilakukan setelah pulang sekolah. Mainan yoyo sendiri sebenarnya ada dua versi.

Pertama yoyo dari plastik yang dipopulerkan oleh negara Jepang. Kedua, mainan yoyo tradisional yang dari kayu. Cara memainkannya sama-sama dengan tali. Bedanya hanya kalau yoyo tradisional dapat dilempar lepas tanpa ada ikatan pada yoyonya. 😀

Mimin sendiri udah nyoba dua-duanya. Kamu sendiri bagaimana nih??

Beli Chiki yang Dicari dulu Pasti … Hehe

mainan anak era tahun 90an tazos
Via google.image.co.id

Kedua yang mimin kasih tahu ke kamu adalah Tazos.

READ  (Video Update!) Daftar Lagu Anak Anak Islami untuk Putra Putri dan Anak Didik Anda

Kalau kamu suka Tos sama temen kamu dengan menepukkan masing-masing telapak tangan. Berarti kamu ketularan mainan ini. Karena untuk memperebutkan Tazos punya temenmu, Tazos yang kamu punya harus diadu dengan menumpukkan “Tos” antara telapak tangan kita dengan milik teman.

Kalau kamu punya banyak koleksinya, kamu juga bisa menyusunnya menjadi benda-benda yang unik loh.

Jadi Rider kayak Pembalap Beneran

mainan anak era tahun 90an tamiya
Via google.image.co.id

Mainan ini dari dulu sampai sekarang masih tenar. Haha..

Mainan mobil-mobilan dari Jepang ini selalu di tunggu anak-anak 90an. Apalagi kalau hari sabtu atau minggu, biasanya di pusat kota akan ada perlombaan. Akan sangat ramai sekali dipenuhi para rider.

Dan yang paling unik, kamu bukan kekinian kala  itu kalau Dinamo yang kamu pake tidak seperti ini :

permainan anak tahun 90an adalah tamiya
Via google.co.id

Bangun Tidur Bukannya Mandi, Eh Malah Main Tamagochi

mainan anak tahun 90an tamagochi
Via google.co.id

Mainan ini membuatmu tahu bahwa mempunyai peliharaan itu harus dijaga dan dirawat setiap hari. Haha

Teringat saat itu, siang dan malam selalu melihat aktivitas “hewan peliharaan” kita yang muncul di permainan tamagochi ini. Kalau telat sedikit saja, dia akan mati dan kembali dalam bentuk telur.

Mainan ini juga bisa dimainkan sama teman loh. Kalau “peliharaan” kamu sudah dewasa, bisa ditandingkan dengan “peliharaan” temen kamu yang lain. 😀

Dakocannya Lagi Sembunyi Dimana Ya???

mainan anak tahun 90an dakocan
Via google.co.id

Dakocan, begitulah mainan ini disebut. Mainan yang terbuat dari plastik dan berbentuk hewan atau karakter-karakter kartun yang saat itu menjadi tren bagi anak-anak 90an. Semuanya pasti akan berlomba-lomba untuk mengumpulkannya dan menjadi koleksi yang membanggakan bagi kita kala itu.

Aku Mau Jadi Model!!

mainan anak 90an kertas bongkar pasang
Via tokopedia.com

Ini mainan khusus bagi anak cewek waktu itu. Kita akan mengoleksi banyak serinya, lalu terbentuklah keluarga dengan berbagai karakter bongkar pasang. Kenapa disebut bongkar pasang? Karena permainan ini bisa dibongkar pasang sesuka kamu atas karakter yang ada pada gambar. Dan dari hobi ini, kebanyakan dari kita akan tahu bagaimana dunia modeling itu. Hehe

Hup Laaa!! Ayo Lompat!

mainan anak era tahun 90an lompat tali
Via jelasberita.com

Gara gara mainan ini, kita anak-anak 90an tumbuh tinggi. Apalagi yang makannya penuh nutrisi, tingginya bisa mencapai 190-an seperti beberapa teman saya.

Ya, selain menuntut kita untuk berolahraga dengan cara lompat-lompat. Permainan ini membuat kita rela untuk duduk berjam-jam sebelum akhirnya jadilah tali dari karet yang kita gunakan untuk lompat tali.

Tarr!! Awas Jangan Sampai Deket sama Musuh

mainan anak era tahun 90an main kelereng
Via dompu.co

Di daerah saya ini disebut kelereng, dan di beberapa yang lain disebut dengan Gundu. Dan mungkin di daerah kamu beda lagi namanya.

Cara mainnya adalah mengeluarkan kelereng yang telah ditata dengan sebuah garis kotak yang telah di gambar di atas tanah. Kelereng yang berhasil keluar menjadi milik kamu.

Tapi hati-hati ya guys, jangan sampai berdekatan dengan lawanmu atau kelereng yang menjadi senjatamu berhenti di dalam kotak. Karena kamu akan mati dan kelereng yang kamu dapatkan akan terpaksa kamu keluarkan kembali.

READ  Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Abu Nawas dan Kisah 6 Ekor Lembu

Kalau Main Ini Jadi Suka Lupa Waktu

mainan anak tahun 90an nintendo
Via Flickr.com

Nintendo, salah satu permainan berbasis console yang tenar pada saat itu. Satu console punya banyak jenis game yang bisa kamu mainkan.

Sayangnya mimin cuman bisa main kalau pergi ke rumah temen-temen yang punya nih alias “numpang”. Hehehe

Tiup Sampai Gedhe!!

mainan anak tahun 90an balon tiup
Via google.image.com

Ada yang pernah nyoba ini?

Balon tiup. Dengan mainan ini, kamu meniup karet dengan sedotan kecil agar muncul gelembung balon yang tipis. Dan gara-gara mainan yang satu ini nih, rasanya mulut mimin pernah kampong walau masih muda. Hihihi…

Tutt Tutt!! Tutt Tutt!!!!

biang-es

Kamu yang dari tahun 90an pasti kenal sama yang namanya Popeye kan. Salah satu karakter favorit kartu pada saat itu yang paling ditunggu. Nah, biang es ini adalah mainan yang membuat kamu seperti Popeye dengan cerutu mainan yang akan berasap tiap kali kamu meniupnya.

Kalau Udah Dapet Biji Yang Bagus, Susah Kalahnya! Hehe

mainan anak tahun 90an biji karet

Mungkin kamu anak 90an yang ada di kota kurang kenal dengan mainan ini karena alat untuk mainan ini cuman bisa didapatkan buat anak-anak desa yang punya banyak tanaman berbiji di desanya. Hehehe

Biasanya tuh yang diadu adalah biji buah Manecu atau biji buah Karet. Caranya dengan mengadu biji buah tersebut dengan punya temen kamu. Jika milik kamu pecah, kamu kalah. Begitu juga sebaliknya. Walau sederhana, permainan ini menjadi mainan favorit kita terutama saat musim buah.

Cari Burung Yuk! 😀

bermain ketapel anak 90an

Enggak lengkap pergi main kalau enggak bawa ketapel. Mainan ini menuntut kamu untuk bisa membidik sasaran. Jadi buat kamu yang belum bisa main busur panah, bisa latihan sederhana untuk membidik dengan ketapel ini. Tapi hati-hati ya, jangan membidik teman kamu sebagai sasaran.

 

Satu Koin – Main Sampai Puas 😀

mainan anak tahun 90an dindong
Via kompas.com

Bagi kamu yang suka main game koin di Mall-Mall kota sudah tahu mainan seperti ini. Dari dulu sampai sekarang, mainan ini ada keasikannya sendiri.

Mungkin gamenya hampir sama kayak Nintendo, tapi sangat seru terutama saat kamu mengoperasikan tiap tombol dan menggoyangkan kesana kemari untuk menggerakkan karakter yang kamu mainkan. Hehe

 

Gara-Gara Ini Kita Pandai Berhitung

mainan anak tahun 90an gambaran
wovgo.com

Ini nih salah satu mainan yang membuat kita pintar berhitung. Caranya adalah dengan mengocok kartu lalu dibagikan ke setiap pemain yang ikut. Siapa yang mempunyai jumlah hitungan paling besar, dia yang menang. Oh ya, yang dihitung hanya angka terakhirnya saja kok.

Ada lagi cara bermain lain, yaitu dengan cara ditepok atau dilemparkan ke langit. Kartu milik siapa yang saat jatuh terbuka, dialah pemenangnya.

Sama Serunya Kok Sama Nintendo!

mainan anak tahun 90an game bot
Via google,image.com

Kamu enggak punya Nintendo. Mainan ini bisa untuk mengobati keinginan kamu untuk main game. Enggak kalah seru loh kayak Nintendo. Hanya lebih sederhana saja, ada tetris, balapan, susun bangunan, dan lain-lain.

READ  Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Belajar dari Buah Arbei

Tek Tek Tek… Kapal Siap Berangkat!!

mainan anak tahun 90an kapal tek tek
Bintang.com

Tok-tek-tok-tek. Begitulah kira-kira bunyi dari permainan ini saat itu. Game kapal-kapalan yang memanfaatkan perubahan suhu untuk mendorong kapal ini berjalan di air.

Cukup seru untuk bermain ini, denga membakar kapas yang sudah diberikan  spirtus lalu menaruhnya di dalam badan mainan. Nanti kapal akan berjalan sendiri karena terdorong uap yang keluar dari dalam kapal.

Dulu malah admin punya banyak koleksi, apalagi waktu model pengemudinya tambah banyak. Kalau kamu bagaimana?

Pengin Jadi Arsitek? Enggak Lengkap Kalau Belum Main Lego

mainan anak 90an lego

Enggak kalah terkenal dengan lego zaman sekarang, lego jaman dahulu juga asik loh.

Dengan mainan ini bisa membuat kamu berimajinasi menjadi seorang konstruktor. Kamu juga bisa menyusun berbagai potongan lego menjadi mainan lain seperti pistol, pedang,, candi, rumah sederhana, dan lainnya.

Doorrr!!! Hati Hati Ya Jangan Nembak Temen ^_^

mainan anak 90an pistol plastik

Yang pernah nyoba mainan ini pasti pernah ngerasain yang namanya jadi mafia. Hehe

Ini adalah salah satu mainan yang seru banget, tetapi akhirnya dilarang oleh Pemerintah karena ada beberapa pihak yang menyalahgunakannya sehingga menjadi permainan yang sangat berbahaya. Jadi walau hanya mainan, kamu harus selalu hati hati ya kawan.

Suka Kaget Kalau Ada Yang Nembak Dari Belakang 😀

mainan anak 90an pistol cincin
IDNtimes.com

 

Satu lagi mainan pistol-pistolan. Enggak jauh berbeda dari mainan pistol peluru sebelumnya. Tapi tidak lebih berbahaya loh. Karena ini tidak mengeluarkan peluru. Hanya berbunyi saat ditekan.

Bunyi ini berasal dari bubuk mesiu racikan yang ada pada peluru cincinnya. Akan meletus saat tertekan. Tapi tenang, tidak terlalu berbahaya kok asal menaruh peluruhnya sesuai pada tempatnya.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa mainan anak-anak yang sangat popular di tahun 90an. Sebenarnya masih banyak lagi. Obatrindu juga akan menuliskan tentang film anak-anak, lagu anak-anak, beserta daftar artis cilik yang populer pada tahun 90an sebagai obat kerinduan kamu pada saat kecil dulu.

Dan bagi kamu yang mengetahui beberapa info menarik tentang mainan tahun 90an yang belum tercantum disini, bisa menambahkan lewat komentar dibawah ya. Semoga bisa menyembuhkan rasa rindumu.

Artikel tentang mainan yang popular di tahun 90an selesai sampai disini, akan update setelah ada info baru lainnya. 😀

 

1 thought on “17 Mainan Ini Akan Membuatmu Ingat Akan Masa Lalu Kamu Yang Indah

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: