13 Fungsi dan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia dan Makhluk Hidup Lain

Author: | Posted in Sains No comments
manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via mediatataruang.com

Manfaat dan Fungsi Hutan secara Langsung Bagi Kehidupan Manusia dan Makhluk Hidup – Hutan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sangat penting bagi kehidupan ini. Baik kita manusia maupun hewan dan juga tumbuhan itu sendiri memerlukan keberadaan hutan. Fungsi dan manfaat yang bisa diambil dengan lestarinya hutan menjadi sebuah nilai yang tak bisa di ukur.

Dan mungkin jika hutan kita di dunia ini musnah, akan banyak malapetaka yang terjadi. Misalnya saja persediaan air akan mudah habis, suhu akan menjadi sangat panas karena minimnya lapisan atmosfer bumi, musibah banjir terjadi di mana-mana karena tak ada lagi titik resapan air.

Dan yang pasti, jika hutan tidak ada lagi di dunia ini. Polusi udara akan semakin meningkat sehingga banyak penyakit bermunculan. Dan oksigen kian lama kian menipis hingga tidak ada lagi yang namanya udara segar di sekitar kita.

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via Hello-pet.com

Maka dari itu kita harus selalu menjaga kelestarian hutan ini. Manfaatnya akan secara langsung kita peroleh dan sangat berguna bagi keseimbangan kehidupan kita. Entah itu hutan hujan tropis, hutan musim, dan macam-macam hutan lainnya harus selalu kita lestarikan keberadaanya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat hutan baik itu secara langsung maupun tidak langsung yang akan Obatrindu ulas untuk anda.

Manfaat dan Fungsi Hutan Bagi Kehidupan

Sebagai Sumber Oksigen

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via blog.therainforestsite.com

Tentu saja, Hutan adalah sumber oksigen terbesar di dunia ini. Apa itu Oksigen? Oksigen adalah zat asam yang diperlukan dalam kehidupan kita untuk bernafas. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkannya dalam proses pernafasan.

Namun bagi tumbuhan, oksigen diperlukan hanya disaat malam hari saja. Sedangkan pada siang hari, mereka lebih membutuhkan karbondioksida untuk melakukan fotosintesis.

Fungsi Oksigen tak hanya sampai disitu saja. Oksigen dapat menetralisir gas lain yang bersifat membunuh alias sebagai benteng gas karbon penyebab pemanasan global.

Itulah mengapa jika kita berada di lingkungan penedasaan yang mana polusi udaranya sangat minim. Kita akan merasakan udara yang segar dan nyaman, sangat jauh berbeda jika berada di perkotaan yang sudah penuh akan polusi udara.

Penyerap dan Penyimpan Gas Karbon

Sesuai yang dijelaskan sebelumnya, oksigen dapat menetralisir gas karbon untuk mencegah polusi udara. Ini dikarenakan Hutan yang merupakan kumpulan pohon ini dapat menyerap Karbondioksida (CO2) yang digunakan dalam proses fotosintesis.

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via biosmadaj.blogspot.com

Melalui proses penyaringan yang terjadi tersebut, ada dua hal yang dihasilkan oleh pepohonan hutan. Pertama adalah kayu tanaman yang semakin tumbuh dan membesar dan juga gas Oksigen yang berguna dalam pernafasan kita.

READ  Daftar 10 Negara dengan Hutan Terbesar dan Terluas di dunia

Dengan begitu, karbondioksida yang tadi merupakan zat polusi menjadi hilang berganti menjadi kayu bagi pohon dan oksigen bagi manusia dan makhluk hidup lain.

Mencegah Terjadinya Banjir

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via wikipedia.org

Tak dapat dipungkiri bahwa banjir adalah bencana yang paling mengganggu aktivitas manusia. Karena dengan adanya banjir, aktivitas kita menjadi terhambat. Banyak tanaman dan hewan kecil menjadi terseret arus dan mati, dan banyak lagi lainnya.

Nah, fungsi hutan salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya banjir ini. Kenapa bisa?

Karena hutan yang merupakan kumpulan dari begitu banyak pohon ini membutuhkan air untuk proses fotosintesis mereka. Dan ketika hujan terjadi, tanaman hutan ini akan menyerap air tersebut dengan lebih cepat sehingga air hujan tidak sampai mengakibatkan banjir.

Maka dari itu, kita harus selalu melestarikan pohon dan membuat hutan selalu lestari. Karena dengan semakin banyaknya tanaman yang ada di hutan, semakin banyak pula air yang terserap dari hujan yang terjadi tersebut.

Sebagai Penyeimbang Lingkungan

Fungsi Hutan yang keempat adalah menjadi penyeimbang alam ini. Fungsi ini juga tak jauh berbeda daripada hutan sebagai sumber Oksigen. Dimana oksigen dapat menetralisir gas-gas karbon yang sangat panas sehingga keberadaannya sangat penting bagi kehidupan kita.

Gas karbon terjadi dan dibentuk oleh banyaknya aktivitas kita seperti bernafas, aktivitas mesin, dan hasil sisa dari proses pembakaran lain. Dengan banyaknya polusi udara seperti itu yang terjadi di sekitar kita, tak akan terbayangkan berapa jumlah gas karbon yang bersifat membunuh ini telah kita hirup.

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via biologipedia.blogspot.com

Dengan adanya hutan yang selalu memproduksi oksigen bagi kehidupan kita inilah pengendalian keseimbangan lingkungan yang dimaksudkan. Dengan menghirup oksigen yang cukup disetiap aktivitas kita, zat karbon yang ikut terhirup akan menjadi netral dan tidak membahayakan kehidupan kita.

Ini juga sebab dari akibat jika kita di lingkungan perkotaan yang jauh dari pusat hutan, baik itu hutan alami atau hutan kota yang merupakan hutan buatan. Suhu di sekitar akan menjadi lebih panas, dan juga kita akan menjadi lebih susah bernafas. Ini disebabkan tipisnya persediaan oksigen di sekitar kita.

Menyimpan Cadangan Air

Fungsi dari hutan yang berikutnya adalah menyimpan cadangan air. Pada fungsi sebelumnya telah disebutkan bahwa pohon menyerap dan menyimpan air di akar. Air ini menjadi cadangan air pohon ketika musim kering tiba agar tetap bisa bertahan hidup.

fungsi hutan bagi kehidupan manusia

Via miner8.com

Air yang disimpan oleh pohon ini biasanya diambil disaat hujan turun. Dan satu pohon bisa menyerap jumlah banyak air. Apalagi hutan yang mana tersusun dari jumlah pohon yang banyak. Berarti ada banyak air yang tersimpan pada akarnya.

Manfaat yang didapatkan oleh kita juga sangat positif dengan adanya fungsi hutan sebagai penyerap air ini. Karena manusia pada musim kemarau juga tidak usah risau lagi mengalami kekeringan.

Dengan adanya hutan yang telah menyimpan cadangan air yang sangat banyak, air akan tetap mengalir dari sumber-sumber mata air. Begitu pula air tanah. Bagi pemilik sumur, tidak akan khawatir sumurnya mongering.

READ  Gempa Bumi! (Pengertian, Definisi, Jenis-Jenis, dan Dampak yang Ditimbulkan)

Maka dari itu, selalu tanam tanaman di lingkungan anda sebagai gerakan reboisasi hutan. Dengan banyaknya tanaman di sekitar kita bisa membantu mengendalikan jumlah air baik pada musim hujan maupun musim kemarau.

Mencegah Tanah Longsor

Fungsi hutan berikutnya yang tak kalah penting adalah sebagai pencegah tanah longsor. Hutan yang tersusun dari banyak pohon mempunyai akar tanaman yang cukup kuat selain berguna menyerap air juga akar yang kuat dapat mencengkeram tanah dengan baik.

fungsi hutan bagi kehidupan manusia

Via pinterest.com

Tanah yang mendapatkan cengkraman kuat dari akar tanaman ini akan menjadi benteng ketika air hujan mengalir deras sehingga tidak terjadi erosi tanah yang jika terlalu besar akan mengakibatkan banjir.

Berbeda dengan tanah yang miskin dengan cengkraman akar dari pohon. Tanah tidak akan mampu menahan derasnya aliran air hujan sehingga bisa menyebabkan longsor.

Fungsi akar tanaman hutan ini sungguh sangat bermanfaat untuk manusia dan juga makluk lainnya yang tinggal disekitar hutan. Karena dengan adanya hutan yang lebat, akibat dari tanah yang gundul dan membahayakan menjadi hilang. Terutama yang tinggal pada tempat tinggi seperti lereng gunung dan sejenisnya.

Mencegah Terjadinya Erosi Tanah

Tidak jauh berbeda dengan fungsi hutan sebagai pencegah tanah longsor. Erosi tanah yang merupakan pengikisan tanah juga sangat berbahaya, apalagi jika dibiarkan terus menerus. Dan biasanya proses erosi ini terjadi diakibatkan oleh aliran air ataupun angin yang deras sehingga sanggup mengikis tepian tanah.

Maka dari itu, fungsi dari hutan atau sekumpulan tanaman yang tumbuh di sekitar kita dapat membantu mengurangi bahkan mencegah proses erosi tanah tersebut.

Akar pada pohon yang menancap pada tanah akan mencengkram tanah dengan kuat sehingga baik air maupun angin tidak akan mudah mengikis tanah. Dengan begitu lapisan tanah akan tetap bertahan pada posisinya.

Menyuburkan Tanah

Fungsi lainnya dari keberadaan hutan adalah menyuburkan tanah di sekitar kita. Ini dikarenakan banyaknya unsur hara yang terkandung baik itu dari bagian tanaman seperti daun dan ranting yang gugur kebawah dan menjadi humus dipadu dengan kandungan air yang cukup.

Dengan adanya tanah yang subur tersebut membuat tumbuh kembang tanaman menjadi sangat optimal dan tanahnya yang subur disekitarnya dapat dimanfaatkan oleh kita dalam berbagai macam aspek kehidupan seperti bertani.

Habitat Alami untuk Flora dan Fauna

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via benyaminlakitan.com

Hutan merupakan habitat alami untuk hewan dan tanaman. Hampir setengah dari seluruh spesies flora dan fauna di dunia ini hidup di dalam hutan. Ditambah lagi hutan memiliki kekayaan hayati yang sangat tinggi membuat hutan menjadi tempat tinggal yang tepat bagi mereka.

Maka dari itu, jangan biarkan hutan kita menangis karena kita mulai menggundulinya. Mulai galakkan reboisasi hutan kembali agar hutan kita tetap terpelihara. Karena saat ini mulai banyak tanaman langkah dan juga hewan langkah yang mulai punah. Sangat disayangkan jika semua itu terjadi bukan.

Tempat Wisata

Selain hutan biasa digunakan sebagai tempat tinggal alami bagi hewan dan tumbuhan. Hutan juga bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai tempat wisata alam. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan dengan adanya keberadaan hutan sebagai tempat hiburan melepas kepenatan.

READ  Air (Pengertian, Unsur, Jenis, Sifat, Manfaat bagi Kehidupan Makhluk Hidup)

Misalnya saja kegiatan camping, pendakian, outbond dan banyak lagi wahana lain yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan hutan. Namun, tetap jaga kelestarian hutan ya kawan. Biarkan alam hutan kita melakukan aktivitasnya sembari kita menikmati apa yang diberikan hutan kepada kita.

Sarana Edukasi

manfaat hutan bagi kehidupan manusia

Via bundatsabitah.files.wordpress.com

Fungsi yang satu ini bukan rahasia lagi, terutama bagi kita yang menyukai ilmu Alam di sekolah seperti Biologi dan Geografi. Hutan menjadi tempat atau sarana yang cocok untuk kita melakukan sebuah penelitian khususnya tentang alam.

Dan juga proses belajar dengan cara mengenal ala mini adalah cara yang tepat yang bisa dilakukan kepada siswa atau anak didik kita untuk lebih jauh lagi menghormati dan menjaga kelestarian alam kita. Karena pelajaran mengenai alam bisa langsung dipraktikkan secara langsung saat itu juga.

Mengatur Iklim suatu Wilayah

Fungsi hutan selanjutnya adalah dapat mengatur iklim atau cuaca suatu wilayah. Ini diakibatkan karena hutan mempengaruhi perubahan iklim yang terjadi di daerah sekitar hutan tersebut.

Misalnya saja pada suatu negara yang mempunyai hutan yang sangat luas. Iklim atau cuaca pada negara tersebut akan cenderung lebih sejuk dan segar, begitupun sebaliknya.

Memenuhi Kebutuhan Hidup Manusia

Sebuah yang cukup penting bagi kehidupan kita. Dimana banyak manusia mengabaikan atau bahkan tidak tahu betapa pentingnya hutan bagi kehidupan kita adalah hutan dapat memenuhi berbagai kebutuhan kita sehari-harinya.

Tahukah kalian, bahwa dengan memiliki hutan yang lebat dan juga luas. Kita bisa mendapatkan sumber makanan, obat-obatan, dan juga air yang sangat penting di setiap sela kehidupan kita. Dan kesemuanya itu kita dapatkan dari alam ini secara gratis.

Tentunya, pengambilan dan pemanfaatan hutan seperti ini juga dilakukan secara berkala dan tidak boleh secara terus menerus. Karena hutan yang terus di eksploitasi sumber dayanya akan menurun dengan drastis.

Jadi untuk kalian yang rumahnya dekat hutan, bisa memanfaatkan kesempatan seperti ini untuk bisa mendapatkan berbagai kebutuhan sehari-hari, dan jangan lupa untuk menanam tanaman secara berkala terutama jika ada tanaman yang sudah tua dan roboh. Ini akan dapat membantu keberlangsungan kehidupan hutan kita.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat hutan kita baik itu secara langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lain yang tinggal di bumi ini.

Jika kita mau memperhatikan tentang manfaat dan fungsi yang dihasilkan dari keberadaan hutan, sangat disayangkan jika kita tidak merawat dan menjaga kelestarian hutan kita. Jadi, ayo kita rawat hutan kita ini agar terus memberikan manfaat baik untuk kita maupun generasi kita selanjutnya.

Lestarikan Lingkungan Hidup dengan Reboisasi Hutan. Go Green!!

No Responses

Add Your Comment

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: