pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya

Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Perangkat Keras Komputer beserta Contoh Gambarnya

Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Perangkat Keras Komputer beserta Contoh Gambarnya – Jika sebelumnya saya banyak mengulas tentang lingkungan hidup. Kali ini saya coba mengulas sisi yang bersebelahan dengan hal tersebut tetapi juga cukup penting untuk manusia, yaitu teknologi. Teknologi yang diciptakan manusia berkembang dengan sangat pesat beberapa tahun terakhir. Terutama pada bidang hardware(perangkat keras) dan software(perangkat lunak) komputer.

pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via Innovus.org

Dan pada artikel saat ini akan saya fokuskan untuk mengenal pengertian hardware. Saya juga menyertakan berbagai macam hardware dan juga fungsinya. Dan untuk pengenalan lebih lanjut saya sertakan juga contoh gambar dari perangkat lunak tersebut.

Pengertian Perangkat Keras Komputer atau Hardware

Apakah perangkat keras komputer atau hardware tersebut?

Perangkat keras komputer atau Hardware adalah semua komponen pada komputer yang berbentuk fisik dan digunakan oleh sistem komputer untuk menjalankan perintah sesuai yang telah diprogramkan di dalamnya.

Hardware sangat berbeda dengan software. Jika hardware mempunyai bentuk yang nyata dan dapat dilihat dan diraba oleh bagian tubuh kita. Tetapi software hanya bisa dilihat tampilannya saja yang muncul di layar komputer.

Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Macam-macam hardware juga sangat banyak dan beragam. Dan tidak hanya yang berada pada komponen penyusun komputer saja. Tetapi perangkat yang berada di luar yang juga mendukung kinerja komputer juga termasuk bagian hardware komputer.

Nah, berikut adalah bagian selengkapnya tentang perangkat keras komputer yang saya ulas. Diantaranya :


Monitor


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via LifeWire.com

Monitor adalah salah satu perangkat keras komputer yang berguna untuk menampilkan hasil pengolahan CPU atau alat output data grafis dari CPU. Biasanya dikenal sebagai layar untuk menampilkan data komputer.

Monitor sendiri sangat penting kegunaannya dan tidak dapat dipisahkan saat pemakaian suatu komputer. Untuk jenisnya sendiri, monitor terbagi menjadi 4 jenis. Yaitu monitor CRT, Plasma display, monitor LCD, dan monitor LED.


Keyboard


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via CQout.com

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang mempunyai banyak tombol yaitu tombol huruf dan tombol angka. Dan berfungsi untuk menginput data kedalam komputer. Keyboard mempunyai banyak jenisnya seperti keyboard QWERTY, keyboard DEVORAK, keyboard Alphabetik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

READ  Pengertian, Fungsi dan Manfaat Komputer bagi Kehidupan Manusia

Mouse


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via www.mindthemoney.co.uk

Mouse adalah perangkat keras komputer yang gunanya sebagai kemudi, atau lebih tepatnya mengatur kursor pada tampilan monitor dan melakukan perintah-perintah praktis pada aplikasi komputer.

Mouse juga mempunyai banyak jenis. Jenis jenis mouse diantaranya adalah mouse serial, mouse Wifi, Mouse PS2, dan mouse USB.


CPU atau Processor


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via www.videoeditingsage.com

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk memproses data, baik itu menerima dan atau melaksanakan perintah data yang berasal dari perangkat lunak komputer.

CPU sendiri mempunyai banyak jenis sesuai vendor yang membuatnya. Misal diantaranya adalah Intel Processor, AMD Processor, AMR Processor, Cyrix Processor, Apple Processor, dan masih banyak lagi jenis jenis processor di dunia yang mendukung kinerja komputer.


Motheboard


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via pixabay.com

Motherboard adalah perangkat keras yang berupa papan sirkuit yang fungsinya adalah menjadi tempat komponen perangkat keras komputer lain seperti processor, RAM, Hardisk, dan lainnya.

Motherboard bentuknya berupa papan yang berbentuk PCB yang mempunyai chip BIOS dimana jalur-jalur koneksinya berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat keras yang terpasang.


RAM


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via pixabay.com

RAM singkatan dari Random Access Memory adalah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk menyimpan data atau intruksi yang biasanya dilakukan oleh processor.

Penyimpanan yang ada pada RAM ini bersifat sementara. Karena pada saat komputer mati, intruksi atau data yang tersimpan pada RAM dikosongkan atau hilang. Kecuali komputer sedang dalam kondisi hibernate.

Jenis-jenis RAM sendiri juga sangat banyak, seperti SRAM, DRAM, EDORAM, RD RAM, FPM RAM, DDR RAM, dan banyak lagi yang lainnya.


Hardisk


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via pixabay.com

Hardisk atau biasa ditulis HDD adalah perangkat keras komputer yang fungsinya untuk menyimpan semua data pada komputer. Dan biasanya pada satu buah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang gunanya bisa untuk memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung.

Jenis-jenis hardisk juga tak kalah banyak. Ada Hardisk Seria (ATA dan SATA), Hardisk PATA, Hardisk Raid, dan lain-lain.


Heatsink


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via pixabay.com

Heatsink atau biasa kita kenal dengan nama PC Cooler adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengurangi suhu panas yang muncul akibat aktivitas komputer.

Panas yang dihasilkan saat komputer hidup dapat merusak komponen lainnya sehingga keberadaan heatsink ini bisa dikatakan sangat penting sekali.


SSD


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via TechReport.com

SSD atau Solid State Drive adalah perangkat keras komputer yang baru-baru ini muncul ke permukaan. SSD ini merupakan hardware yang gunanya tidak jauh berbeda dari Hardisk. Yaitu menyimpan data-data pada komputer kita.

READ  Mengenal 7 Keunggulan Wordpress

Tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup jauh daripadanya diantaranya adalah mode penyimpanannya. SSD menggunakan chip-chip memori flash yang satu sama lain saling terhubung. Chip tersebut juga mempunyai kecepatan dan juga reliabilitas yang sangat tinggi daripada USB.

Hal ini menyebabkan SSD lebih nyaman digunakan untuk aktivitas computing yang membutuhkan kecepatan prima. Karena hal tersebut pula harga SSD menjadi jauh lebih mahal daripada harga HDD.


VGA Card


pengertian fungsi dan macam macam perangkat keras komputer beserta contoh gambarnya
Via pixabay.com

Video Graphic Adapater atau biasa disebut VGA adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk mengola grafis data yang tampil pada monitor. VGA juga ada yang versi yang lain yang lebih kuat dalam pengolahan grafiknya. Biasanya disebut dengan GPU dan biasa dipakai oleh para gamer atau designer.


Optical Drive


Optical Drive adalah salah satu perangkat keras komputer yang gunanya adalah untuk membaca dan juga menulis data dari kepingan CD ataupun DVD. Jenis-jenis dari Optical Drive sendiri ada beberapa seperti CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan lain-lain.


Power Suply


Power Supply adalah perangkat keras komputer yang gunanya adalah untuk menyuplai daya yang dibutuhkan oleh setiap perangkat komputer seperti processor, motherboard, Hardisk, VGA, dan lain-lain. Power Supply juga biasa diumpamakan sebagai jantung komputer karena tanpa power supply, komputer tidak akan bisa hidup.


Sound Card


Sound Card adalah salah satu perangkat keras komputer yang gunanya untuk mengo data yang berupa audio atau suara. Sound Card merupakan salah satu perangkat pendukung berbasis Multimedia sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan terutama pagi para pengguna yang menyukai fitur Multimedia.


Lan Card


LAN Card, biasa disebut dengan NIC (Network Interface Card) merupakan Ethernet Card. Kartu jaringan yang biasa digunakan sebagai alat yang menghubungkan antara satu komputer ke komputer lainnya di sebuah jaringan LAN komputer atau untuk menghubungkan komputer kita ke internet


Speaker


Speaker adalah salah satu perangkat keras komputer yang gunanya juga untuk mendukung aktivitas kita di depan komputer yang berhubungan dengan aktivitas Multimedia kita. Biasanya tak lepas juga dari Sound Card. Kegunaannya adalah untuk mengeluarkan hasil proses komputer dalam bentuk suara.


Webcam


Webcam  adalah sebuah perangkat keras komputer yang berguna untuk menginput data yang ditangkap oleh kamera pada webcam untuk diproses ke dalam komputer baik berupa video maupun suara.

READ  Tampil Beda! Harga dan Spesifikasi Smartphone Andromax L dan B ini Bikin Kamu Ngiler Kalau Enggak Punya!

Biasanya digunakan saat orang-orang sedang berkomunikasi dengan orang lain melewati hubungan internet untuk saling bertukar informasi berupa suara dan juga video.


Modem


Modem adalah salah satu perangkat komputer yang beberapa tahun ini sangat popular. Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator yang berguna untuk menangkap sinyal digital yang biasa disebut internet, lalu mengubah sinyal tersebut menjadi sebuah data yang ditampilkan pada komputer kita.

Begitupun sebelumnya, saat kita mengirimkan data ke komputer luar juga membutuhkan perangkat modem sebagai fasilitasnya untuk bisa terhubung ke dunia internet.


LCD Proyektor


Proyektor LCD adalah salah satu jenis perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk menampilkan data dari komputer baik itu berupa data gambar ataupun video. Untuk menampilkannya, kita juga memerlukan sebuah layar atau benda yang mempunyai permukaan datar.

Proses yang terjadi saat menampilkan data tersebut adalah proyektor LCD yang telah menerima data dari komputer, mengirimkan cahaya dari lampu halide loga. Setelah itu diteruskan ke bagian prisma. Cahaya itu selanjutnya menyebar pada panel polysilikon dengan komponen warna merah, hijau, dan biru.


Scanner


Scanner adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menginput data yang berupa benda untuk dimasukkan kedalam sistem komputer menjadi bentuk foto. Tetapi yang tampil hanyalah permukaan yang berhasil di scan oleh mesin Scanner.


Printer


Kebalikan dari Scanner. Printer adalah komponen perangkat keras komputer yang berguna untuk mengeluarkan data-data pada komputer berupa data yang tercetak pada sebuah kertas atau hard copy, baik itu berupa data foto, teks, ataupun gambar.

Jenis jenis printer diantaranya adalah printer Dotmatrix, printer Laserjet, dan juga printer Inkjet.

Itulah macam macam perangkat keras komputer yang menyusun dan juga mendukung kinerja komputer. Sebenarnya masih banyak lagi perangkat keras komputer lainnya yang masih belum saya sebutkan. Tetapi akan saya coba tambah listnya satu persatu di lain kesempatan.

Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita.

Terimakasih.

3 thoughts on “Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Perangkat Keras Komputer beserta Contoh Gambarnya

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: