Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak, Renyah, dan Gurih Sendiri untuk Camilan di Rumah

Author: | Posted in Kuliner No comments

Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan untuk Camilan di Rumah – Halo sobat rindu, kali ini kita akan mengulas sedikit tentang cara membuat kerupuk ikan sendiri di rumah. Kebetulan saya memang saya suka dengan kerupuk ikan dan kalau nulis sambil nyemil kerupuk di rumah. Hehehe.

Dan kali ini saya akan berbagi dengan kalian tentang cara membuatnya. Itung-itung dengan kita belajar tentang cara pembuatannya, kita bisa buat camilan sendiri. Daripada nyemil karena beli langsung jadi yang tentunya harganya lebih tinggi, kan lebih hemat buat sendiri. Hehe

Resep Kerupuk Ikan Enak

Membuat kerupuk ikan sebenarnya cukup mudah loh teman, tetapi masih banyak yang belum tau tentang cara pembuatannya. Sayang banget kan. Jadi ayo kita belajar bareng disini, intip yuk resep cara membuat kerupuk ikan yang renyah dan gurihnya

Resep Bahan dan Bumbu Kerupuk Ikan

bahan pewarna alami batik

Pertama-tama kita siapkan dulu bahan dan bumbu penting yang digunakan untuk pembuatan kerupuk ikan. Terutama untuk bahan ikan yang akan kamu pakai dalam pembuatannya nanti, kamu bisa menggunakan ikan tongkol, gabus, lele, teri, atau ikan bandeng.

Namun di resep ini saya akan menggunakan bahan dasar kerupuk ikan dengan bahan kerupuk ikan tenggiri. Berikut selengkapnya :

  •  800 gr tepung tapioka
  •  5 siung bawang putih ( haluskan )
  • 350 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  •  1 sendok makan garam
  •  1/2 sendok teh soda kue
  •  1/2 sendok teh ketumbar halus
  •  5 butir telur
  •  300 gr gula pasir
  •  minyak untuk menggoreng secukupnya
  •  air secukupnya
READ  Cara Memotong dan Mengolah Ikan Agar Lezat Dan Menggugah Selera

Siapkan semua bahan dan bumbu diatas dan pastikan tersedia di meja dapur kamu sebelum memulai membuatnya oke.

Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Renyah dan Gurih

 

Oke, setelah menyiapkan bahan bumbu yang diperlukan dalam membuat kerupuk ikan, kita sekarang beralih ke cara pembuatan kerupuk ikan yang gurih dan renyah. Berikut selengkapnya :

  1. Pertama kita campurkan semua bahan yang telah kamu siapkan lalu diaduk sampai bahan terasa tercampur rata
  2. Setelah itu uleni dengan tangan sampai menghasilkan adonan kalis serta tidak lengket saat di tangan
  3. Setelah selesai, bungkus adonan tadi dengan daun pisang. Lalu gulung memanjang serta kukus selama 2 – 3 jam hingga adonan benar-benar matang
  4. Setelah adonan matang, segera angkat dan dinginkan pada tempat yang sejuk. Lalu iris adonan secara tipis,. Setelah semua selesai, silahkan kamu jemur sampai benar-benar kering. Biasanya memakan waktu 2 sampai 3 hari
  5. Setelah kerupuk adonan yang tadi dikeringkan sudah siap, silahkan angkat dan mulailah untuk menggorengnya.
  6. Untuk menggoreng kerupuk, kamu harus memanaskan minyak sampai dengan api yang sedang. Dan setelah mendapatkan panas yang cukup, goreng irisan kerupuk adonan yang sudah kering tersebut sampai merekah.
  7. Untuk menghindari kerupuk yang gosong, kamu bisa membolak-balikkan kerupuk secara berkala.
  8. Dan jika sudah mengembang maksimal, segera angkat dan tiriskan pada nampan atau piring.
  9.  Nah, kerupuk yang kamu buat siap dimakan deh.
  10. Tapi kamu bisa juga menyimpannya di sebuah toples guys jika ingin memakannya di lain waktu. Selamat menikmatinya ya.

Nah, itulah sekilas tentang Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Renyah dan Gurih  harus memilih ikan yang masih segar, supaya rasa kerupuk ikan lebih enak dan gurih.

Add Your Comment

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: