Cara Simple Menggambar Doodle Art Keren (Dilengkapi Contoh Gambar)

Tutorial Cara Membuat Doodle Art Simple, Sederhana, tapi Keren – Dewasa ini banyak tekhnik atau cara menggambar yang unik dan kreatif yang dilakukan oleh kalangan anak muda atau remaja. (Walau sebenarnya banyak seniman yang juga melakukannya). Salah satunya adalah teknik menggambar atau membuat gambar doodle dan biasa dinamakan Doodle Art.

Doodle sendiri secarah harfiah jika diartika ke bahasa Indonesia mempunyai arti “mencoret”. Corat coret memang hal yang paling gampang dan mudah untuk dilakukan. Cukup dengan media menulis seperti kertas, pulpen, dan atau pensil, semua orang pasti bisa membuat coretan. Dan biasanya kegiatan corat coret biasa disebut dengan doodling.

Pengertian Doodle Art


cara menggambar doodle art index

Lalu apa itu Doodle Art? Doodle Art adalah salah satu gaya, teknik, cara membuat gambar dengan cara mencoret, dan terlihat abstract, dimana gambar doodle sendiri ada yang bermakna ada juga yang tidak bermakna. Karya ini biasanya tidak memiliki bentuk jelas dan benar tetapi terlihat unik dan menarik.

Karya doodle melukiskan setiap perasaan pembuatnya, itu bisa kita lihat dari setiap goresan yang dihasilkan yang keluar tanpa disadari oleh pikiran kita. Dengan membuat doodle art juga mampu membuat tenang hati kita.

Dengan membuatnya sepenuh jiwa dan perasaan akan menghasilkan karya yang semakin menarik. Unik, dan bermakna dan itu membuat karya doodle tidak hanya untuk sekedar gaya saja.

Sejarah Doodle Art


Doodle Art sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun mulai mencuat lagi ke permukaan setelah mulai banyak yang membuatnya dengan ide dan karya yang enak dan indah dipkamung. Yaitu pada masa zaman purba, dimana orang-orang gua zaman dahulu membuatnya di dinding-dinding gua. Dimana doodling digunakan mereka untuk menceritakan kisah yang terjadi secara turun temurun.

Dan pada masa sekarang, Doodle Art menjadi lebih berkembang dengan bentuk yang abstract dan unik namun mempunyai makna dan pesan tersendiri yang lahir dari pembuatnya. Dan bahkan tanpa disadari pun kita sudah menghasilkan karya doodle loh. Misalnya saja saat bosan dan sendirian di kelas, kita tiba-tiba mencorat coret buku atau kertas. Seperti itulah doodle art.

Alat untuk Menggambar Doodle Art


Sebelum memulai membuat Doodle Art. Alangkah baiknya kamu juga mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah karya seni Doodle Art yang indah, penuh makna, dan sesuai dengan imajinasi kamu.

Sebenarnya untuk belajar menciptakan atau menggambar sebuah Doodle Art tidak diperlukan peralatan khusus, cukup pensil, kertas, dan penghapus sudah cukup untuk memenuhinya sehingga dengan bebas dan mudah kamu akan membuat Doodle Art.

peralatan menggambar doodle art

Namun, jika kamu ingin menjadi seorang Profesional di bidang seni grafis Doodle Art ini. Kamu juga perlu menyiapkan peralatan khusus untuk Doodle Art misalnya seperti :

  • Pensil
  • Penghapus
  • Buku Sketsa
  • Tinta Pena
  • Spidol Marker
  • Stabilo
  • Pulpen
  • Dan beberapa peralatan penunjang seperti arang dan kapur. pensil warna, dan juga cat
READ  Khat dan Kaligrafi Islam Arab (Pengertian, dan Contoh Cara Membuat Gambar Kaligrafi)

Itulah beberapa peralatan khusus yang harus kamu sediakan untuk belajar menjadi seorang profesional di bidang desain grafis “Doodle Art” ini. Setelah kamu menyiapkan semua itu, sekarang kita akan mulai untuk belajar membuat Doodle Art.

Cara Membuat/Menggambar Doodle Art Sederhana, Simple, Tapi Keren


Dalam perkembangannya, Doodle Art menjadi salah satu elemen desain grafis. Kita bisa melihat sudah maraknya baliho, iklan, poster, baik itu di tv atau media masa yang menggunakan doodle art. Karena pesan yang disampaikan melalui gambar ini akan terlihat lebih bersahabat, santai, juga manusiawi.

Lalu bagaimana cara membuat atau menggambar Doodle Art?

Nah berikut ini saya sertakan cara sederhana untuk menciptakan karya Doodle Art yang akan lahir dari tangan kamu sendiri. Ada beberapa teknik, ide dan tips dalam membuat dan menciptakan gambar Doodle Art.

Dan sebelum itu ada baiknya kamu juga menyimak video dibawah ini tentang gambaran bagaimana caranya menggambar doodle art. Agar kamu bisa lebih mudah memulainya.

 

Cara Membuat Doodle Art yang Lahir dari Imajinasi


Setiap orang pasti mempunyai imajinasi yang lahir dari pikirannya. Dan itu termasuk kamu yang sedang belajar ini. Maka dari itu kenapa tidak kita coba untuk mengeluarkan imajinasi tersebut kedalam bentuk sebuah karya Doodle Art? Berikut langkah-langkahnya :

1. Cari dan Ciptakan Inspirasi

inspirasi doodle art

Inspirasi  adalah salah satu kunci untuk membuat karya Doodle Art bagi pemula ataupun seorang yang sudah profesional. Maka dari itu mulailah menciptakan inspirasi dari jiwa dan pikiran kamu.

Untuk melakukannya tidaklah serumit yang kamu bayangkan. Cukup gunakan suatu peristiwa, tindakan, perasaan, atau apapun yang berada di lingkungan sekitar kamu menjadi sebuah karya Doodle Art. Dan bahkan sebenarnya ide yang bagus terkadang muncul secara tiba-tiba saat kamu diam atau melakukan sesuatu.

2. Ekspresikan Inspirasi secara Bebas

menumpahkan inspirasi pada kertas untuk menggambar doodle

Oke, setelah kamu mendapatkan Inspirasi yang ingin kamu tuangkan dalam karya seni Doodle Art. Sekarang kita menuju ke proses. Inti dari gambar Doodle Art adalah kumpulan beberapa gambar dari beberapa ide dan inspirasi. Jadi cara membuatnya adalah dengan menggambar ide-ide tersebut dan dijadikan menjadi satu kesatuan gambar, tidak perlu konsep khusus kok.

Misalnya saja anda menggunakan ide makanan. Makanan ada beberapa macam seperti donat, kue tart, eskrim, dan lain-lain. Gambar beberapa ide tersebut kedalam satu kertas degnan susunan yang bebas sesuai kreasi anda. Lalu tambahkan beberapa pernak-pernik yang akan membuat gambar ini lucu ataupun sebaliknya. Maka jadilah sebuah karya Doodle Art kreasi anda sendiri

Cara Membuat Doodle Art sesuai Tema


Setelah kamu belajar untuk cara membuat doodle art sesuai imajinasi. Sekarang kita akan beralih belajar cara membuat doodle art sesuai tema. Belajar Doodle Art sesuai tema merupakan tingkatan yang lebih tinggi lagi karena pikiran dan ide kita akan dipaksakan mengikuti alur tema, bukan alur imajinasi pikiran kita.

Tapi tenang, nanti kamu akan terbiasa dan karya Doodle Art kamu akan semakin luar biasa. Karena dengan belajar sesuai tema, skill anda akan otomatis terupgrade. Berikut adalah beberapa jenis tema doodle yang bisa kamu coba untuk menciptakan sebuah karya milikmu.

READ  Macam-macam Bahan Pewarna Alami Kain Batik dari Tumbuhan

Membuat Doodle Art dengan Tema Bunga

doodle-art-bunga

Pertama kamu coba untuk membuat Doodle Art bertema bunga seperti dengan contoh. Bunga adalah salah satu objek favorit yang biasanya digunakan untuk membuat Doodle Art. Beberapa ide yang biasanya diterapkan dalam gambar Doodle Art bertema bunga adalah sebagai berikut :

  • Gambar doodle sebuah vas dengan dipenuhi beberapa bunga atau sebuket bunga favorit anda yang diletakkan pada vas tersebut.
  • Gambar doodle sebuah taman yang dihiasi dengan berbagai macam bunga yang unik.
  • Gambar bunga mawar yang diberikan detail pada setiap kelopaknya.
  • Gambar setangkai bunga yang disisipkan beberapa kata yang kamu suka di tiap kelopak bunganya.
  • Atau sekumpulan macam macam bunga yang ditengahnya dituliskan nama kamu.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu pakai untuk menciptakan Doodle art dari tema bunga. Sekarang kita lanjut ke tema berikutnya.

Membuat Doodle Art dengan Tema Wajah atau Karakter

doodle art tema karakter

Bentuk wajah atau karakter memang lebih rumit daripada bentuk bunga. Tetapi kamu tidak perlu karena ini adalah gambar Doodle, jadi gambar yang harus kamu bentuk tidak harus sempurna. Sebagai gambaran buatlah dulu seperti contoh diatas. Dan untuk lebih lanjut menggambar Doodle Art bertema wajah atau karakter, kamu bisa memakai beberapa ide yang bisa diterapkan sebagai berikut :

  • Menggunakan wajah sendiri, teman, sahabat, kekasih, ataupun wajah selebriti terkenal.
  • Menggunakan beberapa gambar karikatur konyol yang terlahir dari berbagai wajah yang ada di pikiran kamu.
  • Memanfaatkan ekspresi wajah, lalu gunakan itu pada beberapa wajah yang sama. Seperti ekspresi marah, sedih, senang, tertawa, dan lain-lain.
  • Gambar karakter kartun yang kamu sukai.
  • Gambar sebuah benda dengan diberikan beberapa ekspresi.

Itulah beberapa ide yang bisa kamu terapkan untuk menggambar doodle wajah.

Membuat Doodle Art dengan Tema Nama, Kata, dan Huruf

gambar doodke art nama

Membuat gambar Doodle Art yang bertemakan nama sebenarnya adalah salah satu contoh termudah dalam membuat gambar doodle. Kamu bisa menggunakan nama sendiri, teman, pacar, atau keluarga untuk diterapkan. Contohnya adalah seperti gambar diatas atau kamu bisa mengkreasikan digabung dengan imajinasi kamu. Beberapa ide yang bisa kamu pakai dalam menggambar doodle bertema nama adalah :

  • Menggambar doodle nama atau kata dengan memanfaatkan bentuk font yang berbeda.
  • Menggambar doodle nama atau kata dengan memanfaatkan perbedaan ukuran bentuk huruf misal kombinasi besar dan kecil atau dari besar ke kecil.
  • Menulis nama dengan variasi atau singkatan nama. Misalnya saja Y Hadi W atau WY Hadi. Atau kamu bisa menggunakan nama sendiri atau nama artis terkenal.
  • Menulis namanya dengan tambahan pola sesuai objek apa yang kamu pikirkan.
  • Menulis nama diantara objek seperti misalkan gelembung, bunga, atau makanan. Jadi nama itu akan dikelilingi oleh objek.

Menggambar Doodle Art dengan Tema Hewan

gambar doodle art tema hewan

Menggambar Doodle Art hewan adalah hal yang cukup menyenangkan karena selain banyak ide macam hewan. Juga perilaku hewan yang lucu dan menggemaskan akan menumbuhkan perkembangan tersendiri untuk karya doodle kita nanti.

Nah berikut ini adalah ide atau inspirasi yang bisa kalian ambil membuat sebuah karya bertema doodle hewan. Berikut diantaranya :

  • Mengambil gambar makhluk hidup di air. Sertakan beberapa jenis makhluk seperti ikan, kepiting, kerang, rumput laut, dan juga tambahkan batu karang. Gambar dan susun menjadi sebuah gambar doodle kreasimu sendiri.
  • Mengambil gambar mahkluk hidup di darat. Ambil beberapa makhluk hidup seperti singa, kuda, macan, dan lain-lain dengan menyertakan beberapa rumput atau pepohonan di sekitarnya hingga menjadi bentuk gambar doodle.
  • Mengolah hewan menjadi bentuk monster sesuai imajinasi anda. Misalnya beberapa hewan seperti kelinci yang lucu kamu beri tanduk dan taring tajam atau sejenisnya.
  • Memberikan ekspresi seperti manusia pada gambar hewan peliharaan. Kamu bisa juga memberikan nama dari peliharaan kamu atau sejenisnya sehingga menciptakan gambar doodle monster kreasi kamu.
READ  Macam-Macam Motif Batik Bali beserta Maknanya

Menggambar Doodle dengan Tema Suara

gambar doodle bertema suara
Setelah mendengar cerita tentang seseorang berambut panjang dengan rambut diwarnai. Via wizamisasi.com

Maksud dari tema tidak nyata ini adalah tema yang objeknya belum pernah kita lihat atau kita hanya merasakan atau mendapatkan tema tersebut melalui media bukan penglihatan seperti misalnya dari media pendengaran atau suara. Tuangkan apa yang kalian pikirkan tentang hal itu menjadi bentuk kreasi karya seni gambar doodle.

Lalu bagaimana cara membangun idenya? Nah kalian bisa mengambil contoh ide sebagai berikut :

  • Misalnya saja kalian mendengar sosok pahlawan atau karakter dalam sebuah game atau anime. Gambar saja sesuai imajinasi kalian sesuai dengan apa yang kalian dengar.
  • Gambar sesuai ekspresi apa yang kalian pikir dan rasakan ketika mendengar sebuah lagu, kata,  atau puisi. Misalnya saja susunan kata itu menyalurkan rasa cinta, kebahagiaan, atau sebaliknya.

Itulah beberapa ide yang bisa dibangun ketika kalian mencoba membuat gambar doodle art dengan tema yang tak nampak atau belum pernah kita lihat oleh indra penglihatan kita.

Menggambar Doodle Art Kreasi Sendiri

Terakhir kita berlatih untuk menggambar doodle yang lahir dari kreativitas dan kreasi sendiri. Ketika kalian sudah mulai mahir untuk menggambar di tema-tema sebelumnya. Mencobalah dengan membentuk gambar sendiri tanpa tema.

Luapkan imajinasi tentang apa yang kalian pikirkan, kalian dengar, kalian lihat dan lain-lain baik itu tentang hewan, tumbuhan, bangunan, nama, dan lainnya. Karena Doodle Art tidak terlalu mengandalkan bentuk yang nyata alias pada umumnya bentuk yang terjadi adalah abstrak. Jadi jangan terlalu takut untuk salah.

Terus Berlatih untuk Menciptakan Gambar Doodle Art yang Lain

Terakhir untuk bisa menghasilkan suatu karya seni berbentuk Doodle Art adalah tetap terus berlatih dan mengasah skill menggambar. Ini penting karena seseorang menjadi terbiasa dan ahli karena terus berlatih.

Contoh Gambar Doodle Art Simple | Sederhana | Keren


Nah, untuk memudahkan sobat dalam latihan. Saya akan sertakan beberapa Contoh Gambar untuk Doodle Art yang saya bagi sesuai Tema. Contoh ini akan update secara berkala dan juga tergantun permintaa para pembaca. Berikut selengkapnya :

Contoh Gambar Doodle Art Name (Nama) Simple | Sederhana | Keren

contoh gambar doodle art nama orang
Contoh gambar doodle art dengan nama Maddi Jane
gambar doodke art nama
Contoh Gambar Doodle Art dengan nama Chiesa
contoh doodle art nama name cowmix
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name afiyah
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name farid yusuf eka saputra
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name iky
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name annisa
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name jheky kcs
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name romeo
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name prassa
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name ar19
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name dion the alves
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  fanny. g
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name hetri
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name krisna
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  iqbal
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  itam manis
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name jihad
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  kezna
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  unny
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  uny teologi
Via www.imgrum.net
contoh doodle art nama name  vemy
Via www.imgrum.net

Contoh Gambar Doodle Art Huruf

contoh gambar doodle art huruf D

contoh gambar doodle art huruf N

Contoh Gambar Doodle Art Ulang Tahun

contoh gambar doodle art nama google
Salah satu contoh gambar doodle untuk ungkapan ulang tahun pada google. Via image.google.co.id
contoh doodle art ulang tahun happy anniversary
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun 20 tahun
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun happy birthday iky
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun abada
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun 22 tahun taufik
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun smp n 1 satu
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun happy weekend
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun happy birthday fina
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun fandy
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun nadya andryni
Via www.imgrum.net
contoh doodle art ulang tahun 20 tahun bang ver
Via www.imgrum.net

 

Nah, itulah artikel tentang Tutorial Cara Membuat Doodle Art Simple, Sederhana, tapi Keren. Semoga tutorial ini bisa membantu kamu menciptakan karya Seni Doodle Art baik untuk tugas atau mengungkapkan diri.

 

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

403 Forbidden

403 Forbidden


nginx
%d bloggers like this: