15 Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pepaya Jepang – Kemarin setelah kita mengulas tentang manfaat daun pepaya. Kini kita akan secara khusus mengulas tentang manfaat dari daun pepaya Jepang.

Daun pepaya jepang ini sangat terkenal dan tumbuh subur di daerah kita Indonesia. Daun ini biasanya dijadikan sayuran dan terkenal dengan rasanya yang manis. Selain digunakan untuk makanan, daun pepaya jepang dipercaya juga mempunyai manfaat terhadap kesehatan tubuh serta dipakai untuk tanaman obat.

Nah, kali ini saya akan mengulas tentang apa itu daun pepaya jepang. Termasuk juga manfaat yang terkandung di dalamnya beserta cara untuk mengkonsumsinya. Saya sertai juga beberapa efek yang terjadi jika kita salah dalam mengkonsumsi daun Jepang ini.

Apa Itu Daun Pepaya Jepang?

Daun pepaya jepang adalah daun dari tanaman perdu atau semak-semak yang mempunya nama latin yaitu Cnidoscolus aconitifolius walau sebelumya mempunyai nama latin Cnidoscolus chayamansa. Tanaman perdu ini asalnya dari Semenanjung Yukatan yang berada di negara Meksiko, Amerika Tengah. Namun di sana terkenal dengan nama “chaya”.

Pada daerah asalnya, tanaman chaya sangatlah dianggap berharga oleh masyarakat pedesaan serta biasa digunakan untuk kebutuhan makanan, tanaman obat, serta juga digunakan untuk tanaman hias. Tanaman ini telah sejak lama dikonsumsi oleh masyarakat dari suku Maya sejak zaman pra-Columbus hingga kini dan bahkan dikonsumsi oleh masyarakat modern.

Tentang sejarah bagaimana tanaman ini bisa sampai ke negara Indonesia serta dinamakan dengan pepaya Jepang sayangnya belum jelas kebenarannya. Selain yang kita dapat dari catatan ECHO, tanaman pepaya Jepang atau Chaya ini telah masuk ke Indonesia sejak tahun 1998.

READ  9 Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Masyarakat Indonesia sendiri menyebut tanama ini dengan nama “pepaya” dikarenakan bentuk serta tekstur dari daunnya yang sangat mirip dengan daun pepaya. Cara masyarakat dalam mengolah daun chaya juga begitu mirip dengan cara mengolah daun pepaya. Tetapi sampai sekarang masih belum diketahui kenapa masyakarat kita menyebutnya sebagai “pepaya jepang”. Namun yang pasti, daun pepaya jepang ini berasal dari Meksiko, bukanlah dari Jepang sesuai yang melekat pada namanya.

Kandungan Gizi Daun Pepaya Jepang

Telah kita ketahui sebelumnya bahwa di tempat asalnya, Meksiko. Daun ini biasanya dikonsumsi untuk olahan sayur serta tanaman obat-obatan. Itu menyatakan bahwa daun pepaya jepang ini sungguh diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Sedangkan dari segi gizi, daun pepaya ini ternyata memiliki cukup tinggi nutrisi.

Bahkan jika kamu coba bandingkan dengan sayur bayam, daun ini ternyata jauh lebih sehat dan bernutrisi. Beberapa kandungan gizi diantaranya adalah 78% lebih banyak protein, 100% lebih banyak zat besi, 111% lebih banyak serat, serta 242% lebih banyak vitamin C.

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Dari kandungan nutrisi daun pepaya jepang yang tinggi tersebut, menjadikan daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya jepang bagi kesehatan yang merupakan hasil dari kandungan nutrisinya tersebut.

Menambah Darah & Mencegah Anemia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa daun bayam terkenal sebagai sayuran yang dapat digunakan untuk penambah darah serta mencegah anemia. Hal tersebut karena sayuran ini mengandung banyak zat besi.

Namun ternyata daun chaya atau pepaya jepang ini juga mempunya kandungan zat besi 2 kali lebih banyak daripada daun bayam. Hal tersebut menandakan bahwa kita juga dapat mengkonsumsi daun pepaya sebagai sayuran penambah darah serta pencegah anemia yang lebih besar juga sebagai alternatif jika kita bosan atau tidak ada daun bayam di sekitar kita.

READ  4 Khasiat Utama Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Meningkatkan Kekuatan Otot

Zat protein sangatlah penting untuk membangun otot tubuh. Untuk merawatnya kita harus mengonsumsi cukup protein agar massa dan kekuatan otot tubuh tetap terjaga. Termasuk juga jika kita ingin menambah massa otot, sangat diperlukan lagi untuk lebih banyak mengonsumsi protein.

Daun pepaya jepang ini dikenal memiliki kandungan protein yang cukup besar sehingga dengan mengkonsumsinya dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan protein bagi otot tubuh kita. Dalam 100 gram daun ini saja, kita dapat menemukan sekitar 6,2 – 7,4 gram kandungan protein yang memenuhi sekitar 12 – 15 % dari kebutuhan protein harian tubu.

Memperkuat Kesehatan Tulang

Daun pepaya jepang dikenal juga memiliki kandungan kalsium sebesar 200 sampai 330 mg per 100 g. Hal itu telah memenuhi sekitar 20 – 33 % kebutuhan kalsium harian bahkan lebih banyak daripada kandungan kalsium yang terkandung pada jenis sayuran lainnya.

Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membangun tulang agar lebih kuat. Kalsium juga zat yang dibutuhkan oleh otot-otot, jantung, serta saraf-saraf tubuh kita agar bisa berfungsi dengan baik.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Daun pepaya jepang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 165 sampai 205 mg di setiap gramnya. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang gunanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dimana dia akan meningkatkan kadar antioksidan yang ada dalam darah serta merangsang untuk memproduksi sel-sel darah putih. Hal tersebut tentu saya sangat membantu untuk mengurangi risiko penyakit biasa ataupun penyakit kronis.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: