7 Plugin WordPress Wajib Install

7 Plugin WordPress Wajib Install – Bagi pengguna wordpress pasti sudah akrab dengan yang namanya pluggin. Baik untuk urusan optimasi website dengan mesin pencari, keamanan, ataupun hanya untuk memperindah tampilan website yang kita punya.

Hari senin dimana dinamakan awal hari untuk setiap aktivias. Saya mendapatkan tambahan pelajaran baru, materi yang diajarkan di Sintesa adala tentang plugin. Ada beberapa plugin wordpress yang wajib di install oleh kita selaku santri disini agar websitenya lebih efisien dan cepat terindeks dengan google.

Mas Zuki selaku pemberi materi kami di Sintesa juga mengatakan bahwa untuk bisa lebih mudah terindeks oleh Google. Kita harus sering mengoptimasi website kita, tentunya dengan memakai bantuan plugin untuk lebih mudahnya.

Nah dikarenakan kita memakai wordpress sebagai platform cms, kita juga diarahkan untuk memakai salah satu keunggulan wordpress seperti yang obatrindu.com pos kemarin, yaitu memakai plugin khusus wordpress.

Banyak keuntungan yang didapatkan dengan plugin seperti penggunaan lebih mudah, efisiensi waktu, dan juga manfaat setiap pluggin lebih terasa dari segi keamanan user dan bloking spam, tampilan website lebih nyaman dengan navigasi yang lebih baik, dan lain-lain.

Jetpack

jetpack - 7 plugin wordpress wajib install

Bagi pengguna wordpress.com mungkin tidak memerlukan pluggin ini karena server webnya langsung berintegrasi dengan wordpress. Namun untuk pengguna hosting mandiri, plugin ini wajib kamu install.

Membuat website wordpress dengan hosting sendiri memang lebih mengasikan. Namun sebagai pengguna self host, kita tidak  bisa mendapatkan fitur-fitur penting dari wordpress itu sendiri. Namun dengan kita memakai plugin ini bisa menutup kekurangan tersebut.

READ  17 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tetap Berkualitas

Adapun beberapa fitur tersebut adalah

  • Photon ; mempercepat loading gambar di website kita karena diakses langsung dari CDN server milik wordpress.
  • Protect ; melindungi website kita dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab (Cracker).
  • Monitor ; untuk memberikan notifikasi kepada kita jika website kita sedang down.
  • Publize ; membantu kita untuk bisa memposting secara otomatis pos terbaru ke akun sosial kita yang telah dihubungkan.

Banyak lagi fungsi lainnya. Dimana jika biasanya munkin sahabat sobatrindu.com hanya menginstall satu-satu sesuai fungsinya. Dengan menggunakan Jetpack, satu plugin bisa menjadi satu.

Akismet

akismet - 7 plugin wordpress wajib install

Terkadang kita menemukan komentar-komentar yang tidak sesuai dengan topik pos di sebuah website. Untuk mengatasi hal itu, wordpress mempunyai plugin yang bisa memblokir komentar tersebut.

Akismet, plugin default wordpress yang biasanya akan secara otomatis tampil di kolom plugin wordpress sebagai plugin yang paling disarankan. Berguna untuk  memblokir komentar-komentar spam yang dilakukan oleh robot spam.

Yoast SEO

yoast seo wordpress - 7 plugin wordpress wajib install

Plugin yang paling dicari oleh para pengguna wordpress untuk mengoptimalkan artikel yang telah dibuat untuk bisa lebih mudah terindeks oleh google. Untuk saya sendiri memang menggunakan plugin ini dikarenakan lebih lengkap dan nyambung dengan yang saya pikirkan.

yoast seo - 7 plugin wordpress wajib install

Dengan memakai Yoast SEO, kita bisa mengatur tampilan website kita di kolom pencarian nanti. Seperti judul blog, artikel, serta deskripsi artikel yang memungkinkan pengunjung atau pencari info lebih tertari kepada website milik kita.

SEO Ultimate

seo ultimate - 7 plugin wordpress wajib install

Plugin ini tidak jauh berbeda daripada Yoast SEO tools. Namun fiturnya lebih terlihat sederhana. Tidak seperti Yoast yang bisa menampilkan contoh tampilan website kita di mesin pencari, SEO Ultimate hanya menampilkan kolom judul dan keterangan tentang website kita tanpa ada contoh tampilan.

READ  Tampil Beda! Harga dan Spesifikasi Smartphone Andromax L dan B ini Bikin Kamu Ngiler Kalau Enggak Punya!

Sebagai catatan, sahabat obatrindu.com cukup menginstall salah satunya saja diantara Yoast dan SEO Ultimate. Karena jika di install dua-duanya yang terjadi malah crash.

WP Super Cache

wp super cache - 7 plugin wordpress wajib install

Pluggin ini membantu kinerja website wordpress anda agar semakin ringan. Fungsinya untuk menyimpan halaman blog yang dikunjungi oleh pengunjung pertama menjadi file dengan ukuran kecil pada server. Ketika ada pengunjung lain datang, file tersebutlah yang akan ditampilkan.

Untuk sahabat obatrindu.com yang telah mengaktifkan plugin ini namun masih ingin mengubah tampilan website kalian. Saya sarankan untuk menonaktifkan dahulu pluginnya. Karena efek perubahan yang didapatkan tidak bisa dilihat secara langsung.

Insanity

imsanity - 7 plugin wordpress wajib install

Plugin yang satu ini gunanya untuk merescaled gambar dan resize gambar sebelum ditaruh diantara posting website kita. Jadi anda bisa mengatur secara otomatis ukuran gambar sesuai yang diinginkan. Namun jika gambar terlalu kecil, gambar tersebut akan tetap kecil.

Breadcrumb NavXT

Breadcrumb biasanya digunakan untuk menampilkan navigasi menu yang lebih mudah bagi pengunjung. Melacak lokasi posting yang sedang dibuka agar pengunjung bisa kembali ke menu awal sebuah website.

breadcrumb NavXT- 7 plugin wordpress wajib install

Breacrumb biasanya tampil di atas judul sebuah posting. Sistem navigasi ini sangat disarankan oleh Google agar robot mereka lebih mudah meng-crawl website kita dan tentunya diperlukan agar lebih cepat terindeks oleh Google.

Semua diatas adalah 7 plugin  WordPress wajib install yang saya terima saat pemberian materi kemarin di Sintesa. Cukup dengan 7 pluggin tersebut, kita bisa membangun website yang bersaing dengan website lain dan tentunya lebih mudah dikenali Google.

Tentunya jangan pernah lupa juga untuk selalu menambah jumlah dan macam post di website sahabat obatrindu.com agar pengunjung bisa menjadi lebih betah dan tertanam kepercayaan bahwa kita bisa terus berbagi informasi dengan mereka, teutama hal positif.

READ  Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Perangkat Keras Komputer beserta Contoh Gambarnya

Itu adalah sedikit pengalaman dari bagian kegiatan saya di Sintesa. Sahabat obatrindu.com bisa mulai mempraktikannya di rumah. Jangan lupa pula untuk selalu berbagi hal bermanfaat seperti ini dengan kawan-kawan kalian lainnya.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: