Cara dan Syarat Menulis Puisi

Bagaimana Cara Mudah Membuat Puisi yang Indah? Ikuti Langkah Langkahnya Yuk!

Bagaimana Cara Mudah Membuat Puisi yang Indah? Ikuti Langkah-langkahnya yuk!– Puisi adalah suatu karya sastra yang lahir dari situasi dan perasaan terhadap alam sekitar yang tertuang di dalam sebuah kata-kata singkat dan indah dimana di setiap katanya mempunyai makna yang tersembunyi.

Cara dan Syarat Menulis Puisi

Jika kamu masih belum tahu, kamu bisa membaca tentang Pengertian Puisi untuk mengenal lebih dahulu tentang Puisi.

Untuk membuat puisi, kita dapat melakukannya dengan merasakan setiap perasaan yang saat ini kamu rasakan. Misalnya saja seperti rasa bahagia, senang, sedih, dan kagum terhadap suatu hal. Dan itu tidak selalu muncul kecuali kamu memang mempunyai sense, baik itu alami ataupun selalu dilatih.

Untuk membuat sebuah puisi yang Indah, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini sebagai bentuk latihanmu.

Langkah Langkah Membuat Puisi yang Indah

Langkah langkah membuat puisi yang indah dan enak di dengar

Untuk membuat sebuah puisi yang Indah, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini sebagai bentuk latihanmu.

Tentukan Tema untuk Puisi

Tema merupakan gagasan yang akan kamu tuangkan ke dalam sebuah bentuk tulisan indah atau puisi. Kamu bisa memikirkan sesuatu yang saat ini sering dibicarakan, terjadi di sekitarmu, atau kamu mengambil tema yang sebelumnya sudah pernah ada namun ingin kamu angkat kembali seperti tentang pelestarian lingkungan, keindahan alam, pendidikan, atau yang lainnya.

Memberikan Suasana terhadap Puisi

Kedua adalah memberikan suasana puisi dimana ini adalah sebuah gambaran perasaanmu yang kau tuangkan pada puisi yang kamu ciptakan. Jika kamu sedang senang, maka alur puisi yang kamu ciptakan juga terasa haru, jika sedih maka puisinya juga terasa sedih, dan lain sebagainya.

READ  Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan Umum dan Pendidikan Disertai Penjelasan Lengkap

Mengusahakan terhadap pembaca dan pendengar nantinya bahwa apa yang kamu rasakan, alami, dan pikirkan di dalam puisi yang kamu ciptakan tersebut juga tersampaikan kepada pembaca atau pendengar.

Setiap Katanya Masih Sesuai

Di dalam Puisi kita memang harus menyatakan setiap perasaan yang kita rasakan terhadap pembaca dan penulis dengan kalimat dan atau ungkapan yang indah dan bermakna, namun harus tetap sesuai pada setiap pemilihan katanya.

Misalkan saja seperti

Guru, engkaulah pahlawan kami yang sesungguhnya

Walau tanpa bertanda jasa kau selalu menjadi petuah

Memilih diksi

Diksi adalah pemilihan kata. Kata-kata dalam setiap puisi haruslah cenderung menggunakan kata-kata yang memberikan nilai rasa tertentu.

Menulis Puisi

Setelah keempat langkah diatas telah dilakukan, maka kamu sudah bisa membuat sebuah puisi. Yang dimulai dari inspirasi yang telah kamu dapat.

Membaca puisi juga harus dengan penuh penjiwaan, pelafalan harus benar, intonasi, suara, ekspresi melalui bahasa tubuh ataupun gerakan tubuh harus digunakan. Agar pesan yang disampaikan dalam setiap katanya dapat tersampaikan dengan ideal. Pendengar atau orang yang menyimakpun akan menikmati puisi yang dibacakan.

Dengan demikian, puisi adalah suatu ungkapan yang dirasakan dalam hati dan dituangkan dalam sebuah tulisan. Penulisan puisi haruslah menggunakan kata-kata yang sesuai. Jika sedang bahagia, gunakanlah kata-kata dan bahasa yang menggambarkan tentang kebagiaan.

 

Dalam penulisan puisi haruslah menggunakan langkah-langkah yang telah tertera diatas. Pembacaannya pun harus menggunakan intonasi, ekspresi dan pelafalan yang baik dan benar. Agar pendengar dapat menikmati dan memahami tujuan dari puisi tersebut.

 

Itulah langkah-langkah untuk menulis puisi indah yang bisa kamu coba dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa share ya.

READ  Kumpulan Puisi Pendek Anak-anak Sekolah TK dan SD Terbaru

 

1 thought on “Bagaimana Cara Mudah Membuat Puisi yang Indah? Ikuti Langkah Langkahnya Yuk!

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: