cara budidaya burung walet

Cara Cepat Sukses Budidaya Burung Walet Rumahan

Cara budidaya burung walet – Burung walet adalah salah satu jenis burung komoditas ekspor yang sangat istimewa karena manfaat. Terutama apa yang dihasilkan dari air liurnya. Air liur burung walet atau biasanya disebut sarang burung walet ini mempunyai harga yang sangat mahal.

Maka dari itu banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan sarang burung walet ini. Ada yang membangun gedung-gedung tinggi dan ada pula yang memanfaatkan salah satu ruangan rumahnya untuk dijadikan sarana budidaya sarang walet.

Manfaat Sarang Walet

cara budidaya burung walet
Via www.sarangburungwalet123.com

Kenapa sarang burung walet mahal? Sebelum beranjak ke cara budidaya sarang walet ini. Alangkah lebih baik kita juga mengenal manfaat sarang walet yang dimana karena tingginya manfaat sarang burung walet inilah menjadikan harga yang pantas mengikutinya.

Manfaat sarang walet setelah dikonsumsi ;

  • Sarang walet merupakan salah satu produk herbal yang bisa menetralisir semua racun yang berada didalam tubuh.
  • Sarang walet adalah makanan yang mempunyai gizi yang tinggi dan bagus untuk kesehatan kulit.
  • Sarang walet adalah obat herbal terbaik untuk pertumbuhan sel baru dalam tubuh agar lebih aktif.
  • Sarang walet juga dipercaya dapat menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh.
  • Sarang walet biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru sehingga mendapatkan kesempatan hidup lebih lama.
  • Dan masih banyak lagi manfaat sarang walet untuk mengatasi penyakit dalam tubuh baik untuk anak-anak maupun orang tua.

Masih berminat untuk ikut serta budidaya sarang walet? Kalau masih, ayo kita lanjutkan ke halaman di bawah ini.

Gambar Sarang Walet

cara budidaya sarang walet
Gambar sarang walet di dalam bangunan buatan. Via nhatrangtrip.vn

 

cara budidaya burung walet
Sarang walet. Via ivyro.net

Cara Membuat Rumah Walet

Membuat sarang walet saat ini tidak hanya dilakukan di dalam goa saja seperti yang dilakukan pada jaman dahulu. Saat ini kita bisa budidaya sarang walet di rumah atau gedung-gedung yang dibuat di dekat lingkungan kita.

Yang perlu diperhatikan adalah lokasi sarang walet yang akan kita bangun dan juga pengaturan kelembaban dan suhu yang diatur di dalam sarang tersebut agar budidaya sarang walet menjadi sukses.

Pemilihan Lokasi Sarang Walet

Ada beberapa syarat untuk anda bisa lebih sukses dalam budidaya sarang walet ini. Yaitu sebagai berikut :

  1. Daerah tempat yang ingin anda bangun sarang memiliki ketinggian di bawah 1000 m atau di dataran rendah hingga mencapai ketinggian tersebut.
  2. Pilih tempat budidaya dimana tidak ada burung pemangsa daging.
  3. Biasanya tempat yang bagus tidak berdekatan dengan keramaian dan juga perkembangan teknologi. Karena burung walet tinggalnya di goa yang sangat jauh dari kebisingan.
  4. Kalau perlu, anda memilih tempat yang dekat dekat dengan pantai, danau, rawa, atau sungai yang jauh dari perkotaan namun masih tetap dalam jangkauan anda untuk membudidayakannya.
READ  8 Langkah Mudah dan Sukses Menanam Cabe Hidroponik di Rumah

Tempat yang saya sebutkan diatas merupakan tempat yang paling cocok untuk budidaya walet. Namun tidak menutup kemungkinan untuk anda mengambil salah satunya sebagai syarat untuk budidaya burung walet.

Tata Ruang Gedung Walet

cara budidaya burung walet
Contoh gedung walet. Via mekelbirandang.blogspot.co.id

Membangun gedung walet harus mempunyai persiapan yang matang dan sesuai dengan suhu yang diperlukan walet untuk berkembangbiak. Suhu, kelembapan, dan juga penerangan harus setidaknya sama dengan gua-gua alami agar walet betah.

Perlu anda ketahui bahwa suhu gua alami memiliki suhu 24 – 26 derajat Celcius dan juga kelembapan mencapai 80-95 persen. Dan biasanya lokasi yang tepat juga akan mendukung untuk budidaya sarang walet ini.

Untuk membuat gedung atau ruangan, standar yang biasanya disarankan untuk membuatnya adalah dengan membuat gedung berukuran 10×20 meter dengan dinding yang tertutup oleh plester. Sedangkan bagian luar bisa anda buat dari campuran pasir, kapur dan semen yang mempunyai perbandingan 3:2:1. Campuran ini sangat baik untuk mengendalikan suhu yang diperlukan oleh walet.

cara budidaya burung walet
Susunan bangun ruang untuk membangun rumah walet. Via jahaniwalit.wordpress.com

Untuk atap bangunan dan juga sekat-sekat yang nanti akan digunakan sebagai tempat melekatnya sarang. Kalian bisa menggunakan kayu yang sangat kuat dan tahan lama.

Biasanya menggunakan kayu yang sudah berumur tua. Ini dilakukan agar bangunan menjadi awet dan tidak mudah dimakan ngengat. Lalu untuk atap, kalian bisa menggunakan genting sebagai penutupnya. Lengkapi pula dengan roving room dan resting room untuk walet.

Mengatur Kelembaban dan Suhu Rumah Walet

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk anda mengatur kondisi kelembaban dan suhu rumah walet. Yaitu dengan cara ;

  1. Melapisi atap rumah untuk budidaya walet dengan sekam.
  2. Buat saluran air ataupun kolam di dalam gedung.
  3. Untuk ventilasi, gunakan pipa berbentuk ‘’L’’ dengan diameter 4 cm dan jarak antar ventilasi adalah 5 m antar lobang.
  4. Tutup rapat gedung yang anda bangun, termasuk pintu keluar masuk. Selama proses budidaya sarang walet masih berlangsung.
  5. Untuk lubang keluar masuk, berikan alat penangkal sinar yang mempunyai bentuk corong. Biasanya terbuat dari atau kain dengan warna hitam. Agar keadaan gelap di dalam bangunan lebih terjaga.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit burung walet harus memilih bibit yang berkualitas karena suksesnya hasil produksi budidaya sarang walet sangat bergantung pada kualitas dari induk burung walet dan juga jumlah telur burung walet yang ditetaskan untuk menjadi burung walet baru.

READ  Langkah Mudah Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Sendiri

Ada 3 macam telur yang kamu bisa panen diantaranya ;

  • Telur berwarna merah mudah, ini adalah telur baru yang baru keluar. Berumur 0-5 hari.
  • Putih kemerahan, telur yang sudah cukup lama mengalami proses penetasan induk. Berumur 6-10 hari.
  • Putih pekat kehitaman. Telur ini sudah dekat dengan waktu untuk menetas. Biasanya berumur 11-15 hari.

Untuk memilih bibit telur yang dapat menghasilkan indukan burung walet yang baik nantinya, ada beberapa hal yang harus diketahui dalam pembibitannya. Yaitu sebagai berikut ;

  • Seleksi telur dengan lampu 5 watt. Perhatikan ciri-cirinya apakah telur yang akan anda pilih bisa menetas atau tidak. Biasanya telur yang masih bagus urat-urat telur masih utuh, menyambung, dan tidak ada pergerakan meskipun sedikit.
  • Sedangkan telur yang jelek. Warna kuning telur terlihat bercampur dengan putih, tidak ada pergerakan, dan cenderung sudah hitam karena membusuk.
  • Kelihatan segar dan juga jangan dibiarkan menginap di perjalanan kecuali sudah anda simpa di mesin penetas

Cara Membuat Pakan Walet

Burung walet adalah burung liar yang terbiasa mandiri untuk mencari makanan. Makanannya termasuk dalam kategori serangga. Biasanya dapat ditemui di daerah sawah, tanah terbuka, hutan, dan juga pantai.

cara budidaya burung walet
Via Tephritidae.net

Namun untuk bisa menghasilkan sarang walet yang berkualitas tinggi. Kita harus bisa menyediakan dan mengelola sendiri makanan tambahan untuk walet. Terutama jika musim kemarau tiba, maka sangat diperlukan makanan tambahan ini.

Beberapa cara untuk menghasilkan serangga bisa anda lakukan dengan cara bercocok tanam dengan model tumpang sari, membuat kolam di sekitar rumah walet, menaruh buah busuk di sekitar rumah walet yang bisa mengundang serangga, atau langsung membudidayakan serangga seperti kutu gaplek dan juga nyamuk.

Cara Meningkatkan Populasi Walet

Produksi populasi walet mempengaruhi juga terhadap berhasilnya budidaya sarang walet. Karena semakin banyak indukan yang kita punya. Intensitas sarang walet yang dihasilkan juga akan lebih banyak lagi sehingga saat masa panen tiba, produksinya akan meningkat.

cara budidaya burung walet
Telur yang baik menghasilkan bibit walet baru yang bagus

Perlu anda perhatikan terlebih dahulu, saya sudah membahas di atas tentang lingkungan yang disukai oleh burung walet seperti apa dan juga tentang pakan walet yang bisa anda sediakan baik itu untuk makanan pengganti saat musim kemarau tiba atau juga makanan tambahan di musim lainnya.

Jika populasi walet yang anda punya stagnan alias tidak mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu anda harus memenuhi unsur diatas. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

READ  8 Langkah Mudah Beternak Ayam Kampung Yang Menjanjikan

Perhatikan lingkungan sekitar bangunan rumah walet, apakah bangunan rumah walet yang sudah anda bangun sudah memenuhi syarat? Seperti jauh dari kebisingan, dekat dengan sumber perairan, dan juga sejenisnya.

Jika sudah memenuhi keadaan diatas, anda harus melihat apakah di sekitar tempat anda mendirikan bangunan rumah walet juga ada bangunan rumah walet yang lain. Jika iya, mungkin anda harus mengadakan perombakan terhadap bangunan.

Usahakan bangunan rumah walet anda lebih besar dan juga tinggi daripada bangunan rumah walet yang menjadi saingan anda. Pastikan juga walet dapat mudah masuk ke rumah walet yang anda punya dengan memperbaiki sistem ventilasi. Jadi jangan sampai walet yang anda miliki kehilangan rumah asalnya.

Perhatikan pakan tambahan di sekitar bangunan rumah walet, ketersediaan pakan untuk burung walet juga mempengaruhi. Selalu perhatikan apakah pakan buatan yang telah anda buat untuk ketersediaan serangga mencukupi? Karena jika kurang, sebagian walet akan pergi untuk mencari sarang lainnya.

Jadi cara meningkatkan populasi walet bisa anda lakukan dengan memperhatikan dua cara di atas. Jika sudah dilakukan, coba lihat hasilnya sampai pada panen berikutnya.

Cara Panen Sarang Walet

Sarang burung walet bisa dipanen ketika keadaannya sudah memungkinkan untuk dipetik. Untuk memperoleh hasil yang memenuhi mutu sarang walet yang baik, kita juga harus memperhatikan cara atau ketentuan khusus.

panen-sarang-walet
Waktu yang benar saat memanen burung walet agar burung tidak stress. Via burungwaletkalimatna.blogspot.com

Karena jika terdapat kesalahan fatal, akan mempengaruhi baik itu gedung ataupun burung walet itu sendiri. Misalnya burung walet menjadi terganggu sehingga berpindah tempat. Maka dari itu kalian juga harus mengetahui cara panen sarang walet yang baik dan benar.

cara budidaya burung walet
Hasil panen sarang burung walet. Via youtube.com

Ada tiga cara untuk memanen sarang walet, yaitu dengan menggunakan teknik rampasan, memanen dengan membuang telur, atau juga dengan panen dengan teknik penetasan burung walet. Untuk lebih lengkapnya bisa mempelajari di Cara Panen Sarang Walet.

Baiklah, itu adalah cara budidaya burung walet yang bisa saya bagi dengan kalian. Semoga ada manfaat dan budidaya yang kalian lakukan menjadi lebih berhasil. Untuk kawan-kawan Obatrindu yang mempunyai pertanyaan lain, silahkan sertakan pertanyaan di bawah agar kita bisa saling memecahkan solusinya.

Terimakasih.

2 thoughts on “Cara Cepat Sukses Budidaya Burung Walet Rumahan

  1. ini maksudnya gimana ya? “Daerah tempat yang ingin anda bangun sarang memiliki ketinggian di bawah 1000 m atau di bawah permukaan air laut”

    mohon diperjelas lagi.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: