ajarkan kepada anak cara melestarikan lingkungan hidup

Cara Kreatif Agar Anak Ikut Menjaga dan Melestarikan Lingkungan (Generasi Cinta Lingkungan)

Cara Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Hidup – Indonesia merupakan salah satu negara di dunia ini yang mempunyai lingkungan yang indah dan banyak keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang hidup di sini. Namun, hal itu akhir-akhir ini mulai terganggu karena kurangnya kepedulian kita terhadap lingkungan hidup di sekitar kita ini.

Upaya dalam pelestarian lingkungan hidup pun mulai banyak dilakukan, tak ketinggalan pula melestarikan dengan memanfaatkan teknologi. Namun, terkadang pemanfaatan teknologi malah membuat kita memanfaatkannya untuk menghindar, bukan menjaga dan melestarikan.

Karena kita adalah bangsa yang berbudi luhur dan percaya bahwa generasi bangsa merupakan suatu aset masa depan yang perlu dijaga dan juga dikembangkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Tak elok rasanya jika tidak dikenalkan dengan dengan lingkungan sekitar mereka.

Dengan keadaan yang sedang terjadi saat ini, alangkah baiknya dari sejak kecil para generasi bangsa kita ini diajarkan dan dididik untuk dapat mencintai, menjaga, dan melestarikan lingkungan kita ini. Dan sebagai para Pendidik, baik Orangtua ataupun Guru. Kitalah yang berkewajiban mengenalkan hal tersebut pada anak-anak kita.

Beberapa hal yang bisa saya sarankan untuk diajarkan sejak dini pada anak-anak oleh Orangtua dan Guru di lingkungan rumah dan sekolah sebagai cara dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup adalah sebagai berikut :

Daftar Isi

READ  Besaran Pokok dan Turunan (Pengertian, Contoh, Satuan, Dimensi)

Membiasakan Anak Didik Membuang Sampah pada Tempatnya

mengajari anak menjaga dan melestarikan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya
Mengajari anak membuang sampah secara langsung. Via evisyari.wordpress.com

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak anak kita dalam mencintai lingkungan kita adalah dengan memberi contoh dan membiasakan mereka untuk mulai membuang sampah pada tempatnya.

Misalnya jika sedang berada di jalan, ajarkan mereka untuk menyimpan dahulu sampah di dalam saku atau kantong sebelum dibuang di tempat sampah yang sebenarnya. Atau anda mempunyai cara kreatif sendiri untuk memotivasi anak dalam membuang sampah pada tempatnya.

Tidak Membiarkan Anak Didik Merusak Tanaman

mengikutsertakan anak untuk menjaga dan merawat lingkungan hidup
Memberikan pendidikan untuk anak agar mencintai lingkungannya. Via beritagar.id

Anak harus tahu betapa pentingnya peranan tanaman bagi kehidupan. Kita harus mengajarkan tentang bagaimana seharusnya kita merawat tanaman seperti menyiramnya tiap pagi dan sore, mencabut daun atau ranting yang sudah mati, dan lain-lain.

Tumbuhkan cara menyenangkan sejak dini dalam merawat tanaman sesuai kreativitas anda itu juga akan lebih baik untuk anak.

Membiasakan Anak Didik Membersihkan Lingkungan

kerja bakti untuk menjaga dan melestarikan lingkungan
Kerja bakti setiap seminggu sekali. Via image.google.co.id

Kita juga harus mengajari anak-anak kita untuk terbiasa membersihkan lingkungan sekitar kita. Misalnya secara sederhana membersihkan halaman depan rumah, membersihkan selokan, atau juga mengadakan kerjabakti rutin setiap minggu untuk membersihkan keseluruhan lingkungan sekitar.

Mengajarkan Anak Didik Cara Menanam Tanaman atau Pohon

cara menjaga lingkungan dengan menanam pohon
Ajarkan anak cara menanam tanaman. Via fauzil-blogger.blogspot.com

Selanjutnya dengan tahap yang lebih matang lagi, sertakan juga agar anak terbiasa untuk menanam tanaman atau juga pohon. Hal ini bisa membantu anak secara langsung untuk menciptakan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Dengan menanam pohon juga menciptakan lingkungan kita yang asri sehingga nantinya manfaat secara langsung akan diperoleh oleh anak. Dengan begitu akan anak juga akan tahu bahwa tanaman atau pohon mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan.

Mengajak Diskusi Kecil tentang Lingkungan

ajarkan anak melestarikan alam dengan daur ulang
Mengajari anak tentang cara daur ulang. Via image.google.com

Dengan mengajak diskusi anak-anak kita tentang lingkungan hidup, kita akan tahu sampai manakah anak kita sudah mengenal lingkungannya. Selain itu, kita akan bisa membantunya tentang hal-hal yang mungkin muncul dan menjadi pertanyaan pada anak didik kita.

READ  Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Bunda Siapkan

Diskusi yang baik, apalagi jika kita mendatangkan ahli atau pakar tentang lingkungan. Hal ini menambah wawasan anak lebih dalam lagi tentang lingkungan. Dimana mungkin ada beberapa hal dari kita yang belum bisa menjelaskan, hal seperti ini bisa membantu loh.

Mengenalkan Anak Didik Kegiatan atau Ekstrakulikuler bertema Lingkungan

ajarkan anak cara menjaga dan mencintai lingkungan
Kegiatan hiking sederhana untuk mengenal alam. Via seputarsemarang.com

Ini hal yang bisa Orangtua dan para Guru lakukan agar anak didik bisa terjun dan mengenal langsung lingkungan hidup kita di luar dengan area yang lebih luas lagi. Anda juga bisa mengikutsertakan beberapa organisasi di luar sekolah yang bertema lingkungan dan alam seperti komunitas hijau, komunitas pecinta alam, atau komunitas pecinta hewan.

Mengajarkan Anak untuk Selalu Menghemat Energi

Ajari anak untuk menghemat air. Via www.sahabatnestle.co.id
Ajari anak untuk menghemat air. Via www.sahabatnestle.co.id

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah mengajarkan kepada anak anak didik kita untuk selalu menggunakan energi tidak terbarukan yang saat ini sering kita gunakan dengan sehemat mungkin. Karena energi ini sifatnya terbatas dan kemungkinan untuk habis bisa saja terjadi tanpa peringatan.

Kenalkan juga kepada anak anak tentang cara memproduksi sendiri beberapa energi tak terbarukan dan energi terbarukan dengan kreatif. Hal ini akan memupuk kreatifitas anak untuk nantinya bisa turut serta dalam pengembangan energi yang selama ini sudah diciptakan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan kepada anak-anak didik kita untuk mendidik rasa cinta mereka terhadap lingkungan. Dan hal ini juga termasuk cara kita menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Yaitu dengan menjadikan generasi muda sebagai pionir utama pelestarian lingkungan.

Jika bermanfaat. Sebarkan ya.

1 thought on “Cara Kreatif Agar Anak Ikut Menjaga dan Melestarikan Lingkungan (Generasi Cinta Lingkungan)

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: