membangun rumah murah

Tips Membangun Rumah Minimalis Murah Mewah Dan Berkualitas

Tips Membangun Rumah Minimalis Murah – Mempunyai rumah idaman adalah impian banyak orang. Apalagi jika itu merupakan hasil desain dan kerja keras kita. Memang sebagian orang ada yang lebih memilih ikut KPR untuk memiliki rumah, namun sebenarnya membuat rumah sendiri jauh lebih murah loh guys daripada membuat rumah sendiri.

Jangan pernah khawatir kalau membangun rumah sendiri itu biayanya akan jauh lebih mahal. Karena dengan membangun rumah sendiri sebenarnya kita bisa mengatur penghematan biaya yang dikeluarkan karena bisa langsung memantau proses pembuatannya.

Membangun rumah murah yang berkualitas pun tidak harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Kalian bisa mempraktekkan beberapa tips khusus yang akan Obatrindu berikan berikut ini tentang bagaimana cara membangun rumah minimalis murah, mewah, dan berkualitas.

Saya jamin jika kalian mengikutinya dengan baik, maka rumah idaman yang kalian dambakan akan berhasil dibangun dengan biaya yang super hemat. Ayo simak ulasan lebih lengkapnya!

Tentukan Anggaran Biaya

membangun rumah murah
Via danislexawdanislexaw.wordpress.com

Satu faktor penting yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan rumah minimalis murah, mewah, dan berkualitas adalah membuat perencanaan dalam pembangunannya. Perencanaan yang harus kalian susun meliputi biaya bahan bangunan, tenaga kerja, dan biaya tak terduga lainnya.

Perencanaan berfungsi untuk mengendalikan proses pembangunan rumah anda dan beberapa hal tak terduga dan menyimpang dari rencana semula. Sebagai contoh yang paling sering umum terjadi adalah ngaretnya waktu pembangunan, maka dari itu anda harus bisa memilih tukang atau pemborong yang profesional di bidangnya.

READ  Membangun Taman Rumah Minimalis di Lahan Sempit beserta Contohnya

Membangun Rumah secara Bertahap

membangun rumah minimalis murah
Via aturduit.com

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, harga bahan bangunan makin hari makin naik. Sedangkan dengan uang yang anda peroleh setiap bulannya akan kesulitan untuk membeli bahan dan membangun rumah secara langsung. Solusinya adalah anda bisa memulainya bertahap.

Bisa dimulai dengan membeli bahan bangunannya satu persatu, membangun pondasinya dulu, lalu lanjut ke atap, dan itu semua harus anda sesuai dengan budget yang anda punya. Mungkin cara ini terasa lebih lama. Namun akan membuat anda fokus disetiap tahap pembangunannya serta dana yang anda keluarkan lebih bisa anda pantau.

Bangun Desain Rumah Tipe Minimalis

Rumah minimalis sudah menjadi sebuah trend akhir-akhir ini di kalangan masyarakat. Sudah banyak para developer yang menerapkannya pada perumahan-perumahan Indonesia.

desain rumah minimalis

Nah, kamu pun bisa menerapkan konsep yang sama pada rumahmu. Desain rumah ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap akan terlihat modern dan mewah. Anda pun bisa dengan mudah mendesainnya karena banyak yang sudah membagi desain rumah minimalis di internet.

Jika ingin lebih terlihat mewah lagi, kalian bisa menggabungkan kreativitas anda untuk diterapkan pada lingkungan rumah atau di dalam rumah anda, seperti kolam kecil depan rumah atau menghias ruangan-ruangan anda dengan desain sederhana namun mewah.

Tentukan Bentuk Rumah yang akan Dibangun

Membangun rumah murah minimalis
Via cermati.com

Bentuk bangunan yang akan anda bangun sangat berpengaruh terhadap tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan nantinya. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang lebih sering digunakan karena memang lebih mudah dalam pembangunannya.

Dengan rumah dengan sudut persegi tersebut, pembangunan akan lebih mudah dikarenakan bahan material akan lebih mudah untuk diperhitungkan. Bentuk bangunan juga akan lebih mudah dibuat dan diperbaiki disaat nanti ingin dibangun ulang sehingga menghemat waktu dan juga biaya

READ  8 Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Atap Rumah Bocor

Lakukan Riset Harga untuk Mendapat Bahan Bangunan Berkualitas

Membangun rumah murah
Via radarlampung.co.id

Harga bahan bangunan yang kian hari makin tinggi merupakan salah satu faktor membangun rumah yang harus diperhatikan. Banyak orang menunda pembangunan rumahnya hanya karena masalah ini, alhasil kian hari malah bertambah sulit untuk membeli bahan bakunya.

Agar anda bisa memperkirakan pengeluran yang dihasilkan untuk membeli bahan bangunan. Lakukanlah riset, minta harga di setiap toko bangunan di kota anda mulai dari semen, pasir, kapur, dan lain-lain.

Tak perlu malu untuk melakukannya. Menanyakan harga adalah hal yang wajar bagi penjual, dan anda akan punya keuntungan untuk memilih bahan bangunan dengan harga termurah namun berkualitas.

Manfaatkan Kayu Bekas

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa digunakan untuk pondasi, blandar, atau range dalam membangun rumah. Agar menjadi lebih murah, anda bisa membeli kayu bekas yang kualitasnya masih sangat bagus.

Membangun rumah murah minimalis
Via kayubekasjakarta.blogspot.com

Disamping harganya murah, kayu juga sangat mudah didapatkan. Carilah kayu yang diambil dari batang pohon yang umurnya sudah tua. Karena kayu seperti ini bisa bertahan terhadap cuaca, rayap, dan panas yang hampir selalu berganti-ganti. Jadi anda tidak perlu khawatir karena rumah anda akan tetap berdiri kokoh dan tahan lama.

Selektif Memilih Juru Bangunan

Membangun rumah minimalis murah
Via cermati.com

Membangun rumah sendiri juga berarti anda masih harus menyewa jasa tukang bangunan untuk membantu dalam pelaksanaan pembangunannya. Mereka yang bertugas untuk meracik semua bahan yang telah anda siapkan dan menyajikan hasil berupa bangunan rumah yang berkualitas.

Memilih juru bangunan itu sangat penting. Pilihlah tukang bangunan yang benar-benar ahli profesional di bidang membangun dan memiliki reputasi kerja yang baik. Ini dikarenakan agar anda mendapatkan efisiensi baik waktu dan bahan bangunan yang diperlukan dalam proses pembangunan rumah.

READ  7 Cara Kreatif untuk Merapikan Kabel

Membuat Desain Ruangan Multifungsi

desain rumah murah minimalis
Via tandapagar.com

Membuat ruang dengan pembagian banyak ruang akan memakan banyak bahan dan biaya. Maka dari itu Obatrindu sarankan agar anda membangun rumah dengan model ruangan multifungsi. Anda juga bisa membuat dulu miniatur rumah minimalis yang ingin anda buat agar bisa mempunyai gambaran sebelum pembangunan dimulai.

Ruangan ini biasanya akan tergabung dengan ruangan lainnya seperti ruang makan digabung dengan ruang dapur, ruang tamu digabung dengan ruang keluarga, dan biasanya dipisahkan dengan sekat atau selambu.

Itulah beberapa tips yang bisa Obatrindu bagi untuk kalian. Semoga bisa membantu kalian untuk membangun rumah minimalis murah, mewah, dan berkualitas.

 

5 thoughts on “Tips Membangun Rumah Minimalis Murah Mewah Dan Berkualitas

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: