Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

7 Cara Mudah Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Contoh gambar miniatur rumah sederhana.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus – Miniatur rumah adalah sebuah model dari bentuk rumah. Biasanya digunakan sebagai alat bantu tampilan untuk pemasaran perumahan, rumah hewan seperti kucing, dan juga sebagai mainan rumah-rumahan barbie milik anak kecil. Bahkan terkadang membuat miniatur rumah menjadi bagian tugas dari sekolah.

Berikut ini kita akan membahas cara membuat miniatur rumah dari bahan kardus. Bahan kardus sendiri merupakan bahan yang sangat murah dan mudah di dapatkan. Daripada kita membuang kardus bekas ke tempat sampah, alangkah baiknya kita manfaatkan menjadi barang yang lebih berguna.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

Dalam membuat miniatur rumah, kunci keberhasilan yang harus kita terapkan adalah dengan menambahkan rincian realistis tentang bagaimana bentuk rumah yang akan kita buat. Ambil dari desain rumah yang kita kuasai atau kita tahu. Gunakan pedoman desain dan perlengkapan kerajinan agar hasil menjadi lebih maksimal.

Cara membuat kerajinan miniatur rumah dari kardus yang akan saya ulas berikut ini sengaja saya tulis beserta gambarnya agar sangat mudah untuk kamu praktikkan di rumah. Apalagi dengan intruksi yang lebih lengkap yang saya sertakan. Jadi jangan khawatir untuk tidak bisa membuatnya, karena baik bahan dan peralatan juga mudah untuk kita dapatkan di sekitar kita.

Menyiapkan Alat dan Bahan Pembuatan Miniatur Rumah

Alat dan Bahan Pembuatan Miniatur Rumah
Via duduul.com
  1. Cari kardus yang tak terpakai di sekitar anda, atau anda bisa membelinya di tukang loak.
  2. Pisau cutter. Pilih pisau cutter yang benar-benar tajam, agar hasil potongan yang dihasilkannya rapi.
  3. Kalau kalian mempunyai penggaris siku, itu lebih bagus untuk digunakan.
  4. Pensil atau bulpen. Tetapi jika anda masih belum mahir, saya sarankan untuk memakai pensil saja agar lebih mudah dihapus jika terjadi kesalahan.
  5. Pilih penghapus yang kualitasnya bagus.
  6. Plastik transparan. Bahan ini opsional, karena nanti akan kita gunakan sebagai penutup jendela rumah.
  7. Lem Kayu atau lem kastol.
READ  Cara Mudah Menggambar Kartun Doraemon dengan Pensil Langkah demi Langkah

Nah,  setelah menyiapkan segala peralatan dan bahan pembuatan yang tertera di atas. Kita lanjutkan pada tahap pembuatannya berikut ini :

Persiapan Desain Miniatur Rumah

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via fimell.com

Pertama, kita akan membuat pola miniatur rumah dari kardus yang akan kita buat. Jika kebingungan, kamu bisa mencontoh denah rumah yang kamu tempati saat ini atau juga bisa mencontoh gambar di bawah ini. Kalian juga bisa mencari denah rumah di internet untuk referensi denahnya.

Setelah mendapatkan desain rumahnya. Sekarang kita menggambar desain yang telah kita punya tersebut pada papan kardus. Usahakan gambar letakkan di tengah bagian kardus. Lalu ukuran panjang dan lebar di setiap ruangan perbandingannya sama agar lebih mudah nanti dalam pemasangan bagian lain.

Pembuatan Dinding Miniatur Rumah

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via ehow.com

Sekarang kita beralih ke pembuatan dinding miniatur rumah. Tentukan ukuran panjang potongan kardus untuk tiap dinding sama sesuai yang dibutuhkan pada denah.

Lalu untuk tinggi dinding, sesuaikan dengan lebar denah yang telah kalian gambar agar tidak terjadi ketimpangan bentuk antara luas rumah dengan tinggi rumah nantinya.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via obatrindu.com

Saat memotong kardus dinding rumah tersebut, jangan lupa juga untuk menggunakan pisau cutter anda yang sangat tajam. Agar hasil pemotongan bagus dan tidak pelekatan antara bagian ruang nantinya menjadi lebih mudah.

Perekatan Bahan Antar Dinding

Setelah bahan yang digunakan sebagai dinding miniatur selesai dipotong, sekarang kita akan merekatkan semua bagian tersebut menjadi satu denah utuh untuk dindingnya saja. Gunakan lem kayu yang sudah anda sediakan lalu oles pada setiap tepian kardus yang akan digabungkan.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via ehow.com

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketelitian dan kerapihan. Karena dengan pemasangan yang benar dan juga rapi, akan memberikan keseimbangan antar ruangan yang diciptakan nantinya.

READ  34 Macam Suku dan Etnis yang Ada di Indonesia

Pembuatan Jendela dan Pintu

Setelah bagian dinding semua terekat dengan baik, kita beranjak ke pembuatan jendela dan pintu untuk miniatur rumah. Bagian ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi pemula. Namun jangan khawatir, tetap hati-hati dan teliti dalam membuatnya akan memberikan hasil yang lebih baik.

Untuk jendela, silahkan potong plastik transparan yang telah disediakan tadi. Sesuaikan ukuran plastik dengan jendela yang ada pada dinding kardus miniatur rumah yang telah dibuat tadi.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via pinterest.com

Setelah itu, rekatkan plastik pada jendela yang ada dengan hati-hati. Dengan pemasangan plastik ini, efek kaca untuk rumah akan terlihat nyata.

Beralih ke pemasangan pintu untuk miniatur rumah. Silahkan kalian potong kardus yang tersisa sesuai dengan ukuran pintu yang ada pada miniatur yang kalian buat.

Oleskan lem kayu pada tepian kardus pada pintu, tetapi cukup hanya pada satu sisi saja. Agar tetap nampak seperti pintu yang bisa dibuka dan ditutup.

Proses Pembuatan Atap Miniatur Rumah

Sekarang kita menuju ke proses pembuatan atap miniatur rumah. Menurut saya, ini adalah proses yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan oleh kita para pemula yang baru membuatnya. Karena sistemnya seperti membuat buku yang unik dan terbalik dalam pembuatan efek gentingnya.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via geekend.wordpress.com

Anda tinggal memakai bagian dalam kardus sebagai atap luar, jika kita lihat di kertas kardus yang tebal, di dalamnya ada bagian yang bergerigi. Kalian bisa menggunakan itu sebagai efek genting yang ada.

Atau jika kesulitan, kalian bisa menambahkan kertas tipis yang dilipat-lipat kecil lalu ditempelkan pada lapisan atap rumah dari kardus tadi. Maka jadilah atap dengan efek genting yang nyata.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via rafaelpardoalmudi.com

Satu lagi yang perlu di ingat. Untuk pembuatan bagian atap ini, jadikan atap agar tetap bisa dibuka tutup kapanpun kita mau alias tidak permanen. Tidak perlu dilekatkan pada dinding rumah yang telah kita buat.

READ  3 Cara Mudah Melukis Wajah Manusia

Tahap Terakhir Pembuatan Miniatur Rumah

Oke, sampai disini kita sudah terlihat telah membuat sebuah karya seni rupa tiga dimensi sederhana berupa miniatur rumah dari bahan kardus.

Tetapi proses ini masih belum selesai sampai disini saja. Jika ingin tampil lebih menarik, kalian bisa menambahkan dekorasi dan aksesoris tambahan untuk miniatur rumah anda.

Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus
Via pinterest

Disinilah kegunaan mempunyai atap yang tidak permanen dari miniatur rumah minimalis. Kita bisa menambahkan aksesoris tambahan seperti kursi, meja, tempat tidur, dan lain-lain ke dalam miniatur rumah kapanpun kita mau.

Dan bukan hanya di dalam miniatur rumah saja, kalian bisa menambahkan aksesoris di sekitar miniatur rumah ini agar lebih indah dipandang dari luar dan mempunyai nilai jual lebih jika kalian ingin menjualnya di pasaran.

1 thought on “7 Cara Mudah Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: