Cara Mudah Menggambar Kartun Doraemon dengan Pensil Langkah demi Langkah

Cara Menggambar Kartun Doraemon – Halo sobat rindu, sebelum kita lanjut untuk mengulas tentang cara menggambar kartun Doraemon. Saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2017 ya kawan.

Curhat sedikit, spoiler ke tanggal 31 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017 kemarin. Saya sebagai admin utama tidak bisa terkoneksi dengan Internet dikarenakan ada kerusakan di sambungan kabel Internet yang terhubung ke tempat saya berada. Alhasil, selama dua hari tersebut admin hanya clingak clinguk. Hehe…

Tapi Alhamdulillah yang biasanya admin bakal telat bangun pagi kalau udah hari libur(1 Januari kan hari libur bro, :D). Berbeda dengan 1 Januari 2017 ini dimana admin berhasil bangun, bahkan sebelum adzan Subuh. Walau enggak sempet Qiyamul lail karna harus mandi dulu. ^_^

gambar doraemon

Oke baik, kembali ke topik utama kita kali ini yaitu tentang cara mudah menggambar kartun Doraemon dengan pensil. Siapa yang belum kenal Doraemon? Kartun robot masa depan yang selalu menemani anak muda bernama Nobita ini selalu mendampingi dan membantu Nobita di setiap waktunya.

Kartun atau Anime ini sudah ada bahkan sejak admin belum lahir, dan juga menjadi kartun favorit admin yang wajib di tonton di setiap minggunya bahkan admin dulu sempat mengoleksi komiknya loh.

Video Cara Menggambar Kartun Doraemon

Oh ya, sebelum kita lanjut untuk melihat teknik atau cara menggambar Doraemon langkah demi langkah. Alangkah baiknya kamu juga melihat video berikut agar praktek atau latihan yang akan kamu lakukan menjadi lebih mudah.

READ  34 Macam Suku dan Etnis yang Ada di Indonesia

 

Cara Menggambar Kartun Doraemon Langkah demi Langkah

Oke langsung saja. Tutorial untuk cara menggambar kartun doraemon ini admin kemas dengan tutorial yang lengkap langkah demi langkah agar mudah dipahami oleh kamu para pembaca. Semoga bisa menikmati dan memahaminya ya.

Menggambar Kepala Doraemon dengan Membuat Garis Pedoman Lingkaran

cara menggambar doraemon muka
Via imgrum.net

Pertama-tama kita buat dulu garis pedomannya berupa lingkaran. Garis ini sebagai garis bantu untuk memudahkan kamu dalam membuat bentuk muka kartun doraemon yang bulat nanti.

Ciptakan Garis Vertikal dan Horizontal

cara menggambar doraemon membuat garis horizontal vertikal
Via imgrum.net

Kedua, ciptakan sebuah garis vertikal dan horizontal yang membagi lingkaran yang telah kamu gambar tadi menjadi empat bagian.

Buat Gambar Bentuk Oval

cara menggambar doraemon garis bantu muka
Via imgrum.net

Selanjutnya langkah yang ketiga adalah membuat sebuah garis berbentuk oval tetapi agak bulat. Letakkan garis oval tersebut di dalam lingkaran yang ada tadi dengan posisi yang agak dari garis tengah kebawah.

Membentuk Mata Doraemon

Via imgrum.net

Langkah keempat. Setelah membentuk garis oval yang berada di dalam tadi, sekarang giliran kita untuk membentuk dua garis oval kecil yang bisa kamu letakkan diantara garis vertikal bagian atas dan memotong garis oval yang berada di dalam lingkaran tadi.

Bentuk bangun oval ini menjadi sebuah mata untuk kartun Doraemon. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat di bagan gambar diatas.

Tambahkan Bentuk Hidung

Via imgrum.net

Selanjutnya setelah gambar oval untuk mata terbentuk, sekarang gilirannya untuk membuat hidung. Bentuk lingkaran kecil di bawah mata yang telah kamu buat. Tapi bentuk hidung ini memotong sedikit lingkaran mata tadi. Coba perhatikan contoh gambar.

Membentuk Mulut Doraemon

Via imgrum.net

Setelah terbentuk mata dan hidung  doraemon. Langkah selanjutnya adalah membentuk mulut doraemon. Kita disini akan membentuk mulut doraemon yang sedang tersenyum lebar. Bentuklah mulut seperti gambar diatas usahakan tidak melebih garis oval yang berada di dalam lingkaran agar terbentuk seimbang dan sempurna.

READ  14 Cara Kreatif Menghias Kamar Tidur Anda

Dan untuk membentuk lidah, triknya kamu bisa mencoba untuk membentuk love tapi setengah aja karena akan dipotong oleh garis bibir doraemon.

Selain itu, kamu masih bisa membentuk mulut Doraemon dengan gaya lain loh sobat sesuai ekspresi Doraemon yang ingin kamu gambar.

Membentuk Kumis dan Kalung Doraemon

Via imgrum.net

Langkah selanjutnya adalah membentuk kumis dan kalung untuk Doraemon. Seperti yang terlihat pada contoh gambar diatas. Tambahkan tiga garis untuk kumis diantara mulut dan mata. Sesuaikan bentuknya seperti kucing.

Via imgrum.net

Dan untuk kalung Doraemon, bentuk kalung seperti gambar pada bagian bawah lingkaran yang menjadi kepala Doraemon. Jangan lupa untuk menambahkan lonceng dengan bentuk yang bulat dan letakkan tepat pada garis vertikal yang telah tadi kamu buat. Lihat contoh pada gambar.

Mulai Membentuk Badan Doraemon

Via imgrum.net

Sekarang kita mulai membentuk badan dari kartun doraemon ini. Buatlah bentuk kotak tetapi tidak sempurna dengan setiap ujung yang agak melengkung. Tarik garis mulai dari salah satu lingkaran lonceng ke arah bawah dan bertemu lagi pada sisi lingkaran lonceng yang berikutnya. (Lihat contoh gambar)

Membuat Kantong Ajaib Doraemon

Via imgrum.net

Saatnya untuk menggambar keajaiban. Hehe.

Buatlah bentuk seperti garis lengkung kebawah membentuk huruf U. Lalu setelah itu buatlah kantong Doraemon dengan membentuk setengah Lingkaran yang berada di dalam garis berbentuk U yang sudah kamu buat tadi. (Lihat Gambar)

Membentuk Lengan dan Kaki Doraemon

Bentuk tangan dan kaki Doraemon begitu sederhana.  Untuk membentuk tangan, tari garis oval yang cukup panjang dan tipis di dua sisi badan yang berbeda. Dan untuk membentuk kaki, tinggal membentuk dua kotak tanpa tutup tapi dengan setiap ujung yang tumpul di bagian bawah tubuh.

READ  Khat dan Kaligrafi Islam Arab (Pengertian, dan Contoh Cara Membuat Gambar Kaligrafi)

Untuk lebih mudahnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Via imgrum.net

Membentuk Sepatu dan Tangan

Via imgrum.net

Sudah pernah lihat Doraemon di TV kan? Untuk membentuk tangan Doraemon itu sangat mudah, kamu cukup menambahkan lingkaran atau bulatan pada ujung lengan dan untuk kaki, buat saja bentuk oval yang tebal dan agak panjang dengan posisi tidur. Kamu bisa melihat contoh bila masih kebingungan.

Bagian Final Menggambar Doraemon

cara menggambar doraemon garis bantu
Via imgrum.net

Nah setelah semua yang ada diatas telah selesai kamu kerjakan. Kini saatnya kamu mengerjakan bagian final yaitu agar apa yang telah kamu gambar benar-benar terlihat seperti gambar Doraemon.

Pertama adalah kamu hapus setiap garis bantu dan beberapa garis yang terpotong oleh garis yang lain untuk menyisakan garis yang diperlukan dalam membentuk gambar doraemon. Untuk lebih mudahnya coba lihat garis biru dan merah yang ada pada gambar, itu merupakan garis bantu yang sudah kamu buat sebelumnya dan bisa kamu hapus untuk melihat sketsa dari gambar Doraemon yang sudah kamu buat.

Setelah garis bantuk kamu hapus semua, kini saatnya untuk kamu mempertebal gambar garis yang tersisa dari yang sudah kamu buat. Tebali semua garis untuk membentuk gambar kartun Doraemon yang kuat. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

cara menggambar doraemon udah jadi
Via imgrum.net

Nah, itulah ulasan tentang bagaimana cara untuk menggambar kartun Doraemon langkah demi langkah. Kamu juga bisa mengkreasikan gambarnya sesuai dengan imajinasi dan kreasimu sendiri. Semoga artikel tentang Cara Menggambar Doraemon Langkah Demi Langkah ini bisa membantumu dalam menggambar kartun Doraemon.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: