Cara Mengubah Kapasitas File Upload pada WordPress

error upload limits

Mengubah kapasitas file upload – Semua orang yang masih awam atau masih baru belajar CMS WordPress pasti penah merasakan ini. Disaat akan mengupload themes wordpress, muncul error yang mengatakan bahwa file yang akan diupload terlalu besar.

Perlu diketahui memang, template yang harus diupload pada wordpress cukup berbeda dengan template yang biasanya diupload pada Blogger. Hampir sama dengan website non CMS filenya meliputi html, css, php, bahkan ada file javascript yang ikut terpisah.  Sedangkan di platform CMS, cukup file berekstensi xml dan atau html saja sudah cukup.

Hal ini juga terjadi minggu lalu pada saya saat kegiatan praktek di Sintesa. Kebetulan saya memang pengguna aktif blogger sebelumnya dan sudah lama tidak menggunakan WordPress. Saat mencoba mengupload template, malah pesan error yang terjadi.

Dikarenakan hal itu, saya mencoba mencari ke beberapa website tutorial wordpress. Ada beberapa cara yang saya dapatkan. Namun disini saya hanya akan berbagi dengan sahabat obatrindu.com sesuai cara yang saya lakukan kemarin.

Seperti yang kita ketahui, biasanya saat upload akan muncul pesan seperti ini.

The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini

Pesan error diatas mengatakan bahwa file yang kawan sobatrindu.com akan upload terlalu besar dari ketentuan yang ada. Dalam cms wordpress, untuk file yang akan diupload secara default adalah 2 MB.

Tetapi biasanya template yang akan diupload mempunyai format html5 atau ada tambahan  css dan php yg dikompress dalam zip yang file melebihi 2MB, maka secara otomatis akan muncul pesan error diatas.

Cara Menambah Besar Maksimum File Upload pada Hosting

import wordpress

Setelah saya  berkunjung ke beberapa website. Ada beberapa ulasan untuk mengatasi masalah diatas. Namun disini saya akan menggunakan cara dengan langsung menggunakan akses hosting.

READ  Pengertian, Fungsi dan Manfaat Komputer bagi Kehidupan Manusia

Disini saya kebetulan menggunakan akses dari si ”Hawk”. Namun jangan khawatir karena rata-rata penempatan intruksinya tidak akan jauh berbeda dengan hosting lain. Baiklah kita mulai saja tutorialnya.

  1. Pertama kita masuk ke Cpanel dulu. Akses Cpanel biasanya dikirimkan melalui email kita. Tetapi jika tidak ada atau lupa, kalian bisa membukanya lewat akun hosting.

masuk c-panel

  1. Lalu di halaman Cpanel silahkan menuju label khusus Software dan kalian klik ‘’Select PHP Version’’,

select php version

silahkan klik maka anda akan dibawah ke halaman ‘’PHP Selector  | extensions’’. Halaman ini merupakan tempat untuk menambahkan fungsi php yang kita punya, namun kalian abaikan saja untuk saat ini.

switch to php options

  1. Setelah sampai disini silahkan klik ‘’Switch to PHP options’’. Anda akan dibawah ke halaman ‘’PHP Selector | options’’. Disini banyak pilihan untuk pengaturan php anda sesuai yang telah ditambahkan pada halaman sebelumnya, ‘’PHP Selector | extensions’’.

php selector options

Namun karena disini anda hanya ingin mengubah  maksimum file upload pada wordpress anda, cukup cari upload_max_filesize lalu rubah sesuai yang kebutuhan kamu inginkan, misalnya 16 MB.

  1. Sekarang setelah semuanya kalian atur, silahkan klik save untuk menyimpan. Jika kalian mengerti, kalian juga bisa mengatur hal lain sesuai yang kalian perlukan.

Setelah semua yang ada diatas sudah yakin anda lakukan. Mari kita menuju halaman upload lagi dan mencoba mengupload file yang tadi ada pesan error. Saya yakin pesan error tersebut sudah tidak ada lagi.

Namun jika masih muncul pesan error tersebut. Mungkin kalian harus mengulang lagi cara diatas.

Semoga bermanfaat dan untuk sahabat obatrindu.com yang mempunyai cara lain selain yang ada diatas silahkan pos di komentar.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: