cara mengusir tikus secara alami

9 Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Cara mengusir tikus secara alami – Tikus merupakan hewan pengganggu yang paling sering muncul di sekitar kita. Hampir semua tempat di huni oleh tikus. Bahkan rumah kita tercinta pun terkadang tak luput dari serangannya. Geram rasanya jika hewan pengerat yang satu ini mengganggu aktivitas kita dengan kerusakan yang mereka ciptakan saat mencari makanan.

cara mengusir tikus secara alami
Via en.wikipedia.org

Dan jika kita terlalu membiarkan mereka untuk tetap tinggal lama di rumah kita. Beberapa jenis penyakit berbahaya pun bisa disebabkan dari hewan tikus ini. Ada yang hanya berdampak kerusakan sesaat namun ada juga yang sampai menyebabkan kematian.

Maka dari itu jangan biarkan tikus leluasa untuk hidup di sekitar kita, terutama di dalam rumah kita. Tetapi apabila hal itu terjadi, kita harus wajib untuk segera mengusir tikus ini.

Bagaimana Cara Mengusir Tikus?

Banyak cara yang dapat dilakukan agar tikus yang telah tinggal di rumah kita untuk dihilangkan keberadaannya. Kalian bisa menggunakan alat pengusir tikus baik itu dari bahan alami, teknologi, maupun bahan kimia seperti lem tikus, racun, pengusir elektrik, dan beberapa tumbuhan alami lainnya.

Namun tidak banyak orang yang tahu tentang cara-cara tersebut. Adapun yang tahu tetapi tidak melakukannya karena ada beberapa resiko tentunya yang juga tidak di inginkan.

cara mengusir tikus secara alami
Via www.wxrw123.com

Misalnya jika menggunakan racun. Jika tikus mati disembarang tempat, kita akan kesulitan menemukannya sehingga bau bangkai yang ditimbulkan akan mengganggu. Atau jika menggunakan lem. Jika tikus tertangkap. Ada beberapa orang yang enggan membuangnya karena merasa jijik.

Jika anda ingin membaca lebih lanjut, sebenarnya ada beberapa cara alami yang dapat kita praktekkan untuk membasmi tikus. Berikut ini Obatrindu akan memberikan sejumlah cara mengusir tikus secara alami yang terbukti keampuhannya.

READ  Iniloh 7 Manfaat Cuka Apel Yang Belum Banyak Orang Tau

Cara Membasmi Tikus di Rumah, Alami dan Sangat Ampuh

Memelihara Kucing di Rumah

cara membasmi tikus secara alami
Via iklanbiz.steprofit.com

Kucing merupakan hewan predator bagi tikus. Dengan memelihara kucing, tentunya kemungkinan rumah dan lingkungan kita diganggu tikus akan mengecil atau bahkan tidak ada. Karena dengan suara kucing pun, tikus biasanya akan takut dan lari. Jadi, peliharalah kucing baik itu kucing jantan maupun betina.

Memelihara Jangkrik

cara mengusir tikus secara alami
Via abisyakir.wordpress.com

Jangkrik mempunyai suara yang cukup nyaring terutama di malam hari dan atau jika ditaruh di tempat gelap. Suaranya tidak terlalu berisik bagi manusia, namun bagi tikus itu cukup mengganggu dan membuat mereka pergi.

Sebaiknya kalian memelihara jangkrik yang memiliki suara tak nyaring seperti jangkrik aduan dan taruh jangkrik di dekat tempat yang biasanya dilalui tikus.

Menggunakan Daun Mint

Cara membasmi tikus yang selanjutnya adalah anda bisa menggunakan daun mint sebagai medianya. Mungkin kebanyakan orang hanya tahu bahwa daun ini hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saat di konsumsi. Namun asal kalian tahu, tikus tidak menyukai bau dari daun mint sehingga kalian juga bisa memanfaatkannya sebagai pengusir tikus alami.

cara mengusir tikus secara alami
Via log.viva.co.id

Untuk cara membuatnya, kalian bisa menggunakan daun dengan cara mengambil sari daunnya lalu dilarutkan dengan menggunakan air. Setelah itu silahkan disemprotkan ke beberapa tempat yang kemungkinan akan dilalui oleh tikus.

Kalian juga bisa menggunakan tanaman mint. Tanam pohon mint di sekitar rumah anda agar aroma daun mint bisa menyebar dengan sendirinya. Cara ini lebih hemat dan efisien daripada cara yang sebelumnya.

Menggunakan Kulit Durian

Siapa yang tak suka durian. Rasa buahnya yang sangat lezat selalu digemari oleh setiap lapisan masyarakat. Namun terkadang setelah memakan buah ini, kulit dari buah durian kita buang sehingga menjadi sampah yang tak termanfaatkan.

READ  4 Khasiat Utama Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Kulit dari buah durian bisa kalian manfaatkan sebagai pengusir tikus. Taruh kulit buah durian yang sudah tak terpakai di tempat yang biasanya dilalui tikus. Bau dan juga duri yang tajam pada kulit buah durian dapat mengusir tikus untuk tidak masuk ke dalam rumah

Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus mempunyai aroma yang harum dan sangat nyaman untuk kita gunakan. Bahkan sekarang ada berbagai macam bau yang sangat nyaman untuk dihirup. Dari hal ini, kita bisa memanfaatkan kapur barus sebagai pengusir tikus.

Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan meletakkan kapur barus yang telah anda siapkan di tempat yang biasanya dilalui oleh tikus. Bau harum yang tidak disukai tikus itu akan mengganggu mereka dan akan membuat mereka perlahan pergi dari rumah anda.

Menggunakan Buah Mengkudu

Buah mengkudu mungkin baunya menyengat sehingga bisa mengganggu kita juga. Maka dari itu, untuk menggunakannya. Cara ini hanya cocok untuk dipakai untuk gudang atau mengusir tikus di sawah.

Caranya juga sangat mudah. Hancurkan buah mengkudu yang sudah anda siapkan. Lalu campurkan dengan air. Siramkan ke beberapa tempat vital yang sekiranya bau dari buah mengkudu tersebar di semua tempat.

Gunakan Soda

Ini adalah salah satu cara usil untuk tikus namun sangat ampuh juga untuk mengusir tikus dari rumah anda. Berdasarkan dari sebuah penelitian yang menghasilkan bahwa tikus tidak bisa bersendawa atau mengeluarkan gas di dalam tubuhnya.

Baking soda sangat cocok untuk digunakan dalam hal ini. Coba campurkan baking soda dengan makanan yang biasanya sangat disukai oleh tikus. Jika memakan makanan yang telah dicampurkan dengan baking soda ini, tikus bisa menjadi kembung karena produksi gas di dalam tubuhnya menjadi sangat berlebih.

Lakukan cara ini sampai tikus menjadi benar-benar bosan untuk mengganggu dan memakan makanan di rumah anda.

Manfaatkan Saus Cabai, Air, beserta Deterjen Pakaian

cara mengusir tikus secara alami
Via www.referensirumah.com

Cara ampuh membasmi tikus yang berikutnya adalah dengan saus cabai, air, dan detergen sebagai medianya. Sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan namun tak ada masalahnya jika anda mau mencobanya.

READ  Mari Mengenal Vitamin (Pengertian, Macam, Fungsi, Sumber, dan Penyakit)

Campurkan ketiga bahan itu ke dalam satu wadah. Lalu tampung cairan hasilnya ke dalam sebuah botol spray. Lalu gunakan pada tikus yang mengganggu aktivitas keluarga anda. Semprotkan ke badan tikus jika tikus terlihat. Cairan ini membuat tikus menjadi kepanasan sehingga lari.

Tangkap Satu Tikus

Cara yang satu ini cukup unik namun juga sangat efektif untuk mengusir tikus di rumah anda. Namun, bagi anda yang merasa jijik sebaiknya jangan mencoba cara ini ya.

Coba anda satu saja tikus yang biasanya mengganggu. Lalu cat badan tikus dengan cat yang mempunyai warna cerah, misalnya biru muda atau orange. Lalu biarkan hingga cat mengering. Setelah cat dirasa cukup mengering, lepas tikus tersebut ke tempatnya semula.

Tikus yang sudah anda lepas ini tentu saja akan kembali ke koloninya. Nah, dengan cara ini dapat membuat kelompok tikus yang salah satu tubuhnya telah anda cat menjadi ketakutan dan tercerai berai. Dengan begitu tikus akan enggan lagi kembali ke rumah anda.

Nah kawan, begitulah beberapa cara mengusir tikus secara alami yang bisa Obatrindu sajikan untuk kalian. Tentunya untuk mengusir saja sebenarnya tidak cukup. Diperlukan pencegahan baik itu sebelum mereka datang atau menyerang kembali ke rumah anda.

Dan juga selalu jaga kebersihan ya, karena tikus sangat suka dengan tempat yang berbau dan kotor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang kesulitan mengusir tikus di rumah.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: