pengertian pemanasan global

Pemanasan Global (Pengertian, Dampak, Penyebab, Proses Terjadi, dan Cara Mengatasi Pemanasan Global)

Pemanasan Global – Seperti yang telah kita ketahui, bumi kita ini semakin lama semakin tua. Suhu semakin meningkat dan cuaca semakin tidak menentu. Dan bahkan dari sebuah penelitian tentang bumi ini, akibat pemanasan global atau global warming ini membuat suhu pada bumi ini mengalami peningkatan yang sangat drastis dari waktu ke waktu.

Akibatnya banyak dampak kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini yang telah kita rasakan. Misalnya saja perubahan musim yang tidak lagi bisa diperkirakan. Mencairnya es di kutub utara dan selatan, dan banyak lagi lainnya.

Kali ini kita akan membahas beberapa hal tentang Pemanasan Global baik itu pengertian, proses terjadinya pemanasan global, dampak dan penyebabnya, serta bagaimana cara kita untuk mengatasi atau mencegah pemanasan global yang saat ini tengah berlangsung di bumi kita ini.

Teman-teman yang sedang mencari tugas, PR(Pekerjaan Rumah), atau atau kliping tentang pemanasan global mungkin bisa terbantu dengan artikel ini.

Pengertian Pemanasan Global

global warming pemanasan global
climate.nasa.gov

Secara umum, pengertian atau definisi dari pemanasan global atau global warming adalah sebuah peristiwa yang ditandai dengan meningkatkan suhu rata-rata yang ada pada lapisan atmosfer serta permukaan bumi.

Jika kita melihat dari data stastitik terakhir pada penelitian para ahli pada satu abad terakhir ini. Suhu pada permukaan bumi ini telah meningkat cukup tinggi sampai sekitar 0,6°C dan kemungkinan akan terus meningkat seiring bertambahnya teknologi tak ramah lingkungan yang terus berkembang.

Beberapa gejala pemanasan global pada suatu daerah dapat kita lihat seperti iklim atau cuaca yang tidak teratur, sering terjadi angin putih beliung walaupun daerahnya masih dikelilingi pengunungan, dan juga terumbu karang yang warnanya menjadi putih.

Penyebab Pemanasan Global

penyebab global warming
Organiclifestylemagazine.com

Terjadinya pemanasan global atau global warming tidak lepas dari aktifitas manusia yang selalu ingin berkembang di setiap waktunya, namun lupa akan lingkungannya. Bisa dikatakan edukasi tentang manfaat dari lingkungan dan cara menjaga lingkungan sendiri sangat kurang dibandingkan edukasi untuk memanfaatkan teknologi.

Jika menurut para peneliti ahli. Beberapa penyebab dari pemanasan global atau global warming salah satunya adalah dikarenakan efek rumah kaca yang pada dewasa ini sangat menjamur di bumi. Selain itu, beberapa penyebab pemanasan global diantaranya adalah sebagai berikut :

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan salah satu faktor yang paling utama terjadinya di hampir seluruh dunia. Efek rumah kaca terjadi diakibatkan karena panas yang memantul pada pada permukaan bumi tidak lagi sanggup untuk keluar angkasa karena terperangkap oleh gas-gas di atmosfer bumi.

Dalam tingkat tertentu, efek rumah kaca memang mempunyai manfaat bagi kehidupan di bumi ini. Namun jika berlebihan seperti yang terjadi pada dewasa ini akan dapat mempengaruhi perubahan bumi secara drastis seperti perubahan iklim yang tidak menentu.

Penggunaan Bahan CFC yang Tidak Dikontrol

matikan ac untuk mengurangi efek rumah kaca
papasemar.com

CFC (Cloro Flour Carbon) merupakan salah satu bahan kimia yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk memproduksi pada beberapa peralatan khusus, salah satunya yang menggunakan CFC adalah kulkas dan AC.

Polusi Kendaraan Bermotor

Polusi yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor adalah polusi yang benar-benar dapat dirasakan dan salah satu penyebab terbesar pemanasan global. Hasil dari pembakaran kendaraan bermotor menghasilkan banyak gas karbondioksida, dan karena sifatnya zat ini yang memerangkap panas menyebabkan cahaya matahari dan gas buangan lainnya menjadi tidak bisa keluar ke angkasa.

Polusi Gas Metana Zat Kimia Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan

Gas Metana adalah salah satu gas hasil proses organik yang menjadi penyebab kedua terbesar terjadinya pemanasan global. Biasanya gas ini dihasilkan bahan organik yang kekurangan oksigen pada saat penyimpanannya atau juga pada usus hewan ternak.

Padahal kebutuhan akan pangan juga semakin lama semakin tinggi sehingga produksi zat buang gas metana ini pengaruhnya juga akan bertambah seiring berjalannya kebutuhan manusia.

Kerusakan Hutan

Tak bisa dipungkiri memang kebutuhan kita akan hutan yang merupakan sumber produksi terbesar akan oksigen sangat tinggi. Namun dewasa ini, hutan di seluruh dunia banyak mengalami kerusakan akibat pembakaran dan penebangan liar.

Akibatnya produksi oksigen menjadi sedikit dan gas karbondioksida yang seharusnya dapat diserap banyak oleh hutan menjadi berkurang. Hal ini dapat mempengaruhi semakin tingginya penyebab pemanasan global pada bumi.

Pemborosan Energi Listrik

Secara tidak langsung, sebenarnya pada saat kita menggunakan listrik. Beberapa sumber listrik merupakan hasil dari pembakaran batubara dan minyak bumi. Dan dari pembakaran tersebut menghasilkan gas karbondioksida dimana gas ini dapat mengikat panas dan menjadi penyebab pemanasan global.

Populasi Kendaraan Terus Meningkat

Kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor setiap tahun terus meningkat. Namun dampak buruknya adalah hasil pembakaran energi buang ini menghasilkan gas karbondioksida yang akan semakin banyak dan menjadi penyebab terjadinya pemanasan global.

Pembakaran Sampah Berlebihan

Salah satu penyebab pemanasan global terakhir yang terkadang tidak kita sadari adalah pembakaran sampah secara berlebihan yang tidak diperhitungkan apakah lingkungan sekitar terdapat cukup tanaman untuk menyerap gas metana yang dihasilkan dari pembakaran tersebut.

Dampak Pemanasan Global

dampak pemanasan global
phys.org

Sebelumnya diatas telah kita ulas tentang penyebab tentang terjadinya pemanasan global. Dari beberapa penyebab tersebut, akan muncul dampak yang terjadi akibat terjadinya pemanasan global tersebut diantaranya adalah :

  • Akan banyak gunung es mencair. Terutama dataran es yang terletak di kutub utara dan kutub selatan. Jika dibiarkan mencair akan menjadi sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup di Bumi ini.
  • Curah hujan yang tinggi dan badai menjadi sering terjadi daripada biasanya.
  • Angin yang bertiup menjadi lebih kencang namun dengan pola yang tidak menentu yang menyebabkan terjadinya angin putih beliung.
  • Cuaca atau iklim menjadi sangat sulit untuk diprediksi bahkan bisa dikatakan waktunya menjadi tidak senormal biasanya.
  • Tsunami, banjir, dan pulau tenggelam akan menjadi sering terjadi dikarenakan debit air meningkat akibat mencairnya es di gunung es dan daerah kutub.
  • Sedangkan di daerah yang jauh dari perairan, keadaannya mengalami kekeringan yang luar biasa karena efek rumah kaca yang sangat parah.
  • Cuaca yang tidak beraturan dan banjir yang tidak menentu juga akan membuat seringnya para petani gagal panen.
  • Hama pangan juga akan meningkat karena perubahan iklim yang drastis.
  • Populasi hewan dan tumbuhan menjadi turun.
  • Meluasnya penyakit berbahaya seperti DBD dan Malaria akibat melemahnya pertahanan kita terhadap penyakit yang disebabkan kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

Itulah beberapa dampak yang akan terjadi jika kita terlalu lama membiarkan pemanasan global terjadi di lingkungan kita. Dampak tersebut akan terus menerus meningkat dan berpengaruh dengan rusaknya kehidupan di Bumi.

Proses Terjadinya Pemanasan Global

proses terjadinya global warming
pesonageografi.wordpress.com

Mungkin beberapa dari banyak orang masih bertanya tentang sebenarnya bagaimana sih proses terjadinya pemanasan global? Nah, disini saya akan ulas hal tersebut dengan gambaran yang cukup untuk bisa kamu mengerti.

Jadi proses terjadinya pemanasan global tersebut adalah dengan dimulainya sinar matahari yang masuk ke atmosfer bumi. Sinar matahari tersebut akan melewati lapisan gas atmosfer bumi. Lalu setelah sampai pada permukaan bumi, panas dan cahaya yang dihasilkan tersebut akan diserap oleh seluruh ekosistem yang ada di Bumi.

Lalu sisa dari cahaya dan panas yang tersebut dipantulkan kembali ke luar angkasa. Namun, sebagian dari cahaya dan panas ini terperangkap pada atmosfer bumi dan dipantulkan lagi menuju ke bumi. Ini dikarenakan produksi karbondioksida dan memerangkap cahaya matahari.

Peristiwa yang seperti inilah yang biasa kita kenal sebagai efek rumah kaca yang dewasa ini telah banyak mencairkan bongkahan es di kutub utara dan kutub selatan. Dan jika kita membiarkannya terus menerus, maka kerusakan bumi yang sangat parah tinggal menunggu waktu saja.

Cara Mengatasi dan Mencegah Pemanasan Global

cara mencegah global warming efek rumah kaca
ankhangwood.com

Tentu kerusakan dan kehancuran bumi tidak kita inginkan untuk terjadi bukan. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda yang tahu dan mengerti akan dampak dari efek rumah kaca harus segera bertindak untuk mengatasi pemanasan global yang semakin hari semakin parah ini.

Ada beberapa hal yang sebenarnya dapat kita lakukan untuk mencegah atau bahkan menanggulangi kerusakan lingkungan dan global warming pada bumi. Baik itu hal sederhana ataupun juga langkah ekstrim untuk dilakukan. Beberapa cara untuk mengatasi pemanasan global tersebut adalah :

Lakukan Penghematan Listrik

Menggunakan sehemat mungkin dan seperlunya saja adalah salah satu cara untuk mengatasi pemanasan global. Karena dengan melakukannya kita sudah berupaya untuk mengurangi jumlah produksi gas karbondioksida yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga listrik dari bahan bakar minyak dan batu bara.

Galakkan Reboisasi Hutan (Menanam Pohon Berkala)

reboisasi hutan
tokopedia.com

Selain berupaya mengurangi kadar karbondioksida, kita bisa menambah jumlah produksi oksigen di bumi ini salah satunya adalah dengan cara menggalakkan dan mengajarkan tentang reboisasi hutan atau kegiatan menanam pohon pada lingkungan masyarakat sekitar.

Tidak Menebang Hutan Sembarangan

Selain itu, karena kebutuhan kayu yang tidak bisa kita pungkiri akan terus ada. Kita bisa melakukan tebang pilih untuk menghindari penggundulan hutan. Menebang pohon secara sembarangan akan merusak kualitas dan kuantitas pohon yang menghasilkan oksigen sehingga melakukan tebang pilih benar-benar sangat diperlukan.

Gunakan Energi Alternatif

Ketergantungan manusia akan energi cepat pakai yang dewasa ini sangat menjamur perlu di edukasi ulang karena sebenarnya itu cukup berpengaruh terhadap lingkungan. Solusinya adalah dengan menggunakan energi alternatif ramah lingkungan.

Contohnya saja untuk menghasilkan listrik yang memerlukan batubara dan minyak bumi bisa diganti dengan menggunakan panas matahari, kincir angin, kincir air, dan sejenisnya.

Kurangi Atau Tinggalkan Peralatan Penghasil Gas CFC

Sangat perlu anda ketahui bahwa gas CFC merupakan salah satu gas yang menyumbang sekitar 20% di dalam proses terjadinya efek rumah kaca. Gas CFC ini bisa kita temukan pada AC dan kulkas. Maka dari itu pentingnya untuk selalu mengurangi dan bahkan tidak menggunakan peralatan-peralatan tersebut.

Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Tidak bisa kita pungkiri memang di dalam menggunakan kendaraan bermotor, otomatis kita telah banyak menggunakan bahan bakar fosil seperti misalnya bensin. Dan dari proses ini akan menghasilkan gas karbon yang sangat berbahaya jika jumlahnya berlebihan untuk atmosfer bumi.

Maka dari itu sangat perlu untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Salah satu caranya adalah dengan kita memanfaatkan angkutan umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang kita miliki.

Lakukan Reuse, Recycle, dan Reduce

cara mencegah dan mengatasi pemanasan globalFossilfuelsissues.weebly.com

Tentu saja ini sangat penting sebagai upaya kita mencegah semakin buruknya global warming yang terjadi di bumi ini. Dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali sampah secara tepat. Gas metana dan karbondioksida yang biasanya dihasilkan oleh sampah yang menumpuk akan menjadi berkurang.

Itulah beberapa ulasan singkat kita tentang Pemanasan Global baik itu pengertian, proses terjadinya pemanasan global, dampak dan penyebabnya. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kita dan menyadarkan kita akan pentingnya lingkungan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

403 Forbidden


nginx