Gambar Sketsa Bunga Indah dan Mudah | Sakura, Mawar, Melati, Matahari, Anggrek, Tulip dll

Gambar Sketsa Bunga – Sketsa merupakan salah satu bentuk langkah awal yang biasanya diperlukan untuk melakukan pembuatan karya seni melukis. Bisa dipastikan sebenarnya sketsa merupakan bentuk kerangka dari sebuah karya seni menggambar atau melukis itu sendiri.

Walaupun begitu, dengan sketsa sudah dapat dipakai untuk memaparkan sebuah gagasan awal baik itu konsep ataupun ide mengenai suatu hal yang akan dilukiskan.

Gambar sketsa sendiri biasanya digolongkan menjadi dua karya seni rupa. Yaitu seni rupa murni dan juga seni rupa terapan. Dimana seni rupa murni yang biasanya hanya digunakan sebagai hiasan saja. Namun untuk seni rupa terapan biasanya mempunyai kegunaan dan fungsi tersendiri.

Untuk pembuatan sketsa, kita biasanya dapat menggunakan berbagai media untuk menggambar. Seperti dari kanvas, kertas, kain, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk alat penyampaiannya bisa menggunakan pensil, pena, cat air, plaster, atau bahkan arang.

Bahkan jika kita melihat orang-orang pada zaman dahulu kala. Menggambar sketsa merupakan salah satu bagian dari kesenian yang paling diminati sehingga sampai sekarang karya seni yang satu ini masih subur dan dilestarikan.

Nah, untuk kali ini saya akan memberikan berbagai contoh karya seni berupa sketsa yang menggambarkan sebuah bunga. Baik itu sketsa bunga mawar, sketsa bunga sakura, sketsa bunga matahari, dan sebagainya. Termasuk beberapa didalamnya kami berika tips trik dalam menggambar sketsa bunga.

Video Cara Membuat Sketsa Bunga

Untuk awalnya akan kita berikan video tutorial tentang cara membuat sketsa bunga. Di dalam video ini berisi tips dan trik dari seorang profesional dalam membuat sketsa bunga anggrek yang tentunya akan sangat mudah dipraktekan oleh seorang pemula sekalipun.

Anda bisa melihatnya secara langsung video yang kami sertakan di bawah ini.

https://youtu.be/Eq_27aaQeA0

Diharapkan dengan video tersebut dapat menambah wawasan anda secara visual dalam praktek untuk menggambar sketsa bunga.

Gambar Sketsa Bunga Matahari

Untuk sketsa yang pertama kami contohkan adalah sketsa bunga matahari. Untuk menggambar sketsa bunga matahari, di langka awal bisa anda mulai dengan membuat sebuah bentuk lingkaran kecil yang anda posisikan di tengah sebagai pusa dengan ukuran yang kecil.

READ  Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Belajar dari Buah Arbei

Untuk selanjutnya bisa anda lanjutkan dengan menggambar lingkaran besar yang mengelilingi lingkaran kecil tadi. Setelah selesai lanjutkan dengan menggambar sebuah sketsa ringan seperti menggambar tangkai dengan garis lengkung yang vertikal kebawah.

Setelah kerangka siap. Maka lanjutkan gambar sketsa bunga matahari mulai dari lingkaran bunga, kelopak bunga hinga tangkai bunganya. Sedangkan untuk sketsa daun bunga matahari bisa anda menambahkan bentuk oval di setiap sisinya.

Lalu untuk penggambaran kelopak bunga matahari. Kita bisa menggambar kelopak bunga dengan cara menggambar bentuk hati, namun memanjang seperti menjuntai diantara area lingkaran kecil dan besar yang tadi telah ada. Lalu kita ulangi berkali-kali secara berkeliling sehingga terbentuklah sketsa kelopak bunga mataharinya.

 

Gambar Sketsa Bunga Mawar

Untuk sketsa selanjutnya kita akan mencoba membuat sketsa bunga mawar. Bunga mawar biasanya menjadi salah satu objek bunga yang kerap kali menjadi bentuk pembelajaran dalam belajar sketsa bunga. Dan tak mengherankan lagi menjadi bunga favorit daripada banyak seniman sebagai objek sketsa.

Nah untuk membuat sketsa bunga mawar langkah yang diperlukan adalah dengan cara memulai membuat garis  melengkung yang hampir membentuk huruf U. Selanjutnya dari garis tersebut dibuat lagi dengan ukuran yang lebih besar dan tetap diposisikan pada garis lengkung awal tadi. Sehingga nanti akan mendapat tiga pola garis lengkungan yang sama.

Untuk selanjutnya adalah untuk mempercantik sketsa mawar yang anda buat adalah dengan menambahkan sebuah garis vertical yang sedikit menggantung kebawah sebagai bentuk pola tangkai mawar. Lalu pada sisi-sisi tangkainya buat sebuah gambar oval sebagai bentuk daun. Lalu tambahkan sebuah sketsa untuk membuat kelopak bunga mawar.

Sketsa Bunga Mawar

Gambar Sketsa Bunga Sepatu

Gambar Sketsa Bunga Tulip

Selanjutnya adalah sketsa bunga yang terhitung sangat mudah untuk dibuat yaitu sketsa bunga tulip. Bunga tulip adalah bunga yang cukup indah dan bunga ini sangat cocok untuk dijadikan contoh dalam belajar pembuatan gambar sketsa bunga dengan mudah.

Untuk membuat sketsa bunga tulip, langkah pertama yang bisa diambil adalah dengan membentuk huruf U namun dibentuk dengan ujung yang sedikit lebih mengerucut seperti kuncup bunga.

READ  Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Jumlah Bintang di Langit

Setelah itu gambarlah garis ke arah samping serta ke bawah pada bagian tengah pada gambar U yang tadi telah dibentuk sehingga sekarang terbentuk pola dasar kelopak bunga.

Setelah pola dasar kelopak bunga sudah tergambar, anda bisa melanjutkan untuk menggambar batang dahan dari bunga tulip tersebut. Membuat batang tulip ini terbilang cukup mudah yaitu dengan membuat garis lurus dan atau agak melengkung kebawah untuk membuat batang yang baik.

Lalu tambahkan di antara batang bunga tersebut gambar bunga dengan daun-daun bunga tulip yang agak lancip. Maka dari itu sketsa sudah selesai untuk digambar. Untuk mempercantik sketsa yang telah dibuat, anda bisa menambahkan warna pada gambar tersebut. Atau anda juga bisa mempertebal garis sketsa dan menambah arsiran agar tampak lebih cantik.

Gambar Sketsa Bunga Sakura

Bunga Sakura adalah salah satu bunga yang sangat indah dan menjadi salah satu icon salah satu negara yaitu negara Jepang. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh gambar sketsa bunga sakura yang bisa kalian jadikan contoh untuk referensi gambar.

Gambar Sketsa Bunga Teratai

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar sketsa bunga teratai.

Gambar Sketsa Bunga Anggrek

Bunga anggrek adalah salah satu bunga yang sangat populer bahkan bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Bunga anggrek yang memiliki nama latin Orichidaceae ini adalah salah satu jenis bunga yang mempunyai varian terbanyak di antara bunga yang lain yaitu mencapai 26.000 varian yang tersebar di seluruh dunia.

Nah, berikut adalah beberapa contoh gambar sketsa bunga anggrek yang dapat kamu jadikan contoh untuk menggambar sketsa bunga.

Gambar Sketsa Bunga Melati

Kali ini adalah gambar sketsa bunga melati. Membuat sketsa bunga melati tidak jauh berbeda dengan membuat gambar sketsa bunga mawar.

Untuk langkah yang pertama adalah dengan cara membentuk sebuah lingkaran kecil di tengah sebagai patokan awal dalam menggambar sketsa bunga melati. Setelah sudah selesai, dari lingkaran kecil tersebut mulailah menggambar sebuah bentuk kelopak bunga satu persatu seperti gambar.

Dalam membuat kelopak bunga melati dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah untuk kelopak bunga melati yang sedang mekar adalah dengan cara membuat kelopak berbentuk hati mengelilingi lingkaran. Tapi dengan bentuk yang sedikit tidak beraturan.

Kedua adalah untuk membentuk kelopak bunga melati yang sedang kuncup. Anda dapat menggambar  pola bunga berbentuk huruf U pada awalnya. Lalu dilanjutkan dengan sketsa huruf U yang kedua yang diletakan dibawah sketsa U yang pertama. Ulang langkah ini sampai 4 kali sehingga membentuk pola bunga melati yang sedang kuncup.

READ  Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Abu Nawas Adu Ketangkasan

Untuk hiasnya bisa anda tambahkan sebuah tangkai bunga yang menjuntai kebawah sebagai bagian akhir. Atau untuk mempercantik sketsa bunga yang telah anda gambar. Tambahkan arsiran diantara goresan sketsa sebagai bentuk bayang-bayang bunga.

Untuk daun pada tangkai, anda bisa menggambar sebuah daun berbentuk oval yang lancip di ujungnya.

Sketsa Bunga Mudah Sederhana

Jika anda masih dalam kesulitan dalam menggambar sketsa bunga diatas. Makan anda patut mencoba sketsa bunga sederhana yang sangat mudah untuk dipraktekan.

Langkah pertama adalah dengan menggambar satu lingkaran besar. Lalu membuat lagi sebuah lingkarang dengan ukuran kecil di dalamnya. Selanjutnya bisa anda lanjutkan dengan menggambar sebuah dahan bunga dengan garis menjuntai kebawah.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa daun pada batang yang anda buat. Dengan menggambar bentuk oval dengan agak mengerucut di bagian ujung sebagai bentuk daun.

Lalu untuk bunganya, gambarlah bentuk hati dengan pola yang agak memanjang dan gambar yang mengelilingi lingkaran yang tadi telah anda buat.

Anda juga dapat mengkreasikannya dengan imajinasi yang anda miliki. Misalnya saat menggambar rantinya dengan cara diperhalus yang mana ini dapat membentuk ranting agar terlihat lebih tebal dan 3D.

Atau pada lingkaran bunga yang telah anda buat, tambahkan garis tipis-tipis dengan berpusat pada satu titik sedangkan garis yang lain menyebar diantara kelopaknya. Dan juga buat seolah-olah ada bayangan pada sisi luar sketsa yang anda buat. Dengan ini gambar anda akan menjadi lebih hidup daripada biasanya.

Seperti itulah sekelumit kisah dari cara membuat gambar sketsa bunga. Anda bisa mempraktekannya langsung di rumah atau jika ada guru atau orangtua yang menemani anda dalam melukiskan ide anda diatas kertas.

Latih bakat anda dengan cara terus menerus menggoreskan pena yang anda miliki. Dengan tetap berlatih akan membuat anda menjadi seorang yang ahli dan profesional.

Anda juga dapat mengshare pengalaman anda dalam membuat sketsa bunga di komentar di bawah ini. Terimakasih dan semoga info tentang cara membuat gambar sketsa bunga ini bermanfaat untuk anda dan anak-anak.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: