gempa bumi indonesia

Gempa Bumi! (Pengertian, Definisi, Jenis-Jenis, dan Dampak yang Ditimbulkan)

Pengertian Gempa Bumi – Salah satu peristiwa alam gempa bumi akhir-akhir ini kerap sekali mengguncang bumi Indonesia. Contohnya saja pada pada November 2016 ini, sudah ada tiga gempa yang mengguncang Indonesia, pertama di daerah Magetan, Jawa Timur tanggal 4 November, daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta pada tanggal 15 November, dan terakhir Gempa terjadi di Malang, Jawa Timur tanggal 16 November 2016.

Sebenarnya apa sih pengertian gempa itu? Nah berikut ini akan saya ulas lebih lengkap mengenai pengertian gempa beserta jenis-jenis beserta akibat dari terjadinya gempa bumi itu sendiri. Berikut adalah ulasan selengkapnya :

Pengertian dan Definisi Gempa Bumi

Penyebab gempa bumi
Via ilmupengetahuan.org

Gempa bumi adalah salah satu bentuk bencana alam yang terjadi secara alami diakibatkan oleh pergeseran lapisan tanah. Atau lebih tepatnya definisi dari gempa bumi adalah suatu bentuk getaran atau goncangan yang terjadi dikarenakan bergesernya lapisan tanah di bawah permukaan bumi dan menciptakan gelombang seismik sehingga terjadi getaran pada permukaan tanah bumi ini.

Jenis-jenis Gempa Bumi

Gempa bumi sendiri jika dilihat dari penyebab peristiwa yang mengakibatkan gempa bumi dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu gempa bumi tektonik, gempa bumi vulkanik, gempa bumi runtuhan, dan gempa bumi buatan.

Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat ulasan lengkapnya dibawah ini.

Gempa Bumi Teknonik

proses terjadinya gempa
Dedekusn.wordpress.com

Gempa bumi tektonik merupakan gempa yang terjadi diakibatkan oleh aktivitas tektonik. Aktivitas tektonik sendiri adalah pergeseran pada lempengan tektonik yang mendadak mempunyai kekuatan baik itu kekuatan ukuran kecil sampai kekuatan ukuran terbesar.

Biasanya daerah yang menjadi langganan untuk gempa tektonik adalah daerah pegunungan dengan lipatan muda. Yaitu daerah rangkaian sirkum pasifik dan rangkaian mediterania. Dan bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi Tektonik ini sangat besar karena mengakibatkan lapisan bumi mengalami pergeseran atau lipatan patahan.

Gempa Bumi Vulkanik

proses terjadinya gempa vulkanik
Rovicky.wordpress.com

Gempa bumi vulkanik adalah salah satu jenis gempa bumi yang proses terjadinya diakibatkan oleh adanya aktivitas magma yang ada pada gunung merapi dan biasanya terjadi disaat gunung berapi akan meletus.

Dan jika gunung yang sedang aktif tersebut merupakan gunung dengan tingkat keaktifan tinggi, maka bisa menyebabkan terjadi ledakan magma dan juga gempa bumi. Tetapi gempa bumi ini hanya meliputi daerah di sekitar gunung api yang meletus saja tidak seperti gempa bumi Tektonik yang daerah bencananya bisa sangat luas.

Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi Runtuhan adalah salah satu jenis bencana alam jenis gempa yang biasanya terjadi pada daerah yang dekat pertambangan atau gunung berkapur. Jenis gempa yang satu ini sebenarnya jarang terjadi dan bahaya yang diakibatkannya juga relatif kecil daripada gempa bumi tektonik dan vulkanik.

Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan ini sebenarnya bukan termasuk dalam kategori bencana alam, tetapi bisa menjadi kategori bencana alam jika akibat yang ditimbulkan menjadi sangat besar. Gempa bumi ini penyebabnya adalah berasal dari aktivitas manusia yang berlebihan seperti peledakan dinamit, bom, nuklir, dan sejenisnya yang membuat permukaan bumi di sekitarnya bergoncang hebat.

Akibat dari Terjadinya Gempa Bumi

gempa bumi indonesia
Via lintasnews.com

Gempa bumi memang gampang membuat orang panik. Ada beberapa hal yang bisa terjadi dikarenakan bencana alam gempa bumi ini diantaranya adalah :

Akibat dari Gempa Bumi Terlihat dari Dampak Fisik :

  • Bangunan yang berada di area gempa banyak yang roboh dan hancur.
  • Terjadi tanah longsor dikarenakan rusaknya kepadatan tanah pada area tebing
  • Banjir dikarenakan rusaknya tanggul.
  • Permukaan tanah menjadi retak atau patah-patah.
  • Akan jatuh korban jiwa jika gempa terlalu besar.
  • Berpotensi untuk menyebabkan tsunami jika terjadi gempa di dasar laut.
  • Dan banyak lagi yang lainnya.

Akibat dari Dampak Gempa yang Terlihat dari Dampak Sosial

  • Terjadi kemiskinan diakibatkan harta di tempat terjadinya gempa banyak yang hancur.
  • Kelaparan karena rusaknya areal pertanian dan rusaknya lumbung pangan.
  • Timbul penyakit karena banyaknya fasilitas kesehatan yang rusak.
  • Dan bila terjadi gempa bumi yang besar dan menjadi bencana alam lanjutan seperti tsunami, akan menyebabkan lumpuhnya sistem politik, ekonomi, dan lain-lain pada suatu daerah yang terkena dampak gempa tersebut.
  • Dan banyak lagi dampak lain yang disebabkan oleh bencana alam gempa bumi.

Alat Pengukur Gempa Bumi.

Gempa bumi memang menakutkan, bisa saja setelah terjadi gempa bumi ini ada bencana susulan yang disebabkan tingginya kekuatan gempa yang terjadi. Tetapi di zaman modern ini, kita mempunyai alat yang bisa menentukan kuat lemahnya gempa yang dinamakan Seismograf.

Seismograf merupakan alat yang biasa digunakan oleh BMKG yang ada di Indonesia untuk mengukur kuat dan lemahnya gempa bumi yang terjadi. Dan dengan alat ini kita bisa lebih memprediksi apakah gempa yang tadi terjadi merupakan gempa yang berbahaya atau tidak.

Jika dilihat dari arah getaran yang di ukur, akan terdapat 2 macam Seismograf yang biasa kita gunakan yaitu diantaranya adalah :

Seismograf Horizontal, yaitu salah satu dari 2 jenis Siesmograf yang tugasnya mencatat kekuatan gempa yang terjadi pada suatu daerah dengan cara horizontal atau mendatar.

Seismograf Vertikal, seismograf ini tugasnya tak jauh berbeda dari seismograf Horizontal, yaitu mencatat getaran bumi atau gempa namun dengan arah secara vertikal.

Tetapi walaupun ada dua macam Seismograf ini untuk mencatat getaran gempa. Kita juga tetap harus hati-hati karena bisa saja prediksi yang telah diberitakan dari hasil perhitungan alat ini adalah salah karena ini hanya merupakan alat bantu saja bagi manusia.

Itulah beberapa hal perlu kamu tahu tentang gempa baik itu pengertian, jenis jenis gempa, dan juga dampak dari gempa itu sendiri. Semoga artikel tentang pengertian gempa bumi ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuanmu tentang gempa.

2 thoughts on “Gempa Bumi! (Pengertian, Definisi, Jenis-Jenis, dan Dampak yang Ditimbulkan)

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar