hidup sehat

Hal Kecil Sederhana Namun Menyehatkan

hidup sehat
log.viva.co.id

Siapa yang tidak ingin sehat? Setiap orang pasti menginginkan ingin selalu dalam kondisi sehat di hidupnya. Baik yang masih balita sampai yang sudah tua sekalipun akan selalu mencoba menjaga kesehatannya.

Namun terkadang kita melewatkan kebiasaan sederhana yang juga mendukung kesehatan itu sendiri dan malah mengandalkan obat-obatan kimia sebagai penggantinya. Memang dampaknya akan lebih cepat dirasakan tubuh namun efek samping di kemudian hari juga akan muncul pada tubuh kalian.

Dari saat aku kecil, aku adalah pecandu obat-obatan. Sering sakit dan tubuh yang sangat lemah saat kecil membuatku terpaksa mengkonsumsi obat-obatan untuk menunjang kebutuhan gizi dan juga daya tahan tubuh untuk terus hidup. Namun itu malah menjadi bumerang di kemudian hari.

hidup tanpa obat
Hindari hidup tanpa obat sedini mungkin. Via www.bintang.com

Disebabkan hal itu, obatrindu mencoba hidup sehat kembali, membangun sel dalam tubuh tanpa harus memakai obat-obatan. Ini adalah pengalaman yang aku pernah lakukan. Kalian bisa menerapkan beberapa cara hidup sehat berikut ini.

Kebiasaan ini juga bisa menjadi penyembuh bagi kalian yang sebelumnya sudah terkontaminasi obat-obatan dan terkena efek sampingnya.

Bangun di Pagi Hari, Selarut Apapun Kalian Tidur

Banyak penelitian dan pengalaman hidup yang sudah menjalankan kebiasaan ini. Namun terkadang jika kita sudah terlambat tidur malam akan merasa enggan untuk bangun.

Keceriaan di saat selalu bangun pagi
Keceriaan di saat selalu bangun pagi. Via thieunien.vn

Padahal pagi hari adalah waktu dimana tumbuhan sedang aktif memproduksi oksigen dan polusi yang ada juga masih cukup sedikit. Tubuh akan mempunyai kesempatan untuk mengisi kembali darah dalam tubuh dengan oksigen yang lebih sehat. Dengan itulah tubuh akan menjadi lebih sehat setiap waktu.

READ  Iniloh 7 Manfaat Cuka Apel Yang Belum Banyak Orang Tau

Penulis pernah mencoba perbedaan antara tetap bangun pagi dan tetap melanjutkan tidur sampai bangun lebih siang. Hasilnya adalah penulis menjadi lebih bugar dan tidak malas saat bangun pagi daripada bangun lebih siang walaupun jam tidur terpenuhi.

Cukup lakukan hal ini secara rutin dan kalian akan menuai hasilnya.

Jalan Kaki dan Bersepeda

Jalan kaki melatih otot untuk tetap aktif. Via m.postimees.ee
Jalan kaki melatih otot untuk tetap aktif. Via m.postimees.ee

Teknologi yang semakin maju membuat kita enggan untuk jalan kaki dan atau bersepeda. Padahal dengan jalan kaki atau bersepeda, membuat otot tubuh menjadi lebih aktif.

Penulis suka banget dengan cara ini. Jauh atau dekat asal masih di dalam kota, penulis masih menyempatkan diri untuk berjalan atau bersepeda. Selain murah, cara ini adalah salah satu hal yang paling mudah dilakukan.

Dengan cara ini membuat tekanan darah kita menjadi lebih stabil, kinerja jantung dan pernafasan lebih maksimal, dan tentu saja tubuh akan menjadi lebih bugar setiap waktu.

Tertawa atau Tersenyum

Bagi sebagian orang, tertawa atau tersenyum adalah hal yang jarang dilakukan. Entah itu karena keadaan yang tidak mendukung, atau bahkan ada juga yang hanya hanya untuk menjaga kewibawaannya di depan umum.

Tertawa melatih otot wajah. Via dietaryfiber.org
Tertawa melatih otot wajah. Via dietaryfiber.org

Padahal dengan tertawa atau tersenyum, kita sudah melatih otak agar tidak mudah stress, memperbaiki memori, dan mengurangi tekanan darah. Jadi jangan ragu untuk kita tertawa. Asal jangan berlebihan dan sesuai pembicaraan yang ada. Jangan sampai seperti orang gila.

Nah, untuk teman-teman yang merasa seorang pendiam dan malu untuk tertawa. Kalian juga bisa melakukannya dengan cara tersenyum. Cukup sederhana bukan.

Mandi Dulu Baru Makan

Hal sederhana yang kerap kali dilupakan orang. Banyak orang yang akan memilih makan dulu baru mandi dikarenakan terlihat lebih praktis. Padahal kebiasaan ini kurang sehat untuk tubuh kita. Pernah aku mencobanya beberapa kali di kehidupan sehari dan gejala yang sesuai yang terjadi sesuai dengan catatan kesehatan yang obatrindu berikan.

READ  9 Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan Alami
Dahulukan mandi sebelum makan untuk menghindari kram . Via www.froehli-therapeutics.ch
Dahulukan mandi sebelum makan untuk menghindari kram perut. Via www.froehli-therapeutics.ch

Jika kita makan dulu baru mandi, perut akan mudah mengalami kram perut. Dan jika menjadi kebiasaan, hal ini akan menyebabkan tersumbatnya aliran darah dan kemungkinan menjadi stroke. Kita tidak mau bukan duduk diam tanpa ada yang bisa dilakukan. Makanya, ayo hidup sehat.

Menjadi Semi-vegetarian

Vegetarian
Vegetarian ilustrasi. Via www.9527lady.com.

Penulis obatrindu.com adalah seorang yang semi-vegetarian loh. Kenapa harus Semi Vegetarian?

Tidak semua orang adalah vegetarian. Namun apa salahnya hidup menjadi seperti seorang semi-vegetarian? Selain masih bisa menikmati daging dalam skala tertentu. Kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat yang tidak jauh berbeda dengan seorang vegetarian murni.

makanan vegetarian yang menyehatkan
Makanan vegetarian yang menyehatkan. Via lifestyle.analisadaily.com

 

Semi-vegetarian berarti mengurangi asupan lemak dalam tubuh kita. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam asupan makanan sehari-hari dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh. Menjadikan tubuh lebih sehat, menciptakan ketenangan dan perasaan hati yang bahagia.

Terutama bagi kalian yang sudah lama tercemar obat-obatan seperti penulis obatrindu ini. Karena akan ada lebih banya serat dalam tubuh yang berguna untuk membuang racun yang selama ini mengendap. Tentunya dengan penerapan yang rutin.

Seperti itulah beberapa hal sederhana namun menyehatkan yang penulis lakukan semenjak tahu bagaimana agar mempunyai tubuh lebih normal seperti kebanyakan orang sehat dan aktif lainnya. Bagaimana dengan kalian? Apa ingin mencobanya juga? Semoga tubuh kita menjadi lebih sehat seperti yang kita inginkan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: