Tips Singkat Untuk Kamu Yang Sedang Hamil 9 Bulan. Simak Yuk!

Tips Hamil 9 Bulan – Bulan kesembilan adalah masa-masa akhir kehamilan, dan sebentar lagi penantian Anda akan segera berakhir pada hari kelahiran yang bisa datang kapan saja sekarang. Sebentar lagi, Anda akan dapat bertatap muka langsung dengan bayi yang selama ini Anda bawa-bawa di dalam tubuh.

Anda pun pasti sedang senang-senangnya untuk menyambut hari kelahiran, bukan? Namun tak hanya senang yang harus Anda rasakan, Anda pun harus tetap fokus pada persiapan untuk hari kelahiran dan setelah proses kelahiran nanti. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat usia kehamilan 9 bulan. Semoga membantu!

1. Kunjungan ke Dokter Kandungan

tanda hamil 9 bulan
rockmama.com

Biasanya pada bulan kesembilan, kunjungan ke dokter kandungan akan menjadi semakin sering. Hal ini dilakukan untuk mengontrol kesiapan tubuh ibu dan mengontrol kondisi kesehatan janin.

Selain itu, karena pada bulan ini anak Anda dapat lahir kapan saja, pergi ke dokter kandungan dapat menjadi ajang untuk memeriksa apakah Anda sudah semakin dekat pada hari kelahiran. Anda dapat memeriksa apakah sudah terjadi bukaan. Jika sudah, Anda dapat memeriksa sudah pada jarak bukaan keberapa bayi Anda berada.

Oh iya, dokter kandungan juga dapat memeriksa posisi janin Anda terkait dengan proses kelahirannya nanti. Anda juga dapat meminta rekomendasi rumah sakit dari dokter kandungan favorit Anda, agar Anda dapat memastikan fasilitas yang terbaik untuk proses kelahiran Anda nantinya.

2. Persiapkan Rencana Kelahiran

rencanakan kehamilan
hidoctor.com

Jika Anda sudah mendapat rekomendasi dari dokter kandungan favorit Anda tentang rumah sakit mana yang cocok menjadi saksi proses kelahiran Anda, maka Anda sudah bisa melakukan survei ke sana. Anda bisa melihat-lihat kondisi rumah sakit, menaksir jarak yang harus ditempuh, serta menanyakan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan jika melahirkan di sana.

READ  Ini Dia Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Bunda Siapkan

Selain itu, Anda dapat menanyakan perihal dokter mana yang akan membantu proses kelahiran Anda, prosedur memasuki rumah sakit jika sudah akan melahirkan, serta biaya yang dibutuhkan. Jadi, Anda sudah mengenal rumah sakit mana yang akan Anda datangi saat hari kelahiran tiba. Anda dan pasangan pun akan menjadi semakin siap.

3. Persiapkan Tas Perlengkapan

peralatan kelahiran anak
intanrastini.wordpress.com

Ingat, pada usia kehamilan 9 bulan, anak Anda bisa lahir kapan saja. Jadi, pastikan Anda sudah siap dengan momen tiba-tiba itu. Salah satu persiapannya adalah menyediakan tas perlengkapan yang siap untuk dibawa kapan saja. Anda sudah bisa mempersiapkannya dari sekarang, walaupun Anda tahu bahwa hari kelahiran masih cukup jauh. Isi dari tas ini adalah beberapa perlengkapan Anda seperti pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan lain-lain. Anda pun dapat mengisinya dengan pakaian bayi Anda nantinya seperti popok, kapas, dan lain sebagainya.

Jadi, jika sewaktu-waktu Anda benar-benar akan melahirkan dan harus segera meninggalkan rumah, Anda hanya perlu mengambil tas perlengkapan yang sudah disiapkan sebelumnya, dan Anda pun siap untuk berangkat ke rumah sakit. Langkah yang sangat praktis untuk nantinya, bukan?

Artikel menarik untuk Anda: Cara mempercepat Kehamilan dengan Obat Penyubur Kandungan.

4. Persiapkan Fisik dan Mental

persiapan sebelum kelahiran bayi
hellosehat.com

Melahirkan adalah suatu proses yang luar biasa dan boleh dibilang sakral. Melahirkan adalah saat di mana Anda akan berhati-hati mengeluarkan seorang ciptaan Tuhan dari dalam tubuh Anda, yang selama ini sudah Anda jaga dan rawat. Melahirkan adalah momen di mana Anda akan mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan seorang bayi ke dunia. No pressure! Namun Anda tetap harus mempersiapkan diri Anda secara fisik dan mental untuk proses melelahkan ini.

READ  Jual Kotak Hantaran/Seserahan Mika Murah dan Terjangkau Online

Melahirkan akan membutuhkan tenaga ekstra Anda, namun tak lupa juga membutuhkan semangat dan optimisme dari Anda. Jadi, latihlah fisik Anda dengan berolahraga ringan yang dapat melatih pernapasan.

Sementara itu, latihlah mental Anda dengan semakin mendekatkan diri pada Tuhan dan meminta ridho-Nya. Tenangkan juga diri Anda dan percaya bahwa Anda dapat melahirkan bayi yang sehat dan lucu. Jagalah juga agar semangat dan rasa optimis pada diri Anda tetap ada hingga proses melahirkan selesai.

Itulah beberapa langkah persiapan yang bisa Anda lakukan pada usia kehamilan 9 bulan. Akhirnya Anda pun sampai pada penghujung kehamilan Anda, setelah perjuangan selama 9 bulan menopang berat janin yang sebentar lagi akan terlahir ke dunia. Tetaplah bersemangat dan fokus pada proses kelahiran yang lancar. Jangan lupa untuk bersenang-senang dan tetap tenang, ya!

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: