jenis rempah-rempah Indonesia

14 Jenis Rempah-rempah Indonesia yang Telah Mendunia

jenis rempah-rempah Indonesia
Via www.vemale.com

Jenis rempah-rempah Indonesia – Indonesia sangat terkenal di mata dunia sebagai salah satu negara yang mempunyai tanah yang sangat subur. Bisa dikatakan berbagai macam tanaman dapat tumbuh di Negara Indonesia tercinta ini. Termasuk berbagai macam bumbu dan rempah-rempah penting yang dibutuhkan dalam setiap hal baik pengobatan, bumbu makanan, minuman, dan banyak hal lain.

Rempah-rempah merupakan tumbuhan yang mempunyai rasa dan aroma yang sangat kuat. Dulu rempah-rempah merupakan barang dagangan yang sangat berharga. Biasa digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Namun sekarang lebih banyak digunakan dalam berbagai makanan sebagai pengawet dan perisa makanan.

Berikut ini Obatrindu akan kenalkan pada kalian 20 macam rempah-rempah khas Indonesia yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Cengkeh

cengkeh merupakan jenis rempah rempah asli indonesia
Via www.lannacorner.cmu.ac.th

Indonesia merupakan negara penghasil cengkih terbesar di dunia. Cengkih mempunyai nama latin Syzygium aromaticum. Rempah yang berasal dari daerah Maluku dan Ambon ini mempunyai aroma yang khas seperti sedikit rasanya pedas.

Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan di beberapa makanan. Bahkan cengkeh juga bisa digunakan pada pembuatan kue sebagai penguat aroma. Dalam bidang pengobatan, cengkeh dapat digunakan sebagai obat alergi terhadap udara dingin.

Pala

biji pala temasuk jenis rempah rempah indonesia
Via rempahdanbumbu.com

Biji pala merupakan rempah khas Indonesia yang sudah sejak dulu dikenal terutama oleh para pedagang dan penjajah yang pernah singgah di Indonesia. Walau Indonesia berada di urutan nomer tiga penghasil biji pala di dunia. Pesona biji pala khas Indonesia tidak pernah pudar di mata dunia.

Pala memiliki nama latin Myristica fragrans. Berasal dari tanaman buah pala, daging buah pala biasa diolah untuk menjadi sebuah manisan sedangkan bijinya menjadi rempah-rempah. Biasa digunakan sebagai penyedap pada kue atau roti, saus, puding, sayuran, dan lain-lain.

READ  Massa dan Berat (Pengertian, Tabel Perbedaan, dan Rumus Cara Mengukurnya)

Lada

merica rempah-rempah indonesia
Via antaranews.com

Lada sebagai rempah-rempah mempunyai dua jenis yaitu lada hitam dan putih. Namun yang paling dikenal sebagai rempah-rempah merupakan lada putih atau biasanya dikenal oleh orang Indonesia dengan sebutan merica.

Merica mempunyai nama latin Piper Albi Linn. Produksi merica yang sangat berlimpah membuat negeri Indonesia dinobatkan sebagai penghasil merica kedua terbesar sedunia. Daerah yang memberikan pemasokan terbesar adalah daerah Lampung dan Bangka.

Merica atau lada putih biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, menyembuhkan penyakit influenza, meredahkan sakit kepala, menyembukan perut kembung, dan banyak lagi yang lain.

Andaliman

andaliman jenis rempah rempah indonesia
Via www.bukalapak.com

Masih sedikit orang yang tahu tentang rempah-rempah bernama Andaliman. Ini dikarenakan penggunaannya yang belum meluas ke berbagai daerah di Indonesia dan produksi tanamannya yang terbatas. Andaliman biasanya digunakan sebagai pengganti merica untuk makanan khas batak. Maka dari itu disebut juga sebagai merica batak.

Andaliman mempunyai nama latin Zanthoxylum acanthopodium. Rasa menggigitnya yang khas jika digunakan sebagai bahan makanan selalu bisa anda temui pada makanan khas batak. Terutama makanan arsik dan sambal tuktuk khas batak.

Kapulaga

kapulaga rempah rempah indonesia
Via www.menshealth.co.id

Kapulaga mempunyai nama latin Amomum compactum. Di Indonesia ada sendiri ada 2 jenis kapulaga yaitu kapulaga Jawa dan India. Biasanya dicirikan dengan biji hitam berukuran kecil dan merupakan rempah-rempah paling mahal di dunia saat ini.

Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah yang kegunaannya lebih banyak digunakan dalam hal pengobatan tradisional seperti menyembuhkan sakit perut, batuk, dan lain-lain.

Kayu Secang

kayu secang rempah rempah indonesia
Via yuniladwipa.blogspot.com

Kalian pasti sudah tahu rempah yang satu ini. Biasanya digunakan menjadi bahan baku minuman khas Yogyakarta, wedang uwuh. Kayu secang mempunyai banyak nama di Indonesia. Seperti misalnya di Aceh akan disebut  seupeueng, di Minangkabau disebut lacang, dan di Jawa dan Sunda secang.

Manfaat dari kayu secang sendiri cukup banyak baik dari bahan minuman maupun kesehatan. Seperti misalnya dengan mengkonsumsi kayu secang akan membantu anda menurunkan kadar lemak, obat diare dan batuk, antioksidan, dan sebagainya.

READ  Gempa Bumi! (Pengertian, Definisi, Jenis-Jenis, dan Dampak yang Ditimbulkan)

Kayu Manis

kayu manis adalah rempah rempah indonesia
Via www.tanobat.com

Kayu manis memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum. Kayu manis banyak ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Ciri-cirinya berupa daun berbentuk elips yang memanjang, kulit pohon berwarna abu-abu, mempunyai tinggi sekitar 5 sampai 15 meter, dan berbau khas kayu manis.

Khasiat yang dimiliki kayu manis sangat banyak sekali baik untuk bumbu masakan maupun pengobatan. Misalkan untuk mengontrol gula darah tubuh, anti infeksi, meringankan sakit kepala untuk para penderita rematik, dan beberapa macam obat serbaguna lainnya.

Mesoyi

rempah-rempah indonesia
Via telagacipta.com

Rempah-rempah yang satu ini masih satu jenis dengan kayu manis. Tinggi pohon bisa mencapai 25 meter ditambah diameter 30 cm. Sedangkan kulit kayunya yang  tebal kira-kira 0,5 cm menjadikan Mesoyi menjadi rempah jenis kayu yang cukup tebal dari yang lain. Kulit kayu inilah yang menjadi bahan rempah dengan aroma wangi yang sangat khas dan terkenal bernama Massoia lactone.

Kemukus

jenis rempah-rempah indonesia
Via www.tentik.com

Kemukus masih terdengar asing walau berasal dari Indonesia. Terutama banyak diketemukan di daerah Sumatra dan Jawa. Tanaman yang mempunyai nama latin Piper cubeba L. ini sering digunakan menjadi bahan masakan di Indonesia.

Ciri-ciri tanaman ini dalam bentuk kering adalah bijinya yang keras, terkesan berminyak, dan mempunyai warna putih. Sedangkan bagian yang biasanya dimanfaatkan merupakan bagian buah dan minyak atsiri. Biasanya digunakan untuk mengobati rasa sakit,meningkatkan fungsi pencernaan, cegukan, mual, dan lain-lain.

Pulosari

rempah rempah indonesia
Via asianmedicare.blogspot.com

Pulosari bernama latin Alyxia stellata. Namun di Indonesia sendiri lebih dikenal sebagai palasan. Pulosari banya ditemukan di daerah hutan ataupun ladang. Mereka tumbuh dengan liar. Ciri dari tanaman ini adalah dengan batangnya berwarna putih dan rasanya yang sedikit pahit.

Pulosari sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, dapat dijadikan obat untuk sakit sariawan, demam, dan juga meningkatkan nafsu makan anda.

Kecombrang

rempah-rempah indonesia
Via fitinyou.com

Pada awalnya kecombrang tidak begitu dikenal pada masyarakat kita. Namun nama Kecombrang mulai terkenal sejak tanaman ini sering dipakai untuk bahan masakan sebagai bumbu penyedap. Kecombrang mempunyai rasa yang sangat khas dan bisa anda temui pada masakan pecel, sambal dan juga lalapan walaupun hanya sebagai pelengkap.

READ  10 Macam Bencana Alam di Indonesia dan Dunia beserta Pengertian dan Penjelasannya

Daun Gedi

Rempah-rempah Indonesia
Via www.jitunews.com

Dau Gedi memiliki nama latin Abelmoschus Manihot merupakan tumbuhan rempah yang biasanya dikonsumsi menjadi sayuran. Tanaman ini mengandung vitamin A, serat, dan juga zat besi yang bagus untuk kesehatan.

Daun Gedi ini biasanya ditemukan di daerah Sulawesi Selatan. Daunnya hampir sama dengan daun tanaman singkong. Dan dibuat campuran sayur seperti bubur manado dan juga tinutuan yang berguna untuk mengentalkan dan menambah rasa gurih pada kuah sayur.

Bunga Talang

rempah-rempah Indonesia
Via onaleeseeds.com

Bunga Talang merupakan rempah-rempah khas asli Indonesia yang bisa dimanfaatkan baik dalam kondisi segar maupun kering. Biasanya digunakan sebagai pewarna biru alami pada makanan. Tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dengan biji terutama di daerah tropis seperti Indonesia.

Bunga Lawang

Rempah-rempah Indonesia Bunga Lawang
Via www.sabah.com.tr

Bunga lawang bernama latin Illicium verum. Merupakan rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk bumbu tradisional masakan Aceh, Jawa, Minang, dan Bali. Mempunyai rasa yang hampir sama dengan adas manis. Bunga lawang sangat baik untuk kesehatan kita dan bahkan dapat dijadikan minuman seperti teh.

Itulah beberapa ulasan tentang rempah-rempah kas Indonesia yang sudah sangat dikenal di dunia. Kalian sebagai warga Indonesia tentunya bangga dong, dan jangan lupa juga untuk selalu belajar tentang memanfaatkan rempah-rempah ya kawan karena itu sangat penting juga untuk kehidupan kita.

2 thoughts on “14 Jenis Rempah-rempah Indonesia yang Telah Mendunia

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: