Kebiasaan Sederhana Yang Menyehatkan

kebiasaan sederhana yang menyehatkanKebiasaan Sederhana Yang Menyehatkan – Lebih dari setengah bulan ini aku jauh dari rumah. Banyak hal yang sudah mulai berubah.  Tata cara hidup di tempat baruku      , Sintesa. Yang wajib diikuti oleh semua keluarga di Sintesa, cukup banyak berpengaruh. Mulai dari cara pandangku dan kebiasaan sehari-hariku.

Gaya hidup memang sangat penting bagi setiap orang. Dan dari tempat inilah aku mencoba membangunnya. Membuatnya menjadi sebuah kebiasaan mandiri tanpa harus merasa terikat dengan peraturan.

Alangkah baiknya juga sahabat obatrindu.com bisa menerapkan kebiasaan ini di rumah. Dan kalau bisa lebih baik lagi, ajak masyarakat sekitar kalian juga mengikutinya.

Bangun Tidur Saat Waktu Subuh

Jika sebelumnya aku dan mungkin juga sahabat obatrindu.com sering begadang setiap malam, dan akhirnya bangun kesiangan. Rubalah kebiasaan tersebut. Karena di waktu subuh banyak manfaat dari yang kita peroleh.

bangun tidur saat subuh- kebiasaan sederhana yang menyehatkanDengan bangun subuh atau bangun pagi, tubuh kita akan menjadi segar.  Karena udara di pagi hari masih belum tercemar. Itu membuat peredaran darah kita menjadi lancar. Otomatis sistem tubuh kita juga ikut lancar dalam menjalankan tugasnya.

Terutama yang sudah menjadi kebiasaan rutin. Pasti sudah bisa merasakan manfaatnya. Seperti lebih bersemangat, mempunyai ingatan yang bagus, tidak gampang terkena penyakit, produktivitas meningkat, dan banyak lagi yang lainnya.

Tidak Tidur Selepas Subuh atau Pagi Hari

Sudah banyak yang melarang untuk tidur di waktu pagi. Mulai dari dokter sampai orang desa dan orangtua jaman dulu yang katanya kurang moden. Selalu mengingatkan kita untuk tidak tidur di waktu pagi.

tidak tidur selepas subuh - kebiasaan sederhana yang menyehatkan

Teringat nasihat yang sering diucapkan Mbah Buyutku, Ibu dari Mbahku. ”Le, ayo bangun. Pagi-pagi itu keluar. Jangan malah tidur. Nanti rezekinya dipatok ayam”.

Begitupun kita santri di Sintesa, kita dilarang untuk tidur selepas waktu Subuh atau pagi hari. Yang ketahuan tidur bisa mendapatkan ”hadiah” yang tidak diharapkan nantinya. Bahkan walaupun kalian lelah atau sakit sekalipun, saya sarankan untuk tetap bangun dan menahan kantuk di waktu ini.

Banyak manfaat yang kita ambil darinya baik dari segi medis maupun agama. Dari segi medis misalnya, membuat peredaran darah sistem tubuh kita tetap lancar dan tidak mudah terserang penyakit.

READ  9 Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Kan sayang jika kalian bangun subuh bisa. Namun setelah pagi, kalian tidur lagi. Peredaran darah menjadi tersendat kembali dan kinerja tubuh kalian tidak menjadi maksimal.

Ada pula dari segi agama, Rasulullah pernah bersabda,

Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur, sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)

Di riwayat lain juga dikatakan ;

Diberikan keberkahan kepada ummatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam ShahihJami’ush Shaghir no. 2841)

Janganlah kamu tidur diwaktu pagi karena itu adalah waktunya kita untuk panen keberkahannya. Kalian bisa mengisi kegiatan dengan cara berdzikir, membaca dan menghafal Al-Qur’an, dan memulai untuk bekerja mencari rezeki dunia.

Makan Tiga Kali Sehari

Sintesa adalah pesantren yang memfokuskan pada Al-Qur’an dan Bisnis Online. Tentunya selain belajar ilmu agama, kita juga belajar bisnis online dengan aktifitas di depan komputer atau laptop. Sebagai orang yang sudah cukup lama bergelut di dunia online, kita pasti tahu hal yang hampir selalu dilupakan saat menjalani hidup ini.

makan tiga kali sehari - kebiasaan sederhana yang menyehatkanMakan, merupakan salah satu contohnya. Karena terlalu fokus dan asiknya kita di depan kompute atau laptop, jangan pernah melupakan hal ini. Namun di Sintesa, kita diajarkan untuk bisa disiplin makan juga.

Mengkonsumsi makanan pada umumnya dibagi menjadi tiga waktu utama. Yaitu disaat sarapan,makan siang dan makan malam. Dengan makan tiga kali sehari yang teratur dan tepat waktu, kita bisa mendapatkan lebih banyak lagi manfaat kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah kalian bisa mengontrol energi dan kadar gula yang diperlukan tubuh, mengontrol rasa lapar, dan memicu kontrol mental yang baik pula. Dengan begitu kalian bisa lebih sehat dan bersemangat dalam menjalani hidup.

Sedikit Tidur Saat Siang atau Qailulah

 

Satu lagi kebiasaan yang mencoba ditanamkan oleh Sintesa kepada para santrinya. Yaitu tidur siang hari atau disebut Qailulah, paling lama sampai satu jam sebelum waktu dhuhur. Kebiasaan ini juga bermanfaat dari segi agama dan juga medis.

Tidur siang Qailulah - kebiasaan sederhana yang menyehatkan

Rasulullah pernah bersabda,

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, karena sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah melakukan istirahat siang.”

Qailulah adalah hal yang disunnahkan oleh Rasulullah.Maka dari itu jangan lupa agar selalu diniatkan. Karena jika ini hanya sebagai kebiasaan saja tanpa kalian tahu bahwa ini adalah sunnah, maka kalian tidak akan mendapatkan pahalanya. Inilah pentingnya ilmu disini.

READ  4 Khasiat Utama Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Adapun dalam ilmu kesehatan. Juga banyak para pakar kesehatan yang menyarankannya. Ada cukup banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan didalamnya.

Dengan tidur siang kita bisa meningkatkan daya ingat. Hal ini bisa membantu secara alami untuk para sahabat obatrindu.com untuk meningkatkan daya ingatnya. Daripada kita meminum obat yang pasti memiliki efek samping, lebih baik kita tidur siang secara rutin.

Tidur siang juga dapat meningkatkan indra tubuh, kreativitas, dan produktivitas kita. Biasanya setelah aktifitas dari pagi hari menjelang siang, efektifitas tubuh kita mulai menurun. Dengan tidur siang kita bisa mengisi kembali sesuatu yang telah hilang tersebut.

Perbanyak Minum Air

Sebagai santri Sintesa yang memfokuskan Bisnis Online sebagai salah satu tujuannya. Kita disini tidak lepas dari duduk berlama-lama di depan komputer. Disinilah air sangat dibutuhkan keberadaannya.

perbanyak minum air - kebiasaan sederhana yang menyehatkan

Air sangat penting bagi tubuh kita karena merupakan penyusun utama dalam tubuh. Tanpa minum air yang cukup, segala aktifitas kita terlihat lesu. Di dalam Al-Qur’an juga disebutkan bahwa air adalah sumber kehidupan. Dalam Al-Qur’an surah Al-Anbiya ayat 30 Allah berfirman,

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.”

 Tanpa adanya air, kehidupan akan berhenti. Itulah kenapa kita di Sintesa ini diwajibkan untuk minum air setidaknya 2 liter per hari. Agar aktifitas sehari-hari yang kita lakukan tetap lancar dan penuh energi.
Adapun bagi sahabat obatrindu.com yang mengalami kesulitan untuk diet atau mengurangi berat badan, kalian bisa menggunakan air sebagai terapi kesehatan. Minum air putih hangat sebelum kalian makan. Ini berguna untuk mengurangi jumlah makanan yang kalian konsumsi nanti.

Waktu Tidur Yang Berkualitas

Salah satu cara hidup sehat yang diterapkan lagi di Sintesa adalah waktu tidur yang tepat. Santri di Sintesa rata-rata adalah remaja berusia 18 sampai 25 tahun. Itu berarti kita dalam sehari setidaknya membutuhkan waktu 7 sampai 9 jam untuk tidur.
Di Sintesa, kita diwajibkan tidur siang selama 1 jam sebelum dhuhur dan untuk waktu tidur malam dilakukan dari jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Dan ini dilakukan secara rutin dan disiplin. Jika harus dihitung semua, total waktu tidur kita adalah 7 jam perhari.
waktu tidur berkualitas - kebiasaan sederhana yang menyehatkan
Kebiasaan ini adalah yang baru buatku dimana sebelumnya aku tidur hampir tidak kenal waktu terutama disaat malam. Sering begadang, atau bahkan tidak tidur karena keasikan bermain di depan komputer.
Perlahan mulai kurasakan energi di dalam tubuhku tersusun dengan baik. Aku mulai ringan untuk melakukan berbagai macam kegiatan, tidak ada rasa malas atau bahkan berkurangnya rasa bosan.
Tidur yang berkualitas dapat membantu kita memperbaiki ingatan, mempengaruhi kualitas hidup kita, mendorong kreativitas kita di hari selanjutnya, dan banyak lagi yang lainnya.

Rutin Puasa Sunnah

Agama islam maupun agama lain banyak yang menyarankan pengikutnya untuk berpuasa. Begitu juga kami di Sintesa. Disini kami diwajibkan untuk bepuasa senin-kamis. Namun ada juga beberapa santri yang mengamalkan puasa daud.
puasa sunnah - kebiasaan sederhana yang menyehatkan
Allah S.W.T berfirman bahwa ;
”Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, puasa itu untukku.” (H.R Bukhari)
Hadist ini menandakan bahwa amalan puasa adalah khusus hanya kepadaNya. Jika amalan lain adalah untuk pembalasan pada saat hari kiamat kelak dengan orang-orang yang terzhalimi olehnya. Maka pahala puasa tidak dapat dikurangi untuk menebus amalan-amalan itu.
Puasa juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Beberapa diantaranya adalah beguna untuk menenangkan jiwa dan perasaan, mengendalikan hawa nafsu, detoksifikasi racun dalam tubuh, memberikan waktu istirahat untuk organ pencenaan, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.
Jangan beranggapan bahwa puasa hanya untuk agama tertentu saja. Karena sejatinya puasa sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala. Dari mulai sebelum Masehi, zaman Mesir dan Yunani kuno sudah menerapkan puasa sebagai gaya hidup yang sehat. Jadi kenapa kita sebagai masyarakat modern tidak melakkannya juga
Kebiasaan sederhana yang menyehatkan diatas merupakan beberapa hal baik yang bisa saya temukan di tempat saya saat ini, Sintesa. Semua santri disini mengamalkannya dengan baik dan disiplin. Tentunya kalian sahabat obatrindu.com bisa juga mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari.
Nah, untuk para Ibu muda yang mungkin ada kesulitan dalam mengeluarkan ASI yang banyak dan lancar. Kalian bisa membaca artikel tentang cara memperbanyak asi di link tersebut.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita yang ingin merubah diri menjadi yang lebih baik. Untuk sahabat obatrindu.com yang mempunyai masukan atau pertanyaan, silahkan berikan komentar anda di kolom komentar.
Wassalamuallaikum.
READ  Hal Kecil Sederhana Namun Menyehatkan

1 thought on “Kebiasaan Sederhana Yang Menyehatkan

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: