Keutamaan Surat Al Baqarah Yang Perlu Kamu Tahu!

Keutamaan Surat Al Baqarah – Al Quran diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab Allah sebelumnya. Melalui kitab ini, Allah mengajarkan berbagai hal tentang alam semesta dan seluruh ilmu di dunia bermuara di Al Quran. Jadi, bisa disimpulkan, Al Quran adalah induk dari segala ilmu yang ada di dunia.

Setiap surat dan ayat demi ayat di dalamnya bukanlah sekadar bacaan biasa. Ada banyak keutamaan jika dibaca dan kemudian diamalkan dengan sungguh-sunguh dan konsisten.

Terlebih, turunnya Al Quran juga berdasarkan peristiwa yang terjadi di dunia. Maka, ada banyak keselarasan antara persoalan dunia dan penyelesaiannya di dalam kitab suci Al Quran.

Seperti surah lainnya dalam Al Quran, Surat Al Baqarah yang merupakan surat kedua di dalam Al Quran juga memiliki keutamaan.

Bahkan, dalam sebuah hadits Rasulullah SAW dikatakan, bahwa orang-orang yang meninggalkan atau tidak pernah membaca surat Al Baqarah selama hidupnya adalah orang-orang yang sangat merugi.

Sebab, secara garis besar, Surat Al Baqarah berisi tentang hukum Islam yang juga menjadi acuan hidup umat muslim di dunia.

Surah Al Baqarah sendiri termasuk surah madaniyyah yang setiap ayatnya diturunkan beberapa kali. Hal ini karena surah ini merupakan surah yang paling panjang yang pertama kali diturunkan di Madinah.

Di mana dalam satu surah ini terdapat 286 ayat. Menurut penjelasan Al Qurhuby, meski merupakan surah pertama yang turun di madinah, namun terdapat satu ayat surah Al Baqarah yang turunnya paling terakhir. Ayat tersebut, yaitu surah Al Baqarah ayat 281 yang turut tepat pada haji wada’ Rasulullah.

Surah ini dinamakan Al Baqarah, karena memang di dalamnya juga menceritakan tentang baqarah (sapi betina), yaitu sebuah sapi yang diperintahkan Musa pada kaumnya untuk dicari dan disembelih.

READ  Jadwal Lengkap Imsyakiyah Puasa Ramadhan 1438 Hijriyah (2017)

Hal ini dilakukan dalam rangka mengungkap siapa pelaku pembunuhan yang menyebabkan kekacauan di mana-mana.

Keutamaan membaca Surat Al Baqarah

Selain tentunya memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT, membaca surat Al Baqarah juga bisa menjadi senjata ampuh menghadapi iblis dan memperoleh kemantapan dalam hidup.

Terlebih lagi, jika kandungan surat ini dipahami betul-betul dan diamalkan dalam kehidupan. Nah, berikut ini beberapa keutamaan yang akan diperoleh dari membaca Surat Al Baqarah.

  1. Membersihkan hati

Keutamaan membaca surat Al Baqarah yang pertama adalah mampu membersihkan hati manusia yang terganggu oleh sifat-sifat setan yang terkutuk. Sombong, tamak, iri/dengki adalah sifat setan yang tanpa sadar kerap kita adopsi dalam kehidupan.

Padahal, ketiga sifat ini adalah induknya dari dosa. Sedikit saja merasa demikian di dalam hati walau belum sampai terlihat manusia lain, sudah tercatat dosanya.

Karenanya, banyak-banyaklah membaca surat Al Baqarah dan ayat Allah dalam Al Quran agar hati senantiasa bersih dan tenang.

  1. Menjaga rumah dari masuknya iblis

Surat Al Baqarah memiliki keutamaan mampu membentengi rumah dari masuknya jin kafir atau iblis ke dalam rumah.

Banyak hadits yang menyatakan, bahwa sesungguhnya syaitan akan lari dan tidak berani mendekati tempat tinggal yang senantiasa dilantunkan Surat Al Baqarah maupun ayat-ayat Al Quran yang lainnya.

Karenanya, Surat Al Baqarah atau potongan suratnya baik untuk dibacakan selalu untuk menjaga rumah tetap terjaga.

  1. Malaikat sudi turun dan menjaga rumah

Diriwayatkan dalam sebuah hadits, ada cerita dari Usaid bin Hudair yang memiliki suara paling indah dalam membaca Al Quran, ia melihat cahaya bersinar saat tengah membaca surat Al Baqarah.

READ  Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW dalam Dunia Islam!

Rasulullah bersabda, sesungguhnya itulah para Malaikat yang ingin mendengarkan suara orang shaleh yang membaca surat Al Baqarah.

  1. Untuk penyembuhan

Keutamaan lainnya dalam membaca Surat Al Baqarah adalah ampuh untuk penyembuhan. Hal ini pernah dipraktikkan oleh Rasulullah yang ketika melihat seorang menderita penyekit linglung.

Kemudian meruqyah dengan membacakannya surat Al Baqarah dan lantas laki-laki tersebut berdiri kembali, seolah tidak mengalami sakit sedikit pun.

Maka tak heran, jika kita kerap mendengar praktik ruqyah yang tidak akan pernah lepas dari Surat Al Baqarah. Bahkan, Ayat Kursi yang merupakan salah satu ayat yang ada di surat Al Baqarah sudah sangat populer sebagai ayat pelindug dari segala marabahaya yang datangnya dari iblis.

  1. Alat penolak sihir, tenung, dan santet

Berdasarkan hadits, diketahui membaca Al Baqarah akan mendatangkan beberapa manfaat yang sangat penting untuk melindungi diri. Salah satunya adalah perlindungan dari terkena sihir, santet, tenung, dan sebagainya.

  1. Menjadi penyelamat di akhirat

Menurut banyak ulama dan banyak hadits menyebutkan, bahwa surat Al Baqarah bukan hanya menyelamatkan manusia dari segala marabahaya dunia. Lebih dari itu, surat Al Baqarah akan menjadi penyelamat di akhirat kelak dari siksa kubur dan api neraka.

Selain surat Al baqarah, ada juga surat yasin yang mempunyai keutamaan yang hampir sama. Jika anda ingin mendengarkan murottal surat yasin, silahkan kunjungi website senyum islam dan download mp3 surat Yasin.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: