kumpulan cerita lucu abu nawas

Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Abu Nawas Adu Ketangkasan

Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas – Berikut ini adalah koleksi cerita jenaka tentang Abu Nawas dengan judul “Abu Nawas dan Pengemis”. Semoga bisa membantu untuk memberikan hiburan untuk para pembaca dan semoga makna yang terkandung di dalamnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Cerita Lucu Abu Nawas  – Abu Nawas Adu Ketangkasan


kumpulan cerita lucu abu nawas
Via ceritadongeng-indonesia.blogspot.com

 

Disuatu hari yang cerah, Raja Harun Alrasyiddan pengikutnya meninggalkan istana buat berburu. Akan tetapi di dalam perjalanan, Abu jahil menyusul dengan terengah-engah diatas kudanya. “Baginda, Baginda! Hamba akan mengusulkan suatu hal, ” tuturnya sesudah mendekat sang raja. “Apa usulmu itu, Abu jahil? ” bertanya Baginda Rajakeheranan.

“Agar acara berburu ini menarik serta disaksikan banyak masyarakat, bagaimana bila kita sayembarakan saja? ” tutur Abu jahil dengan mimik serius.

Baginda terdiam sesaat serta mengangguk-angguk.

“Hamba pingin beradu ketangkasan dengan Abu nawas, bagaimana Baginda? Pemenangnya memperoleh sepundi duit emas. Namun bila kalah, hukumannya memandikan kuda-kuda istana, sepanjang sebulan, ” papar Abu jahil memberikan keyakinan sang raja.

“Hei, hadiah saja yang kau pikirkan. Lalu bagaimana langkahnya adu ketangkasan ini? ” sela Baginda agak geram.

Sesudah memberitahu idenya, Baginda setuju, maka di panggillah Abun awas oleh satu diantara punggawa.

Abu nawas menghadap. Ia juga di beri panduan panjang lebar oleh Baginda. Awal mulanya Abu nawas menampik lantaran ia paham seluruh ini akal bulus Abu jahil yang pingin singkirkan dirinya dari istana. Namun Baginda memaksa serta Abunawas tak dapat mengelak. Abu nawas juga memikirkan sesaat. Ia paham bila Abujahil saat ini diangkat jadi pejabat istana. Iapasti mengerahkan seluruh anak buahnya buat menyumbang seekor binatang buruannya di rimba kelak. Akan tetapi lantaran kecerdikannya, Abu nawas jadi tersenyum riang. Abu jahil yang lihat pergantian raut muka Abunawas jadi penasaran. Batinnya berkata, tidak barangkali Abunawas menaklukkan dirinya saat ini.

READ  Kumpulan Gambar Hewan untuk Anak Anak Belajar Mewarnai

Pada akhirnya Baginda menggiring mereka ke tengah alun-alun istana. Raja serta seluruh rakyat menanti, siapa yang akan memenangkan lomba berburu ini. Terompet sinyal mulai adu ketangkasan juga ditiup oleh Perdana Menteri. Abu jahil lekas meningkatkan kudanya secepatkilat menuju rimba belantara, di tepi istana. Anehnya, Abu nawas meningkatkan kudanya sedang-sedang saja, hingga diteriaki beberapa pemirsa.

Mendekati sore, terlihat kuda Abu jahil masuk pintu gerbang istana. Ia juga diteriaki beberapa pemirsa serta memperoleh tepuk tangan meriah sekali. Di segi kiri-kanan kudanya terlihat beberapa puluh hewan yang mati terpanah. Tidak cuma itu, kuda penambahan lumayan memanggul binatang buruan yang lain. Abu jahil dengan senyum bangga menunjukkan seluruh binatang buruannya di dalam lapangan.

“Aku, Abu jahil, memiliki hak memenangkan lomba ini. Tengok binatang buruanku banyak, tidak mungkin Abu nawas mengalahkanku!? ” teriaknya lantang. Pemirsa di lebih kurang arena makin ramai bertepuk tangan.

Tak berapakah lama, terdengar nada kaki kudaAbu nawas. Seluruh orang menertawakan serta kembali meneriakinya. Namun, Abu nawas tak terlihat gusar. Ia jadi tersenyum serta melambaikan tangan.

“Tenang, tenang, rakyatku! Kita bakal tahu apa yang bakal dikerjakan Abu nawas. Serta kita lumayan akantahu, siapa pemenangnya saat ini, ” kata raja yang turut gusar lihat polah Abu nawas.

Baginda menyuruh dua orang punggawanya majuke tengah lapangan serta mengkalkulasi binatang buruan Abu jahil.

“Satu, dua, tiga, empat, lima…dua puluh, tiga puluh lima ekor kelinci, ditambah lima ekor rusa, serta dua babi rimba! ” teriak satu diantara punggawa.

“Kalau demikian akulah pemenangnya, karena Abu nawas tak membawa seekor binatang juga. Hahahaha, ” teriak Abu jahil lantang.

READ  Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Abu Nawas dan Pengemis

“Tenang, tenang. Saya membawa beberapa ribu binatang. Jelaslah saya pemenangnya serta kau pemenangnya serta kau Abu jahil, silahkan memandikan kuda-kuda istana. Berdasarkan aturan lomba, seluruh binatang bisa di tangkap, yang mutlak jumlahnya, ” kata Abu nawas sembari buka bambu kuning yang sudah di isi beberapa ribu semut merah. “Sekarang cobalah kalkulasi ini, satu, dua, tiga, empat, seratus, duaratus, selebihnya tak perlu dihitung, ” ungkap Abu nawas.

Tiada banyak berkata, Abu jahil tidak sadarkan dirialias semaput dikarenakan lihat semut merah Abu nawas. Baginda tertawa terpingkal-pingkal serta segera berikan hadiahpada Abu nawas. Kecerdikan serta ketulusan hati pasti dapat menaklukkan kelicikan!
Kembali Ke daftar Cerita


Kembali Ke Daftar Cerita | Lanjut Ke Cerita Selanjutnya

3 thoughts on “Kumpulan Cerita Lucu Abu Nawas : Abu Nawas Adu Ketangkasan

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: