lingkungan hidup alami dan buatan

Macam Macam Contoh Lingkungan Hidup Alami dan Buatan di Sekitar Kita

Macam Macam Lingkungan Hidup Alami dan Buatan – Seperti yang kita ketahui sebelumnya. Lingkungan hidup adalah kumpulan dari setiap interaksi dari berbagai unsur yang dimiliki oleh setiap lingkungan hidup. Baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan juga benda mati lain yang ada pada suatu tempat tersebut.

lingkungan hidup alami dan buatan

Lingkungan hidup sendiri terbentuk menjadi dua macam jenis lingkungan, yaitu lingkungan alami dan lingkungan buatan. Lingkungan alami adalah lingkungan yang terbentuk murni karena proses alam, sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang terbentuk dikarenakan aktivitas oleh manusia.

Berikut ini adalah pengertian lebih lengkap tentang Lingkungan Hidup Alami dan Lingkungan Hidup Buatan beserta contoh-contoh Lingkungannya.

Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang terbentuk dari proses alam. Terdiri dari berbagai sumber dari alam juga ekosistem beserta komponen-komponen di dalamnya, baik berupa fisik, biologis, dan non biologis. Lingkungan hidup alami terbentuk secara dinamis karena memiliki keragaman atau heterogenitas makhluk hidup dan organisme yang sangat tinggi.

Lingkungan hidup alami terdiri dari dua jenis ekosistem dalam pembentukannya. Yaitu lingkungan darat dan lingkungan laut. Macam macam lingkungan hidup dari alam diantaranya adalah.

Lingkungan Hidup di Darat :

Bukit

lingkungan hidup alami perbukitan

Bukit adalah dataran yang menjulang tinggi seperti gunung, tetapi ketinggiannya tidak lebih dari 500 meter.  Maka dari itu banyak orang yang menyebut bukit adalah gunung kecil. Gunung juga mempunyai puncak bukit. Tetapi berbeda dengan gunung, bukit memiliki puncak yang lebih landai dan lebih terlihat rata daripada puncak gunung yang memiliki daerah lava atau bekas lava.

Gunung

Kita semua pasti sudah tahu kan gunung itu apa. Gunung adalah dataran tanah yang menjulang dengan sangat tinggi. Hampir sama seperti gunung, tetapi yang membedakan adalah bentuk ukuran dan ketinggiannya.

Sebuah dataran biasanya disebut dengan gunung jika dataran tersebut sangat luas dan besar sedangkan minimal ketinggian yang harus dimiliki oleh gunung paling tidak harus lebih dari 500 meter. Maka dari itu gunung termasuk bagian dari dataran tinggi di bumi ini.

pengertian lingkungan hidup alami gunung

Gunung juga ada yang tersusung dari beberapa rangkaian gunung. Rangkaian gunung tersebut membentuk sebuah pegunungan yang sangat panjang dan tinggi. Contohnya pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari daerah Sumatera Utara sampai Sumatera Selatan.

Gunung sendiri dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gunung aktif(gunung merapi), gunung mati dan gunung biasa. Gunung aktif atau gunung merapi adalah gunung yang masih mempunyai aktivitas lava sehingga dapat meletus sewaktu-waktu. Contohnya gunung Krakatau, Gunung Semeru, Gunung Merapi, dan Gunung Kerinci.

Gunung mati adalah gunung yang dahulu adalah bekas dari gunung berapi, tetapi sudah tidak ada pergerakan lava lagi di dalamnya, namun sewaktu-waktu gunung ini bisa aktif kembali seperti gunung Lawu di Magetan.

READ  Pengertian Lingkungan Hidup (Unsur, Contoh, Kerusakan, dan Upaya Pelestarian Lingkungan)

Sedangkan gunung biasa adalah gunung yang memang dari awalnya tidak memiliki aktivitas seperti layaknya gunung berapi. Misalnya saja gunung

Lembah

Lembah adalah dataran landai yang berada di bawah gunung atau biasa disebut sebagai kaki gunung. Ada juga lembah keberadaannya diapit oleh dua tebing yang kita sebut dengan ngarai. Lembah merupakan salah satu daerah yang subur karena biasanya akan ditemukan sumber air untuk keperluan makhluk hidup sekitar hutan di gunung tersebut.

pengertian lingkungan hidup alami lembah

Contoh lembah yang ada di Indonesia salah satunya adalah Lembah Baliem yang berada di Papua. Lalu contoh ngarai yang ada di Indonesia adalah Ngarai Sihanuk di daerah Sumatera Barat.

Karena keberadaannya yang subur, biasanya Lembah kita manfaatkan sebagai lahan untuk pertanian dan atau perkampungan. Salah satunya bisa kita temukan di daerah Sumatera Barat.

Padang Rumput

Sebagian lingkungan hidup kita yang berupa daratan ini ada diantaranya yang berbentuk lahan terbuka dan hanya diisi oleh tanaman-tanaman kecil seperti rumput. Lingkungan ini biasa disebut dengan padang rumput.

pengertian lingkungan hidup alami padang rumput savana

Padang rumput sendiri dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah padang rumput Stepa. Stepa adalah lingkungan hidup yang ditumbuhi rumput dan semak belukar pada tanah yang luas.

Lalu padang rumput yang kedua dinamakan dengan Savana. Padang rumput Savana adalah lingkungan yang hampir sama dengan Stepa. Namun di padang rumput Savana, kita masih akan beberapa kali menjumpai pepohonan besar.

Salah satu contoh Savana di Indonesia bisa kita temukan di daerah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Penduduk disana memanfaatkan padang savanna tersebut untuk pengembalaan binatang ternak mereka.

Selain itu, Pemerintah juga memanfaatkan padang rumput sebagai salah satu tempat penangkaran kuda liar dan atau rusa.

Hutan

Hutan adalah kumpulan pepohonan yang tumbuh pada daerah tertentu yang cukup luas. Biasanya kita akan lebih sering menemukannya di dataran tinggi atau diantara gunung dan lembah. Tetapi kita juga bisa menemukan keberadaan hutan di dataran rendah atau area perkotaan juga.

pengertian definisi hutan dan kehutanan dengan contoh jenis jenis hutan
Via gettyimages.com

Hutan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu hutan homogen dan hutan heterogen. Hutan homogen biasanya ditumbuhi hanya dengan satu jenis tanaman saja seperti contohnya hutan pohon jati, hutan pohon pinus, dan semacamnya.

Hutan heterogen biasanya adalah hutan buatan hasil manusia. Lebih banyak ditemukan di daerah dataran rendah atau bahkan perkotaan yang biasa kita kenal sebagai hutan kota.

Sedangkan hutan heterogen adalah hutan yang jenis tanaman yang tumbuh didalamnya bermacam-macam. Baik itu pohon mahoni, pohon jati, pohon rotan, dan lainnya tumbuh berdampingan disana.

Pohon heterogen biasanya terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia dan menjadi tempat tinggal alami bagi sebagian besar jenis tanaman dan tumbuhan. Untuk lebih mengenal hutan, kalian juga bisa membaca artikel tentang Hutan dan seluk beluknya.

READ  Air (Pengertian, Unsur, Jenis, Sifat, Manfaat bagi Kehidupan Makhluk Hidup)

Hutan Indonesia sendiri seperti Hutan di Kalimantan dan Sumatra termasuk dalam kategori hutan Heterogen.

Lingkungan Hidup di Air :

Laut

pengertian lingkungan hidup alami laut

Laut adalah salah satu contoh lingkungan hidup yang tersusun dari unsur air dan segala jenis binatang dan tumbuhan air yang hidup di dalamnya. Negara Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memungkinkannya memiliki banyak lautan.

Diantaranya adalah laut Jawa, Laut Banda, Laut Sulawesi, Laut Timor, Laut Seram, dan banyak lagi yang lainnya.

Laut yang wilayahnya sangat luas biasanya disebut dengan Samudra. Lautan yang membagi antara dua pulau biasa disebut dengan selat. Dan batas antara lautan dan daratan yang kita huni disebut dengan pantai.

Di pantai sendiri Indonesia biasanya kita akan menemukan beberapa hutan kecil yang dinamakan hutan mangrove atau hutan bakau. Hutan ini adalah sebagai fungsi untuk tempat tinggal beberapa binatang laut dan juga sebagai penahan ombak air laut yang dapat menyebabkan abrasi.

Sungai

pengertian lingkungan hidup alami sungai

Sungai banyak sekali di temukan di wilayah Indonesia ini. Sedangkan pengertian dari sungai sendiri adalah aliran air yang mengalir. Biasanya aliran ini berawal dari sumber air yang letaknya berada di dataran tinggi dan kemudian berakhir di dataran rendah atau  laut.

Titik awal mula sungai mengalir biasa disebut dengan hulu sedangkan tempat berakhirnya sungai mengalir biasa disebut dengan hilir. Hilir sungai sendiri berupa muara dimana ini adalah tempat bertemunya air sungai dengan air laut.

Bentuk sungai pun bermacam macam, ada sungai yang lebar dan besar seperti misalnya sungai Kapuas di Kalimantan atau sungai Amazon di Brazil. Ada juga sungai yang bentuknya kecil dan sempit. Sungai yang kecil dan sempit jarang dibicarakan orang seperti sungai Asem di kota saya, Lumajang. Hehe

Danau

pengertian lingkungan hidup alami danau toba

Danau adalah salah satu contoh ekosistem alami yang berupa genangan atau lebih tepatnya cekungan air yang sangat luas di tengah daratan. Danau juga bisa menjadi sumber mata air bagi masyarakat, hewan, dan tumbuhan yang hidup di sekitarnya.

Salah satu contoh danau adalah Danau Toba dan Danau Tiga Warna.

Rawa

pengertian lingkungan hidup alami rawa

Rawa adalah suatu lingkungan hidup dimana tersusun dari genangan air yang secara ilmiah terjadi terus menerus dan ada beberapa yang musiman. Dan di kawasan ini biasanya terjadi dikarenakan drainase yang terhambat di daerah tersebut serta beberapa ciri khusus dari sisi fisika, kima, dan juga biologisnya.

Di setiap bentuk lingkungan tersebut diatas mempunyai ciri-ciri yang menjadi khas tersendiri bagi setiap kehidupannya. Baik itu makhluk hidup atau benda mati yang menjadi penyusunnya.

Lingkungan Hidup Buatan atau Binaan

Lingkungan hidup buatan adalah sebuah lingkungan yang terbentuk diakibatkan campur tangan manusia. Lingkungan ini sengaja dibuat oleh manusia dengan dukungan teknologi yang mereka miliki, baik itu teknologi yang sederhana ataupun modern untuk membentuk lingkungan baru untuk ditempati.

Ciri-ciri dari lingkungan hidup buatan salah satunya adalah bentuknya yang hanya satu jenis saja alias kurang punya keanekaragaman. Dan kebanyakan dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh dari lingkungan hidup buatan adalah :

READ  7 Jenis Hutan di Indonesia beserta Ciri-ciri dan Pemanfaatannya

Perkampungan

pengertian lingkungan hidup buatan perkampungan

Rumah dalah tempat tinggal manusia. Sedangkan perkampungan adalah kumpulan dari bangunan rumah yang berada pada satu daerah tertentu. Jadi perkampungan adalah salah satu lingkungan hidup yang berupa kumpulan rumah yang dibentuk manusia pada suatu daerah.

Perkampungan sendiri terbagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu, perkampungan tradisional yang biasa kita lihat di daerah pedesaan, pedalaman, atau tepian pantai. Bentuk rumah yang berada di perkampungan tradisional sangat beragam dan biasanya masih dipengaruhi oleh budaya setempat.

Kedua adalah perkampungan modern. Perkampungan ini biasanya ada di kota dan biasa disebut dengan perumahan atau komplek. Rumah yang dibangun di perumahan modern biasanya seragam satu sama lain dengan model rumah minimalis.

Jalan

pengertian lingkungan hidup buatan jalan raya

Jalan adalah  bentuk hamparan tanah yang sengaja dibuat manusia untuk keperluan mereka mempermudah transportasi atau penghubung antara satu tempat ke tempat lain. Bentuk jalan biasanya menyesuaikan sesuai letak tempat dan kebutuhan manusia.

Misalnya saja jalan setapak yang dibuat kecil karena hanya menghubungkan antar rumah dan biasanya digunakan hanya oleh beberapa kelompok orang saja. Lalu jalan Tol yang bentuknya sangat besar dan panjang. Biasanya menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lain denga tujuan untuk kelancaran kendaraan.

Sekolah

pengertian lingkungan hidup buatan sekolah

Sekolah adalah salah satu lingkungan hidup yang dibuat manusia untuk keperluan belajar mengajar. Lingkungan sekolah biasanya terdiri dari bangunan sekolah seperti kelas, taman, ruang guru, kantin, dan sejenisnya.

Taman

pengertian lingkungan hidup alami taman kota

Taman adalah salah satu lingkungan hidup yang dibuat oleh manusia berupa lahan yang ditanami oleh berbagai tanaman seperti tanaman hias, pohon, dan lain-lain. Pembuatan taman biasanya dibuat seasri dan sealami mungkin agar mirip seperti alam liar.

Taman biasanya dibangun di tengah kota atau pedesaan. Gunanya adalah sebagai tempat penghijauan di tengah kota atau desa. Juga sebagai sarana rekreasi alam. Selain itu taman juga menjadi paru-paru kota. Contohnya adalah Monas di Jakarta dan Kebun Raya Bogor di Bogor.

 

Kawasan Industri

kawasan-industri

Kawasan industri adalah suatu tempat dimana para manusia memusatkan kegiatan industri untuk mengola sesuatu dimana disini banyak dilengkapi sarana, prasarana, dan fasilitasn penunjang yang memungkinkan kelancaran kegiatan industri tersebut.

 


Lingkungan tersebut terbentuk dari setiap aktivitas manusia. Sehingga terciptalah suatu ekosistem makhluk hidup buatan.

Itulah macam macam lingkungan hidup yang ada di dunia kita ini. Sebaiknya kita harus selalu merawatnya agar keberadaan lingkungan ini tetap terjaga sampai anak cucu kita kelak. Semoga bermanfaat.

 

3 thoughts on “Macam Macam Contoh Lingkungan Hidup Alami dan Buatan di Sekitar Kita

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: