Macam-Macam Motif Batik Bali beserta Maknanya

Macam-Macam Motif Batik Bali – Sejarah batik di Pulau Bali dimulai dari sebuah Industri yang dipelopori oleh Bapak Pande Ketut Krisna pada tahun 1970-an, beliau berasal dari Banjar Tegeha, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar Bali.

Perkembangan Motif Batik Bali

Seni Batik di Pulau Dewata, Bali ini bisa dikatakan muda karena masih baru dikembangkan baru-baru ini. Tetapi semakin hari semakin terlihat sebuah perkembangan yang cukup signifikan terutama pada industri batik Bali.

Hal ini dikarenakan masyarakat pulau Bali sangat kental akan budaya sehingga sangat mudah untuk membuat motif untuk batik terutama motif lokal dari Bali yang sangat khas. Biasanya motif batik ini digunakan juga dalam baju batik dalam proses upacara adat di Bali.

macam-macam motif batik bali
anekawisata.com

Belum lagi pulau Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling diminati membuat masyarakatnya lebih cepat berpikir kreatif untuk menarik para wisatawan terutama dalam hal budaya Batik ini.

Mutu dari batik Bali juga sangat tinggi yang merupakan pencampuran dari bahan pewarna alam dan pembuatan orisinil langsung dengan tangan orang-orang pengrajin Bali. Dengan dipadukan desain motif Batik Bali yang khas tersebut membuat harga Batik Bali menjadi cukup mahal dan bersaing.

Ciri Khas Motif Batik Bali

Ciri-ciri motif batik bali
Via blog.com

Dengan melihat ulasan singkat yang ada di atas. Bagaimana kita tahu bahwa yang akan kita beli adalah kain dengan motif batik bali yang asli?

Nah, berikut ini saya sertakan ciri-ciri yang menjadi khas batik bali untuk mempermudah kita dalam memilihnya. Diantaranya adalah :

1. Aksen Batik Bali

Aksen yang diberikan pada setiap motif batik Bali tidak sama besar satu sama lain.

2. Jenis Kain Batik Bali

Motif batik Bali memakai kain mori yang berbeda dengan motif batik dari daerah lainnya. Yaitu bobot dari kain batiknya terasa lebih berat dari kain batik yang lain.

3. Perpaduan Motif Tradisional dan Modern menjadi Satu

Ciri khas pertama dari kain batik Bali adalah pada motifnya yang telah terpadu antara motif batik tradisional dan juga motif batik modern. Contohnya adalah dengan motif daerah khas Bali seperti naga, kura-kura, burung bangau, dan rusa.

Lalu dimasukkan sentuhan modern di dalam motif batik tersebut seperti warna kain yang cerah sehingga terlihat menonjol. Dan juga dipadu dengan corak bergelombang yang dipakai. Dengan demikian menandakan pengrajin batik Bali mempunyai kebebasan berekspresi daripada pengrajin batik di pulau lainnya.

4. Aroma Khas Batik Bali

Yang menjadi Batik Bali asli berbeda dengan yang lainnya adalah aroma yang khas yang dimilikinya. Aroma ini berasa dari bahan-bahan pewarna alami pembuatan batik diantaranya adalah kulit-kulit kayu dan bahan yang lainnya.

5. Bentuk Tak Sama Persis

Sudah menjadi hal umum bahwa keseimbangan pola motif batik dapat meningkatkan esensi dari batik itu sendiri. Tetapi khusus untuk batik bali berbeda. Walau polanya cenderung sama, tetapi bentuk antar motif satu dengan yang lainnya tidak selalu sama persis atau asimetris.

Ada bagian yang sengaja dibentuk lebih besar atau lebih kecil dari bentuk motif yang lainnya sebagai penanda motif utama di batik tersebut.

6. Perpaduan Budaya Bali Asli dengan Budaya dari Luar Pulau Bali

Perkembangan Batik di Bali sungguh sangat cepat dan juga rumit. Hal ini membuat motif batik Bali sendiri menjadi sangat sulit untuk dikenali.

Hal ini terjadi dikarenakan banyaknya industri Batik Bali yang mulai berdiri dan memberikan motif dengan memadukan corak khas Bali dengan corak khas pulau lainnya. Seperti misalnya kain Batik-Pekalongan, kain Batik-Papua, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Inspirasi para Dewa

Bali dikenal sebagai pulau Dewata. Kebudayaan dan agama Hindu adalah hal yang paling dominan di pulau ini. Begitu pula motif batik yang diterapkan pada motif batik Bali. Kebanyakan motif yang ada pada motif batik Bali menceritakan kisah-kisah para Dewa yang di dalam kehidupan masyarakat Bali selalu menjaga kehidupan harmonis masyarakat Bali.

Macam-Macam Motif Batik Bali

Di Bali sekarang telah banyak berkembang puluhan Industri Batik yang tentu saja menampilkan cita rasa Bali itu sendiri. Berikut ini Obatrindu akan mengulas berbagai macam Motif Batik Bali beserta makna yang terkandung di dalamnya. Diantaranya :

Motif Batik Bali Buketan

Via www.tattoopinners.com
Via www.tattoopinners.com

Sesuai nama yang tertera. Buketan berarti seikat bunga dan nama ini diambil dari bahasa Perancis. Motif batik ini sebenarnya sudah lama diproduksi di Indonesia, yaitu pada tahun 1880 oleh seorang pengusaha batik yang mempunyai darah Belanda bernama Cristina Van Zuylen.

Motif batik Bali Buketan ini mempunyai motif berupa tanaman bunga atau tumbuhan-tumbuhan kecil yang tersusun sepanjang lebar kain dengan hiasan tambahan berupa kupu-kupu, burung hong, burung bangau, dan juga selulur yang menambah nilai artistic dari motif batik tersebut.

Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai

macam macam motif batik bali
Via budaya-indonesia.org

Motif Batik Bali Singa Barong

macam-macam motif batik bali
Via raparapa.com

Motif Batik Bali Ulamsari Mas

macam-macam motif batik bali
Via dewey.petra.ac.id/

Motif Batik Bali Jagatan Pisang

macam-macam motif batik bali
Via pinterest.com

Lokasi Pengrajin Batik Bali

Jika kalian ingin berkunjung ke tempat dimana para pengrajin Bati Bali berada. Kalian bisa pergi ke Kabupaten Gianyar. Letaknya kurang lebih dapat ditempuh selama 40 menit jika dari Bandara Internasional Bali, Ngurah Rai. Dan hanya memakan waktu 20 menit jika ditempuh dari Denpasar kota.

Jika kalian mengambil rute dari kota Denpasar. Silahkan kalian ikuti Jl. Wage Rudolf Supratman lalu dilanjutkan ke Jl. Veteran. Setelah keluar dari jalan ini, lanjutkan kembali perjalanan sampai bertemu Jl. Raya Batu Bulan. Tujuan kalian berada di sebelah kanan jalan dan jika kalian masih kebingungungan, silahkan bertanya pada penduduk sekitar.

Itulah ulasan yang berhasil Obatrindu rangkum untuk kalian. Dan bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang motif batik tradisional di seluruh Indonesia ini bisa membaca Motif Batik Tradisional di Indonesia yang telah saya ulas secara lengkap sebelumnya.

Dan bagi kalian yang ingin menambahkan pengetahuannya tentang motif batik Bali ini bisa menulis di halaman komentar di bawah ini. Semoga dengan informasi yang tersedia dapat menambah kecintaan kalian terhadap keragaman budaya Indonesia ini khususnya Batik.

Semoga bermanfaat kawan.

 

1 thought on “Macam-Macam Motif Batik Bali beserta Maknanya

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar