15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan dan Kecantikan beserta Cara Meminumnya

Manfaat Daun Afrika – Daun afrika sebenarnya sudah sejak lama telah di manfaatkan di tengah masyarakat. Tanaman herbal yang satu ini biasanya digunakan untuk mencegah serta mengobati berbagai macam jenis penyakit.
Tetapi walaupun begitu banyak penyakit yang dapat diobati dengan mengkomsumsi herbal daun afrika, manfaat daun ini masih belum diketahui oleh masyarakat secara umum dan terperinci.

Daun Afrika Adalah

Daun Afrika merupakan sebuah nama untuk tanaman herbal yang dapat kalian banyak temukan tumbuh di Benua Afrika, khususnya tumbuh di Afrika Barat (tepatnya Nigeria), serta telah secara turun-temurun digunakan oleh masyarakat setempatdisana sebagai obat tradisional.

Daun Afrika

Daun Afrika dengan nama latin Vernonia amygdalina ini diklaim memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, hal itu tidak terlepas dari kandungan nutrisi dari daun afrika yang sangat lengkap.

Beberapa kandungan penting daun afrika yang sangat penting diperlukan tubuh diantaranya adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E, juga kandungan mineral seperti kalium, zat besi, kalsium, natrium, magnesium, dan zinc. Ada juga serat, protein, dan lemak tak jenuh yang juga melengkapi kandungan gizi pada daun Afrika.

Sejarah Daun Afrika

Daun Afrika sebelumnya telah dimanfaatkan oleh berbagai negara seperti negara-negara Afrika, China, India, Australian, dan beberapa negara lainnya dengan racikan yang sangat beragam dari para ahli pengobatan yang mereka miliki.

Uniknya, dalam sejarah penggunaan daun afrika ini justru yang menggunakan pertama kali adalah masyarakat China. Tidak diketahui secara pasti sejak kapan masyarakat mengetahui tumbuhan afrika ini dan menggunakannya dalam pengobatan. Yang pasti adalah di dalam penelitian yang telah dilakukan, masyarakat China telah menggunakannya lebih lama untuk menjaga kesehatan bahkan juga untuk kecantikan.

Pohon Daun Afrika

Sedangkan di negara asalnya, Afrika. Daun afrika ini mulai dimanfaatkan setelah masyarakat mengetahuinya dari kebiasaan hewan Simpanse yang ada disana bahwa mereka akan mencari dan mengkonsumsi daun Afrika jika mengalami infeksi pada tubuh.

Sedangkan di Indonesia, daun afrika ini diketahui belum dimanfaatkan secara maksimal. Itu diketahui dari sedikitnya masyarakat yang mengenal daun afrika beserta manfaatnya. Namun ini hanya sementara, lambat laun kegunaan daun afrika ini mulai menyebar dan dimanfaatkan karena telah terbukti untuk mengobati berbagai penyakit seperti untuk penyakit lambung,jantung, diabetes, insomnia, dan banyak lagi kegunaannya.

Cara Mengkonsumsi Daun Afrika Sebagai Obat

Daun afrika dengan nama lain bitter leaf (si daun pait) atau biasa dikenal di masyarakat kita sebagai daun sambung nyawa ini dikenal rasanya yang sangat pahit. Untuk memanfaatkan daun ini sebagai obat ada beberapa cara yang patut dicoba.

READ  Manfaat Buah Tin dan Daun Tin Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan
Manfaat daun afrika

Karena terkenal dengan rasa pahitnya, anda bisa mengkonsumsinya dengan langsung mengunya daun afrika, ten sari daun yang keluar, dan buang ampas dari daun ini.

Cara lainnya untuk mengkonsumsi daun afrika ini adalah dengan mengolah daun afrika menjadi sebuah minuman. Ada dua cara dalam meminum olahan daun afrika diantaranya adalah :

Manfaat Daun Afrika Kerin
  • Petik daun afrika segar sekitar 3 sampai 5 daun. Lalu rebus daun tersebut dengan ukuran 3 gelas air. Rebus air olahan tersebut hingga menyisakan 1 gelas saja, kemudian dinginkan. Untuk menetralisir rasa pahit yang ada, anda bisa menggunakan tambaha lemon atau madu.

  • Cara kedua adalah siapkan daun afrika yang akan dibuat sebagai obat. Kemudian jemur daun afrika di bawah sinar matahari langsung. Biarkan sampai kering kemudian haluskan hingga daun afrika menjadi bubuk. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mengambil dua sendok teh bubuk daun afrika, lalu seduh dengan segelas air panas.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa daun afrika ini mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dan juga telah digunakan oleh beberapa negara sebagai salah satu herbal pengobatan. Tidak hanya untuk mengobati penyakit yang ringan, daun afrika juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang terbilang berat dan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Afrika

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kamu temukan dengan mengkonsumsi daun afrika yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber sebagai referensi yang dapat kamu gunakan.

Manfaat Daun Afrika untuk Menurunkan Kadar Kolesterol pada Darah

Manfaat daun afrika salah satunya yang pertama adalah dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Manfaat Daun Afrika untuk menurunkan kolesterol dalam darah

Tentunya kita tahu jika kolesterol dalam darah kita tinggi, maka akan menyebabkan aliran darah terganggu dan mengakibatkan berbagai macam penyakit yang cukup berbahaya seperti serangan jantung mendadak atau stroke. Tetapi dengan mengkonsumsi daun afrika, akan menyebabkan turunnya kadar kolesterol dalam darah.

Kamu dapat mengkonsumsinya dengan meminum air rebusan dari daun afrika dengan teratur jika hal tersebut terjadi. Tambahkan juga madu atau jeruk nipis atau lemon agar rasa pahitnya hilang dan menjadi lebih segar.

Manfaat Daun Afrika untuk Menurunkan Tekanan Darah

Salah kedua dari manfaat daun afrika adalah dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang yang telah berusia di atas 50 tahun mereka menderita tekanan darah tinggi, hal tersebut tentu saja membuat seseorang mudah marah, emosional yang tak terkontrol, serta paling parah dapat mengakibatkan stroke yang berujung dengan kematian.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat mengkonsumsi racikan dari daun herbal Afrika sebagai salah satu konsumsi sehat sehari-hari.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengatasi Insomnia

Manfaat ketiga dari daun afrika adalah untuk mengatasi kesulitan tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Hal tersebut dikarenakan daun afrika mempunyai fungsi untuk relaksasi.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengatasi Insomnia

Untuk mengkonsumsinya anda dapat menggunakan rebusan daun afrika sesuai cara yang telah disediakan diatas. Minumlah rebusan daun afrika tersebut setiap sebelum kamu tidur. Konsumsi rutin sampai insomnia yang kamu alami sembuh.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Perut yang Kembung

Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Afrika untuk perut kembung

Selanjutnya manfaat daun afrika yang dapat kamu manfaatkan adalah untuk mengobati perut yang kembung. Daun afrika ini juga dapat kamu manfaatkan jika perut kamu kelihatan buncit agar kembali proporsional dan sehat loh.
Untuk mengobati perut yang kembung ataupun buncit, konsumsi daun afrika ini dengan cara di seduh dengan air panas lalu diminum. Tambahkan juga madu agar rasa pahit dari daun afrika dapat dikurangi.

READ  11+ Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Afrika untuk Mencegah Penyakit Stroke

Salah satu manfaat daun afrika yang tidak kalah penting seperti yang salah ulas sebelumnya diatas adalah untuk mencegah penyakit stroke. Hal tersebut karena daun ini jika dikonsumsi secara rutin dapat melancarkan progres metabolisme yang ada di dalam tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi secara rutin dapat menjaga kelancaran aliran darah serta mencegah penyempitan ataupun pembengkakan pembuluh darah yang mengalir ke otak yang biasanya membuat seseorang mengalami stroke.

Manfaat Daun Afrika untuk Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun afrika yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah daun afrika ini dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut tentu sangat bagus sekali bukan, apalagi untuk penderita penyakit diabetes.
Nah, bagi kamu yang mengalaminya. Saya sarankan untuk meminum rebusan daun afrika agar bisa membantu menormalkan kembali kadar gula darah anda yang tinggi tersebut sampai normal kembali.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat daun afrika yang tidak kalah penting selanjutnya adalah daun ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes.

Manfaat Daun Afrika
Manfaat Daun Afrika untuk mengobati Diabetes

Sudah banyak orang yang mencoba untuk meminum air rebusan daun afrika ini secara rutin untuk menyembuhkan penyakit diabetes yang mereka miliki. Dan khususnya untuk beberapa pasien anak yang mengalami amputasi akibat pembusukan dari akibat penyakit diabetes ini, disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin agar lekas sembuh dari pembusukan

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Radang Persendian

Daun afrika juga dapat kamu gunakan untuk menyembuhkan penyakit persendian seperti rematik. Caranya sungguh sangat mudah sekali, anda cukup meminum air rebusan daun afrika untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian.
Mengkonsumsi air rebusan daun afrika secara rutin juga akan membantu penyakit rematik anda menjadi sembuh loh. Menarik bukan!

Manfaat Daun Afrika untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Hati

Selanjutnya manfaat daun afrika yang kita tahu adalah daun ini juga mempunyai khasiat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker hati. Hal ini dikarenakan daun afrika salah satu fungsi yang dikandungnya adalah mampu mendetoksifikasi racun yang ditemukan di dalam tubuh.

Selain dari manfaat daun afrika ini, juga bisa digunakan sebagai obat herbal yang sangat kami direkomendasikan untuk mencegah penyakit kanker dimana salah satunya ialah penyakit kanker hati.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Batuk

Salah satu manfaat sederhana tapi tak kalah penting untuk kesehatan selanjutnya adalaha daun afrika dapat juga kamu manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit batuk, caranya sungguh sangat mudah sekali, yaitu dengan cara:

  • ambil daun afrika beberapa lembar
  • lalu cuci sampai bersih daun afrike dan kemudian bisa langsung kamu kunyah

Cara lainnya dimana agar rasa pahitnya sedikit berkurang adalah dengan cara :

  • Seduh daun afrika dengan air panas
  • kemudian air seduhan yang sudah jadi tersebut bisa kamu minum selagi masih hangat
  • Minumlah hasil seduhan daun afrika tersebut secara teratur sampai penyakit batuk mereda.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Demam Panas

Tentu kita semua pernah mengalami panas tinggi pada badan? Nah, kamu dapat memanfaatkan daun afrika untuk menurunkan panas tinggi tersebut. Kamu dapat mengkonsumsi daun afrika ini dengan menyeduhnya untuk diminum

Penggunaan daun afrika ini sama saja seperti saat kita menggunakan obat batuk lainnya. Daun afrika yang dapat dimanfaatkan adalah daun afrika yang masih segar dan jangan lupa untuk di cuci terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Racikan ini dapat digunakan baik itu untuk anak-anak, remaja, bahkan oleh orang dewasa.

Menuntaskan Kesemutan

Terkadang jika kita berdiam terlalu lama, maka kita akan mengalami kesemutan. Hal tersebut sebenarnya menandakan bahwa aliran darah yang kita miliki sedang mengalami penyumbatan. Kesemutan yang sedemikian tersebut sebenarnya tidak berbahaya pada kesehatan tubuh.

READ  15 Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Tetapi bisa jadi jika kita mengalami keseringan kesemutan, bisa jadi hal tersebut menandakan tubuh kita sedang mengalami penyakit yang lebih serius daripada sekedar kesemutan.

Nah salah satu manfaat daun afrika disini dapat menolong kamu untuk meredakan serta mengurangi frekuensi kesemutan yang terjadi. Cukup minum racikan daun afrika secara rutin, maka gejala kesemutan yang kamu alami akan sembuh.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Sakit Kepala

Selanjutnya manfaat daun afrika selain untuk mengobati obat batu, daun afrika juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala. Karena salah satu kandungan gizi yang terdapat pada daun afrika juga ternyata dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala yang mujarab.

Caranya ialah dengan cara merebus daun afrika ini dengan air ukuran kurang lebih dua gelas air. Setelah itu hasil rebusan tersebut dibiarkan sampai dingin lalu diminum.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Infeksi Tenggorokan

Daun afrika juga dapat kamu fungsikan untuk menyembuhkan infeksi pada tenggorokan yang sedang kamu alami. Hal tersebut dikarenakan di dalam daun afrika, terdapat sejenis kandungan zat yang mampu untuk membunuh virus-virus ataupun kuman penyebab terjadinya infeksi tenggorokan tersebut. Minumlah secara teratur hasil rebusan dari daun afrika, maka infeksi kamu kemungkinan besar akan sembuh dengan cepat.

Manfaat Daun Afrika untuk Melancarkan BAB

Jika kamu kesulitan untuk BAB (Buang Air Besar) juga dapat diselesaikan dengan mengkonsumsi racikan daun afrika ini. Konsumsi racikan daun afrika dengan merebusnya dan diminum selagi air masih hangat.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Seperti yang telah kita ketahui pada ulasan di atas bahwa daun afrika salah satu fungsinya dapat mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Toksin dan radikal bebas yang menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat perkotaan menjadi salah satu penyebab penyakit yang sangat berbahaya seperti penyakit stroke atau kanker.

Tetapi dengan kandungan gizi yang ada di dalam daun afrika, dengan mengkonsumsinya dengan rutin akan sangat berguna untuk mengusir toksin ataupun radikal bebas yang mencemari tubuh kita.

Manfaat Daun Afrika untuk Menyehatkan Organ Pencernaan

Selain dapat digunakan untuk menyelesaikan susah membuang air besar, manfaat daun afrika juga bisa kamu gunakan untuk menyehatkan organ pencernaan lainnya seperti usus dan lambung. Daun afrika ini dapat mencegah dan mengobati infeksi pada usus ataupun lambung.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan menyeduh daun afrika yang telah kering lalu kemudian diminum selagi hangat. Agar tidak terlalu pahit bisa ditambahkan juga madu sebagai penawar rasa.

Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan

Minuman Daun Afrika

Selain memiliki tubuh yang sehat, Anda pastinya juga menginginkan penampilan yang menarik bukan? Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan racikan daun afrika ini untuk mendapatkan manfaat di dalam kecantikan, khususnya di dalam hal perawatan kulit dan rambut.

Manfaat Daun Afrika untuk Mengobati Jerawat

Manfaat yang pertama untuk kecantikan adalah untuk mengobati jerawat. Tentu kita ketahu jika kita mengalami jerawat di wajah, apalagi sampai meradang akan sangat mengganggu terutama penampilan dan tentu saja menimbulkan rasa sakit yang membuat risau.

Untuk mengatasi hal tersebu, anda dapat membuat racikan dari daun afrika ini dengan cara ditumbuk lalu dibuat untuk masker wajah terutama di daerah yang terkena jerawat. Gunakan masker racikan tersebut setiap hari sampai jerawat yang anda miliki lenyap.

Manfaat Daun Afrika untuk Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Tak hanya untuk mengobati jerawat. Untuk menjaga kesehatan tubuh, meminum ramuan daun afrika juga dapat bermanfaat untuk kulit. Daun afrika memiliki beberapa jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk melembapkan serta menghaluskan kulit. Hal ini dapat membuat kulitmu semakin terlihat cantik dan segar.

Manfaat Daun Afrika untuk Menyuburkan Rambut

Manfaat selanjutnya untuk kecantikan adalah untuk menyuburkan rambut. Disini ada dua cara untuk memanfaatkan daun afrika ini untuk menyuburkan serta keindahan rambut. Anda bisa mengkonsumsinya dengan meminum secara rutin agar rambut tumbuh dengan subur.

Dapat juga anda menggunakannya sebagai masker rambut. Karena dengan mengoleskan masker pada rambut akan menjadikan kulit kepala menjadi sehat sehingga rambut tidak lagi mudah rontok.

Itulah beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Sedangkan manfaat lainnya dari daun afrika tetap terus dilakukan penelitian. Namun ada catatan penting untuk anda, tidak disarankan untuk mengkonsumsi racikan daun afrika bagi ibu-ibu yang sedang hamil karena akan berbahaya bagi kandungan.

Itulah beberapa pembahasan tentang manfaat daun afrika. Semoga ulasan yang masih penuh kekurangan ini bermanfaat bagi anda semua.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: