11+ Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pepaya – Pepaya, hampir dipastikan semua orang telah mengenal pohon pepaya. Buahnya yang dikenal manis serta banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan juga daun pepaya yang juga tak kalah penting mempunyai khasiat untuk kesehatan. Namun, masih banyak yang belum tahu tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

Di dalam sejarah, pohon pepaya ini asalnya dari salah satu negara di Amerika Utara yaitu dari wilayah Meksiko. Namun di dalam perkembangannya, tanaman yang dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter ini sudah menyebar ke penjuru dunia khususnya daerah yang beriklim tropis, yaitu Indonesia.

manfaat daun pepaya
Pohon Pepaya

Tidak seperti buah pepaya yang terasa manis, daun pepaya malah dikenal mempunyai rasa yang sangat pahit berkebalikan dengan buahnya. Dan rasa pahit yang ada pada daun pepaya inilah yang membuat kebanyakan orang enggak untuk mengkonsumsinya.

Padahal jika kita tahu tentang kandungan gizi dan manfaat yang terkandung di balik daun pepaya ini, kita akan menjadikan daun pepaya sebagai salah satu pilihan makanan yang ada di meja makan serta memanfaatkan daun pepaya dengan olahan lain untuk kebutuhan kesehatan.

Kandungan Gizi Daun Pepaya

manfaat daun pepaya
Kandungan gizi daun pepaya

Daun pepaya kaya akan manfaatnya. Hal tersebut dikarenakan daun pepaya kaya akan kandungan gizinya. Kandungan nutrien penting yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubu tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

– senyawa alkaloid seperti karpain;
– enzim papain dan cghymopapain;
– amygdalin atau vitamin B17 dalam kadar tinggi;
– itamin A, B, C, E, dan K, beberapa jenis mineral, seperti kalsium, magnesium, natrium, dan zat besi, serta fitonutrien lainnya.

Dengan beberapa kandungan gizi yang terkandung di dalam daun pepaya tersebut, bukan tidak mungkin akan kita temukan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Cara Mengolah Daun Pepaya

Dalam artikel kali ini kita mengulas tentang daun pepaya dengan segala manfaatnya. Untuk itu kita juga harus mengetahui tentang bagaimana caranya untuk mengolah dan memanfaatkannya.

READ  Mari Mengenal Vitamin (Pengertian, Macam, Fungsi, Sumber, dan Penyakit)
manfaat daun pepaya
Cara mengolah daun pepaya

Di dalam metode pengobatan, ada berbagai cara untuk mengkonsumsi obat. Dan untuk daun pepaya ini anda bisa meracik daun pepaya ke dalam bentuk jus. Caranya adalah dengan menyiapkan 5 sampai 10 helai daun pepaya yang mudah dan atau tidak terlalu tua. Kemudian campurkan daun tersebut dengan satu gelas air. Lalu blender hingga halus. Saring ampas dari hasil blender tersebut lalu kemudian diminum.

Untuk menjaga agar kandungan nutrisinya tetap utuh, kamu dapat mengkonsumsi daun pepaya ini pada saat kondisi masih mentah. Adapun agar rasa dari olahan daun pepayadaun pepaya tersebut tidak pahit saat dikonsumsi, kamu dapat mencoba cara berikut ini.

  • Kamu dapat mencampur daun pepaya dengan buah-buahan manis lainnya saat memblender menjadi jus. Misalnya mencampur dengan buah mangga, apel, pepaya, atau juga pisang.
  • Kamu juga dapat mengkreasikannya dengan menjadikan smoothie dengan cara menambahkan susu untuk hasil blender.
  • Meskipun tidak penulis sarankan, Anda juga dapat mencampurkannya dengan sedikit gula ataupun madu.

Terdapat tiga jenis tanaman pepaya yang dapat kalian manfaatkan daunnya, yaitu diantaranya adalah pepaya biasa, pepaya gantung atau pepaya jantan, dan juga pepaya jepang. Dan untuk daun pepaya jepang, ada rasa yang cukup berbeda dan khas dari daun ini yaitu rasanya tidak pahit. Bahkan bisa dibilang sedikit manis.

Khasiat Daun Pepaya untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Tentunya telah kita tahu bahwa kandungan gizi yang dimili daun pepaya sungguh cukup lengkap dan hal tersebut mengindikasikan bahwa begitu banyak manfaat yang dapat kita gunakan di dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Dan apakah kalian tahu? Sebenarnya ada setidaknya enam jenis penyakit yang cukup berbahaya yang dapat dicegah atau diobati dengan ramuan daun pepaya ini. Beberapa manfaat daun pepaya diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang membahayakan. Apalagi jika tidak segera untuk ditangani, demam berdarah dapat berakibat fatal hingga mengakibatkan kematian. Tetapi dengan meminum 25 ml jus daun pepaya untuk dua kali sehari, hal ini akan membantu untuk meningkatkan trombosit dengan cepat. Hal tersebut karena daun pepaya mengandung senyawa papain, chymopapain, dan caricain.

2. Mengobati Malaria

Tak jauh bedanya dengan demam berdarah, malaria juga salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Hal tersebut menjadikan daun pepaya ini cukup efektif untuk mengobati sakit malaria.

Bahkan terdapat studi yang dilakukan terhadap tikus memperlihatkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat pula mengobati malaria secara efektif. Dengan ramuan daun pepaya ini akan meningkatkan antioksidan di dalam tubuh pasien sehingga dapat mencegah anemia akibat malaria.

READ  Kebiasaan Sederhana Yang Menyehatkan

3. Memperbaiki Pencernaan

 

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan, seperti perut kembung, heartburn, ataupun konstipasi. Penyakit ini dapat diobati dengan daun pepaya karena mengandung papain, chymopapain, dan juga serat. Kalian dapat mengkonsumsinya dengan langsung mengunyah daun pepaya muda atau juga membuatnya menjadi jus.

4. Mencegah Gangguan Hati

Manfaat selanjutnya dari daun pepaya adalah dapat untuk mencegah gangguan pada hati. Dengan meminum jus daun pepaya yang mengandung antioksidan dapat melindungi hati dari penyakit berbahaya akibat radikal bebas, misalnya seperti sirosis dan juga penyakit kuning.
Ramuan daun pepayajuga mengandung fitosterol dimana manfaatnya secara tidak langsung menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Imunitas dan Mencegah Kanker

Dengan mengkombinasikan antara buah dan daun pepaya, makan akan diperoleh manfaat yang sangat penting yaitu untuk mengobati penyakit ganas seperti kanker. Karena dengan meminum jus daun pepaya akan meningkatkan sistem imun serta dapat membantu mengurangi stress yang diakibatkan proses kemoterapi pada pasien kanker.

Selain itu hal tersebut dikarenakan jus daun pepaya mengandung senyawa aktif seperti alfa-tokoferol dan juga likopen yang diyakini memiliki sifat antitumor sehingga dengan mengkonsumsinya dapat mencegah kanker bermetastase.

6. Mengatasi Peradangan

Pada daun dan biji pepaya terdapat beberapa kandungan penting seperti senyawa polifenol, saponin, dan juga alkaloid yang mempunyai sifat analgesik alami. Dengan adanya senyawa-senyawa tersebut, mengkonsumsi salah satu diantaranya keduanya dapat dijadikan untuk obat antiradang yang sangat kuat.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Wanita

manfaat daun pepaya
Manfaat daun pepaya untuk wanita

Daun pepaya selain digunakan untuk mengobati penyakit secara umum, ternyata juga dapat dimanfaatkan secara khusus beberapa diantaranya untuk kebutuhan kaum wanita. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas beberapa manfaat daun pepaya khusus untuk wanita sebagai berikut.

7. Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat yang dapat dimanfaat dengan mengkonsumsi daun pepaya adalah untuk mengobati nyeri haid. Nyeri haid biasanya sangat menyiksa, apalagi bila disertai kram. Tetapi dengan meminum ramuan daun pepaya secara rutin, hal ini akan membantu melancarkan proses menstruasi sehingga rasa sakit seperti nyeri dan gejala PMS lainnya menjadi berkurang.

Cara untuk mengkonsumsinya adalah dengan meminum rebusan dari daun pepaya yang telah dicampur dengan garam dan asam jawa.

8. Mengesatkan Miss V

Setiap wanita terutama yang sudah berumahtangga tentunya selalu ingin Miss V nya kesat untuk membahagiakan suami. Nah manfaat mengkonsumsi daun pepaya ini juga sangat berguna bagi para istri karena dapat digunakan untuk mengesatkan miss V.

READ  4 Khasiat Utama Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Mengonsumsi daun pepaya akan sangat membantu Anda mendapatkan miss V yang bersih dan kesat di setiap kesempatan. Untuk mengkonsumsinya kalian dapat memakan daun pepaya sebagai sayur, dijadikan untuk lalapan, atau dijadikan ramuan dengan beberapa cara sebagai berikut.

Pertama siapkan beberapa helai daun pepaya, cuci daun hingga bersih, kemudian rebus dengan air secukupnya.
Selanjutnya tambahkan daun adas yang sudah ditumbuk halus.
Setelah matang, ambil segelas air rebusan. Tambahkan garam pada ramuan secukupnya.
Minumlah air ramuan daun pepaya tersebut setiap hari sampai sebulan penuh untuk mendapatkan manfaatnya.

9. Merawat Kesehatan Kulit dan Wajah

Daun pepaya mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut diantaranya seperti flavonoin, saponin, tanin, dan juga alkaloid dimana manfaatnya sangat diperlukan untuk kulit. Kumpulan senyawa tersebut sangat ampuh menyingkirkan radikal bebas.

Dengan mengkonsuminya menyebabkan aliran darah menuju sel-sel kulit menjadi lebih lancar sehingga kulit kenyal dan tampak bercahaya.

Dengan memanfaatkan daun pepaya anda pun tidak perlu khawatir dengan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, breakout, dan pigmentasi. Anda juga bisa membuat masker dari daun pepaya yang telah dicampur buah pepaya. Hal ini bermanfaat untuk mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengontrol minyak yang berlebih.

10. Mengatasi Ketombe dan Masalah Rambut Lainnya

Selain dapat dimanfaatkan untuk wajah, penggunaan masker daun pepaya juga dimanfaatkan untuk rambut. Dengan mengaplikasikan masker tersebut ke kulit kepala dapat mengatasi masalah seperti gatal-gatal, ketombe, rambut rontok, dan berbagai masalah yang muncul pada rambut lainnya.

Waspadai Efek Samping Ramuan Daun Pepaya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan mengkonsumsi ramuan daun pepaya, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dan itu sungguh luar biasa.

 

Tetapi di balik hal tersebut, jika kita salah di dalam memanfaatkan daun pepaya akan memicu efek samping yang sangat perlu untuk dihindari. Efek samping ramuan daun pepaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

manfaat daun pepaya

Jus daun pepaya ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan dapat menyebabkan keguguran atau janin lahir meninggal.

Tidak disarankan pula mengkonsumsi jus daun pepaya bagi wanita yang sedang dalam merencanakan kehamilan. Karena hal tersebut akan mempersulit terjadinya pembuahan.

Bagi kalian yang alergi terhadap buah pepaya sebaiknya juga menghindari untuk mengkonsumsi jus daun pepaya karena hal ini bisa menimbulkan ruam, mual-mual, dan iritasi lambung.

Nah dengan mengetahui beberapa manfaat penting dari daun pepaya disertai dengan info gizi, cara pengolahan, serta efek samping untuk mengkonsumsi daun pepaya ini diharapkan dapat menambah ilmu dan juga kita lebih kreatif dan inovatif dalam menjaga kesehatan tubuh kita salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun pepaya.

Semoga artikel tentang manfaat daun pepaya ini bermanfaat bagi pembaca. Kalian juga menambahkan komentar dibawah tentang pengalaman ataupun info lain yang perlu ditambahkan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: