11+ Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Manfaat Daun Seledri – Daun seledri merupakan salah satu jenis sayuran rendah kalori yang bisa kamu dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam menu masakan misalnya sayur sup. Daripada itu, seledri juga bisa kamu dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal yang ajaib untuk obat penyembuhan beberapa penyakit termasuk juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Seledri juga merupakan sayuran serbaguna yang bisa kamu ditemukan dalam banyak aneka makanan di seluruh dunia. Warna serta aromanya yang khas membuat tampilan makanan menjadi lebih cantik dan bahkan rasanya lebih nikmat. Lebih daripada itu, segudang manfaat daun seledri yang akan kamu temukan di bawah ini akan membuat Anda tak lagi melewatkan untuk mengkonsumsinya.

Dalam kreasi masakan, taburan seledri di dalam semangkuk sup atau soto tak hanya akan menambah cita rasa makanan tersebut, namun juga akan menjadi sumber antioksidan. Tetapi, antioksidan hanyalah salah satu faktor dari banyaknya kandungan serta manfaat penting daun seledri berikut ini.

Kandungan Gizi Daun Seledri

Daun seledri yang kaya manfaat tentunya mempunyai kandungan gizi yang tak kalah pentingnya untuk kita ketahui. Di dalam penelitian yang telah dilakukan terhadap daun seledri menunjukkan bahwa tanaman sayur ini mengandung begitu banyak zat yang penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Dikarenakan hal itulah, daun seledri tidak hanya dimanfaatkan di dalam dunia kuliner, namun juga dimanfaatkan untuk berbagai bahan obat-obatan.

Berikut ini merupakan beberapa kandungan gizi penting yang akan dapat kita temui dalam tanaman daun seledri :
Asam Amino esensial, beta karoten, tirosin, asam nikotinat, zat mikro, minyak atsiri, asam fenolat, falvone, folat, flavonol, fitosterol, dihydrostilbenoid, dan furanocoumarins.

  • Vitamin : Daun seledri memiliki kandungan penting beberapa vitamin seperti Provitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin C, vitamin K, serta vitamin E.
  • Mineral : Beberapa kandungan mineral penting yang dimiliki daun seledri seperti potasium, magnesium, natrium, kalsium, zat besi, serta fosfor.
  • Protein, gula, dan kolin.

Begitu banyak zat gizi penting yang terkandung oleh daun seledri tersebut itulah yang membuat daun seledri kaya akan manfaat.

READ  4 Khasiat Utama Madu Bagi Pengobatan Tubuh

Cara Mengkonsumsi Daun Seledri

Kaya manfaat dan gizi kurang rasanya jika kita hanya sekedar mengkonsumsinya dengan asal-asalan. Kamu dapat mengkonsumsi daun seledri sesuai cara berikut ini.

Pertama kamu dapat mengolah daun seledri dengan cara merebus daun seledri. Lalu kamudian tambahkan air jeruk nipis atau lemon sebagai campuran. Racikan ini dapat kamu minum setiap hari untuk kesehatan.

Cara mengkonsumsi daun seledri tersebut dapat bermanfaat sebagai antioksidan yang aktif untuk tubuh karena di dalam daun seledri mempunyai kandungan senyawa flavonoid yang mencakup betakaroten, zat xanthin, dan juga zat lutein yang merupakan zat antibiotik alami yang mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan cepat dan juga mempercepat penyembuhan luka serta demam seseorang.

Cara selanjutnya adalah kamu dapat memanfaatkan daun seledri ini sebagai campuran bahan masakan. Vitamin A, B kompleks, Vitamin C, E, dan vitamin K dalam daun seledri tentunya dapat mendukung kesehatan tubuh kita.

Rasanya yang juga mendukung berbagai masakan tentunya akan sangat cocok untuk dikonsumsi dengan cara ini. Sedangkan untuk anak-anak, agar terlihat menarik untuk mengkonsumsi daun seledri ini. Anda dapat menambahkan atau mencampurkan daun seledri dengan membuat jus buah seperti jus mangga, jambu, stroberi, dll. Hal ini merupakan salah satu cara yang lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk pertumbuhan buah hati kita.

Adapun kita juga bisa mengkonsumsi daun seledri secara langsung dengan cara dikunyah atau direbus langsung dengan air. Namun ada hal yang perlu diperhatikan bahwa untuk selalu mencuci daun seledri tersebut sampai benar-benar bersi sebelum dikonsumsi. Racikan minuman daun seledri ini juga akan sangat baik jika dikonsumsi menjelang malam hari sebelum tidur.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Tentunya sudah kita ketahui diatas bahwa daun seledri mempunyai cukup banyak kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk kalian yang suka banget dengan daun seledri ini bukankah hidup kalian cukup beruntung!? Hal tersebut dikarenakan daun seledri dapat dimanfaatkan untuk mencegah, mengontrol, bahkan menyembuhkan banyak penyakit serius.

Manfaat daun seledri
Manfaat daun seledri

Penasaran bukan apa saja sih manfaat dari daun seledri yang dapat kita ambil jika rutin mengkonsumsinya? Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat daun seledri diantaranya adalah :

Manfaat Daun Seledri untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat pertama yang dapat kita gunakan adalah untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Mengkonsumsi seledri setiap hari akan sangat bermanfaat untuk tubuh terutama untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan daun seledri mempunyai kandungan senyawa phthalide dan juga serat yang berperan aktif menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Daun Seledri untuk Asam Urat

Salah satu zat gizi yang terkandung di dalam daun seledri adalah antiradang dan antibakteri dan juga vitamin dan mineral yang cukup lengkap dan dibutuhkan untuk meredakan rasa nyeri pada penderita rematik atau asam urat. Dan seledri juga mampu untuk mengurangi zat purin di dalam persendian yang merupakan pemicu peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh.

READ  9 Cara Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Manfaat Daun Seledri untuk Mengobati Hipertensi

Manfaat kedua yang dapat kita ambil adalah dengan mengkonsumsi daun seledri dapat menyembuhkan para penderita hipertensi. Hal tersebut dikarenakan Daun seledri memiliki kandungan senyawa phthalides yang berguna untuk menurunkan kadar hormon stres dalam darah.

Tanaman sayur ini juga dapat membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah yang mengalir dalam tubuh menjadi lebih lancar serta tekanan darah menjadi turun.

Manfaat Daun Seledri untuk Mengandung Zat Antikanker

Salah satu kandungan daun seledri yaitu zat luteloin, merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan kanker . Selain itu, daun seledri ini juga mempunyai kandungan coumarin yang dapat digunakan untuk merangsang sel darah putih agar lebih aktif sehingga dapat membantu untuk mencegah perkembangan sel kanker.

Manfaat Daun Seledri untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tentunya kita ketahui diatas untuk gizi-gizi penting yang terkandung dari daun seledri. Kombinasi antara vitamin C, serat dan senyawa kimia organik lainnya yang dimiliki oleh daun dan akar tanaman seledri dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung kita. Kandungan kalium serta natriumnya berperan aktif untuk mengatur kelancaran aliran darah kita ke seluruh tubuh.

Manfaat Daun Seledri untuk Menyembuhkan Migrain

Tak tenang dengan migrain yang kerap menghantui harimu? Cobalah atasi dengan mengkonsumsi daun seledri secara rutin. Kandungan senyawa kumarin di dalam daun seledri sangatlah untuk ampuh mengusir migrain. Senyawa ini berfungsi untuk mengurangi pelepasan senyawa oksida nitrat di dalam otak yang merupakan penyebab penyakit migrain meradang.

Manfaat Daun Seledri untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Tentunya harus kita ketahui bahwa manfaat utama yang kita ketahui dari seluruh bagian sayur seledri ini baik itu dari biji, akar, batang, serta daunnya bersifat sebagai antioksidan yang sungguh sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Itulah sebabnya, sangat saya sarankan untuk anda terutama kalian yang tinggal di daerah industri atau padat penduduk untuk mengonsumsi seledri secara rutin. Hal tersebut sangat baik untuk ginjal dan organ penting lainnya pada tubuh kalian, seperti pankreas, hati, dan juga kantung empedu karena melindungi dari kerusakan.

Menambah Vitalitas Pria

Manfaat daun seledri yang tak kalah pentingnya adalah untuk menjaga vitalitas pria. Hal ini karena daun seledri mempunyai kandungan penting seperti androsterone, yaitu hormon yang memberi kesan kemaskulin. Mengkonsumsi seledri akan merangsang tubuh pria untuk melepaskan feromon yang akan berfungsi merangsang perasaan cinta dan juga meningkatkan vitalitas pria.

Manfaat Daun Seledri untuk Kecantikan

Daun seledri mempunyai banyak manfaat. Daripada apa yang telah kita ketahui diatas bahwa daun seledri sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ternyata daun seledri dapat dimanfaatkan pula untuk bahan kecantikan herbal loh. Berikut ini merupakan manfaat dan cara pemanfaatan daun seledri untuk kecantikan.

READ  Hal Kecil Sederhana Namun Menyehatkan

Daun Seledri untuk Merawat Kecantikan Wajah

Daun seledri mempunyai banyak kandungan gizi. Dengan adanya berbagai kandungan gizi tersebut salah satunya bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Beberapa cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut.

Daun Seledri untuk Mengontrol Minyak Berlebih

Mengontrol minyak berlebihan pada wajah tanpa membuat wajah menjadi kering. Caranya adalah dengan merendam irisan daun seledri di dalam air panas. Tunggu hingga air rebusan tersebut dingin. Racikan ini dapat kamu gunakan untuk membasuh wajah secara teratur.

Daun Seledri untuk Mengobati Jerawat

Daun Seledri juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Caranya adalah dengan mencampur jus seledri yang ada dengan tea tree oil. Kemudian, oleskan ke wajah yang mengalami berjerawat. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air sampai bersih.

Daun Seledri untuk Mengurangi Penuaan Dini

Daun seledri juga dapat digunakan untukmencegah tanda-tanda penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan dalam daun seledri mempunyai kandungan vitamin dan juga kolagen yang membuat kulit menjadi kencang dan elastis sedangkan kandungan mineralnya membuat kulit bercahaya.

Menyuburkan Rambut

Bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk kecantikan wajah. Daun seledri dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut.Cara memanfaatkannya adalah dengan mengoleskan daun seledri yang telah dihaluskan terlebih dahulu ke kulit kepala. Lalu diamkan selama 1 jam sebelum kemudian dipakai untuk keramas seperti biasa. Hal ini juga dapat dipraktekan untuk bayi.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Seledri

Tentu telah kita ketahu bahwa banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan mengkonsumsi daun seledri secara rutin baik itu hanya sekedar untuk bahan masakan ataupun langsung dikonsumsi sebagai obat.

Manfaat daun seledri untuk kecantikan
Manfaat daun seledri untuk kecantikan

Daun seledri relatif aman untuk dikonsumsi ataupun dimanfaatkan untuk obat. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mewaspadai efek samping yang ditimbulkan untuk sebagian orang yang mengkonsumsinya karena daun seledri dapat mengakibatkan reaksi alergi juga.

Beberapa efek samping dalam mengkonsumsi daun seledri diantaranya adalah :

  • Daun seledri menyebabkan alergi dan jika berakibat fatal mengakibatkan reaksi anafilaksis. Selain daripada itu, tidak disarankan untuk orang-orang yang memiliki kepekaan kulit yang tinggi karena daun seledri dapat meningkatkan kepekaan tersebut terhadap sinar matahari. Jangan lagi untuk melanjutkan konsumsi daun seledri jika terjadi reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, gangguan pernapasan, dan juga reaksi alergi lainnya.
  • Bagi para ibu yang sedang hamil untuk tidak disarankan mengkonsumsi daun seledri. Hal ini diakibatkan karena daun seledri dapat mengakibatkan uterus berkontraksi yang meningkatkan resiko terjadinya keguguran.
  • Dan untuk ibu yang sedang menyusui, efek dari mengkonsumsi daun seledri juga terjadi dan alangkah lebih baik untuk menghindarinya.
  • Daun seledri bisa menimbulkan efek alergi yang disebut “celery-carrot-mugwort-spice syndrome” pada orang yang sensitif terhadap rempah-rempah dan tanaman tertentu, seperti wortel liar.
  • Jika Anda memiliki masalah pada ginjal, konsumsi seledri pun sebaiknya dihindari karena bisa memicu peradangan.

Itulah ulasang mengenai manfaat daun seledri. Dengan begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari daun seledri, bahan makanan ini bisa kamu jadikan alternatif pengobatan yang murah meriah serta minim risiko. Dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihannya dan mengkonsumsinya sesuai aturan.

Semoga ulasan tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan ini bermanfaat.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: