8 Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Atap Rumah Bocor

Mengatasi atap bocor – Musim hujan akan segera tiba. Dan kebocoran merupakan sebuah masalah yang paling sering umum terjadi pada hampir setiap rumah. Ketika kebocoran terjadi, itu berarti membiarkan air masuk ke rumah dan mengganggu segala aktivitas keluarga kita.

mengatasi atap bocor
Via www.flclaimshelp.com

Baik kebocoran kecil maupun besar, lebih baik kita tidak menyepelekannya dan selalu siap siaga mengatasi permasalahan atap rumah yang bocor tersebut. Karena jika atap bocor menjadi semakin parah, kita akan semakin kesulitan untuk memperbaikinya.

Ada beberapa penyebab atap rumah kita bocor, misalnya umur genteng yang memang sudah lama dan perlu diganti, genteng yang bergeser, kemiringan atap yang kurang, dan sebagainya. Maka dari itu sebelum musim hujan tiba dan benar-benar mengganggu anda, lebih baik jika anda mulai memperbaiki atap rumah sedini mungkin.

Obatrindu akan mengulas tentang beberapa cara yang sangat mudah dan efektif untuk mengatasi atap rumah yang bocor. Berikut selengkapnya :

Pembersihan Atap Rumah dari Sampah

mengatasi atap bocor
Via blog.carijasa.co.id

Atap rumah yang kotor dan banyak sampah dapat menghambat jalannya air hujan yang datang sehingga air akan tergenang di atap dan menyebabkan kebocoran. Ini biasanya terjadi pada rumah-rumah di pedesaan atau rumah yang dikelilingi pohon yang rindang.

Solusinya adalah dengan membersihkan atap rumah secara berkala. Terutama menjelang musim hujan tiba. Usahakan sampah tidak terlalu lama menumpuk di atap karena itu juga dapat membuat genteng rumah anda menjadi rentan untuk pecah.

READ  7 Cara Kreatif untuk Merapikan Kabel

Membangun Ventilasi Cukup untuk Atap Rumah

mengatasi atap bocor
Via www.kompasiana.com

Cuaca yang panas dan loteng rumah yang memiliki ventilasi kurang dapat membuat genteng rumah kita menjadi lebih cepat turun kualitasnya. Ini dapat menyebabkan genteng retak atau bahkan pecah. Menjadi masalah yang mengganggu saat musim hujan terjadi.

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memberikan ruang yang cukup ventilasi untuk bangunan loteng anda agar panas yang diterima genteng di saat musim panas menjadi cukup. Namun apabila sudah terlanjur untuk ventilasi yang kurang, kalian bisa mensiasatinya dengan memodifikasi lubang angin dan beberapa rongga udara yang cukup di loteng rumah kalian.

Lapisan Cat Anti Bocor untuk Atap Rumah

mengatasi atap bocor
Via www.popeti.com

Genteng merupakan buatan manusia dimana tidak ada yang sempurna didalamnya. Terkadang atap rumah kita sudah benar untuk penataan genteng dan pemilihan jenis genteng, namun tetap saja ada yang bocor. Setelah di cek ternyata ada genteng yang mengalami retak atau lubang yang kecil.

Retak atau lubang kecil yang menyebabkan kebocoran ini pun jangan dibiarkan loh sobat.  Karena nantinya bisa merambat ke genteng yang lainnya juga. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan dengan cara mengecat genteng rumah kalian dengan cat anti bocor.

Perbaiki atau Mengganti Genteng Rumah

mengatasi atap bocor
Via sci-pusat.blogspot.com

Terkadang genteng rumah kita umurnya sudah lama hingga mudah retak. Ada juga genteng rumah yang pecah hingga sinar matahari pun bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini bisa juga dikarenakan lamanya pemakaian genteng dan atau buruknya kualitas genteng yang kita miliki.

Untuk mengatasi genteng rumah yang pecah atau sudah lapuk karena pemakaian ini, kalian bisa mengatasinya dengan mengganti genteng rumah dengan yang baru. Jangan lupa untuk membeli genteng yang berkualitas agar atap tidak kembali bocor di kemudian hari.

READ  Permudah Segala Produksi Dapur Kamu Dengan Ramesia Mesin Indonesia

Memperbaiki Kemiringan Atap

 

Atap yang terlalu landai juga menyebabkan atap rumah kita menjadi bocor. Ini dikarenakan air hujan menjadi lambat atau bahkan kesulitan untuk mengalir ke bawah sehingga menggenang di atap rumah dan merembes ke dalam rumah.

Satu-satunya cara mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki tingkat kemiringan atap rumah anda. Usahakan kemiringan atap rumah mencapai 45 derajat karena dengan semakin tinggi tingkat kemiringannya, maka kebocoran rumah semakin mudah dihindari.

Memasang Karpet Talang Air Anti Bocor

mengatasi atap bocor
Via homesandcottages.com

Salah satu solusi yang bisa kalian praktekkan di rumah. Bagi kalian yang malas untuk membeli genteng kualitas bagus karena harganya yang cukup mahal adalah dengan menggunakan karpet atap rumah anti bocor sebagai pelapis genteng rumah.

Cara ini memang cukup baik namun tidak seefektif dengan jika kalian menggunakan genteng berkualitas sebagai penutup atap rumah anda.

Perbaiki Talang Air Rumah dan Pipa Pembuangan

mengatasi atap bocor
Via proamericanhomeimprovements.com

Talang air rumah atau pipa pembuangan yang sudah mengalami kerusakan, mampet, atau letak kemiringannya yang kurang juga bisa menjadi penyebab atap rumah anda menjadi bocor. Selalu periksa talang air rumah anda secara berkala terutama sebelum musim hujan tiba. Jika mengalami kerusakan, segeralah ganti talang air tersebut sebelum menjadi masalah kebocoran yang serius.

Merombak Ulang Atap Rumah Bangunan

mengatasi atap bocor
Via mass-roofing.com

Solusi terakhir untuk mengatasi atap rumah yang bocor adalah dengan merombak ulang atap rumah kalian. Lakukan cara ini jika sudah banyak cara yang anda coba namun masih belum berhasil untuk mengatasi atap rumah yang bocor.

Kontruksikan lagi bangunan atap rumah anda agar terhindar dari kebocoran dengan membangun kemiringan atap yang tepat, dengan bentuk yang proporsional dengan desain bangunan keseluruhan rumah anda.

READ  Membangun Taman Rumah Minimalis di Lahan Sempit beserta Contohnya

Kalau perlu ganti genteng rumah anda dengan kualitas yang lebih baik dan berikan juga karpet anti air sebagai pelapis genteng. Lakukan perombakan atap secara maksimal agar tidak terjadi kebocoran dan perombakan atap lagi di kemudian hari.

Seperti itulah beberapa cara mudah dan efektif untuk mengatasi atap bocor yang bisa Obatrindu berikan. Admin harap dapat membantu anda untuk memberikan kenyamanan kepada anda sekeluarga. Jika ada saran yang membangun bisa anda sertakan pada pada komentar dibawah.

Terimakasih.

 

2 thoughts on “8 Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Atap Rumah Bocor

    • Rombak ulang, naikkan derajat kemiringan atap. Usahakan minimal sampai 45 derajat karena itu memang standar terbaik yg di pakai banyak tukang bangunan.
      Dngan kemiringan yg lebih tinggi juga bisa menambah sirkulasi udara di bawah atap jadi rumah g mudah panas n genteng bisa lebih awet.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: