Mengenal 7 Keunggulan WordPress

Keunggulan WordPress – Begitu banyak CMS yang bertebaran di Internet untuk membangun sebuah website mulai dari Joomla, WordPress, Drupal, dan bahkan Google yang merupakan mesin pencarian terbesar di Internet mempunya media sendiri yaitu Blogger.

cms

CMS digunakan untuk mempermudah kita dalam membangun website. Tanpa harus belajar pemrograman yang notabene memerlukan skill programming yang cukup kuat,kita sudah bisa membangun website yang bisa bersaing dengan yang lain, tentunya jangan pernah malas untuk mengisi konten websitenya.

Di lembaga belajar yang saya ikuti saat ini yaitu Sintesa, tepatnya di Magetan. Seperti yang saya ceritakan kemarin dimana awal tentang awal berdirinya obatrindu.com. Kami kebetulan dalam belajar membangun website diwajibkan untuk memakai CMS WordPress oleh Mas Vatih selaku pembina pondok .

Mungkin anda, dan termasuk saya yang merupakan pengguna aktif Blogger sebelumnya bertanya kenapa harus menggunakan CMS WordPress? Bukankah banyak CMS lain yang bisa digunakan sebagai media membangun website.

Dikarenakan hal itu, saya mencoba untuk mencari lebih lanjut tentang WordPress di Internet. Ada cukup banyak keunggulan WordPress dibandingkan dengan keunggulan wordpress lain. Beberapa hal memang sudah dikatakan oleh Mas Vatih kemarin. Namun ternyata diluar begitu banyak lagi ragamnya.

Berikut ini merupakan rangkaian keunggulan WordPress dibandingkan yang lain yang sudah saya rangkum menjadi 7 keunggulan utama untuk sahabat obatrindu.com.

Themes atau template yang yang lebih bervariasi

banyak template

Themes atau template merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah website. Template yang tepat dan sesuai dengan isi posting dapat membuat pengunjung website kita berlama-lama tinggal di website anda.

READ  Hemat Waktu Berbagi di Akun Media Sosialmu dengan Viraltag

Dibandingkan dengan CMS lainnya. Wordpres memiliki lebih banyak template baik berbayar maupun gratis. Anda bisa mendownload atau membeli template di beberapa situs penjualan template. Bahkan anda bisa menggunakan template default WordPress.

Contohnya website ini, walaupun tampilannya saat ini masih sederhana. Namun template yang saya pakai adalah berbayar.Tapi ini dikarena saya Alhamdulillah mendapatkan fasilitas template berbayar dari pondok Sintesa.

Fasilitas Plug In yang Beragam

plugins-beragam

Salah satu keunggulan yang tidak dimiliki template lain yang kemarin juga dikatakan oleh Mas Vatih adalah pluggin yang cukup banyak. Ini mempermudah bagi kita untuk bisa melakukan kostumisasi atau setting, seperti mempercantik tampilan website, menambah fasilitas, mempermudah SEO dan banyak yang lainnya.

Kita tidak perlu repot-repot belajar pemrograman lebih lanjut, terutama untuk orang awam dengan website. Kita hanya perlu menginstall pluggins tersebut dan menggunakannya sesuai kebutuhan kita.

Permalink yang Bersahabat dengan Mesin Pencari

permalink yang bersahabat

Semua orang pasti ingin konten yang dipublikasi lebih mudah terindeks oleh Google dan lebih menarik saat ditemukan karena lebih mudah dibaca. WordPress memiliki keunggulan disini, dimana kita dapat mensetting struktur permalink konten kita sesuai dengan judul artikel.

Hal yang saya baru tahu juga dari Pembina Sintesa. Bahwa jika kita memakai blogger, permalink yang akan muncul di halaman pencarian akan terpotong. Itu menjadikan Google akan sulit membacanya. Namun jika kita memakai WordPress, permalink yang muncul di pencarian Google akan tetap utuh.

Penambahan Widget yang Dimanjakan

beragam widget

Semua orang yang mempunyai website pasti memerlukan ini untuk mempercantik website dan mempermudah navigasi pengunjung. Widget diperlukan untuk menambahkan kolom tambahan seperti sosial media, recent post, popular post, dan lain-lain.

READ  Tampil Beda! Harga dan Spesifikasi Smartphone Andromax L dan B ini Bikin Kamu Ngiler Kalau Enggak Punya!

Jika pada CMS lainnya kita memerlukan pengaturan tambahan pada struktur HTML. Maka pada WordPress, kita cukup drag and drop saja. Atau bahkan kita bisa menambahkan pluggins tertentu untuk memasang widget yang belum tersedia di WordPress.

Bisa mengatur secara langsung script PHP, HTML, dan CSS

support pemrograman html, php, css

Mungkin untuk kalangan pembuat website yang murni pemrograman, hal ini tidak asing. Namun untuk pengguna CMS, pada WordPress kita bisa mengatur secara langsung script PHP, HTML, dan CSS. Script ini bisa kalian lihat langsung di Menu Appeareance – Editor.

Tentunya disini kalian harus memiliki pengetahuan coding untuk bisa merubah tampilan sesuai yang diinginkan.

Authors Gandaauthor ganda

Satu lagi keunggulan WordPress dibandingkan CMS lainnya dimana kita bisa menempatkan lebih dari 1 penulis dalam satu website. Dan juga untuk keamanan, jangan khawatir. Penulis yang kita tambahkan disini hanya bisa login dan menulis artikel, tetapi mereka tetap tidak bisa mengontrol website kita sepenuhnya.

Mudah Digunakan

kemudahan menggunakan wordpressSesuai ulasan yang saya nyatakan sebelumnya diatas. WordPress itu sangat mudah penggunaannya. Daripada kalian membuat website sendiri dengan otak-atik koding, padahal kalian belum tentu bisa koding atau hanya menguasai sebagiannya saja.

Sedangkan diluar itu kalian masih mempunyai kegiatan lainnya. Lebih baik kita menggunakan fasilitas yang sudah ada bukan.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, masih banyak keunggulan WordPress dibandingkan dengan yang lain. Namun tujuh kategori diatas adalah hal yang paling ditekankan oleh Mas Vatih didalam penggunaan WordPress sebagai media website kita di Sintesa.

Sahabat sobatrindu.com pasti juga sudah cukup mengerti, dan itu sudah cukup untuk membuat kita memilih dan menggunakan WordPress sebagai platform kita dalam membuat dan menggunakan website. Terutama bagi sahabat yang memiliki sedikit waktu untuk belajar koding, sedangkan kegiatan diluar lainnya masih padat.

READ  7 Cara Kreatif untuk Merapikan Kabel

2 thoughts on “Mengenal 7 Keunggulan WordPress

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: