jembatan ampera sungai musi

Daftar 10 Nama Sungai Terpanjang Di Indonesia Yang Menakjubkan

Daftar 10 Nama Sungai Terpanjang Di Indonesia – Sungai adalah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia yang mempunyai peranan sangat penting bagi keberlangsungan hidup makhluk lain baik itu kita sebagai manusia atau hewan dan tumbuhan yang hidup disekitar lingkungan sungai.

Beberapa manfaat yang mungkin kita dapati sebagai pemanfaatan yang diterapkan pada lingkungan sungai adalah seperti sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), budidaya ikan air tawar, pasar mengapung (di Kalimantan), pengairan, dan banyak lagi fungsi sungai lainnya yang dapat kita ketahui.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah merupakan negara kepulauan yang mempunyai lebih banyak bagian perairannya daripada daratan. Namun, di setiap pulau besar seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Banyak terdapat aliran sungai baik besar maupun kecil yang menjadi sumber perairan bagi masyarakat Indonesia.

Nah, kali ini kita akan mengulas tentang sungai terpanjang yang melewati setiap kepulauan yang tersebar di seluruh daratan Indonesia ini. Salah satu diantaranya adalah sungai Kapuas yang memang menjadi sungai terpanjang di Indonesia yang telah diakui oleh banyak orang. Simak selengkapnya yuk.

Daftar Isi

READ  Daftar Nama 10 Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia Terbaru

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Pertama – Sungai Kapuas

sungai terpanjang di Kalimantan Kapuas
youtube.com

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang panjangnya mencapai 1.143 km. Sungai ini berawal dari sumber mata air Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. Sungai ini berada di Pulau Kalimantan dan sebagian besar melewati daerah Kalimantan Barat.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Kedua – Sungai Mahakam

senja di sungai terpanjang Indonesia sungai mahakam
panoramio

Sungai terpanjang kedua di Indonesia adalah sungai Mahakam. Sungai ini mempunyai panjang sekitar 920 km. Letak sungai ini tepatnya berada di Pulau Kalimantan  bagian provinsi Kalimantan Timur.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Ketiga – Sungai Barito

sungai barito, sungai terpanjang ketiga di Indonesia
kalteng.prokal.co

Sungai terpanjang ketiga di Indonesia selanjutnya adalah sungai Barito yang mempunyai panjang sungai mencapai 909 km. Sungai ini letaknya melewati Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sedangkan letak hilirnya berada di Laut Jawa.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Keempat – Sungai Batanghari

sungai batanghari kota jambi
ingatanperjalanan.blogspot.com

Nah, jika sebelumnya tiga sungai terpanjang ternyata terletak di Pulau Kalimantan. Kita sekarang beralih ke sungai terpanjang ke empat yang berada di Pulau Sumatra, lebih tepatnya adalah sungai Batanghari yang mempunyai panjang sekitar 800 km.

Sungai ini berawal dari mata air Gunung Rasan dan berakhir di Muara Sabak atau bagian Timur Pulau Sumatera. Sungai ini lebih tepatnya berlokasi di Provinsi Sumatera Barat sampai Provinsi Jambi. Sungai ini juga termasuk sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatera.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Kelima – Sungai Musi

jembatan ampera sungai musi
Dimensilain.com

Sungai terpanjang selanjutnya yang menempati posisi kelima adalah Sungai Musi yang berlokasi di Pulau Sumatera atau lebih tepatnya melewati Provinsi Sumatera Selatan. Mata air sungai (hulu) ini berawal dari daerah Kepahiang, Bengkulu dan berakhir di hilir sungai di daerah Sungsang, bagian Timur Pulau Sumatera.

READ  Batas Letak Wilayah Negara Indonesia | Astronomis, Geografis, Geologis

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Keenam – Sungai Mamberamo

sungai terpanjang di Indonesia
marvinyoafifi.blogspot.com

Selanjutnya kita menuju ke salah satu Pulau Terbesar paling timur Indonesia, Papua. Di Papua ini terdapat sungai terpanjang di Indonesia khususnya urutan nomer 6 yang bernama sungai Mamberamo dengan panjang sungai mencapai 548 km. Sungai ini tercipta dari pertemuan beberapa anak sungai seperti Sungai Tariku, Vaan Sungai Daalen, dan Sungai Taritatu. Sedangkan hilirnya berakhir ke Samudra Pasifik.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Ketujuh – Sungai Begawan Solo

aslilamongan.com

Dari Papua, kita menuju ke pulau yang paling padat penduduknya yaitu Pulau Jawa. Di pulau Jawa kita akan menemukan salah satu dari 10 sungai terpanjang di Indonesia, yaitu sungai Bengawan Solo. Bahkan dari sungai ini pun tercipta lagu yang cukup terkenal di Indonesia yaitu “Bengawan Solo” yang diciptakan oleh Gesang.

Sungai Bengawan Solo mempunyai panjang sekitar 548 km. Mata air Gunung ini berawal dari Gunung Lawu dan berakhir di laut Jawa. Lokasi sungai ini meliputi provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dan merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Jawa.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Kedelapan – Sungai Digul

Raymangapul.wordpress.com

Selanjutnya kita kembali lagi ke Pulau Papua. Terdapat sungai Digul yang mempunyai panjang sungai mencapai 525 km. Sungai ini mempunyai hulu di Pegunungan Maoke dan berakhir di Laut Arafuru.

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Kesembilan – Sungai Indragiri

materi-p.blogspot.com

Sungai terpanjang selanjutnya adalah sungai Indragiri. Sungai ini mempunyai panjang sampai 500 km dan berlokasi di Pulau Sumatera khususnya Provinsi Riau. Bagian hulu sungai ini sebenarnya merupakan pertemuan dari dua sungai yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar. Dan bagian sungai ini berakhir di  Selat Malaka.

READ  45+ Contoh Gambar Poster dan Kalimat Slogan tentang Lingkungan Hidup

Nama Sungai Terpanjang di Indonesia Kesepuluh – Sungai Seruyan

keepo.me

Sungai terakhir yang menjadi bagian dari 10 sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Seruyan yang berada di Pulau Kalimantan khususnya di bagian utara Provinsi Kalimantan Tengah. Sungai ini mempunyai panjang sampai 350 km. Bagian hilir sungai ini ada di Laut Jawa.

Itulah daftar 10 nama sungai terpanjang di Indonesia yang perlu kamu tahu sebagai tambahan ilmu pengetahuan umum. Semoga daftar 10 nama sungai terpanjang di Indonesia ini dapat bermanfaat. Salam pendidikan kawan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: