hutan terbesar dan terluas di dunia

Daftar 10 Negara dengan Hutan Terbesar dan Terluas di dunia

10 Negara dengan Hutan Terbesar dan Terluas di Dunia – Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan luas hutan. Lalu faktor apakah yang mempengaruhi perbedaan luas hutan tersebut? Faktor yang mempengaruhi luas hutan tersebut adalah jenis iklim, kondisi tanah, dan suhu yang ada pada daerah itu.

negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia
Data persebaran hutan di seluruh dunia. Via forestry.about.com

Hutan adalah salah satu unsur lingkungan hidup yang harus kita jaga kelestariannya karena hutan adalah paru-paru dunia, sumber oksigen bagi seluruh umat manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Terutama bagi kita yang tinggal di daerah sekitar hutan.

Tetapi, hutan semakin menipis seiring semakin tingginya pemanfaatan hutan untuk kebutuhan manusia. Di perparah lagi penebangan liar dan bencana alam seperti kebakaran hutan di berbagai negara di dunia memperparah keadaan dan luas hutan yang ada sekarang.

Berikut ini adalah data terakhir yang saya peroleh dari organisasi lingkungan hidup dunia tentang negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia. Indonesia juga termasuk salah satunya walaupun berada di peringkat bawah. Berikut diantaranya.


1. Rusia


negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia
Via Huffington Post

Data Luas Hutan Terakhir : 7.762.602 km2

Luas Wilayah Negara : 17.098.242 km2

Persentase Luas : 45,4% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Eropa – Asia

Rusia, menjadi negara yang mempunyai hutan yang paling luas dan terbesar di seluruh dunia sampai saat ini. Negara ini berada di Benua Eropa dengan luas hutan mencapai 45,4 persen dari luas negaranya yaitu mencapai luas 7.762.602 km2.

Hutan ini adalah sebuah kerajaan bagi banyak makhluk hidup. Membentang dari daerah Filandia sampai ke Rusia Timur, yaitu Semenanjung Kamchatika.

Binatang seperti Harimau Siberia, Macan Tutul Salju Siberia, Beruang Coklat, Serigala, Beruang Kutub, Lynx, Tungau, bahkan sampai Laba-laba Karakurt yang terkenal sebagai spesies laba-laba yang sangat mematikan di dunia ada di hutan ini.


2. Brasil


negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia
Via www.clubpimble.com

Data Luas Hutan Terakhir : 4.776.980 km2

Luas Wilayah Negara : 8.515.770 km2

Persentase : 56,1% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Amerika Selatan

Siapa yang belum mengenal Brazil? Negara yang yang sangat terkenal dengan Hutan Amazonnya yang sangat menantang untuk para traveller hutan. Fakta yang menakjubkan lainnya adalah negara Brazil adalah negara terhijau di Dunia karena daerahnya didominasi dengan hutan yaitu mencapai 56,1% dari luas wilayah.

Jika hutan di rusia merupakan kerajaan bagi banyak binatang yang sangat liar dan berbahaya. Hutan di Brazil adalah tempat berkumpulnya hewan khusus hutan hujan tropis yang paling besar di dunia. Ini dipengaruhi karena letak dari kawasan hutan Amazon yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Hutan ini terbentang hampir menyelimuti wilayah Brazil dengan 60 persen wilayah hutan berada di negara Brazil. Sedangkan sisanya berada di negara perbatasan sekitarnya meliputi negara Guyana, Suriname, Kolombia, Venezuela, Peru, Ekuador, dan Bolivia.


3. Kanada


negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia
Via greenpeace.org

Data Luas Hutan Terakhir : 3.101.340 km2

Luas Wilayah Negara : 9.984.670 km2

Persentase : 31.06% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Amerika Utara

Kanada yang merupakan negara yang berada di kawasan Amerika Utara ini juga memiliki hutan yang sangat luas. Walaupun termasuk negara maju dan modern, tetapi persediaan hutannya mencapai 33.101.340 km2 dan merupakan salah satu sumber Oksigen terbesar di bumi kita ini.

Jenis hutan yang berada di negara ini adalah jenis hutan taiga atau hutan boreal dan menjadi ikon sejarah bagi masyarakat disana terutama dalam aspek ekonomi, sosial, dan juga seni.

Yang menarik lagi adalah hutan ini tak hanya di olah oleh negara, tetapi swasta juga ikut berperan serta menjaga dan melestarikan keberadaan hutan di negara Kanada ini.


4. Amerika Serikat


negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia
Via pinimg.com

Data Luas Hutan Terakhir : 3.030.890 km2

Luas Wilayah Negara : 9.826.675 km2

Persentase : 30.84% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Amerika Utara

Beralih ke negeri tetangga dari negara Kanada, Amerika Serikat. Mungkin kita tak akan menyangka bahwa negara yang merupakan negara termaju di dunia ini mempunyai hutan yang tak kalah luas dari negara yang lain.

Dengan adanya industri yang mempunyai peranan dalam kerusakan alam, tak membuat Amerika kehilangan hutannya. Dan jika dalam sejarah dimana sebuah koloni yang datang ke Amerika pada abad-17 tidak melakukan penebangan liar, mungkin saat ini Amerika menjadi negara dengan keberadaan terluas di dunia ini.

Disebabkan dampak penebangan hutan secara liar tersebut. Amerika bekerjasama dengan pihak swasta seperti US Forest Service, National Park Service, Fish and Wildlife Service berusaha untuk melestarikan hutan dengan menjadikan hutan disana sebagai zona publik dan taman rekreasi.


5. China


 

Data Luas Hutan Terakhir : 1.821.000 km2

Luas Wilayah Negara : 9.596.960 km2

Persentase : 18.97% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Asia


6. Republik Demokratik Kongo


 

Data Luas Hutan Terakhir : 1.819.326 km2

Luas Wilayah Negara : 2.344.858 km2

Persentase : 77,59% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Afrika


7. Australia


Data Luas Hutan Terakhir : 1.470.832 km2

Luas Wilayah Negara : 7.741.220 km2

Persentase : 19.0% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Australia


8. Argentina


Data Luas Hutan Terakhir : 945.336 km2

Luas Wilayah Negara : 2.780.400 km2

Persentase : 34.0% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Amerika Selatan


9. Indonesia


negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia
Via aquila-style.com

Data Luas Hutan Terakhir : 884.950 km2

Luas Wilayah Negara : 1.904.569 km2

Persentase : 46,46% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Asia

Indonesia, merupakan negara kita tercinta yang juga masuk dalam kategori negara yang mempunyai hutan terbesar dan terluas di dunia. Dan jenis hutan di Indonesia yang paling besar adalah jenis hutan tropis yang kaya akan keanekaragaman sumber hayati.

Diantara keanekaragaman yang dimiliki Indonesia diantaranya adalah 38.000 spesies tumbuhan, 1.531 spesies burung, 515 spesies mamalia, 270 spesies amfibi, 35 spesies primata dan banyak lagi yang lainnya.

Sayangnya hutan yang kita punya kian hari kian terkikis. Ini diakibat karena banyaknya kebakaran hutan di Indonesia yang akhir-akhir ini terjadi dan kegiatan ilegal-logging yang sulit terkendali sehingga memperparah kerusakan hutan.

Terutama di daerah Sumatra dan Kalimantan yang merupakan daerah hutan terluas di Indonesia. Maka dari itu, mari kita lestarikan hutan kita ini dengan meminimalisir kebakaran dan penebangan liar, juga melakukan gerakan penanaman kembali hutan yang telah hilang.


10. India


 

 

Data Luas Hutan Terakhir : 778.424 km2

Luas Wilayah Negara : 3.287.263 km2

Persentase : 23,68% dari luas wilayah

Lokasi Hutan : Benua Asia

 

Itulah daftar 10 negara dengan hutan terbesar dan terluas di dunia. Indonesia sendiri menempati posisi ke-9. Ada negara dengan hutan yang semakin sempit, adapula negara dengan hutan yang semakin meluas.

Tentunya kita selalu berharap agar hutan di Indonesia bisa bertahan dan terus meluas. Tentunya dengan kegiatan reboisasi ulang di hampir setiap tempat di pelosok negeri ini harus sering kita lakukan.

Semoga informasi kali ini bermanfaat. Terimakasih.

 

Sumber data : Luas Hutan dikutip dari Wikipedia, sedangkan Luas Wilayah Negara yang bersangkutan dikutip dari CIA World Factbook.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar