pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi

Pengertian Puisi beserta Ciri-ciri, Jenis, Unsur dan Struktur Puisi Update

pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisiPengertian Puisi beserta Ciri-ciri, Jenis, Unsur dan Struktur Puisi – Apa kamu pernah mendengar beberapa untaian kata yang indah yang dilantunkan oleh seseorang? Tapi tidak ada nada dari alat musik yang menyertai. Bukan sebuah lagu, namun cukup indah untuk didengarkan. Itulah yang dinamakan Puisi.


Sekilas mengenai Pengertian Puisi


pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi
Via normantis.com

Jika merujuk terhadap pengertian puisi itu sendiri. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang berasal dari ungkapan isi hati dan perasaan seorang penyair dengan bahasa yang penuh makna dan terikat dengan irama, matra, rima, dan juga penyusunan lirik dan bait di dalamnya.

Biasanya puisi lahir buah dari perasaan dan pemikiran sang penyair yang imajinatif tetapi tetap terstruktur antara unsur fisik dan batin. Siapa saja yang mendengarkannya akan merasa tertarik dengan bait bait yang indah yang tertuang di dalam puisi tersebut.

Puisi sendiri secara etimologis berasal dari bahasa bahasa Yunani, Poesis yang mempunyai arti membuat, membentuk, membangun, dan menciptakan sesuatu yang berasal dari imajinasi dirinya sendiri. Jadi, puisi adalah salah satu karya sastra berupa teks sastra yang dihasilkan dari individu dengan berdasarkan pada setiap pengalaman pribadi mereka.


Pengertian Puisi menurut Para Ahli


pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi
Via lahiya.com

Pengertian Puisi menurut Herman Waluyo

Menurut Herman Waluyo, puisi adalah suatu karya sastra dengan bentuk tulisan yang paling awal ditulis oleh manusia.

Pengertian Puisi menurut Herbert Spencer

Menurut Herbert Spencer, puisi adalah bentuk pengucapan ataupun gagasan yang memiliki sifat emosional tetapi disertai bentuk keindahan didalamnya.

Pengertian Puisi menurut James Reevas

Menurut James Reevas, puisi adalah suatu ekspresi bahasa yang terisi dengan begitu banyak (kaya) daya pikat di dalamnya.

Pengertian Puisi menurut Sumardi

Menurut Sumardi, puisi adalah sebuah karya sastra yang memiliki gaya bahasa yang dipadatkan, di persingkat, dan juga diberikan irama di dalamnya dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata di dalamnya bersifat kias atau imajinatif.

Pengertian Puisi menurut Thomas Carlye

Menurut Thomas Carlye, puisi adalah ungkapan yang keluar dari dalam pikiran seseorang dan bersifat musical.

Pengertian Puisi menurut Pradopo

Menurut Pradopo, puisi adalah sebuah rekaman dan juga interpretasi dari sebuah pengalaman manusia yang menurutnya penting, lalu diubah menjadi wujud yang berkesan.


Contoh Video Pembacaan Puisi oleh W.S Rendra


Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk belajar tentang Puisi. Alangkah baiknya kamu turut mendengarkan salah satu contoh pembacaan puisi pada video berikut ini yang dibawakan oleh salah satu penyair ternama Indonesia, yaitu W.S Rendra.

Begitu indah dan nyaman bukan, dimana pembacaan puisi memang cukup berbeda dengan saat kita menyanyi. Nah setelah kamu telah selesai untuk mendengar pembacaan puisi diatas, mari kita lanjutkan ulasan kita lebih lengkap mengenaik puisi.


Ciri-ciri Puisi


pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi
Via candycoffin.blogspot.com

Ciri-ciri puisi secara umum yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut :

  • Bahasa yang biasanya dipakai untuk membentuk puisi bersifat Konotatif.
  • Dalam penyusunannya, unsur-unsur bahasa dalam puisi harus rapi, indah, dan juga tertata dengan baik untuk menghasilkan irama atau bunyi akhirnya.
  • Setiap puisi mempunyai pemadatan kata dari seluruh unsur kemampuan bahasa.
  • Puisi biasanya mengungkapkan isi pikiran dan perasaan penyair dari ruang lingkup dan juga pengalaman yang mereka yang diaplikasikan se-imajinatif mungkin.
READ  Pengertian Syair (Ciri-Ciri, Macam-Macam, Jenis, dan Contoh Syair)

Unsur-Unsur Puisi


pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi
Via google.doc

Dalam menyusun, menulis, membaca, atau mengenali sebuah puisi, kita juga harus mengetahui unsur-unsur pembentuk struktur dari sebuah puisi.  Secara umum, unsur tersebut dibagi menjadi dua struktur penting, yaitu struktur puisi yang bersifat fisik dan struktur puisi yang bersifat batin . Diantaranya yaitu :

Struktur Fisik pada Puisi

Pertama adalah struktur Puisi yang tersusun dari struktur fisik. Diantara jenis penyusunnya adalah seperti Tipografi atau perwajahan, diksi, imaji, gaya bahasa, kata kongkret, dan rima atau irama. Untuk lebih jelasnya terdapat pengertian di bawah ini :

Tipografi atau Perwajahan Puisi

Tipografi atau perwajahan puisi adalah bentuk puisi itu sendiri seperti halaman yang tidak dipenuhi dengan kata-kata, pengaturan baris pada puisi, rata kanan atau kiri, jumlah barisnya, serta apakah puisi itu diawali dengan huruf besar atau kecil dan penggunaan tanda titik. Kesemua itu menentukan makna dari sebuah puisi itu sendiri.

Diksi

Diksi adalah pemilihan untuk kata-kata yang digunakan oleh sang penyair dalam menyusun puisinya. Karena puisi merupakan bentuk karya sastra yang di setiap katanya dapat mengungkapkan banyak hal, maka dari itu dalam menyusunnya harus dipilih kata-kata yang tepat secermat mungkin.

Imaji

Imaji ialah kelompok kata atau susunan kata yang tercipta dan diungkapkan dari apa yang dirasakan oleh bagian indrawi kita. Misalnya dari perasaan, pendengaran, dan penglihatan. Karena itu imaji dibagi menjadi tiga jenis suara auditif yaitu visual, raba, dan juga imaji taktil.

Dalam penggunaannya, imaji ini menuntut kita sebagai pembaca untuk turut serta dengan apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dialami oleh sang penyair tersebut.

Gaya Bahasa

Maksud dari gaya bahasa adalah cara dalam penggunaan bahasa yang memberikan efek hidup atau meningkatkan dampak atau konotasi tertentu dengan bahasa yang figuratif. Dan hal ini biasanya menyebabkan puisi menjadi prismatis alias menjadi kaya akan makna.

Gaya bahasa sendiri biasanya disebut dengan majas dan tersusu dari 18 tipe majas, diantaranya adalah majas personifikasi, ironi, metafora, alusio, satire, dan masih banyak lagi jenis majas yang lainnya.

Rima/Irama

Rima atau Irama biasanya diartikan sebagai pergantian nada atau suara sang pembaca puisi yaitu dari keras ke lembut, lambat ke cepat, panjang ke pendek atau juga dari nada tinggi ke nada rendah dalam setiap pengucapan kata kata yang tertulis pada Puisi.

Biasanya Irama ini digunakan oleh pembaca untuk menambahkan keindahan pada puisi yang sedang dibaca sehingga nilai yang keluar dari pembacaan puisi tersebut menjadi lebih baik dan indah. Di dalam penggunaannya biasa irama akan mempengaruhi ketertarikan pembaca ataupun pendengar terhadap puisi itu sendiri.

Struktur Unsur Batin Puisi

Kedua, struktur yang membentuk unsur sebuah puisi adalah unsur batin. Dimana unsur ini diambil dari dalam hati baik itu pembaca ataupun pendengar. Beberapa contoh penyusun dari unsur batin Puisi adalah tema atau makna, rasa, nada, dan amanah. Lebih jelas mengenai hal tersebut terangkum dibawah ini.

Tema atau Makna

Tema atau Makna adalah arti tersirat yang menjadikan puisi tersebut memiliki kesan dan arti mendalam bagi penciptanya ataupun pembacanya. Ini dikarenakan puisi adalah sebuah bahasa yang harus memiliki makna di tiap kata, baris, bait, dan juga di setiap keseluruhan puisi tersebut.

Rasa atau Feeling

Rasa atau Feeling adalah sebuah sikap dari penyair tentang pokok permasalahan yang berada di dalam puisinya. Rasa sangat berhubungan sekali dengan tema dan biasanya berkaitan erat dengan kondisi sosial dan juga psikologi penyair tersebut.

Kedalaman makna dari ungkapan tema dan rasa tidak tergantung dari penyair dalam memilih kata, rima, gaya bahasa, dan bentuk puisinya saja. Tetapi juga tercipta dari sebuah wawasan, pengetahuan, kepribadian, dan juga pengalaman yang dimiliki oleh sang penyair.

Nada atau Tone

Nada atau tone merupakan suara dan sikap yang diungkapkan oleh penyair kepada pembacanya. Nada ini biasanya berhubungan dengan tema dan juga rasa.

Dan dalam contoh penyampaiannya, misalnya penyair akan menggunakan nada yang bersifat menggurui, mendikte, dan bekerjasama dengan pembaca untuk memecahkan dan memecahkan masalah terhadap pembaca dengan nada yang tinggi untuk menciptakan kesombongan, dll.

READ  Kumpulan Terlengkap Puisi Pendek Karya Chairil Anwar dari Karya Terbaik

Amanah atau Intention

Amanah adalah sebuah atau beberapa pesan yang terkandung di dalam puisi dan disampaikan kepada pembaca oleh penyair. Dan biasanya pesan-pesan ini diungkapkan oleh penyair dengan kata-kata yang rumit dan ungkapan yang tersembunyi.


Jenis Jenis Puisi


pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi
Doc. Pribadi

Puisi dibedakan pada awalnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Dua jenis ini untuk terjadi karena beralihkan jaman dan juga untuk membedakan gaya penulisan , makna yang terkandung, dan juga penulisnya.

Berikut selengkapnya tentang jenis-jenis puisi :

Puisi Lama

membaca puisi lama
Via image.google.co.id

Disebut juga sebagai puisi terikat karena puisi ini masih terikat dengan aturan-aturan tertentu. Puisi lama ini diciptakan sebelum adanya pujangga baru yang sekarang tidak terikat dengan atura-aturan tertentu.

Aturan-aturan tersebut diantaranya adalah :

  • Irama
  • Persajakan (rima)
  • Jumlah baris dalam 1 bait
  • Jumlah kata dalam 1 baris
  • Banyak suku kata di tiap baris

Biasanya Puisi Lama mempunyai ciri-ciri yang khas yang membuatnya mudah dikenali, yaitu :

  • Tak pernah diketahui nama pengarang dari puisi tersebut.
  • Penyampaiannya biasanya hasil dari mulut ke mulut, sehingga menjadi jenis sastra lisan.
  • Mempunyai keterikatan terhadap aturan-aturan misalnya mengenai jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata ataupun rima.

Itulah arti dan ciri-ciri yang bisa kita ketahui dari jenis Puisi lama. Sedangkan puisi lama ini terbagi menjadi beberapa jenis turunan lagi. Diantaranya adalah :

Jenis Puisi Lama : Pantun

Pantun adalah salah satu diantara puisi lama. Pantun mempunyai ciri – ciri sebagai berikut

  • Satu bait terbagi dalam empat baris.
  • Baris pertama serta baris ke-2 adalah sampiran.
  • Satu baris terbagi dalam delapan s/d dua belas suku kata.
  • Bersajak a – b – a – b.
  • Baris ketiga serta baris ke empat adalah isi.

Pembagian pantun jika berdasarkan pada isi, dapat dibedakan menjadi :

  • Pantun anak muda. Adalah satu diantara jenis pantun yang berisikan mengenai nasib dagang, perjumpaan, perpisahan, asmara, serta iba hati.
  • Pantun anak – anak. Adalah satu diantara jenis pantun yang berisikan mengenai perasaan yang senang atau suka ria.
  • Pantun Agama/Nasihat
  • Pantun Jenaka

Untuk ulasan tentang pantun secara lengkap, saya telah menuliskan baik itu tentang penulisan, ciri, macam, contoh, dan kaidah penulisan syair. Untuk menuju ke laman tersebut silahkan klik Pengertian Pantun Lengkap.

Baca Juga : Contoh-contoh Pantun Nasehat

Jenis Puisi Lama : Syair

Syair adalah jenis puisi lama yang berasal dari daerah Arab.

Ciri – ciri yang terdapat pada syair adalah sebagai berikut :

  • Satu baris ada delapan s/d dua belas suku kata.
  • Satu bait terbagi dalam empat baris.
  • Bersajak a – a – a – a.
  • Baris pertama s/d baris ke empat adalah isi.

Untuk ulasan lebih lengkap mengenai Syair, saya telah menuliskannya baik itu tentang Pengertian, ciri, macam-macam dan contoh syair. Kamu bisa menuju ke halaman tentang Pengertian dan Contoh Syair Lengkap.

Jenis Puisi Lama : Karima

Karima atau biasa disebut pantun kilat.

Karima mempunyai ciri –ciri seperti berikut.

  • Baris pertama adalah sampiran.
  • Baris ke-2 adalah isi.
  • Ada dua bari dalam satu bait.
  • Sajak a – a.

Jenis Puisi Lama : Gurindam

Gurindam merupakan tipe puisi lama yang datang dari daerah Tamil atau negara India.

Ciri –ciri dari gurindam adalah sebagai berikut :

  • Baris pertama adalah sampiran.
  • Baris ke-2 adalah isi.
  • Puisi ini berisikan mengenai nasehat.
  • Mempunyai sajak a – a
  • Ada jalinan kausal pada baris satu serta baris dua.
  • Satu bait terbagi dalam dua baris.

Itulah beberapa pengertian singkat tentang Puisi Lama beserta beberapa macam atau jenis puisi lama yang pernah tercipta dan tersebar luas di lingkungan masyarakat.

Puisi Baru

pengertian puisi, makna puisi, unsur puisi, macam-macam puisi
Via lahiya.com

Puisi baru adalah puisi yang tidak terikat sama sekali dengan aturan-aturan yang ada pada puisi lama. Biasanya ini disebut dengan puisi modern. Puisi ini mulai terlihat dengan adanya pujangga pujangga baru. Dan mulai terkenal pada tahun 1945.

Saat itu itu Chairil Anwar adalah pelopor dari lahirnya puisi baru ini. Lahirnya puisi baru terjadi karena diakibatkan oleh semangat para pujangga dalam mencari kebebasan dalam berbicara. Dan kebebasan tersebut tak terikat pada pola – pola estetika yang kaku atau aturan yang membelenggu diri seseorang penyair dalam bicara.

READ  7 Contoh Teks Pidato Singkat dan Padat Bahasa Jawa Krama (Sesorah)

Jika didasarkan terhadap bentuknya, puisi baru terbagi menjadi beberapa tipe diantaranya adalah,

  • Tersina yang terbagi dalam tiga baris dalam tiap-tiap satu bait.
  • Kuatren yang terbagi dalam empat baris dalam tiap-tiap satu bait.
  • Kuin yang terbagi dalam lima baris dalam tiap-tiap satu bait.
  • Distikon yang terbagi dalam dua baris untuk tiap-tiap satu bait serta biasanya bersajak sama.
  • Soneta yang terbagi dalam sembilan baris untuk tiap-tiap satu bait.
  • Septima yang terbagi dalam tujuh baris dalam tiap-tiap satu bait.
  • Oktaf yang terbagi dalam atas delapan baris dalam tiap-tiap satu bait.
  • Sektet yang terbagi dalam enam baris dalam tiap-tiap satu bait.

Dan jika didasarkan terhadap isi kandungannya, puisi baru terbagi menjadi beberapa diantaranya,

Puisi Baru : Balada

Balada adalah puisi yang berisi kisah atau cerita. Puisi jenis ini terdiri atas tiga (3) bait, yang setiap delapan (8) larik dengan skema rima a-b-a-b-b-c-c-b. Lalu skema berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. Larik terakhir dalam bait pertama digunakan sebagai refren pada bait-bait berikutnya. Contohnya pada puisi karya Sapardi Damono berjudul “Balada Matinya Seorang Pemberontak”.

Puisi Baru : Himne

Himme adalah puisi pujaan kepada Tuhan, tanah air, atau pahlawan. Ciri-ciri himne adalah lagu pujian yang menghormati seorang dewa, tuhan, pahlawan, tanah air, almamater (pemandu di Dunia Sastra). Semakin berkembangnya zaman, arti himne berubah yang mana pengertian himne sekarang adalah sebagai puisi yang dinyanyikan, berisi pujian terhadap yang dihormati seperti guru, pahlawan, dewa, tuhan yang bernapaskan ketuhanan.

Puisi Baru : Romansa

Romansa adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih. Arti romansa berarti keindahan perasaan; persoalan kasih sayang, rindu dendam, serta kasih mesra (perancis “Romantique).

Puisi Baru : Ode

Orde adalah puisi yang berisi sanjungan untuk orang yang telah berjasa. Nada dan gayanya sangat resmi (metrumnya ketat), bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.

Jenis Puisi Baru : Epigram

Epigram adalah puisi yang berisi tuntunan atau ajaran hidup. Epigram berarti unsur pengajaran; didaktik; nasihat membawa ke arah kebenaran untuk dijadikan pedoman, ikhtibar; ada teladan.

Jenis Puisi Baru : Elegi

Elegi adalah puisi yang berisi rata tangis atau kesedihan yang berisi sajak atau lagu dengan mengungkapkan rasa duka atau keluh kesah karena sedih atau rindu, terutama karena kematian/kepergian seseorang.

Jenis Puisi Baru : Satire

Satire adalah puisi yang berisi sindira/kritik. Istilah berisi bahasa latin Sature yang berarti sindiran; kejaman tajam terhadap sesuatu fenomena; tidak puasa hati satu golongan (ke atas pemimpin yang pura-pura, rasuah, zalim, dsb).

Kumpulan Contoh Puisi

Setelah kita belajar tentang beberapa pengertian puisi secara lengkap diatas. Saya akan membagikan beberapa kumpulan contoh puisi pilihan yang paling sering dicari pembaca dan bisa untuk referensi kamu dalam membuat puisi. Kumpulan puisi tersebut tersaji di daftar halaman di bawah ini. Selamat menikmati.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh puisi yang telah tertulis dan terupdate di blog ini. Kalian bisa mencarinya di kolom search atau di halaman “Bahasa dan Sastra”.

Itulah pengertian dari puisi dan juga ciri-ciri, jenis, dan unsur yang menyusun sebuah puisi. Semoga bisa membantu kalian yang tertarik dalam dunia sastra untuk mengembangkan bakat. Jangan lupa untuk berbakti kepada negara.

Semoga artikel tentang Pengertian puisi beserta ciri-ciri, jenis, dan unsur yang terdapat pada puisi yang saya tulis bisa bermanfaat kawan.

9 thoughts on “Pengertian Puisi beserta Ciri-ciri, Jenis, Unsur dan Struktur Puisi Update

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: