pengertian hutan dan kehutanan

Pengertian dan Definisi Hutan dan Kehutanan Disertai Pendapat para Ahli

Pengertian Hutan – Salah satu jenis lingkungan hidup yang harus kita lestarikan keberadaannya adalah hutan. Hutan adalah lingkungan yang sangat penting keberadaannya dikarenakan manfaatnya yang banyak seperti menampung air, tempat tinggal alami, dan lain-lain.

pengertian definisi hutan dan kehutanan dengan contoh jenis jenis hutan
Via gettyimages.com

Hutan juga memiliki banyak jenisnya, dimana jenis hutan tersebut terbagi menjadi tiga bagian yang dibedakan tergantung komposisi jenis pohon, letak geografis hutan tersebut, dan juga iklim yang berpengaruh di kawasan hutan tersebut.

Lalu kita juga mendengar istilah kehutanan sebagai suatu dasar untuk mengerti tentang hutan. Sebenarnya, apa sih arti dari hutan dan kehutanan itu sendiri? Berikut ini akan saya bahas mengenai pengertian dan definisi lengkap tentang hutan dan kehutanan beserta manfaatnya.

Pengertian Hutan

Hutan mempunyai bahasa latin bernama sylva, sylvi, atau sylvo yang dapat diartikan sebagai tempat yang mempunyai luas setidaknya lebih dari ¼ hektar yang berisi begitu banyak pohon yang tumbuh, disertai unsur biotik ataupun non biotik yang memiliki ketergantungan satu sama lain.

Pengertian Kehutanan

Sedangkan kehutanan adalah sebagai sistem kepengurusan yang ada hubungannya dengan masalah hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan yang terselenggara secara terstruktur untuk keberlangsungan kehidupan di hutan.

pengertian definisi hutan dan kehutanan dengan contoh jenis jenis hutan
Via MediumMinda.blogspot.com

Jadi antara hutan dan juga kehutanan ada perbedaan dimana hutan adalah sebuah tempat yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon di suatu tempat yang cukup luas dengan berbagai unsur biotik dan anbiotik, sebagai habitat alami hewan dan tumbuhan, dan salah satu aspek penting penyusun lingkungan hidup.

Sedangkan kehutanan adalah ilmu yang membahas tentang berbagai hal berkaitan dengan hutan, baik itu pembangunan hutan, pengelolaan hutan, pelestarian dan pengonservasian hutan agar bisa digunakan secara berkelanjutan.

READ  Pemanasan Global (Pengertian, Dampak, Penyebab, Proses Terjadi, dan Cara Mengatasi Pemanasan Global)

Pengertian Hutan secara Umum

Secara umum, hutan adalah suatu tempat yang mempunyai berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan yang lebat diantaranya adalah pohon, rumput, semak, jamur, paku-pakuan, dan lain sebagainya yang menempati daerah yang sangat luas.

Fungsi hutan pada umumnya adalah sebagai tempat habitat hewan ataupun tumbuhan, tempat daur ulang kembali zat karbon dioksida (carbon dioxide sink), modulator arus hidrologika, dan tempat pelestarian tanah terbaik serta hutan adalah salah satu unsur lingkungan hidup yang paling penting.

Hutan sendiri tersebar di seluruh dunia dan hampir setiap negara memilikinya. Apalagi setelah ditentukan bahwa setiap negara wajib untuk ikut serta dalam menurunkan emisi gas buang.

Hutan bisa ditemukan hampir di setiap tempat. Baik itu di daerah beriklim tropis sampai beriklim dingin, di dataran rendah sampai pegunungan, dan di pulau yang kecil sampai benua yang besar.


Pengertian Hutan menurut para Ahli


pengertian definisi hutan dan kehutanan dengan contoh jenis jenis hutan
Via paper4pc.com

Selain pengertian tentang hutan yang telah dibahas diatas, ada juga beberapa pengertian hutan yang diungkapkan oleh para ahli, baik itu penyampaian secara individu maupun penyampaian secara komunitas. Berikut ulasannya :

Dengler

Hutan adalah suatu kumpulan pohon=pohon yang rapat dan menutup areal cukup luas sehingga dapat membentuk iklim mikro yang kondisi ekologisnya sangat khas dan berbeda dengan areal luarnya.

Spurr

Hutan adalah persekutuan antara tumbuhan dan hewan dalam suatu asosiasi biotis. Asosiasi ini bersama lingkungannya membentuk sistem ekologis, organism di dalamnya saling berpengaruh dalam suatu siklus energi yang kompleks.

Para Ahli Silvikultur

Hutan adalah suatu asosiasi dari tumbuh-tumbuhan yang sebagian besar terdiri atas pohon-pohon berkayu yang mempunyai area luas.

Ahli Ekologi

Hutan adalah suatu masyarakat tumbuh-tumbuhan yang mempunyai keadaan lingkungan berbeda dari lingkungan di sekitarnya.

Menurut Ahli Kehutanan, hutan adalah komunitas biologi yang didominasi oleh pepohonan tanaman keras.


Definisi Hutan menurut Undang Undang


Pengertian dan definisi hutan dan kehutanan
Via wikidpr.org

Di dalam negara Indonesia ini, ada empat Undang-undang tentang Hutan dan Kehutanan yang telah disusun oleh pemerintah. Diantaranya adalah :

READ  Cara Tepat Merawat Kucing Kampung agar Gemuk dan Tetap Sehat

Tentang Kehutanan

Undang-undang Republik Indonesia No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan

“Hutan adalah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.”

Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem

Undang-undang Nomer 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya

“Taman hutan raya adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau buatan, jenis asli dan atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.”

Tentang Kehutanan Menjadi Undang-Undang

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2004 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan Menjadi Undang-Undang.

Tentang Kelestarian Hutan

Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Secara sederhana, di dalam ilmu kehutanan hutan diartikan sebagai suatu kumpulan biologi yang di dominasi oleh pepohonan dan tanaman besar. Bila dilihat secara umum, negara kita Indonesia membagi hutan menjadi dua sisi yaitu status hutan dan fungsinya.

Jika melihat dari status, akan diketahui pemilik dari suatu daerah hutan yang ada. Dan jika kita melihat dari fungsi hutan yang ada. Fungsi hutan ini akan dikenali sesuai dengan bagaimana hutan itu dikelolanya.


Fungsi dan Manfaat Hutan


Berbicara tentang manfaat, hutan adalah salah satu unsur lingkungan hidup alami yang sangat penting yang harus selalu kita lestarikan keberadaannya. Sebuah ekosistem yang tercipta dari kumpulan pohon, jasad renik, tanah, hewan, dan lingkungan yang mempunyai fungsi yang lebih dari sekedar paru-paru dunia.

manfaat hutan, pengertian hutan
Via libregraphics.asia

Berikut ini adalah fungsi dan manfaat dari hutan secara sekilas yang harus kita ketahui :

  • Sebagai sumber kayu dalam proses industry
  • Penjaga keseimbangan sistem lingkungan hidup
  • Sebagai tempat penelitian untuk kemajuan manusia.
  • Sebagai penjaga kualitas tanah.
  • Sebagai sumber penghasilan bagi penduduk sekitar.
READ  13 Fungsi dan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia dan Makhluk Hidup Lain

Dan masih banyak lagi fungsi dan manfaat hutan yang bisa kita lihat dan rasakan di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang saya tulis di studi kasus sebelumnya tentang Manfaat dan Fungsi Hutan Bagi Kehidupan.


Jenis Jenis Hutan


Jenis jenis hutan terbagi menjadi banyak jenis. Ini bisa dilihat dan ditentukan asal muasalnya, cara tumbuh kembali, susunan pepohonan, umur pohon, letak geografis, sifat musim, ketinggian tempat, keadaan tanah, jenis pohon, sifat pembuatan, dan berdasarkan tujuan pengelolaannya.

Tetapi di dalam penerapan kehidupan sehari-hari, beberapa faktor berbeda yang menghasilkan jenis hutan tersebut terkadang bergabung menjadi satu dan menjadi sifat yang khas. Misalnya saja hutan tropis dataran rendah atau hutan winatani yang merupakan campuran dari hutan dan tanaman pertanian.

Jenis Hutan ditinjau dari Jenis Pohon

  • Hutan Murni atau Hutan Homogen
  • Hutan Campuran atau Hutan Heterogen
  • Hutan Perdu
  • Hutan Savana

Jenis Hutan ditinjau dari Letak dan Tempat

  • Hutan Pantai
  • Hutan Dataran Rendah
  • Hutan Dataran Tinggi
  • Hutan Pegunungan
  • Hutan Boreal
  • Hutan Ripari

Jenis Hutan ditinjau dari Iklim Tempat Tumbuhan

  • Hutan Hujan
  • Hutan Musim
  • Hutan Beriklim Sedang
  • Hutan Tropis

Jenis Hutan ditinjau dari Keadaan Tanah

  • Hutan Tanah Kering
  • Hutan Gambut
  • Hutan Rawa
  • Hutan Mangrove atau Hutan Bakau

Itulah jenis-jenis hujan yang tersebar di dunia ini dan sudah dikelompokkan sesuai kondisi lingkungan hidup yang menyertainya. Di Indonesia sendiri ada 7 macam jenis hutan yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Begitu banyak pengertian, definisi, manfaat, dan jenis dari hutan yang bisa kita ambil sebagai bagian dari ilmu pengetahuan kita. Agar kita bisa mengenali alam ini, dan ikut aktif dalam andil pelestarian alam. Semoga artikel ini bermanfaat.

2 thoughts on “Pengertian dan Definisi Hutan dan Kehutanan Disertai Pendapat para Ahli

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: