macam macam bencana alam di dunia

10 Macam Bencana Alam di Indonesia dan Dunia beserta Pengertian dan Penjelasannya

Pengertian Macam Macam Bencana Alam di Dunia dan Penjelasannya – Tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup di bumi ini tidak terlepas dari yang namanya bencana, baik itu bencana alam ataupun bencana buatan. Dan bagaimanapun bentuk bencana tersebut, itu sangat merugikan aktivitas manusia dan segala makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Mungkin kita sudah banyak mengembangkan beberapa teknologi untuk mengantisipasi tentang terjadinya bencana alam. Namun tetap saja itu tidak sepenuhnya bisa untuk mencegah bencana alam tersebut terjadi.

Kita hanya bisa memprediksi bencana alam yang mungkin akan terjadi di waktu kedepan atau melihat statistic atau data yang diakibatkan dari terjadinya bencana alam tersebut. Itu pun tak sepenuhnya benar karena keterbatasn kita sebagai manusia yang hanya tergantung dengan alat teknologi tersebut. Lalu apakah bencana alam itu?

Pengertian Bencana Alam

macam macam bencana alam di dunia
herman-salim.blogspot.com

Bencana sendiri mempunyai arti tentang peristiwa atau rangkaian peristiwa yang bisa mengancam serta mengganggu keberlangsungan kehidupan makhluk hidup baik itu manusia, hewan, tumbuhan yang tinggal di lingkungan tempat terjadinya bencana alam tersebut.

Biasanya itu disebabkan oleh faktor alam ataupun faktor manusia yang mana bisa menyebabkan kerusakan, korban jiwa, kemunduran teknologi, hilangnya harta benda, ataupun rusaknya lingkungan dan terganggunya unsur psikologis terhadap makhluk yang terkena dampak bencana alam.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Bencana Alam Adalah bencana yang terjadi diakibatkan oleh sebuah peristiwa ataupun rangkaian peristiwa alam yang menyebabkan kerusakan ataupun kemunduran di suatu lingkungan tertentu.

Jenis-Jenis Bencana Alam

jenis-jenis bencana alam di dunia
imgur.net

Bencana alam mempunya tiga jenis yang dibagi secara umum. Ini untuk memudahkan para ahli lingkungan dalam mengelompokkan dan menanggulangi bencana alam yang terjadi. Yaitu diantaranya adalah bencana alam Geologi, bencana alam Meteorologi, dan juga bencana alam Ekstra-Terestial.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak ulasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Jenis Bencana Alam Geologi

dampak dari jenis bencana alam geologi
pixabay.com

Yang pertama adalah bencana alam Geologi dimana bencana alam ini adalah jenis bencana alam yang paling sering kita jumpai di sekitar kita. Bencana alam ini umumnya terjadi diatas permukaan bumi seperti misalnya Gempa Bumi, Tsunami, Tanah Longsor, dan Gunung Meletus.

Contohnya saja beberapa bencana Geologi yang pernah terjadi di Indonesia adalah Tsunami Aceh, Gempa Bumi Pidie Jaya, Gunung Krakatau meletus, dan sebagainya.

Jenis Bencana Alam Meteorologi

dampak dari jenis bencana alam meteorologi
imgur.net

Selanjutnya adalah bencana alam Meteorologi, bencana ini biasanya terjadi dikarenakan perubahan akan iklim yang tidak menentu atau secara tiba-tiba. Dan biasanya terjadi pada beberapa tempat yang khusus saja yang mempunyai lingkungan yang mendukung.

Contoh dari bencana alam meteorologi beberapa diantaranya adalah terjadinya kekeringan atau kebanjiran di beberapa daerah dimana biasanya disebabkan kurangnya atau bahkan lebihnya defisit hujan pada suatu daerah.

Dan pada akhir-akhir ini, bencana alam meteorologi yang paling dikhawatirkan terjadi pada suatu daerah adalah terjadinya pemanasan global atau tembusnya lapisan ozon dimana ini diakibatkan karena habisnya komposisi oksigen pada suatu lingkungan.

Jenis Bencana Alam Ekstra-Terestial

bencana alam ekstra terestial di dunia dan indonesia
masirul.com

Jenis bencana alam yang terakhir adalah bencana alam Ekstra Terestial. Jenis bencana alam ini jarang terjadi dan biasanya akan bisa diprediksi jauh-jauh hari kejadiannya. Ini dikarenakan bencana alam ekstra terestial merupakan bencana yang diakibatkan oleh benda-benda luar angkasa.

READ  Cara Tepat Merawat Kucing Kampung agar Gemuk dan Tetap Sehat

Seperti misalnya tabrakan antar meteor, masuknya meteor ke lapisan ozon yang dimiliki bumi atau terjadinya badai matahari. Selama lapisan ozon kita masih tinggi, bencana jenis ini masih bisa dikategorikan jenis bencana sedang.

Itu dikarenakan walaupun terjadinya jauh dari tempat kita berada, dampak yang ditimbulkan bisa mencapai bumi. Contohnya seperti yang diakibatkan oleh terjadinya badai matahari dimana pada saat itu alat elektronik kita yang memanfaatkan data cloud akan terganggu kinerjanya.

10 Macam Macam Bencana Alam di Indonesia dan Dunia beserta Dampak dan Penjelasannya bagi Kehidupan

Nah, berikut ini adalah 10 daftar bencana alam yang terjadi di Indonesia dan Dunia yang perlu kamu tahu baik itu penyebab bencana dan dampak atau akibat yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup di sekitar kita. Selengkapnya sebagai berikut

1. Bencana Alam Banjir

bencana alam banjir di indonesia dan dunia
riaubook.com

Bencana alam pertama dan yang paling sering kita temukan adalah bencana alam Banjir. Bencana ala mini biasanya diakibatkan oleh curah hujan yang sangat tinggi pada suatu daerah namun tidak diimbangi oleh saluran pembuangan air yang cukup memadai. Sehingga air hujan yang turun meluap dan merendam lingkungan tersebut hingga mencakup wilayah yang cukup luas.

Selain itu, banjir juga bisa terjadi dikarenakan jebolnya tanggul atau meluapnya air sungai dikarenakan debit air yang tiba-tiba banyak sehingga sungai atau tanggul tidak sanggup lagi menampung air yang datang.

Penyebab banjir lainnya juga bisa diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggungjawab seperti mereka yang membuang sampah di sembarang tempat, membuang ke sungai atau ke saluran air sehingga aliran tersumbat, atau menebang pohon secara liar sehingga daerah resapan air menjadi berkurang.

2. Bencana Alam Tanah Longsor

macam bencana tanah longsor dan dampak yang ditimbulkan
imgur.net

Bencana alam kedua adalah tanah longsor. Tanah longsor adalah sebuah bencana yang penyebab bencana alamnya adalah dikarenakan pergerakan tanah atau masa batuan yang sangat besar dan terjadi pada suatu lingkungan dengan berbagai tipe dan juga jenis dari kandungan tanah tersebut.

Kejadian tanah longsor ini biasanya disebabkan oleh dua faktor yaitu diantaranya adalah faktor pendorong yang merupakan faktor yang dipengaruhi oleh kondisi material dari keadaan tanah di lingkungan itu sendiri. Contohnya tanah yang kurang tanaman disekitarnya.

Dan faktor kedua adalah faktor pemicu dimana ini adalah faktor luar yang mendukung untuk terjadinya tanah longsor atau pergerakan tanah pada suatu lingkungan.Contohnya adalah angin yang sangat kencang atau air hujan yang menetes dengan deras pada permukaan yang telah didukung faktor pertama.

Misalnya pada suatu daerah yang tandus dan gersang, didukung pula permukaan tanahnya yang berbukit. Lalu turunlah hujan yang sangat lebat. Permukaan tanah yang kurang rapat lama kelamaan akan terpecah dan terbawah arus air sehingga terjadilah tanah longsor.

Untuk itulah betapa pentingnya kita merawat dan melestarikan tanaman serta membuang sampah pada tempatnya. Karena dengan adanya tanaman tersebut berguna dalam menahan tanah agar tidak mudah longsor terutama saat musim hujan tiba.

3. Bencana Alam Kebakaran Hutan

contoh bencana alam kebakaran hutan
pixabay.com

Kebakaran hutan adalah salah satu jenis bencana alam dimana penyebab bencana adalah faktor api yang memberikan pengaruh terhadap hutan baik itu dari ketidaksengajaan (faktor alam) ataupun pengaruh dari manusia yang kurang bertanggung jawab.

Kebakaran hutan juga merupakan jenis bencana yang sangat sulit penanggulangannya. Apalagi jika sudah membesar, karena memadamkan api di sebuah lahan penuh tanaman yang mudah terbakar begitu sulit diakibatkan luasnya serta jauhnya hutan dari daerah penanggulangan bencana.

Kebakaran hutan bisa terjadi diakibatkan dua faktor. Pertama adalah faktor alam yang biasanya diakibatkan oleh petir yang menyambar ataupun gesekan antar tanaman di musim kemarau yang sangat panas.

Faktor kedua adalah faktor dari ulah manusia yang tidak bertanggungjawab, Yaitu mereka manusia yang ingin membuka lahan hutan tanpa harus bersusah payah tetapi tidak memperhitungkan sebab akibat yang terjadi dari bencana kebakaran hutan tersebut.

Akibat yang ditimbulkan dari kebakaran hutan adalah polusi asap yang sangat tinggi. Asap yang sangat tebal akan mengganggu pernafasan bahkan bisa sampai merusak sistem pernafasan kita.

READ  Gempa Bumi Terbaru Guncang Pidie Jaya Aceh 6,4 SR

4. Bencana Alam Gempa Bumi

akibat bencana alam gempa bumi
imgur.net

Gempa bumi merupakan salah satu macam bencana yang diakibatkan oleh getaran yang terjadi di permukaan bumi dimana penyebab bencana ala mini adalah terlepasnya energi dari dalam bumi yang tiba-tiba dan menciptakan gelombang seismik. Biasanya gelombang ini terjadi dikarenakan bergesernya kerak atau lempengan bumi.

Gempa merupakan salah satu bencana yang sangat berbahaya karena tidak mudah untuk diperkirakan. Namun tempat terjadinya hanya berada di tempat-tempat tertentu saja, yaitu di daerah yang terlewati patahan lempeng bumi dan sekitarnya.

Biasanya untuk mengetahui kekuatan gempa bumi yang terjadi, kita mengukurnya dengan alat yang dinamakan Seismometer. Dan skala yang paling umum digunakan adalah skala ritcher (SR) dengan batas maksimal getaran mencapai 5 SR untuk getaran kondisi aman.

5. Bencana Alam Tsunami

bencana alam tsunami di jepang
imgur.net

Tsunami berasal dari bahasa Jepang dimana Tsu yang mempunyai arti Pelabuhan dan Nami yang mempunyai arti gelombang. Dan jika digabungkan, Tsunami adalah sebuah gelombang yang datang dari arah pelabuhan.

Pengertian dari Tsunami  sendiri adalah perpindahan air laut yang sangat besar disebabkan karena perubahan dari permukaan air laut secara vertikal serta mendadak ke arah daratan. Biasanya masyarakat menyebutnya sebagai “ombak besar di pelabuhan”.

Ombak laut yang sangat besar itu terjadi diakibatkan oleh beberapa faktor alam seperti gempa bumi di bawah laut, longsor di bawah laut, ledakan atau letusan gunung api bawah laut yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa kita prediksi.

6. Bencana Alam Kekeringan Air

pixabay.com

Bencana kekeringan merupakan salah satu macam bencana dimana suatu daerah atau lingkungan dalam keadaan kekurangan sumber air dalam waktu yang cukup lama sehingga air hujan pun akan sulit turun karena hujan yang seharusnya memanfaatkan air dari permukaan bumi tidak mendapatkan sumbernya.

Penyebab bencana alam ini biasanya terjadi pada daerah yang diakibatkan karena kekurangan defisit air hujan yang turun ke lingkungan tersebut. Namun kebutuhan air makhluk hidup yang hidup di lingkungan tersebut terus meningkat setiap harinya.

Selain itu, suhu panas yang perlahan menjadi sangat tinggi mengakibatkan penguapan berlebihan dan transpirasi. Dikarenakan hal ini, air yang dibutuhkan untuk menciptakan mendung dan hujan menjadi akan sulit untuk turun ke Bumi sehingga terjadilah kekeringan.

Bencana alam kekeringan ini sendiri beberapa kali terjadi di daerah Indonesia, terutama di tempat yang berupa padang savana atau agak jauh dari hutan hujan tropis. Dan di dunia, banyak negara-negara yang mengalami bencana kekeringan seperti misalnya beberapa negara di Benua Afrika yang daerahnya merupakan daerah gurun.

7. Bencana Alam Gunung Meletus

bencana alam gunung meletus di gunung merapi Indonesia
pixabay.com

Bencana di urutan nomer tujuh yang selanjutnya adalah bencana alam gunung meletus. Gunung meletus biasanya terjadi diakibatkan endapan magma yang tersimpan di perut  bumi terdorong keluar oleh gas yang memiliki tekanan tinggi.

Gunung meletus termasuk di dalam kategori bencana alam yang sangat besar dampak dan akibat yang ditinggalkannya dan lama juga kejadiannya. Itu karena meningkatnya aktivitas kandungan magma di dalam perut bumi sehingga secara bergantian akan keluar melalui gunung berapi yang sedang aktif tersebut.

Dampak yang diakibatkannya biasanya bisa merenggut banyak korban jiwa terutama manusia dan makhluk hidup lainnya yang tinggal di dekat gunung berapi yang meletus tersebut. Selain itu juga akan merusak lingkungan sekitarnya sehingga harus diperlukan lagi dari awal untuk pembangunan dan pelestarian lingkungan sekitar setelah gunung meletus mereda.

Namun, bencana gunung meletus ini dapat kita deteksi sesuai aktivitas magma yang berada di dalam perut bumi. Sehingga kita bisa mengantisipasi dengan memberikan peringatan lebih dini kepada masyarakat agar lebih dahulu mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Selain itu pula ada dampak positif yang ditimbulkan setelah gunung meletus terjadi. Yaitu diantaranya adalah tanah yang teraliri oleh lava dan menjadi kering setelah 1 sampai 2 bulan kemudian akan menjadi lebih subur karena kandungan unsur hara yang sangat tinggi dari debu dan material-material lava dari dalam bumi pada bencana alam gunung meletus tadi.

READ  Pemanasan Global (Pengertian, Dampak, Penyebab, Proses Terjadi, dan Cara Mengatasi Pemanasan Global)

8. Bencana Alam Pemanasan Global (Global Warming)

pixabay.com

Bencana alam selanjutnya yang layak diperhitungkan terutama pada dewasa ini adalah bencana alam karena efek pemanasan global atau biasa kita kenal dengan sebutan Global Warming. Global warming ini terjadi dikarenakan meningkatnya suhu rata-rata dari atmosfer bumi, daratan, serta suhu di lautan.

Hal ini biasanya terjadi diakibatkan mulai banyaknya rumah kaca yang dipakai, tingginya emisi atau gas buang, serta penggunaan teknologi yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan polusi udara berlebihan dan mengganggu susunan gas di Bumi kita ini.

9. Bencana Alam Angin Topan/Angin Putting Beliung

angin puting beliung akan memporakporandakan rumah di jalurnya
masirul.com

Bencana alam nomer sembilan yang bisa terjadi di lingkungan kita salah satunya adalah bencana alam angin topan atau biasa kita sebut angin puting beliung. Angin topan ini merupakan angin yang berputar dengan sangat cepat dan bergerak secara garis lurus mengikuti arah mata angin sebelumnya dimana biasanya durasi yang diperlukan sampai angin puting beliung reda sekitar 5 menitan.

Di beberapa tempat di Indonesia juga terkadang terjadi di beberapa tempat yaitu seperti tempat yang jauh dari keberadaan gunung atau di dataran rendah yang jauh dari perbukitan. Masyarakat kita menyebutnya angin lesus.

Angin puting beliung ini paling sering terjadi di dataran amerika terutama Amerika Serikat. Karena daerah di sana merupakan tempat yang sangat luas dan berupa padang savana atau hanya sekedar tanah gurun. Angin puting beliung di Amerika biasa dikenal dengan sebutan angin Tornado.

Karena keterbatasan teknologi di Indonesia, bencana alam angin puting beliung ini masih cukup sulit diprediksi. Terutama karena daerah di Indonesia yang sebenarnya rata-rata adalah pegunungan sehingga Pemerintah tidak cukup siaga untuk mencegah terjadinya bencana Angin Puting beliung ini.

Beda dengan Amerika yang memang daerahnya datar dan jarang ada perbukitan. Mereka siap siaga terhadap terjadinya bencana Angin Puting Beliung. Apalagi dengan didukung teknologi yang canggih yang selalu mereka kembangkan, ini membuat mereka bisa meminimalisir kerusakan dan jatuhnya korban akibat bencana alam angin topan tersebut.

10. Bencana Alam Badai Tropis

bencana alam badai tropis yang menyebabkan badai
imgur.net

Bencana Alam yang terakhir adalah bencana Alam Badai Tropis. Bencana alam ini jarang sekali terjadi. Kebalikan dari bencana alam angin puting beliung. Bencana alam ini biasanya terjadi dikarenakan berkumpulnya udara bertekanan rendah pada suatu wilayah.

Siklon tropis yang terjadi tersebut akan menciptakan pusaran angin sangat kencang dalam satu titik. Kecepatan angin di dalam badai tropis akan bisa mencapai kecepatan mencapai 128 km/jam. Dan biasanya akan merusak daerah sekitarnya sampai sejauh 250 mil dari titik pusat terjadinya badai tropis. Pada daerah sekitarnya juga akan diikuti oleh hujan lebat.

Dan karena badai tropis ini umumnya terjadi di perairan air laut, bencana ini juga akan menciptakan gelombang badai. Yaitu dimana akan naiknya air pada permukaan air laut di sepanjang lingkungan pantai tempat terjadinya badai tropis tersebut dengan pergerakan yang sangat cepat.

 

Nah, itulah macam macam bencana alam yang harus kita ketahui dan juga harus kita waspadai keberadaannya. Terlebih lagi kita juga harus belajar untuk bisa terhindar dan selamat saat bencana alam diatas terjadi diantara kita.

Semoga artikel tentang Pengertian dan Macam Macam Bencana Alam di Dunia dan Penjelasannya ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa berbagi dengan temanmu ya.

4 thoughts on “10 Macam Bencana Alam di Indonesia dan Dunia beserta Pengertian dan Penjelasannya

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: