Massa dan Berat (Pengertian, Tabel Perbedaan, dan Rumus Cara Mengukurnya)

Pengertian dan Perbedaan Massa dan Berat – Massa dan berat, dulu saat awal mengenal mereka di pelajaran ilmu Fisika. Sekilas saya rasa mereka sama, namun ternyata setelah ditelaah lebih dalam. Massa dan berat adalah dua hal yang berbeda. Teman-teman juga pasti bertanya bukan? Memang apa sih perbedaan antara Massa dan Berat tersebut?

Disini saya akan mengulas tentang pengertian dan perbedaan antara massa dan berat tersebut. Saya juga akan meringkasnya di dalam tabel agar kalian lebih mudah mengerti. Selain itu juga ada beberapa faktor penting terkait rumus dan alat pengukur berat dan massa juga akan saya ulas sebagai pelengkap pengetahuan buat sobat rindu semua.

Pengertian/Definisi Massa

pengertian massa
womansday.com

Pengertian atau definisi dari massa adalah salah satu besaran yang ditujukan untuk mengukur kelembaman yang dimiliki oleh sebuah benda atau untuk mengukur jumlah partikel yang dikandung oleh suatu zat.

Kelembaman atau inersia ini merupakan sebuah kecenderungan yang ada pada benda fisik untuk menolak perubahan yang ada pada keadaan geraknya. Dengan begitu, sebuah massa suatu benda akan selalu bersifat tetap, tidak akan berubah sedikitpun walau dimanapun benda tersebut berada.

Pengertian/Definisi Berat

pengertian berat
Instructables.com

Selanjutnya adalah pengertian dari berat. Pengertian atau definisi dari berat adalah sebuah besaran yang ditujukan untuk mengukur percepatan gravitasi di sebuah tempat yang mempengaruhi massa suatu benda. Dengan demikian, berat benda dapat berubah tergantung percepatan gravitasi yang ada pada suatu lingkungan tersebut.

READ  Pengertian Lingkungan Hidup (Unsur, Contoh, Kerusakan, dan Upaya Pelestarian Lingkungan)

Salah satu contohnya adalah berat suatu benda yang ada di bumi, akan berbeda hasil beratnya jika tersebut dibawah ke bulan. Hal tersebut dikarenakan percepatan gravitasi di bumi dan bulan tidak sama.

Perbedaan Massa dan Berat

Setelah kita mengerti tentang pengertian daripada massa dan berat. Kalian pasti sudah bisa memahami perbedaanya. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan lagi yang harus kita ketahui tentang massa dan berat ini agar penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari tidak menjadi salah.

Berikut ini akan saya ulas lebih spesifik mengenai perbedaan antara massa dan berat tersebut.

Perbedaan Pengertian pada Massa dan Berat

Seperti yang sudah saya ulas di atas. Pengertian dari massa dan berat sendiri sudah berbeda. Massa merupakan sebuah ukuran kelembaban dari suatu benda sedangkan berat merupakan ukuran dari gaya yang bekerja pada suatu benda.

Perbedaan Jenis Besaran pada Massa dan Berat

Hal yang paling mendasar dari perbedaan massa dan berat selanjutnya adalah pada perbedaan pada satuan pengukurannya. Seperti yang kita ketahui, massa merupakan salah satu besaran primer diantara besaran primer lainnya seperti panjang, waktu, suhu, kuat arus, jumlah zat, dan intensitas cahaya.

Sedangkan berat sudah termasuk besaran turunan dari 2 atau lebih besaran primer atau pokok. Adapun jika dari pengaruh benda pada suatu titik. Massa digolongkan menjadi besaran scalar sedangkan berat merupakan besaran vector yang ukurannya sangat dipengaruhi oleh arah.

Perbedaan Massa dan Berat pada Pengaruh Gaya Gravitasi

pengaruh gravitasi pada berat dan massa
levitate.com

Perbedaan selanjutnya antara massa dan berat adalah pada pengaruh gravitasi yang berdampak pada ukuran masing-masing suatu benda. Besar ukuran suatu massa tidak dipengaruhi sama sekali oleh gravitasi, namun besar ukuran berat sangat ditentukan oleh gravitasi dimana benda tersebut berada.

READ  Cara Tepat Merawat Kucing Kampung agar Gemuk dan Tetap Sehat

Perbedaan Massa dan Berat pada Alat Ukur yang Dipakai

alat pengukur massa
Neraca Ohaus. Via uchilusiamagda.blogspot.com

Seperti yang kita tahu bahwa besar ukuran sebuah massa tidak dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Berbeda dengan berat yang sangat berpengaruh terhadap gravitasi bumi. Maka dari itu alat untuk mengukur ukuran dari massa dan berat tersebut juga berbeda.

Untuk mengukur massa, biasanya digunakan alat yang bernama neraca Ohaus dan Neraca Tiga Kaki. Sementara untuk mengukur berat dari suatu benda, bisa menggunakan alat yang bernama neraca pegas yang paling sering kita temui dikehidupan sehari-hari.

Tabel Perbedaan Massa dan Berat

Berikut ini adalah sebuah ringkasan dari perbedaan antara massa dan berat yang sebelumnya saya ulas di dalam bentuk tabel.

Perbedaan Massa Berat
Pengertian/Definisi Merupakan ukuran kelembaman dari suatu benda/zat Merupakan ukuran gaya yang bekerja pada suatu benda/zat
Didasarkan dari Arah Termasuk besaran Skalar Termasuk besaran Vektor
Jenis Besaran Besaran Pokok Besaran Turunan
Dari Pengaruh Gravitasi Ukuran massa tidak terpengaruh Ukuran berat dapat terpengaruh
Alat Ukur Neraca Ohaus Neraca Pegas

Dengan tabel tersebut, perbedaan yang sebelumnya saya ulas menjadi lebih sederhana. Dengan begitu semoga dapat membantu teman-teman dalam memahami perbedaan antara massa dan gaya.

Rumus dan Cara Mengukur Berat dan Massa

Berikut ini adalah rumus untuk menghitung berat dan massa suatu benda.

w = m x g

Keterangan :

w = berat benda (N/Newton)

m = massa benda (kg/Kilogram)

g = percepatan gravitasi (m/s2 atau bisa N/kg)

Catatan :

  • Jika kamu menggunakan ukuran m sebagai ukuran, maka percepatan gravitasi yang didapat dari permukaan bumi adalah 9,8 m/s2.
  • Dan jika menggunakan kaki untuk percepatan gravitasi buminya menjadi 32,2 kaki/m2.
  • Kedua ukuran tersebut merupakan ukuran standar Internasional. Dan ukuran menggunakan satuan kaki adalah satuan yang telah disusun ulang untuk menggunakan meter.
READ  Air (Pengertian, Unsur, Jenis, Sifat, Manfaat bagi Kehidupan Makhluk Hidup)

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai pengertian dan perbedaan massa dan berat disertai dengan rumus dan cara mengukur massa dan berat. Semoga bisa membantu kamu dalam menambah pengetahuan umum. Semoga bermanfaat kawan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: