satelit di tata surya

Fakta Unik! Ternyata Planet ini Tidak Memiliki Satelit Loh

Planet yang Tidak Memiliki Satelit – Mungkin ada yang bertanya atau mencari jawaban. Adakah planet di tata surya kita ini yang tidak memiliki satelit? Jawabannya adalah ada.  Lalu apa sajakah planet tersebut?

Tata surya kita mempunyai delapan planet yang mengitari dan sebagian besar di daftar planet tersebut mempunyai planet kecil yang mengiringi yang dikenal dengan nama satelit. Bumi mempunyai satelit Bulan yang senantiasa menemaninya. Mars mempunyai satelit Phobos dan Deimos.

daftar nama satelit yang mengitari planet di tata surya
Via langitselatan.com

Jupiter si Planet Gas terbesar di Tata Surya mempunyai 67 satelit alam. Disusul Saturnus dengan cincin indahnya yang bisa nampak itu mempunyai 62 satelit. Planet Uranus serta Neptunus mempunyai satelit yang jumlahnya masing – masing 27 dan 14 buah.

Bahkan Planet kerdil yang dulu pernah dihapuskan daftar keberadaannya seperti Pluto dan Eris juga mempunyai pengiring. Dan dikatakan bahwa Pluto dulu pernah dihapuskan dari daftar planet. Pada tahun 2006 diklasifikasi ulang lagi sebagai planet, itu dikarenakan Pluto mempunyai 5 buah satelit.

Lalu, Planet Apakah yang Tidak Memiliki Satelit di Tata Surya Kita ini?

Dari seluruh planet yang ada di tata Surya kita ini, ada dua planet yang tidak mempunyai satelit yang mengiringinya. Yaitu Planet Merkurius dan Planet Venus.

Planet untuk mempunyai satelit terdapat tiga cara yaitu sebagai berikut :

proses pembentukan satelit
Via langitselatan.com

Cara pertama, jika kita mengambil para pendapat ahli alias para astronom, cara sebuah planet  untuk bisa memiliki planet adalah saat awal pembentukan Tata Surya planet tersebut tidak berhasil untuk mengikat materi yang diperlukan untuk membentuk sebuah planet utuh sehingga menyisakan massa yang cukup untuk menjadi sebuah satelit yang masih terikat dengan gravitasi planet yang baru saja terbentuk.

Cara kedua, Planet akan bisa mempunyai satelit dengan cara menangkap sebuah obyek di angkasa luar dalam hal ini misalnya asteroid atau komet. Dan kemudian objek tersebut terperangkap dalam pengaruh gravitasi Planet.

Salah satu contohnya adalah satelit Deimos dan Phobos yang merupakan asteroid hasil tangkapan  Planet Mars.

Cara Ketiga, Dan cara terakhir sebuah planet bisa memiliki satelit adalah lewat tabrakan antara planet dengan obyek lain, dimana sisa tumbukan yang terjadi kemudian terperangkap dalam gravitasi planet dan mulai mengorbit planet tersebut.

Ada yang meyakini bahwa, lewat tabrakan inilah Bumi kita memiliki satelit berupa Bulan. Diyakini Bumi pernah ditabrak sebuah obyek sebesar Mars pada beberapa milyar tahun lalu. Saat terjadi tumbukan ada materi yang terlontar dan terperangkap dalam gravitasi Bumi. Materi yang terlontar itu lalu bergabung dan membentuk satelit yang kemudian kita kenal dengan nama Bulan.

Apa penyebab Planet Ini Tidak mempunyai Satelit?

Planet Merkurius dan Venus tidak mempunyai planet dikarenakan jaraknya yang sangat dekat dengan matahari. Pada suatu saat mungkin mereka dahulu pernah mempunyai satelit yang mengelilinginya. Namun dikarenakan daya gravitasi yang sangat besar, dua planet ini tidak sanggup mempertahankan keberadaan satelit yang mereka miliki sehingga satelit yang mereka punya atau calon satelit yang akan mereka tangkap menjadi berbelok ke arah matahari dan hilang terlahap panasnya api matahari.

Selain itu, lagi-lagi gravitasi matahari yang begitu kuat sangat berpengaruh. Sebuah planet tentu akan mempunyai jarak antara posisi planet dan satelitnya. Namun untuk kedua planet ini, mereka terpengaruh oleh gravitasi matahari sehingga posisi keduanya saat mengorbit tidak stabil.

Hal ini memungkinkan bahwa mereka tidak akan bisa mempunyai planet karena bisa saja akan terjadi tabrakan antara keduanya atau antar kedua satelit yang mereka miliki.

Nah, itulah beberapa pendapat yang berhasil saya tulis dari beberapa sumber tentang planet yang tidak memiliki satelit di tata surya kita ini. Semoga dapat membantumu dalam meningkatkan pengetahuan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: