Rapat Dengan Subdit SD Kemendikbud

Ini adalah salah satu pengalamanku saat bekerja kemarin, sebelum berangkat ke Sintesa. Adalah dimana saat itu kami dan team sedang menyusun buku ”Karakter Budi Pekerti”, permintaan dari Sub Bagian Direktorat Sekolah Dasar di Kementrian ”kurang lebih seperti itu”.

news-liputan6-com-kantor-kemendikbud
Via news.liputan6.com

Teman-teman bagian penyusun dan tata layout dari tim kami sudah menyelesaikan bentuk kasar buku tersebut. Tinggal pihak direktorat melakukan evaluasi terhadap buku kami sebelum dilakukan penerbitan secara resmi oleh mereka.

Doc. Pribadi

Maka dari itu untuk menyelesaikan penyusunan buku tersebut, tim kami dan juga pihak Kemendikbud melakukan rapat final untuk penerbitan buku ini. Rapat ini diselenggarakan di salah satu hotel di Bogor selama tiga hari.

Keberangkatan Jakarta-Bogor

Sore itu setelah beberapa pekerjaan lain kami di kantor rampung semua. Kami mulai bersiap untuk berangkat menghadiri undangan rapat di Bogor. Kami segera mengunci semua pintu masuk ke kantor kami karena semua anggota kami yang berjumlah sebelas orang kala itu akan ikut semuanya.

Suasana di kantor. Doc. Pribadi

Bersama-sama kami pergi ke KRL terdekat untuk naik kereta bersama, stasiun Pasar Minggu Baru. Untuk menuju ke Bogor, memang lebih cepat dan hemat kami menggunakan Kereta Api, harganya cukup murah sekitar Rp. 4000 sekali perjalanan jauh maupun dekat.

stasiun bogor
Via bogor.tribunnews.com

Perjalanan menuju ke stasiun Bogor memakan waktu sekitar satu jam. Untungnya kami di dalam kereta bisa langsung mendapatkan tempat duduk. Membuat perjalanan terasa lebih cepat dan nyaman.

Sesampainya di stasiun Bogor, kami segera pegi ke terminal terdekat untuk menyewa angkutan umum yang ada di sana. Cara ini kami lakukan juga agar selain menghemat waktu juga agar kami tidak mudah terpisah. Jarak yang harus kami tempuh dari stasiun ke tempat rapat masih cukup jauh, sekitar satu jam perjalanan sehingga kami harus tetap bersama-sama.

READ  Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H

Daftar Isi

Kedatangan di Hotel Pertemuan

Satu jam setelah dari keberangkatan kami dari terminal tadi, akhirnya kami sampai di titik pertemuan. Tempat kami akan melakukan rapat adalah sebuah hotel di salah satu puncak Bogor, namanya adalah Agria Gino Feruci Bogor.

Via www.tripadvisor.co.id

Kami segera masuk dan mendaftarkan diri sebagai pemesan kamar di meja resepsionis. Sedangkan semua biaya yang harus ditanggung sudah diambil alih oleh pihak Direktorat sehingga kami cukup menikmati fasilitas ini dan mempresentasikan tentang hasil liputan kami yang sudah dirangkum kedalam sebuah Buku ”Budi Pekerti”.

Setelah semua telah mendaftarkan diri, kami menuju kamar masing-masing dengan kunci kamar di tangan. Satu kamar kita berisi masing-masing dua orang kala itu, jadi bisa saling mengingatkan antar sesama.

Setelah sampai kamar, segeralah aku menaruh barang bawaan dan menaruh ditempatnya. Dilanjutkan dengan mandi dan berganti baju. Bersiap untuk kegiatan selanjutnya, makan malam dan rapat pembukaan.

Makan di Hotel

Sebenarnya sama saja ya kalau soal makan. Namun tempatnya mungkin agak spesial bagiku karena ini juga pertama kalinya aku menginap di hotel. Hahaha.

Ruang makan di lantai dua ini menyajikan banyak jenis makanan dari mulai yang tradisional sampai masakan internasional. Walaupun itu hanya makanan yang umum sih. Dan juga di samping ruang kami, tepatnya ke arah luar yang bisa dilihat dari lantai dua ini ada satu kolam ikan yang dikelilingi oleh taman kecil.

Ya, walaupun ini hanya satu dua orang yang sedang berenang dan sebenarnya tidak bisa dijadikan pemandangan karena bukan muhrim. Tapi itu sudah cukup untuk menambah sensasi dan nafsu makanku untuk nambah dan nambah lagi. Mencoba menikmati setiap makanan yang ada.

READ  Catering Rahayu Milik Ibuku

Rapat dengan Direktur dan Orang-orang Penting Subdit SD

Mungkin ini adalah hal yang belum pernah aku bayangkan sebelumnya. Bekerja di sebuah instansi yang bergerak di bidang media, namun mempunyai hubungan dengan pihak Kementrian Pendidikan. Di mana salah satu momen yang menarik ya seperti saat rapat seperti ini.

Aku bisa berjumpa, berkumpul, dan mengetahui tentang bagaimana dunia pendidikan saat ini dan banyak lagi wawasan tentang dunia pendidikan dari ahlinya langsung. Menjadikan lebih banyak lagi ilmu pendidikan yang mana aku selama ini hanya membaca dari media. Namun sekarang, merekalah yang sekarang berbicara langsung di depanku.

Rapat kali ini kami membahas tentang Buku ”Budi Pekerti” yang sudah kami susun bukunya sebelum kami terbitkan ke hampir seluruh instansi pendidikan di Indonesia. Tentang 18 Sekolah teladan yang bisa menjadi contoh baik bidang prestasi sampai ke karakter murid yang harus menjadi contoh teladan bagi setiap sekolah SD nantinya.

Aku jadi tahu juga tentang bagaimana caranya menyusun buku yang benar, apa saja yang harus diperhatikan dalam penyusunan buku, desain tata letak yang harus diperhatikan pula, dan juga kandungan yang ada dalam buku ”Budi Pekerti” tersebut.

Rapat ini dilakukan selama dua hari dari mulai pembukaan, revisi buku, perbaikan, dan penutup pada malam esok harinya. Alhamdulillah kegiatannya lancar dan banyak yang bisa saya ambil walau saya hanya sebagai pelengkap saja saat itu alias tidak terlalu berperan banyak.

Kembali ke Jakarta

Di hari ketiga, kami mulai bersiap pulang. Namun sebelum itu kami menyempatkan untuk sarapan dulu. Selesai sarapan barulah kami mulai keluar dari hotel. Tak lupa juga kami memastikan kalau barang kami tidak ketinggalan di hotel.

READ  Hari Pertama di Gedung Pesantren Baru

Kami menaiki angkot yang kemarin kami pesan. Kebetulan memang Pak Bos dan supir taksi kemarin sudah sepakat tentang ini. Jadi kami tidak menunggu lagi dan langsung pergi menuju stasiun.

Sampai stasiun kami segera membeli tiket masuk dan segera naik ke KRL yang akan segera berangkat. Kebetulan di stasiun Bogor tersebut merupakan ujung stasiun. Jadi bisa menaiki pada jam berapapun keberangkatan keretanya asal pada hari itu setelah membeli kartu untuk naik kereta.

Itulah sebagian pengalaman waktu itu yang bisa saya share disini. Hehe.. Lumayan untuk melatih dan memenuhi pengalaman hidup ini.

Oh ya, bagi temen-temen yang lagi cari tempat wisata di Bandung, bisa klik langsung di kalimat berwarna sebelum ini. Hehe