10 Resep Nasi Goreng Khas Indonesia Yang Wajib Kamu Coba!

Resep Nasi Goreng – Nasi goreng dikenal sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang begitu populer dan mendunia. Di balik kesederhanaan tersebut, nasi goreng mempunyai berjuta rasa yang nikmat sehingga tak mengherankan kalau menu ini menjadi yang paling digemari. Bahkan orang asing yang berkunjung ke negara kita Indonesia pun menyukai menu ini.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya resep nasi goreng yang populer ini telah ada dan dimulai semenjak 4000 tahun sebelum Masehi yang lalu. Tetapi sungguh sangat disayangkan karena belum banyak yang tahu tentang fakta ini dan masih menganggap bahwa masakan nasi goreng merupakan makanan asli produk Indonesia.

Sebenarnya masih simpang siur tentang asal muasal bangsa mana yang pertama kali menciptakan resep nasi goreng ini. Tetapi ada sumber kuat yang menyatakan bahwasanya etnis Tionghoa China lah yang mulai menyebarkan ke seluruh penjuru dunia.

Cara membuat nasi goreng
Cara membuat nasi goreng

Tetapi daripada itu, kita tetap harus bersyukur telah dilahirkan sebagai warga Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan persebaran resep nasi goreng yang paling mencolong adalah terjadi di daerah Indonesia. Bahkan sekarang, Indonesia mempunyai kreasi nasi goreng yang paling banyak di dunia.

Hal tersebut secara tidak langsung menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang cukup kreatif. Ada banyak macam resep goreng di Indonesia seperti nasi goreng Jawa, Nasi Goreng Putih, nasi goreng Oriental, dan masih banyak lagi.

Menu tambahan dari nasi goreng yang ditambahkan juga sangat beragam. Ada yang menambahkan telur mata sapi, ada juga yang menyajikannya dengan membungkus nasi goreng dengan telur omelet. Dan mungkin kamu juga punya kreasi nasi goreng sendiri.

Tetapi, ada 10 resep nasi goreng Indonesia yang cukup terkenal dan patut kamu untuk mencobanya di rumah. Resep ini mempunya ciri khas sendiri dengan bahan yang sangat mudah didapatkan. Kalian bisa mencoba setiap resepnya di waktu luang atau saat anda menginginkannya.

READ  Cara Memotong dan Mengolah Ikan Agar Lezat Dan Menggugah Selera

Untuk itu, mari simak ulasan tentang resep nasi goreng Indonesia berikut ini. Tentunya disertai dengan cara memasak nasi gorengnya.

Resep Nasi Goreng Sederhana

resep membuat nasi goreng
Resep membuat nasi goreng sederhana

Bahan-Bahan:

Nasi 1 piring
Bawang putih 1 siung
Bawang Merah 3 siung
Cabai rawit 1 buah
Mentimun, iris tipis-tipis secukupnya untuk hiasan
Daun Bayam 1 ikat
Garam secukupnya
Minyak goreng 3 sendok teh
Kecap Manis 1 sendok teh

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana:

Untuk membuatnya, pertama iris tipis-tipis untuk bawang putih, cabai rawit, dan juga bawang merah. Kemudian cuci daun bayam secukupnya terlebih dahulu, kemudian iris sesuai selera.

Kemudian masukan minyak goreng untuk dipanaskan dengan wajan sebentar. Setelah mulai memanas, masukkan irisan bawang merah. Tumis bawang sampai berwarna kecokelatan. Sisihkan di tepian minyak agar kering.

Sambil menunggu bawang merah kering, kita masukkan irisan bawang putih, cabai, serta garam yang telah disediakan. Tumis semuanya bersamaan sampai aroma sedap keluar. Setelah itu baru kita campurkan kembali tumisan bawang merah yang tadi. Aduk beberapa saat agar tercampur.

Kemudian kita selanjutnya memasukkan nasi. Aduk nasi dengan bumbu tumis yang tadi hingga tercampur rata. Kemudian masukan irisan daun bayam yang telah disediakan. Aduk semuanya hingga daun bayam menyatu dengan nasi dan bumbu.

Setelah cukup tercampur semua. Kita tambahkan kecap manis secukupnya untuk menambah rasa khas dari nasi goreng sederhana ini agar lebih terasa seperti makanan ala restoran. Masukan kecap ke seluruh permukaan nasi goreng kemudian aduk kembali hingga nasi goreng berbau sedang, matang, dan siap untuk dimakan.

READ  Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak, Renyah, dan Gurih Sendiri untuk Camilan di Rumah

Setelah matang, angkat dan tiriskan nasi goreng ke piring favorit kalian. Jangan lupa untuk menyusun irisan mentimun di tepian nasi goreng. Tadaa! Akhirnya nasi goreng sederhana buatan sendiri selesai dan siap dimakan. Selamat menikmati.

Resep Nasi Goreng Jawa

resep membuat nasi goreng
Resep membuat nasi goreng

Bahan-Bahan:

Nasi putih secukupnya
Bawang merah 4 siung
Bawang putih3 siung
Cabai Rawit 3 buah
Tomat matang ukuran besar 1 buah
Terasi 1 sendok teh
Daun jeruk purut 3 lembar
Gula dan Garam
Kecap Manis
Lada bubuk
Minyak goreng dan,
Kecap manis secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa:

Untuk pertama kali kita haluskan semua bumbu di atas, seperti bawang, cabai, tomat, terasi, lada bubuk, gula dan garam. Kamu bisa menghaluskan semua bumbu dengan memakai blender, namun sangat saya sarankan untuk diulek di atas cobek untuk menambah sensasi rasa.

Kemudian langkah selanjutnya adalah kamu bisa memanaskan minyak goreng di atas wajan. Lalu masukan semua bumbu yang telah dihaluskan tadi. Tumis bumbu tersebut sampai aroma sedap tercium.

Setelah bumbu sudah siap dicampur, kita masukkan nasi yang telah disiapkan. Aduk semua bumbu dan nasi sampai tercampur rata.

Setelah dirasa cukup tercampur. Kamu bisa menambahkan daun jeruk purut. Jeruk purut ini berguna sebagai rasa nasi goreng khas dari nasi goreng Jawa agar menjadi lebih kuat dan terlihat alami. Namun anda juga bisa melewatkan langkah ini jika tidak menginginkan rasa khas dari daun jeruk.

Setelah masakan nasi goreng terlihat hampir matang, kita tambahkan kecap manis pada nasi goreng secukupnya. Aduk kembali nasi goreng lalu cicipi agar kita tahu apakah rasanya sudah pas dengan lidah kita atau belum.

Lalu tiriskan nasi goreng yang sudah matang tersebut di piring yang telah disediakan. Kamu bisa menambahkan lauk khas jawa misalnya kerupuk atau telor ceplok agar terasa lebih nikmat. Selamat menikmati.

READ  5 Macam Abon Yang Paling Digemari dan Populer di Masyarakat Indonesia

Resep Nasi Goreng Kampung

Resep nasi goreng kampung
Resep nasi goreng kampung

Bahan-bahan :

Nasi secukupnya
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 3 siung
Cabe merah 3 buah
Terasi goreng 2 sendok teh
Garam
Minyak sayur 3 sdm
Daging goreng suwir 150 g
Kecap Manis
Telur ayam 2 butir
Kaldu bubuk (non MSG) 1 sdm
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Kerupuk
Acar mentimun

Cara Membuat:

Pertama-tama untuk membuatnya adalah dengan memanaskan minya terlebih dahulu. Sembari menunggu, kita campur dan haluskan bumbu-bumbu seperti bawang, cabe, terasi, dan garam. Kemudian kita tumis bumbu-bumbu halus tersebut hingga berbau wangi.

Siapkan telur yang sudah ada, kemudian kocok telur hingga rata. Kita tuangkan telur ke dalam bumbu. Aduk rata agar tercampur.

Setelah itu kita masukkan nasi, aduk sampai bumbu yang telah kita tumis sebelumnya tadi sampai rata. Kemudian masukkan kaldu bubuk, ayam suwir, serta kecap manis dan merica. Aduk semuanya hingga terasa merata dan bercampur dengan nasi.

Aduk dan diamkan nasi yang sudah bercampur tersebut hingga nasi goreng terasa matang dan siap disantap. Angkat dan sajikan nasi goreng. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk serta acar mentimun sebagai pelengkap makanan. Selamat menikmati.

Resep Nasi Goreng Kambing

Resep Nasi Goreng Rumahan

Resep Nasi Goreng Ala Restoran

Resep Nasi Goreng Pedas

Resep Nasi Goreng Seafood

Resep Nasi Goreng Oriental

Resep Nasi Goreng Enak

Itulah 10 macam resep nasi goreng beserta cara membuat nasi goreng yang popular di Indonesia. Dengan ini, diharapkan teman-teman di rumah juga dapat mengkreasikan sendiri sesuai bahan yang dimiliki.
Semoga artikel tentang resep nasi goreng beserta cara membuat nasi goreng ini bermanfaat.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: