semaphore pramuka

Pengertian, Sejarah, dan Cara Cepat Belajar Sandi Bendera Semaphore Pramuka

Sandi Bendera Semaphore Pramuka – Anak pramuka pasti tahu kan yang satu ini. Salah satu sandi yang diajarkan pada ekstrakulikuler pramuka salah satunya adalah sadi bendera atau biasanya dikenal sebagai sandi semaphore.

Nah, kali ini kita akan berkenalan lebih jauh tentang sandi bendera atau sandi Semaphore tersebut mulai dari apa itu semaphore, sejarah semaphore, rumus semaphore, sampai juga cara cepat belajar semaphore. Ini agar kita bisa lebih tahu dan juga untuk menambah ilmu kita tentang sandi Semaphore di dalam Pramuka.

Pengertian Sandi Semaphore Pramuka

penggunaan sandi smaphore pramuka
scoutgravika.com

Sebenarnya, apa sih itu Semaphore? Sebenarnya, Semaphore adalah salah satu cara untuk dalam mengirim dan atau menerima sebuah pesan atau berita dengan menggunakan fasilitas seadanya seperti bendera, dayung, batang, bahkan dengan tangan kosong atau dengan sarung tangan.

Dan cara membaca informasinya adalah dengan membaca letak atau posisi bendera atau tangan yang digunakan saat mengirim pesan. Namun biasanya yang kita pelajari di kepramukaan adalah kita biasanya menggunakan bendera, dan bendera inilah yang kelak dinamakan bendera semaphore.

Pengiriman sandi menggunakan bendera semaphore ini biasanya dibutuhkan dua bendera, dan  masing-masing ukuran bendera itu adalah 45 cm x 45 cm. Dengan bentuk bendera yang persegi namun sebenarnya merupakan penggabungan dua bendera berbentu segitiga sama kaki yang berbeda warna.

Untuk warna yang digunakan dalam bendera ini sebenarnya bisa saja bermacam-macam, tetapi yang biasanya digunakan adalah warna merah dan warna kuning, dimana untuk peletakan bendera warna merah selalu berada dekat pada tangkai bendera.

Pada awal abad ke 19, semaphore biasa digunakan untuk komunikasi kelautan. Semaphore merupakan salah satu bentuk isyarat yang menggunakan bendera dan biasa digunakan ketika perang sipil di negara Amerika Serikat. Dan saat itu warna bendera yang digunakan berwarna putih dan warna oranye juga hanya menggunakan satu bendera saja.

READ  Sejarah dan Makna Hari Ibu Nasional Indonesia (22 Desember)

Untuk orang yang bertugas melakukan isyarat bendera biasanya akan berdiri di sebuah tempat yang cukup tinggi dari permukaan tanah sehingga menjadi mudah untuk dilihat dari kejauhan.

Penemu dan Sejarah Semaphore Pramuka

claude chappe penemu sandi semaphore
youtube.com

Penemu sandi Semaphore (25 Desember 1763 – 23 Januari 1805) ini bernama Claude Chappe.Dia lahir di Brulon, Sarthe, Negara Prancis, dan merupakan cucu seorang Baron Prancis. Dalam hidupnya ia dibesarkan dengan tujuan untuk melayani gereja, namun dia kehilangan pekerjaannya pada saat Revolusi Prancis Terjadi.

Dia pernah juga bersekolah di Lycee Pierre Corneille di Rouen. Dan setelah itu, dikarenakan menganggur cukup lama. Dia dengan keempat saudaranya memutuskan untuk mengembangkan sebuah sistem praktis kuno saat itu yang bernamakan Stasiun Relay Semaphore. Namun tidak pernah terealisasikan.

sejarah semaphore pramuka
alamy.com

Namun sistem ini mendapatkan bantuan dukungan dari kakak Claude yang bernama Ignace Chappe (1760-1829) yang merupakan anggota Majelis Legislatif pada saat Revolusi Prancis yang akhirnya digunakan dalam pembangunan jalan relay Paris ke arah Lille yang ditujukan untuk membawa berita dari perang.

Berkat ini, Chappe menjadi seorang penemu Prancis pada tahun 1792 sehingga dikenal sebagai sang Maestro telekomunikasi pertama dengan penerapan mesin atau sistem “internet mekanis”. Dimana atas sistem yang diciptakannya tersebut menjadi tersebar di seluruh hantaran Prancis cukup lama. Dan Semaphore ini merupakan sistem telekomunikasi praktis pertama di zaman industri tersebut.

Itulah sekilas mengenai sejarah juga penemu dari sandi bendera Semaphore.

Cara Cepat Belajar Sandi Bendera Semaphore Pramuka

Sekarang kita mengulas tentang bagaimana cara cepat belajar sandi bendera semaphore yang biasanya kita pelajari di kepramukaan.

Untuk belajar dengan cepat, salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mudah menghafalkan kode isyarat sandi semaphore adalah dengan menggunakan “8 Penjuru Mata Angin” atau metode “Jarum Jam”.

READ  Susunan Acara Upacara Bendera pada Hari Senin Terlengkap sesuai UU

Metode ini tidak mengupayakan kita untuk menghafal sandi semaphore urut sesuai abjad. Namun kita menghafalkan dengan memakai kunci yang ada di metode tersebut dimana ada 7 kunci utama dalam pemakaiannya.

Dengan metode ini, kita cukup memposisikan tangan sesuai 8 titik yang tersebar di sekeliling tubuh yang kita miliki. 8 titik tubuh dalam sandi semaphore tersebut diantaranya adalah titik di bawah tubuh, titik kiri bawah tubuh, titik samping kiri tubuh, titik kiri atas tubuh, titik atas tubuh, titik kanan atas tubuh, titik  samping kanan tubuh, dan titik kanan bawah tubuh.

Untuk gambar lebih lengkap, kamu bisa lihat gambar metode tersebut di bawah ini :

pramukaria.blogspot.co.id

Untuk metode sandi semaphore berikut ini, kode isyarat semaphore perhurufnya terbentuk dari posisi dua tangan sesuai posisi 7 kunci. Dan untuk masing-masing kunci mempunyai tanda dan nama sesuai posisi salah satu tangan.  Berikut ini adalah 7 kunci tersebut dan cara membacanya :

  1. Kunci 1 (Pertama): Salah satu tangan berada di titik 1 lalu tangan kedua di letakan di titik 2 – 8 sehingga tercipta 7 huruf atau kode isyarat semaphore yang terdiri atas:
    (1) 1 dan 2 Huruf A (5) 1 dan 6 Huruf E
    (2) 1 dan 3 Huruf B (6) 1 dan 7 Huruf F
    (3) 1 dan 4 Huruf C (7) 1 dan 8 Huruf G
    (4) 1 dan 5 Huruf D
  2. Kunci 2 (Kedua) : Salah satu tangan berada di titik 2 dan tangan kedua berada di titik 3 – 8 sehingga tercipta 6 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 2 dan 3   = Huruf H (4) 2 dan 6   = Huruf L
    (2) 2 dan 4   = Huruf I (5) 2 dan 7   = Huruf M
    (3) 2 dan 5   = Huruf K (6) 2 dan 8   = Huruf N
  3. Kunci 3 (Tiga) : Letakkan salah satu tangan pada di titik 3 dan tangan kedua berada di titik 4 – 8 sehingga tercipta 5 huruf (kode isyarat semaphore). Huruf tersebut adalah sebagai berikut :
    (1) 3 dan 4 Huruf O (4) 3 dan 7 Huruf R
    (2) 3 dan 5 Huruf P (5) 3 dan 8 Huruf S
    (3) 3 dan 6 Huruf Q
  4. Kunci 4 (Empat) : Letakkan salah satu tangan pada titik 4 dan untuk tangan kedua berada di titik 5 – 8 sehingga menghasilkan 4 huruf (kode isyarat semaphore). Huruf tersebut adalah sebagai berikut :
    (1) 4 dan 5   = Huruf T (4) 4 Dan 7   = Huruf Y
    (2) 4 dan 6   = Huruf U (5) 4 dan 8   = TANDA SALAH
  5. Kunci 5 : Salah satu tangan berada di titik 5 dan tangan kedua berada di titik 6 – 8 sehingga terbentuk 3 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 5 dan 6   = TANDA ANGKA (3) 5 Dan 6   = Huruf V
    (2) 5 dan 7   = Huruf J
  6. Kunci 6: Salah satu tangan berada di titik 6 dan tangan kedua berada di titik 7 – 8 sehingga terbentuk 2 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 6 dan 7   = Huruf W (2) 6 Dan 8   = Huruf X
  7. Kunci 7 (tujuh) : Letakkan salah satu tangan pada titik 7 dan tangan kedua pada titik 8 sehingga tercipta 1 huruf (kode isyarat semaphore) yaitu:
    (1) 7 dan 8   = Huruf Z
READ  Makna Sejarah dalam Peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional di Indonesia (25 Januari 2017)

 

Bagaimana? Sudah tahu bukan bagaimana cara mudah untuk membaca sandi bendera Semaphore. Dan untuk memperjelas tentang kode sandi atau isyarat semaphore tersebut. Saya juga akan sertakan gambar untuk membantu kamu dalam belajar sebagai berikut :
sandi 7 titik semaphore
pramukaria.blogspot.co.id

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian, sejarah, dan juga cara cepat belajar sandi semaphore pramuka. Semoga ulasan tersebut diatas dapat membantu kamu belajar lebih lengkap dalam memahapi kode sandi semaphore pramuka. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: