Daftar Nama 10 Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia Terbaru

10 Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia – Halo sobat rindu, kemarin kita telah membahas tentang sungai terpanjang yang ada di negara Indonesia tercinta kita ini. Lalu bagaimana dengan sungai terpanjang di Dunia? Apa kalian sudah mengetahuinya?

Karena kali ini saya akan berbagi informasi dengan kalian mengenai 10 sungai terpanjang sekaligus terbesar di dunia. Sungai-sungai ini tersebar di seluruh Dunia tersebar di masing-masing benua yang ada. Mungkin saja salah satu dari sungai ini bisa kita kunjungi suatu saat nanti. Simak selengkapnya yuk.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia – Sungai Nil

sungai terpanjang di dunia
daftarmenarik.com

Kita awali dari sungai terpanjang dan terbesar pertama di dunia dahulu. Yaitu ada sungai Nil. Sungai ini sangat terkenal di dunia, dan pasti kawan-kawan sudah pernah mendengarnya bukan. Panjang sungai ini mencapai 4180 mil atau sekitar 6.650 km.

Sungai ini melewati 11 negara besar yang ada di benua Afrikanya yaitu seperti negara Mesir, Sudan Selatan, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Republik Kongo, Burundi, Rwanda, Uganda, dan Tanzania.

READ  45+ Contoh Gambar Poster dan Kalimat Slogan tentang Lingkungan Hidup

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia – Sungai Amazon

10 daftar nama sungai terpanjang di dunia
alwib.net

Sungai terpanjang kedua adalah sungai Amazon yang mempunyai panjang sekitar 3912 mil atau setara dengan 6.400 km. Sungai Amazon sendiri merupakan sungai yang mempunyai debit air terbesar daripada yang lain yaitu sekitar  209.000 meter kubik per detik.

Sungai Amazon ini bisa kamu dapati di 3 negara terbesar Amerika Selatan. Tepatnyanya terletak di negara Brazil, Kolombia, dan Peru. Sungai Amazon juga dikenal mempunyai banyak anak sungai, yaitu sekitar 1.100 anak sungai yang ada dan 17 diantaranya mempunyai panjang mencapai 1.500 km.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Yangtze

Sungai terpanjang dan terbesar ketiga adalah sungai Yangtze yang letaknya ada di Asia atau lebih tepatnya ada di negara RRC China. Dan sungai ini termasuk sungai terbesar di Asia. Mempunyai panjang mencapai 6.300 km dan mengalir melalui kota-kota besar yang ada di China.

Sungai Yangtze atau Chang Jiang mengaliri T ibet hingga berakhir di Laut China. Itulah kenapa sungai Yangtze ini mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keberlangsungan hidup masyarakat di China.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Mississipi

Fourlook.com

Sungai terpanjang selanjutnya adalah sungai Mississipi. Sungai ini juga termasuk sungai terluas di dunia dengan panjang mencapai 3713 mil atau 6.275 km. Tapi sebenarnya sungai ini terdiri dari 3 sungai besar yang berkelanjutan dan bergabung yaitu Sungai Mississippi (3.767 km), Sungai Missouri (3.766 km) dan Sungai Jefferson (83 mil).

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Kuning/Hwang Ho

sungai kuning sungai terpanjang di dunia
historyedu12.blogspot.com

Sungai terpanjang nomer lima selanjutnya adalah sungai Kuning atau dikenal sebagai sungai Hwang Ho. Sungai ini berada di daerah China Utara. Mempunyai panjang mencapai 2900 mil atau sekitar 5.464 km. Sungai ini bisa dikatakan cukup besar karena juga akan terlihat lebih jelas saat difoto dari ketinggian melalui helicopter. Aliran sungai ini dimulai dari Teluk Vhihli yang terletak di bagian Barat daerah Cina.

READ  Daftar 10 Nama Sungai Terpanjang Di Indonesia Yang Menakjubkan

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Ob-Irtysh

id.wikipedia.org

Selanjutnya adalah sungai Ob yang berada di daratan Rusia dengan panjang mencapai 5.410 km. Sungai ini terbagi menjadi dua nama, sungai dengan nama Ob berada di negara Rusia. Sedangkan sungai Irtysh letaknya di perbatasan Rusia, dan melewati negara Kazakhstan, China, dan Mongolia.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Parana – Rio de la Plata

Sejujurnya.com

Selanjutnya sungai terpanjang ketujuh adalah sungai Parana – Rio de la Plata. Sungai ini panjangnya mencapai 4.880 km. Letaknya melewati beberapa negara seperti negara Brazil, Argentina, Paraguay, Uruguay, dan Bolivia.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Kongo

ms.wikipedia.org

Sungai terpanjang kedelapan selanjutnya adalah sungai Kongo yang letaknya berada di Afrika. Sungai ini juga biasa dikenal sebagai sungai Zaire oleh penduduk setempat. Panjangnya mencapai 2716 mil atau sekitar 4.700 km.

Sungai Kongo melewati beberapa negara di Afrika Tengah, mempunyai peran yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat disana, juga digunakan sebagai jalur transportasi dari ribuan tahun lalu. Sedangkan untuk hilirnya berakhir di Samudra Atlantik.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Amur

wikipedia.org

Selanjutnya adalah sungai Amur dengan panjang mencapai 4.444 km. Sungai ini bermula dari Laut Okhotsk lalu mengalir mengalir melalui beberapa negara seperti Rusia, Cina, dan Mongolia. Sungai ini juga mempunyai beberapa anak sungai seperti sungai Huma, sungai Ergune, sungai Zeya, dan sungai Shika.

Sungai Terpanjang dan Terbesar di Dunia –  Sungai Lena

sungai lena
en.wikipedia.org

Sungai terpanjang terakhir yang berada di urutan ke sepuluh Dunia adalah sungai Lena. Sungai ini mempunyai panjang mencapai 4.400 km. Sungai ini berada di negara Siberia, lebih tepatnya mengalir dari gunung Baikal dan berakhir atau bermuara di Lautan Artik.

READ  Batas Letak Wilayah Negara Indonesia | Astronomis, Geografis, Geologis

Nah, itulah informasi umum mengenai 10 daftar nama sungai terpanjang di Dunia yang bisa saya informasikan ke kamu. Semoga bermanfaat kawan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: