susunan acara upacara bendera hari senin

Susunan Acara Upacara Bendera pada Hari Senin Terlengkap sesuai UU

Susunan Acara Upacara Bendera Hari Senin – Hari Minggu sudah akan berakhir. Kini tiba saatnya untuk menyambut hari Senin dengan penuh keceriaan. Beserta para siswa, anak didik, dan guru yang lain, setidaknya kita sudah mempersiapkan untuk melaksanakan kegiatan rutin yang biasa kita lakukan.

susunan acara upacara bendera hari senin
Via google.co.id

Seperti yang kita ketahui, setiap hari Senin pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Setiap sekolah di seluruh Indonesia, baik itu dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat berkewajiban mengadakan upacara bendera hari Senin.

Upacara bendera yang dilakukan setiap hari Senin di sekolah ini mempunyai tujuan untuk melatih kedisiplinan siswa dan juga guru, serta memupuk rasa cinta tanah air pada bangsa ataupun menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme.


Daftar Isi

READ  28 Macam Simpul dan Ikatan Tali Temali dalam Pramuka(SD,SMP,SMA/MA)

Video Proses Pelaksanaan Susunan Upacara Bendera secara Lengkap


Untuk para guru atau ketua Osis yang ingin tahu pelaksaan lebih detail melalui tayangan video. Anda bisa melihat di video di bawah ini.

Adapun untuk mengetahui tentang susunan upacara bendera pada hari Senin di sekolah baik itu dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan sederajat. Saya sudah menyusunnya sesuai ketentuan Dinas Pendidikan terkait yaitu selengkapnya sebagai berikut:

susunan acara upacara bendera hari senin
Via Google.co.id

Susunan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Senin tanggal ….. bulan …… tahun …….. di sekolah / madrasah ……………….. segera dimulai.

Pendahuluan

1. Masing-masing pemimpin barisan menyiapkan barisannya.

Masing-masing Pemimpin barisan menyiapkan barisannya dan merapikan barisan anggota pasukannya.

2. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara, peserta disiapkan.

Pemimpin Upacara berjalan (sikap sempurna) menuju tengah-tengah lapangan upacara dan menghadap ke barisan peserta upacara.

3. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upara dipimpin oleh pemimpin barisan

Seluruh peserta upacara (semua anggota pasukan) memberi hormat kepada Pemimpin Upacara dengan aba-aba dari Pemimpin Pasukan yang paling kanan.

4. Laporan setiap pemimpin barisan kepada pemimpin upacara.

Semua Pemimpin Pasukan maju ke hadapan Pemimpin Upacara dan melaporkan kesiapan Pasukannya.

Kemudian Pemimpin upacara mengambil alih pimpinan pasukan.

Pengatur upacara menghadap kepada Pembina Upacara untuk memberikan laporan kesiapan pelaksanaan Upacara Bendera dan menjemputnya,  sementara pasukan diistirahatkan dengan aba-aba istirahat ditempat dari Pemimpin Upacara.

Acara Inti Upacara

1. Pembina upacara memasuki lapangan upacara.

Pembina upacara berjalan menuju tempat pembina dengan diiringi oleh Pengatur Upacara (petugas yang membawa naskah Pancasila) di belakangnya dan Pengatur Upacara berdiri di belakang tempat pembina. Seluruh Peserta Upacara disiapkan dengan aba-aba dari Pemimpin Upacara.

READ  Pengertian, Sejarah, dan Cara Cepat Belajar Sandi Bendera Semaphore Pramuka
2. Penghormatan peserta upacara kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara.

Seluruh Peserta Upacara memberikan hormat kepada Pembina dengan aba-aba dari Pemimpin Upacara.

3. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara siap dimulai.

Pemimpin Upacara maju beberapa langkah menghadap kepada Pembina Upacara dan memberikan laporan kesiapan pelaksanan Upacara Bendera, kemudian mundur kembali ketempat semula.

4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.
susunan acara upacara bendera hari senin
Via google.co.id

Petugas Pengibar Bendera berjalan beriringan menuju tiang bendera dan bersiap menaikan (mengibarkan) bendera. Bendera dinaikkan (dikibarkan) dengan diiringi Lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Kelompok Pembawa Lagu.

5. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara.

Pembina Upacara memimpin seluruh peserta upacara untuk menundukan kepala dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa Para Pahlawan dengan diiringi Lagu Mengheningkan Cipta oleh Kelompok Pembawa Lagu.

6. Pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Petugas Pembaca Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 maju beberapa langkah dan membacakan teks, seluruh peserta upacara mendengarkan dengan khidmat.

7.  Pembacaan Janji Siswa

Dibaca oleh petugas pembaca Janji Siswa lalu ditirukan oleh selurh peserta upacara.

8. Pembacaan teks Pancasila, diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Pembina Upacara membacakan Teks Pancasila (yang dibawa oleh pengatur upacara), dan diucap ulang oleh seluruh peserta upacara butir demi butir.

9. Amanat pembina upacara, peserta upacara diistirahatkan.

Peserta Upacara diistirahatkan dengan aba-aba dari Pemimpin Upacara, kemudian Pembina Upacara memberikan sambutan dan amanat kepada seluruh peserta upacara.

10. Pembacaan doa.

Petugas pembaca do’a maju beberapa langkah dan membacakan teks do’a, seluruh peserta upacara mendengarkan dengan khidmat.

11. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upcara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan.

Pemimpin Upacara maju beberapa langkah menghadap kepada Pembina Upacara dan memberikan laporan bahwa Upacara Bendera telah selesai dilaksanakan, kemudian mundur kembali ketempat semula.

READ  27 Contoh Gambar dan Teks Iklan Layanan Masyarakat yang Menarik dari Seluruh Dunia
12. Penghormatan kepada pembina upacara dimpimpin oleh pemimpin upacara.

Seluruh Peserta Upacara memberikan hormat kepada Pembina dengan aba-aba dari Pemimpin Upacara.

13. Pembina upacara meninggalkan lapangan upacara.

Pembina Upacara meninggalkan lapangan upacara dengan diikuti Pengatur Upacara dibelakangnya. Kemudan Pengatur Upacara memberikan laporan kepada Pembina Upacara bahwa Upacara telah selesai dilaksanakan dan kembali ke barisan Petugas Upacara.

Pemimpin Upacara balik kanan menghadap kepada peserta upacara.

14. Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin barisan paling kanan.

Seluruh peserta upacara (semua anggota pasukan) memberi hormat kepada Pemimpin Upacara dengan aba-aba dari Pemimpin Pasukan yang paling kanan.

Penutupan Upacara

1. Pengumuman-pengumuman.

Masing-masing Pemimpin Pasukan mengistirahatkan pasukannya. Salah seorang memberikan pengumuman (bisa Guru ataupun perwakilan siswa)

2. Upacara selesai, barisan dibubarkan oleh pemimpin upacara.

Masing-masing Pemimpin Pasukan membubarkan pasukannya, dan Pemimpin Upacara membubarkan barisan Petugas Upacara.

 

Demikian contoh susunan upacara bendera yang biasa dilakukan pada hari Senin di sekolah ataupun madrasah. Semoga dapat diterapkan di setiap sekolah di seluruh Indonesia dan bermanfaat untuk bapak ibu guru dan atau adik-adik yang akan melaksanakannya.

Maju Terus Pendidikan Indonesia!

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: