taman minimalis dalam rumah

Membangun Taman Rumah Minimalis di Lahan Sempit beserta Contohnya

Taman Minimalis di Lahan Sempit – Memiliki rumah idaman memang menjadi impian kebanyakan orang. Bahkan tak jarang orang merelakan waktunya untuk bekerja keras membangun rumah idaman yang di impikannya.

Namun, rumah idaman tak hanya mencakup sebuah rumah besar dan mewah saja. Tetapi lengkap dengan sebuah taman yang berada di sekitar rumah mereka.

Membuat taman rumah minimalis tidak hanya mempercantik tampilan sebuah rumah saja. Namun juga bisa dijadikan relaksasi selepas seharian kita bekerja agar tubuh menjadi kembali segar. Jadi mempunyai taman kecil di halaman rumah akan sangat menguntungkan bagi anda.

taman minimalis di lahan sempit
Melepas kepenatan di taman minimalis rumah anda dengan meditasi. Via www.aroundyou.com.au

Nah, jika sebelumnya Obatrindu telah mengulas tentang rumah minimalis. Kali ini Obatrindu akan memberikan informasi kepada kalian tentang taman rumah minimalis. Baik itu jenis tanaman, cara pembuatan, dan juga tips perawatan taman minimalis agar tetap terawat.

Khususnya bagi anda yang ingin membangun taman minimalis di lahan sempit bisa melihat info selengkapnya sebagai berikut :

Jenis Tanaman untuk Taman Minimalis

Sebelum membangun taman minimalis di rumah anda. Alangkah baiknya anda tahu jenis-jenis tanaman yang cocok untuk di tanam untuk menciptakan taman mungil yang indah dan nyaman. Berikut adalah jenis tanaman yang bisa anda pakai untuk taman minimalis :

Tanam Pohon Kerdil Namun Rindang

taman minimalis di lahan sempit
Pohon palm kerdil memberikan kesejukan pada taman. Via plus.google.com

Karena kita akan membawa konsep minimalis pada taman yang akan dibuat. Sebaiknya anda menanam pohon yang berukuran kecil namun masih memberikan kesan teduh pada taman. Misalnya pohon perdu yang rindang atau tanaman palem-paleman.

Pilih Tanaman Hias yang Sesuai

Banyak tanaman hias di luar sana yang bisa anda pilih. Namun sesuaikan dengan konsep yang ingin anda bangun dan juga ukuran lahan yang anda miliki. Agar terkesan cantik dan rapi, cukup pilih beberapa tanaman saja. Ini juga agar tanaman tidak terlihat sesak nantinya.

Selain itu juga pilih tanaman hias yang multifungsi. Selain bisa anda gunakan untuk menghias taman minimalis yang anda buat. Tanaman ini juga bisa mempunyai manfaat pada kesehatan dan juga lingkungan.

Hindari Tanaman Berbatang Pohon Besar

Tanaman berbatang pohon besar hanya akan membuat taman minimalis anda terlihat sesak. Maka dari itu selalu cermati saat anda memilih tanaman yang akan dipakai untuk mengisi taman minimalis rumah anda. Jika anda kesulitan, anda bisa memakan jenis tanaman yang mempunyai daun lebar sebagai pengganti.

Gunakan Rerumputan

taman minimalis di lahan sempit
Rerumputan yang datar dan mudah diatur sangat cocok untuk taman bermain. Via www.suherlin.com

Rumput merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah taman minimalis. Tanaman rumput dapat memberikan kesan subur pada taman minimalis anda sehingga anda merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Sebagai saran dari Obatrindu, pilihlah jenis rumput jepang atau rumput golf sebagai pelengkap rumput rumah anda. Rumput ini memiliki kualitas yang sangat baik dan juga sangat mudah dirapikan daripada jenis rumput lainnya. Namun anda masih bisa memilih jenis rumput yang lain sesuai selera anda.

Cara Membuat Taman Minimalis

taman minimalis di lahan sempit
Proses pembangunan taman minimalis. Via www.tamanmurah.com

Setelah mengetahui beberapa jenis tanaman untuk taman minimalis. Sekarang kita melanjutkan tentang cara membuat taman minimalis di rumah anda. Berikut ini yang bisa anda pelajari selengkapnya.

Rancang Konsep Taman Rumah Minimalis

Sebelum mulai membangun, baiknya anda menentukan terlebih dahulu konsep taman minimalis rumah yang ingin anda bangun. Dengan begitu, taman yang telah anda bangun nantinya membuat anda lebih betah dan nyaman.

Konsultasikan kepada Eksterior Desain

Konsultasi kepada seorang eksterior desain bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan. Bahkan ini menjadi sebuah pemasukan bagi anda untuk menciptakan sebuah taman minimalis yang cocok. Dengan berkonsultasi juga akan memberikan estimasi biaya yang dikeluarkan nanti saat pembangunan taman. Juga mengurangi kemungkinan biaya tak terduga, kesalahan pembangunan, dan lain-lain.

Pahami Karakteristik Lahan Rumah

Sekarang saatnya untuk mengetahui tentang bentuk, ukuran, dan cirri lahan yang anda punya. Desain taman sangat dipengaruhi oleh lahan yang kita gunakan.

Dengan mengetahuinya karakteristik lahan yang anda punya, anda dapat memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lahan, meminimalisir kerusakan taman, dan juga dapat mengkombinasikan tanaman yang tepat antara lahan dan sisi kreativitas yang punya.

Sesuaikan antara Konsep Taman dengan Cat Rumah

Agar taman minimalis anda terlihat cantik. Anda harus menyesuaikan kondisi di sekitar lahan. Sesuaikan cat rumah yang anda pakai dengan model taman yang sedang anda bangun. Untuk taman yang memiliki luas yang sempit, anda bisa menggunakan warna yang terkesan cerah. Sedangkan warna yang cenderung gelap member kesan tegas pada taman minimalis anda.

Tambahkan Aksesoris Taman Minimalis

Aksesoris sangat diperlukan untuk menambah suasana taman minimalis anda. Tambahkan sebuah jalan setapak, rerumputan, batu kerikil, atau kolam kecil diantara taman. Dengan adanya aksesoris tambahan ini menambah nuansa alam dan juga keindahan pada tampilan yang muncul.

Mulai Tanam Tanaman sesuai Konsep

Mulailah tanam atau taruh tanaman dalam pot yang dimana tanaman ini sesuai konsep yang anda terapkan. Sesuaikan dengan lahan juga kondisi sekitar lahan untuk taman yang anda bangun karena penanaman tanaman yang sesuai membentuk taman minimalis yang indah, tidak membosankan, dan tentunya memberikan kenyamanan kepada anda dan keluarga.

Tips Membuat Taman Minimalis agar Tetap Terawat

Siram Tanaman dengan Benar

Setiap tanaman memerlukan air yang cukup untuk pertumbuhan. Dan agar tumbuh dengan baik, anda harus memberikan air yang cukup sesuai porsinya. Untuk tanaman yang anda letakkan di dalam pot, anda bisa menyiram sampai air meluap keluar dari dalam pot. Hentikan segera dan jangan sampai kelebihan air.

Jaga Kelembaban Taman

ciri-ciri hutan hujan tropis
google.com

Tanaman yang kekurangan kelembapan biasanya akan ditemukan bintik-bintik coklat pada daun. Jika anda menemukan hal itu, berarti kelembapan di tempat tersebut kurang. Anda bisa menyiram air di sekitar tanaman untuk menambah kelembapan atau memindahkan tanaman ke tempat yang lebih lembab.

Pencahayaan Cukup

Tanaman tentu membutuhkan cahaya untuk proses fotosintesis. Maka dari itu, dalam membuat taman minimalis. Usahakan mendapatkan pencahayaan yang cukup bahkan kalau bisa tanpa harus memindah tanaman untuk mendapatkan cahaya.

Berikan Tanah yang Baik

Air dan Cahaya yang cukup pun belum bisa menjamin taman anda tetap terawat baik dengan tanaman yang tetap tumbuh subur. Tanah yang mempunyai unsur hara yang baik pun sangat diperlukan. Jika tidak mempunyainya, anda bisa mencari atau membeli di tempat lain untuk dijadikan tanah dasar khusus tanaman penghias taman anda.

Bersihkan Taman secara Berkala

Agar tetap terlihat cantik dan nyaman dipandang mata. Bersihkan sampah dan beberapa daun yang sudah mulai layu pada tanaman anda. Jangan lupa juga untuk membersihkan debu-debu yang muncul pada daun tanaman agar taman anda tetap terlihat asri.

Lakukan Pencegahan Hama dan Serangga

Tanaman yang sudah tumbuh subur biasanya akan diminati oleh serangga dan hama. Namun apalah guna jika mereka yang datang itu malah mengganggu pertumbuhan tanaman di taman minimalis anda. Segera bersihkan serangga dan hama yang mengganggu tersebut dengan pembasi serangga dan hama.

Pergantian Pot Tanaman

Tanaman akan selalu tumbuh dan semakin besar. Jika dulu masih memakai pot yang kecil, saat sudah mulai besar gantilah pot tanaman anda dengan pot yang lebih besar mengikuti perkembangan tanaman anda. Dengan begitu pertumbuhan tanaman tidak terganggu dengan area yang terbatas.

Memotong Ranting

Ada kalanya pertumbuhan tanaman menjulur ke berbagai arah sehingga membuat taman minimalis di rumah anda menjadi sedikit berantakan. Maka dari itu, potonglah beberapa ranting tanaman yang terlihat mengganggu pemandangan. Hal ini juga akan membuat tanaman akan tumbuh lebih baik loh.

Pupuk Alami

Tanaman hias anda juga memerlukan pupuk. Kompos atau pupuk alami bisa anda tambahkan ke dalam tanah agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih maksimal. Untuk komposisinya anda bisa menanyakan ke tempat pembelian pupuk atau orang yang sudah berpengalaman.

Beli Lebih Satu Tanaman yang Sama

Sama halnya seperti manusia. Untuk tetap tumbuh dan berkembang, tanaman juga memerlukan tanaman lain yang sama untuk saling menukar serbuk sarinya. Maka dari itu belilah setidaknya dua buah tanaman yang sama dengan tempat yang berdekatan agar tanaman anda tidak menjadi kesepian.

Contoh Taman Minimalis

Taman Minimalis Depan Rumah

taman minimalis depan rumah
Tampilan taman minimalis depan rumah. Via berlinhappens.com

1 thought on “Membangun Taman Rumah Minimalis di Lahan Sempit beserta Contohnya

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar