Teknik Dasar Bulu Tangkis Lengkap Disertai Gambar Dan Video

Teknik Dasar Bulu TangkisOlahraga bulu tangkis atau yang sering disebut dengan badminton memang sangat digemari oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Karena permainan ini sangat menyenangkan dan dapat melatih ketangkasan tangan serta kaki. Permainan bulu tangkis juga mempunyai teknik yang harus dikuasai. Teknik dasar bulu tangkis ini menjadi acuan dan aturan dalam permainan atau pertandingan bulu tangkis.

Di Indonesia sendiri tim bulu tangkis tunggal maupun ganda sudah diakui di mancanegara. Bahkan menjadi juara pertama di berbagai kejuaran internasional. Sehingga bulu tangkis menjadi olahraga yang terkenal dan terus dikembangkan di Indonesia. Bermain bulu tangkis ini membutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi karena objek yang digunakan berukuran kecil.

Untuk menjadi pemain bulu tangkis yang handal, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik dasar tersebut adalah sebagai berikut.

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Memegang Raket

Pertama adalah teknik memegang raket. Teknik ini harus dikuasai dengan baik. Dimana memegang raket ada 4 cara yang digunakan. Anda dapat menentukan sendiri cara yang nyaman dan enak selama menggunakan raket tersebut.

Beberapa teknik di dalam memegang raket dapat dijelaskan sebagai berikut.

Pegangan Amerika

Pegangan ini sering disebut juga dengan istilah American Grip, untuk melakukan teknik ini perlu memperhatikan pegangan tangan pada ujung raket dengan posisi ibu jari menempel pada pegangan raket.

Pegangan Forehand Grip

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Pegangan Forehand

Pegangan raket ini paling umum digunakan. Untuk menggunakan teknik ini dengan cara memegang raket dengan posisi miring dan posisi ibu jati menempel pada pegangan raket yang kurang luas. Teknik pegangan ini tidak boleh mengubah saat memegangnya. Dengan teknik ini dapat memukul kok dengan mudah dan mempunyai tenaga.

READ  10 Teknik Dasar Pencak Silat Beserta Gambar Untuk Pemula

Pegangan Backhand

Teknik Dasar Bulu Tangkis
Teknik Dasar Bulu Tangkis – Pegangan Backhand

Teknik pegangan ini dilakukan dengan memegang raket dengan posisi miring, dengan memposisikan ibu jari pada bagian belakang handle serta jari tangan lainya pada bagian depan raket. Teknik ini mempunyai keuntungan saat memukul kok. Kok akan melesat dengan cepat dan keras sehingga lawan dapat kesulitan dalam memukul kembali.

Pegangan Kombinasi

Kombinasi ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa teknik memegang yang sudah ada. Dengan posisi raket seperti biasa dipegang dengan miring dan jari telunjuk berada pada bagian depan dan ibu jari pada bagian belakang. Teknik ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan arah datangnya kok sehingga pemain dapat menembak dengan tepat.

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Footwork

Teknik foorwork ini serng disebut juga dengan gerakan kaki. Dalam permainan bulu tangkis memang sangat dibutuhkan kelincahan terutama untuk gerakan kaki, baik untuk maju, mundur, ke samping maupun melompat. Sehingga teknik ini harus dikuasai oleh pemain untuk menghindari terjadinya cidera atau sebagainya.

Teknik Dasar Bulu Tangkis
Teknik Dasar Bulu Tangkis – Footwork

Teknik ini termasuk teknik dasar permainan bulu tangkis dengan tujuan agar pemain siap menghadapi lawan atau serangan. Pemain harus mampu membalas serangan dari lawan sehingga harus menguasai dengan baik teknik foorwork ini.

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Memukul

Teknik ini digunakan untuk menyerang atau memukul kok dengan raket. Teknik memukul ini sama dengan teknik memegang raket sehingga pemain harus mengerti dan memahami cara pegangan yang baik dan benar. Pukulan mempunyai beberapa jenis, sehingga teknik tersebut juga terbagi lagi yaitu teknik servis.

Teknik Dasar Bulu Tangkis
Teknik Dasar Bulu Tangkis – Memukul

Teknik servis adalah teknik paling dasar dan awal yang harus dikuasai. Teknik pukulan ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah point dengan menjatuhkan kok di daerah lawan. Sehingga teknik servis harus dilakukan dengan sempurna. Jenis pukulan servis juga terdiri dari beberapa yaitu servis forehand pendek, servis forehand tinggi, dan juga serivis banckhand.

READ  11+ Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Penjelasannya Lengkap

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Drive

Teknik selanjutnya adalah drive. Teknik ini merupakan pukulan yang cepat untuk menghindari serangan lawan ataupun menyerang lawan. Teknik ini juga dapat menjadi pertahanan dalam permainan bulu tangkis. Teknik drive lebih banyak digunakan untuk permainan ganda. Karena dibutuhkan kerjasama yang baik.

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Teknik Drive

Teknik drive ini digunakan untuk meningkatkan pegangan raket sehingga siap untuk menyerang dan memukul kok dengan tepat dan keras. Kekuatan pada pergelangan tangan harus kuat serta perpindahan raket juga harus diperhatikan dengan baik dan cepat. Serta diperlukan juga kekuatan pada bahu untuk merespon berbagai lecutan yang datang secara tiba-tiba.

Untuk berlatih teknik ini dapat dilakukan denan menggunakan raket dengan bobot lebih berat. Sehingga dapat melatih pergelangan tangan dan bahu.

 

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Netting

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Netting

Teknik netting merupakan teknik pukulan dengan mengarahkan raket dengan jarak yang dekat pada area net lawan. Sehingga pemain harus siap menyongsong kok yang datang dan menyerang kembali agar tidak terbobol pertahananya. Teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati dan halus namun juga diperlukan tenaga yang baik agar kok tidak masuk ke dalam net sendiri.

Teknik netting ini mempunyai standar yaitu kok harus dipukul dengan halus dengan jarak dekat net. Teknik ini dapat membuat lawan kesulitan untuk mengembalikan kok dan akhirnya dapat mencetak point dengan baik.

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Overhead

Teknik selanjutnya adalah teknik yang dinamakan teknik Overhead. Teknik pukulan ini dilakukan diatas kepala dengan gerakan memukul kok saat berada diatas kepala. Pemain harus bisa menguasai gerakan raket dan arah datangnya kok sehingga pukulan bisa tepat dan sesuai dengan keinginan atau terget.

READ  11+ Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Penjelasannya Lengkap
Teknik Dasar Bulu Tangkis – Teknik Smash bulu tangkis

Teknik overhead ini sangat populer yaitu pukulan smash dan dropshot. Kedua pukulan adalah sebagai berikut.

Pukulan smash adalah teknik yang harus dikuasai dengan baik. Saat kok datang, pukulan harus siap diberikan kembali, untuk mencetak point maka kok harus jatuh pada daerah lawan. Sehingga smash dilakukan untuk membutakan gerakan lawan agar tidak dapat bergerak atau memukul dengan baik.

Pukulan dropshot adalah teknik gerakan tipuan dengan melakukan teknik smash padahal tidak. Teknik lebh fokus pada pukulan yang dilakukan dengan dorongan halus pada kok. Sehingga pukulan ini dapat membuat kok jatuh pada net lawan tanpa diketahui oleh lawan main. Untuk melakukan teknik ini diperlukan pegangan raket dan gerakan kaki yang baik.

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Underhand

Teknik ini dikenal dengan teknik pukulan bawah. Pemain harus mempunyai keterampilan dalam menggunakan tangan dan berlari atau langkah lebar. Teknik ini dilakukan dengan posisi kaki kiri di depan dan tangan menjangkau kok agar tidak jatuh ke bawah. Pada bagian siku ditekukan sedikit agar dapat memukul kok dengan keras.

Pukulan Underhand Bulu Tangkis
Pukulan Underhand

Pada saat memukul kok, kekuatan berada pada siku sehingga pergelangan tangan harus mempunyai tenaga yang kuat. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan pukulan ke net lawan.

Bulu tangkis memang menjadi olahraga paling disukai oleh semua orang, termasuk di Indonesia. Sehingga untuk menjadi pemain yang handal, Anda harus menguasai teknik dasar bulu tangkis dengan baik dan benar. Karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga performa dan menghindari terjadinya cidera yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: